Connect with us

nasional

Gelar Donor Darah Rutin, Fahira Idris: Ayo Bantu PMI Amankan Stok Darah

Published

on

Jakarta, 20 Maret 2021—Kebutuhan akan darah di masa pandemi yang semakin meningkat harus terus diantisipasi. Salah satu caranya adalah ikut membantu Palang Merah Indonesia (PMI) mengamankan stok darah dengan rutin menggelar kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Ormas Bang Japar). Setelah sebelumnya menggelar kegiatan donor darah di Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan di Jakarta Utara, Kali ini Bang Japar menggelar kegiatan serupa di Jakarta Selatan, tepatnya di Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru (20/3) bekerja sama dengan Wali Kota Jakarta Selatan dan PMI DKI Jakarta.

Ketua Umum Bang Japar yang juga Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan, inisiatif menggelar kegiatan rutin donor darah ini sebagai ikhtiar untuk membantu PMI dalam mengamankan stok darah yang kebutuhannya semakin meningkat di masa pandemi. Sementara di sisi lain, kegiatan donor darah yang biasanya marak, selama masa pandemi ini mulai berkurang. Oleh karena itu, Fahira Idris mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu memastikan stok darah khususnya di DKI aman.

“Saya mengajak kita semua baik teman-teman ormas atau organisasi lain kembali menyemarakkan kegiatan donor darah. Kepada warga masyarakat saya juga ingin menyampaikan bahwa donor darah di masa pandemi aman karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ayo kita bantu PMI amankan stok darah khususnya di Jakarta. Setetes darah akan akan sangat berguna menyelamatkan banyak nyawa saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan. Kepada warga jangan ragu untuk donorkan darahnya, karena PMI sudah punya standar yang ketat dan aman di masa pandemi ini,” ujar Fahira Idris di Komplek Walikota Jakarta Selatan (20/3).

Menurut Fahira, saat ini banyak warga yang ingin mendonorkan darahnya, tetapi karena kegiatan donor darah di lingkungan mereka minim, membuat warga belum berkesempatan untuk donor darah. Oleh karena itulah Bang Japar ‘menjemput bola’ untuk menggelar kegiatan donor darah di berbagai wilayah yang ada di Jakarta. Antusiasme masyarakat yang tinggi harus difasilitasi dengan semakin sering digelar kegiatan donor darah.

Sebagai apresiasi bagi para pendonor, lanjut Fahira, Bang Japar memberi piagam penghargaan ‘Pahlawan Darah Indonesia’ kepada warga yang mendonorkan darahnya sebagai bentuk apresiasi bahwa yang mereka lakukan saat ini sangat berarti bagi banyak nyawa dan kehidupan di luar sana. Selain itu Bang Japar juga memberikan bingkisan berisi sembako dan starter pack berisi handsanitizer, masker tiga lapis, sarung tangan plastik, snack box dan minuman ringan.

Selain kegiatan donor darah, sebagai Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris juga menyediakan waktu penuh selama kegiatan ini untuk menyerap aspirasi, menerima aduan, dan memberikan pendampingan bagi para pendonor yang mengalami berbagai persoalan terutama dalam bidang hukum, pelayanan kesehatan, dan persoalan-persoalan lainnya.

“Jika antusias warga menjadi pendonor semakin besar, kami akan gelar kegiatan donor darah hingga level kecamatan yang ada di Jakarta sehingga akan lebih banyak warga yang terlibat. Jika semua berjalan baik, maka kegiatan ini akan dilanjutkan hingga 2022. Tiap tetes darah yang kita donorkan menyebarkan jutaan manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua, ayo rutin donor darah,” pungkas Fahira Idris.

Continue Reading

nasional

Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Kepala Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Hadiri MoU dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menghadiri Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahhkama Agung No.239/KMA/SK/VIII/2022 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara Pidana Terpadu melalui Sosialisasi dan Simulasi applikasi E-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus, Kamis (2/2/2023)

Aplikasi E-Berpadu merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi untuk pengolahan dan pertukaran dokumen administrasi perkara pidana. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan koordinasi antar aparat penegak hukum.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Cipinang, Sukarno Ali menandatangani MoU dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus terkait Aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (E-Berpadu). “Nota Kesepahaman aplikasi E-Berpadu ini merupakan kerjasama antara Rutan Kelas I Cipinang dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus, Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Badan Narkotika Nasional dan Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur,” ucapnya

Lebih lanjut, Sukarno Ali mengharapkan dengan adanya program tersebut dapat menjadi suatu proses perubahan menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik. “Saya berharap kerjasama dan sinergitas ini bisa berjalan dengan baik guna mempercepat dan mempermudah dalam penanganan semua perkara tindak pidana,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Pimpin Apel Pagi Pegawai, Kasiyantah Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat dan Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Apel Pagi Pegawai sebelum melaksanakan tugas pada hari Rabu (1/2). Kegiatan bertempat di Halaman Gazebo Rutan Cipinang diikuti oleh Pejabat Struktural dan Pegawai Rutan Cipinang.

Pada apel hari ini yang bertindak sebagai pembina apel, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang Resnu Parada Andhika dan komandan Apel Kepala Sub Seksi Umum dan Kepegawain, Rulyanto.

Dalam amanatnya, pertama-tama kita apresiasi kepada Petugas layanan kunjungan yang sudah bertugas dengan sebaik-baiknya sehingga kunjungan tatap muka ini dapat berjalan semestinya dan ini merupakan hal yang wajib sebagai penyelenggara layanan publik

“Mulai hari ini, meneruskan pesan yang disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang bahwasannya Pegawai Rutan Cipinang Khususnya Tim Pelayanan Kunjunan kita akan menerapkan layanan kunjungan dengan metode baru untuk meningkatkan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan warga binaan,” ucapnya.

Selain itu, Pembina apel menyampaikan kepada seluruh jajaran tanpa terkecuali untuk selalu berpedoman 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan Maju. “Untuk seluruh pegawai agar dapat melaksanakan dan mengimplementasikan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju sesuai arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Yakni Memaksimalkan Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Memberantas Narkoba, Maksimalkan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan Back to Basic,” tegasnya

Sebagai penutup, Resnu Parada berharap seluruh pegawai Rutan Cipinang harus terus meningkatkan kedisiplinan, kekompakan, sintegritas dalam bekerja serta selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan Warga Binaan Rutan Cipinang.

Continue Reading

nasional

Persiapkan Tim Pokja Terbaik Untuk Raih WBK , Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar Assesment Pegawai

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengambil langkah cepat guna membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023 dengan menggelar Assesment Pegawai, di Aula Gedung I Rutan Cipinang, Selasa (31/1).

Kegiatan ini merupakan langkah awal persiapan dalam menyusun tim kerja guna mencari komposisi terbaik anggota tim dalam rangka membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan terdapat 60 Pegawai Rutan Kelas I Cipinang yang mengikuti serangkaian tes dan dinilai oleh lebih dari satu penilai dari Tim Asesor dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kepala Seksi Pengelolaan, Kiki Aji Hidayat yang mewakili Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan assement ini dalam rangka persiapan pembentukkan tim pokja yang memiliki integritas tinggi dan nantinya akan membawa perubahan budaya kepada seluruh jajaran Rutan Kelas I Cipinang.

“Saya berharap dengan adanya assessment ini dapat menempatkan anggota pokja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan dapat berkontribusi maksimal di masing-masing pokjanya sehingga Rutan Kelas I Cipinang dapat meraih WBK di tahun 2023,” harapnya.

Continue Reading

Trending