Connect with us

nasional

Gelar Donor Darah Rutin, Fahira Idris: Ayo Bantu PMI Amankan Stok Darah

Published

on

Jakarta, 20 Maret 2021—Kebutuhan akan darah di masa pandemi yang semakin meningkat harus terus diantisipasi. Salah satu caranya adalah ikut membantu Palang Merah Indonesia (PMI) mengamankan stok darah dengan rutin menggelar kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Ormas Bang Japar). Setelah sebelumnya menggelar kegiatan donor darah di Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan di Jakarta Utara, Kali ini Bang Japar menggelar kegiatan serupa di Jakarta Selatan, tepatnya di Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru (20/3) bekerja sama dengan Wali Kota Jakarta Selatan dan PMI DKI Jakarta.

Ketua Umum Bang Japar yang juga Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan, inisiatif menggelar kegiatan rutin donor darah ini sebagai ikhtiar untuk membantu PMI dalam mengamankan stok darah yang kebutuhannya semakin meningkat di masa pandemi. Sementara di sisi lain, kegiatan donor darah yang biasanya marak, selama masa pandemi ini mulai berkurang. Oleh karena itu, Fahira Idris mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu memastikan stok darah khususnya di DKI aman.

“Saya mengajak kita semua baik teman-teman ormas atau organisasi lain kembali menyemarakkan kegiatan donor darah. Kepada warga masyarakat saya juga ingin menyampaikan bahwa donor darah di masa pandemi aman karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ayo kita bantu PMI amankan stok darah khususnya di Jakarta. Setetes darah akan akan sangat berguna menyelamatkan banyak nyawa saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan. Kepada warga jangan ragu untuk donorkan darahnya, karena PMI sudah punya standar yang ketat dan aman di masa pandemi ini,” ujar Fahira Idris di Komplek Walikota Jakarta Selatan (20/3).

Menurut Fahira, saat ini banyak warga yang ingin mendonorkan darahnya, tetapi karena kegiatan donor darah di lingkungan mereka minim, membuat warga belum berkesempatan untuk donor darah. Oleh karena itulah Bang Japar ‘menjemput bola’ untuk menggelar kegiatan donor darah di berbagai wilayah yang ada di Jakarta. Antusiasme masyarakat yang tinggi harus difasilitasi dengan semakin sering digelar kegiatan donor darah.

Sebagai apresiasi bagi para pendonor, lanjut Fahira, Bang Japar memberi piagam penghargaan ‘Pahlawan Darah Indonesia’ kepada warga yang mendonorkan darahnya sebagai bentuk apresiasi bahwa yang mereka lakukan saat ini sangat berarti bagi banyak nyawa dan kehidupan di luar sana. Selain itu Bang Japar juga memberikan bingkisan berisi sembako dan starter pack berisi handsanitizer, masker tiga lapis, sarung tangan plastik, snack box dan minuman ringan.

Selain kegiatan donor darah, sebagai Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris juga menyediakan waktu penuh selama kegiatan ini untuk menyerap aspirasi, menerima aduan, dan memberikan pendampingan bagi para pendonor yang mengalami berbagai persoalan terutama dalam bidang hukum, pelayanan kesehatan, dan persoalan-persoalan lainnya.

“Jika antusias warga menjadi pendonor semakin besar, kami akan gelar kegiatan donor darah hingga level kecamatan yang ada di Jakarta sehingga akan lebih banyak warga yang terlibat. Jika semua berjalan baik, maka kegiatan ini akan dilanjutkan hingga 2022. Tiap tetes darah yang kita donorkan menyebarkan jutaan manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua, ayo rutin donor darah,” pungkas Fahira Idris.

Continue Reading

nasional

Sekolah Wira Bhakti Gorontalo Gelar Rakor untuk Persiapan PTM

Published

on

By

Jakarta – Sekolah Wira Bhakti menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) setelah pandemi Covid-19 mereda. Maka pemerintah mengeluarkan kebijakan akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM), dan Kemendikbud sudah mengeluarkan surat edaran untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semua tingkatan dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, awak media berkesempatan menemui Rugaiya Usman dengan panggilan akrabnya Uga Wiranto. Uga mengatakan bahwa SMA Wira Bhakti telah menggelar PTM. “SMA Terpadu Wira Bhakti telah menggelar PTM, sebelumnya pembelajaran daring (online), Sejak tanggal 25 September 2021 PTM kembali digelar dengan kapasitas 30 persen dari 100 siswa kelas 2 dan kelas 3,” ungkapnya dengan ramah .

Semua siswa Wira Bhakti sudah melakukan vaksinasi, sambung Uga Wiranto. “Semua siswa sudah melakukan vaksinasi kelas 2 dan 3 SMA,” kata Uga Wiranto istri dari Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres); Wiranto.

Untuk itu, Orang-tua siswa diwajibkan test Swab atau PCR ketika menjemput atau menemui anaknya. “Orang-tua siswa diwajibkan test Swab atau PCR ketika menjemput atau menemui anaknya. Pamong (guru dan karyawan), pesuruh dan petugas kebersihan juga telah divaksin lengkap,” tutur Uga Wiranto.

Mereka juga mensosialisasikan manfaat vaksin antara lain mengurangi dampak dari penyakit Covid-19, membentuk Herd Komunity (Kekebalan Kelompok).

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa banyak berita bohong (hoaks) di masyarakat mengenai vaksin, Uga berharap peran besar media untuk mencegah berita bohong (hoaks). Saat dijumpai oleh awak media di kawasan Blok S Jakarta Selatan, Jumad, 15/10/2021. “Sekolah SMA Wira Bhakti ini membentuk generasi muda berakhlaktul kharimah, berbudi-pekerti, disiplin (bukan memiliterkan),” pungkasnya dengan tegas.

Sekolah ini mempunyai 2300 siswa dan telah meluluskan 1300 siswa. “Sekolah Wira Bhakti telah berdiri selama 19 tahun, mempunyai 2300 siswa dan telah meluluskan 1300 siswa bahkan sudah ada yang sedang mengikuti pendidikan Akademi Kepolisian dan ada juga yang baru masuk Akademi Militer. Semoga para alumni sekolah Wira Bhakti dapat menjadi generasi penerus yang lebih baik,” bebernya dengan senyumnya yang khas.

Wira Bhakti adalah singkatan dari nama Wiranto dan Rugaiya dalam mendarma-baktikan atau pengabdian pada masyarakat seusai purna tugas negara.

Dalam rapat Koordinasi ini turut hadir Kepala Sekolah SMA Wira Bhakti yaitu Marwan Potale, Mpd, Ketua Yayasan AL-Fath Wiraga Mulya Ibu Rugaiya Usman Wiranto SH, M.Sc.

Continue Reading

nasional

Bina Raga Papua Optimis Raih Dua Medali Emas

Published

on

By

Jakarta – Persiapan demi persiapan terus digenjot oleh tim terbang layang Papua jelang pelaksanaan PON XX Papua 2021 mendatang. Bahkan sejak tiga bulan yang lalu atlet bina raga Papua sudah melakukan uji coba / training center di Jakarta.

Manager sekaligus Official Billy Praisy Watory menyebut saat ini seluruh atlet binaraga Papua sudah memasuki masa persiapan kompetisi demi memantapkan akhir jelang pertandingan tanggal 4 Oktober nanti.

Hanya saja, menurut Billy, waktu latihan para atletnya sudah cukup baik.Namun, ia tetap optimistis dengan kemampuan para atlet.

Sebagai tuan rumah PON, Papua akan tampil di semua nomor pertandingan bina raga dengan menurunkan sebanyak 7 atlet tapi hanya 6 nomor saja karena 2 atlet di kelas yang sama yaitu 60 kilo.

Keyakinan ini dikatakan Billy lantaran tim binaraga Papua saat ini banyak dihuni oleh atlet-atlet yang sarat prestasi dan pengalaman, baik di PON sebelumnya maupun kejuaraan-kejuaraan nasional.
“Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa melebihi dari target.

Meski tidak mudah karena ada beberapa lawan yang jadi pesaing terberat, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur,” imbuh Billy yang juga sebagai pengurus PBFI Papua.

PON adalah ajang bergengsi bagi para atlet untuk menuju jenjang yang lebih tinggi lagi.

Continue Reading

nasional

Nono Sudewo Berharap IMI Tambah Maju dan Berkembang

Published

on

By

Jakarta – Dalam suasana PPKM Level 3 Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat menggelar peresmian kantor pusat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan pecinta otomotif antara lain Menteri BUMN Erik Tohir, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudi Salim, Ketua DPRD DKI Jakarta Edi Prasetyo, Komjen Pol (P) Nanan Soekarna, Kepala Bulog Komjen Polisi (P) Budi Waseso, Dirut BNI Royke Tumilaar dan Ketua KADIN Arsjad Rasyid, Jumat (10/09/2021)

Pewarta media ini berkesempatan mewawancarai Nono Sudewo seorang pecinta otomotif yang turut hadir dalam acara ini. Nono mengatakan harapannya agar IMI berkembang.

“IMI Indonesia di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Achmat Syahroni menjadi tempat dan wadah kita untuk mengembangkan hobi-hobi otomotif yang lebih bermutu dan tersalurkan dengan baik, roda dua maupun roda empat. Banyak teman-teman kita yang butuh sekali panutan seperti beliau ini,” urainya dengan penuh harap.

Kantor IMI pusat yang baru bertempat di Gedung Elevated Parkir A Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Selatan. Nantinya di bulan Nopember IMI akan meluncurkan IMI Super Apps.

Continue Reading

Trending