Connect with us

nasional

Kritik Janji Anies, FWJ, FWPJ, KPJ, POB dan SKT Gelar Aksi di Balaikota

Published

on

JAKARTA – Lima (5) unsur organisasi yang mengatasnamakan ‘Jakarta – Kami Kompak’ terdiri dari Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia, Koalisi Peduli Jakarta (KPJ), Forum Wartawan Peduli Jakarta (FWPJ), Semangat Kebangkitan Tambora (SKT), dan Perkumpulan Orang Betawi (POB) menyuarakan aspirasinya di depan Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Rabu (31/3/2021) siang, terkait poin 8 janji dari 23 Janji Anies Baswedan saat kampanye.

Dalam orasinya, Ketua Koalisi Peduli Jakarta (KPJ) Amos Hutahuruk menyinggung soal pemubajiran anggaran gaji TGUPP, “Anies kami anggap membuang-buang anggaran besar dengan menggaji para TGUPP yang tak memliki fungsional dalam kinerjanya. Sebaiknya TGUPP dibubarkan dan anggaran diperuntukan warga DKI ajah. “Jelas Amos.

Ketidaktegasan seorang Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dikatakan Amos juga sebagai tindakan dugaan pelanggaran oknum Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) baik tingkat Dinas, Sudin, maupun oknum penertiban Kecamatan.

Lanjut Amos, birokrasi pemerintahan jaman Anies, ia sampaikan terlalu berbelit belit. Hal itu menjadi perbandingan beda jauh dengan jaman Ahok. “Jaman Ahok sangat simple dan dia tak segan-segan langsung turun mencopot oknum jajarannya yang melanggar aturan. Birokrasi dijaman Ahok pun tak seribet di jaman Anies. Artinya warga bisa langsung mengadu apa yang menjadi kewajibannya sebagai warga DKI. Tapi di jaman Anies warga seperti dihadapkan TGUPP yang dianggap tak berfungsi menjebatani suara warga DKI. “Bebernya.

Dalam tuntutan aksi tersebut, Amos menyebut hasil audit BPK DKI Jakarta mencatat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan pembayaran kepada FEO Ltd selaku promotor dan pemegang lisensi Formula E terkait penyelenggaraan acara tersebut senilai 53 juta poundsterling Inggris atau setara Rp 983,31 miliar pada 2019-2020. “Terungkapkan bahww Anies sudah bayar hampir Rp 1 T demi Formula E. “Ketusnya.

Sementara Ketua Umum Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia Mustofa Hadi Karya yang biasa disapa Opan ini menyampaikan dalam konferensi Pers nya didepan Balaikota paska Aksinya bahwa ia menyayangkan ketidakjeliaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kontrol kinerja SKPD nya. Ia menyinggung birokrasi bobrok dalam pemerintahan Anies menjadi dasar rusaknya moral pejabat DKI.

“Asal Bapak Senang (ABS) mungkin ungkapan itu yang pas dilabelkan para pembantu-pembantu Anies di tingkat Dinas, Walikota, Sudin, Kecamatan dan Kelurahan, sehingga Anies kecolongan dengan adanya indikasi pembiaran nakal yang dilakukan jajarannya. Tentu hal itu menjadi sasaran empuk untuk menudingnya sebagai Gubernur yang melakukan tindakan Masif, dan itu patut diduga dilakukan dengan kesengajaan, karena tidak adanya tindakan tegas dari orang nomor 1 di DKI Jakarta ini. “Papar Opan.

Opan juga mengapresiasi respon positif Sekda DKI Marullah Matali atas aksi damai yang bertajuk ‘Kami Cinta DKI Jakarta’ di Balaikota. Dalam ucapannya kepada FWJ – Indonesia, ia menganggap perlu adanya kritik membangun untuk terciptanya pemerintahan yang baik. Sekda juga berjanji akan merangkul dan memberikan ruang diskusi terkait tuntutan aksi tadi.

Sebagai fungsi kontrol sosial yang melihat secara fakta dilapangan, Ketua Forum Wartawan Peduli Jakarta (FWPJ) Agus Supriyanto mengatakan, Gubernur DKI Anies Baswedan harus bersedia mendengar masukan dari berbagai elemen masyarakat termasuk unsur wartawan terkait maraknya dugaan praktik nakal oknum di Dinas, Sudin Citata maupun oknum ditingkat Kecamatan.

“Ingat, salah satu dari 23 poin janji kampanye Pak Anies adalah menghentikan praktik penyelewengan di dalam birokrasi. Kita (FWPJ, FWJ, KPJ, POB) dan unsur-unsur lainnya yang ikut aksi ini menagih janji kampanye Pak Anies. Naah kita ingin mengingatkan Pak Anies untu menuntaskan janjinya. Saat ini masih banyak dugaan praktik penyimpangan birokrasi, abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan) para pejabat di DKI dalam hal ini di dinas maupun sudin citata. Kita minta Pak Anies membereskan anak buahnya yang nakal itu,” tandasnya.

Wartawan yang sudah 17 tahun mengabdi di Rakyat Merdeka Group/Holding Jawa Pos Group itu menegaskan, saat ini, inspektorat DKI masih lemah alias belum maksimal menjalankan fungsinya dalam mengawasi para satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Harusnya, inspektorat lebih tajam lagi dalam melakukan pengawasan. Mendengar, menerima laporan dan menindak tegas pejabat yang nakal,” paparnya.

Jurnalis yang biasa disapa AGS ini pun mengapresiasi Sekda DKI, Marullah Matali yang langsung merespon aksi di balaikota tersebut. “FWPJ sangat mengapresiasi Pak Sekda Marullah yang dengan cepat merespon aksi teman-teman. Beliau akan menerima perwakilan teman-teman itu bagus. Artinya, Pak Sekda mendengar aspirasi masyarakat. Saya harap, Pak Sekda istiqomah untuk terus menyerap aspirasi warga Jakarta,” pinta wartawan yang  puluhan tahun telah meliput di DPRD DKI dan Pemprov DKI tersebut.

Pria lulusan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) ini pun menegaskan, FWPJ bersama FWJ dan teman-teman lainnya akan konsisten mengkritisi Pemprov DKI secara konstruktif. “Karena, kita sangat peduli dan cinta Jakarta. Kita akan awasi, kawal dan kritisi Pak Anies dan jajarannya dengan konstruktif. Sebab, fungsi pers adalah kontrol sosial dan sebagai salah satu pilar demokrasi,. “Pungkasnya.

Continue Reading

nasional

Bhayangkari Polda Lampung Tampilkan Produk UMKM Unggulan di JCC

Published

on

By

Jakarta – Bhayangkari Polda Lampung menampilkan produk UMKM unggulan di acara Bazaar Kreasi Bhayangkari Nusantara 11-14 Agustus 2022 yang diadakan oleh Pengurus Pusat Bhayangkari atas prakarsa Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo, yang sangat peduli dengan para pelaku UMKM Bhayangkari yang tersebar di seluruh pelosok daerah di Indonesia.

Untuk itu, awak media berkesempatan mewawancarai Ketua Bhayangkari Polda Lampung, Ges Wiyagus, di Jakarta Convention Center, Jum’at (12/8/2022)

Ges Wiyagus mengucapkan ucapan syukurnya UMKM Lampung bisa ikut Bazaar Kreasi Bhayangkari Nusantara.

“Saya sangat bersyukur dan bangga bisa mewakili UMKM Bhayangkari Lampung pada ajang bergengsi ini setelah sempat vakum selama pandemi, serta seoptimal mungkin memberikan yang terbaik untuk mendukung program Ketua Umum Bhayangkari dalam memajukan dan mengembangkan UMKM Bhayangkari dengan menampilkan produk-produk Wastra tradisional Lampung, inovasi kain Lampung dalam bentuk fashion etnik, kerajinan tas etnik Lampung dan kuliner khas Lampung yang merupakan hasil kreativitas Bhayangkari Lampung sebagai bentuk kekaguman pada warisan budaya daerah dimana Bhayangkari sebagai pendamping suami bertugas,” bebernya.

Merupakan suatu bentuk kebahagiaan juga Lampung diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil karya designer Anggie Rahmat perwakilan Bhayangkari Lampung di Fashion Show yang merupakan agenda acara yang dinantikan oleh pengunjung bazaar.

Lanjut, sesuai dengan tema bazaar tahun ini “Bhayangkari Mandiri dan Kreatif Mendukung Tugas Polri yang Presisi untuk Indonesia Maju”

Tentu saja, UMKM Bhayangkari se-Indonesia sangat berharap semakin terbuka peluang pasar.

Continue Reading

nasional

Rivan A. Purwantono: Ini Alasan Jasa Raharja, Korlantas Polri dan Kemendagri Resmikan Sekretariat Bersama Pembina Samsat Nasional

Published

on

By

JAKARTA – PT Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan Kementerian Dalam Negeri resmi membentuk Sekretariat Bersama Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional. Hal ini sebagaimana amanat Pasal 24 Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor.

Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional juga telah meresmikan gedung Sekretariat bersama sebagai Command Center Samsat Nasional yang bertempat di Gedung Utama Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta Selatan pada 21 Juli 2022.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan, pembentukan Sekretariat Bersama Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional, sebagai salah satu upaya penguatan pengawasan dalam rangka mengoptimalkan potensi penerimaan pendapatan negara dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Rivan menilai, dengan adanya Sekretariat Bersama Pembina Samsat Tingkat Nasional, nantinya pembinaan kesamsatan menjadi satu atap. “Dengan demikian akan lebih mengoptimalkan seluruh tugas dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan bersama,” ujarnya.

Adapun, tugas Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional, antara lain menyusun dan menetapkan kebijakan terkait kesamsatan, memberikan bimbingan kepada Pembina Samsat Tingkat Provinsi, melakukan supervisi dan evaluasi kegiatan Samsat, hingga memberikan laporan kegiatan Samsat kepada Presiden.

“Harapan kami sekretariat bersama ini dapat mendukung pelayanan kepada masyarakat dengan meningkatkan akurasi data kendaraan bermotor yang valid. Karena nantinya, data tersebut dapat digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” imbuh Rivan.

Saat ini yang masih fenomenal, kata Rivan, Tim Pembina Samsat tengah gencar melakukan sosialisasi dalam mengingatkan ketaatan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Hal itu, mengingat berdasarkan data PT Jasa Raharja, masih ada 40 juta kendaraan atau 39% kendaraan bermotor yang belum melakukan pembayaran PKB.

“Tentu tujuannya untuk peningkatan implementasi Undang-Undang No.22 Tahun 2009 pasal 74, dimana untuk kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang, nantinya data kendaraannya dapat dilakukan penghapusan,” ujar Rivan.

Continue Reading

nasional

Rivan A. Purwantono: AKHLAK Award Menjadi Saksi Semangat Insan Jasa Raharja Untuk Jadikan Perusahaan Tumbuh Berkelanjutan

Published

on

By

JAKARTA – PT Jasa Raharja berhasil meraih penghargaan AKHLAK Award 2022 untuk
kategori Indeks Implementasi Cluster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun yang
diselenggarakan ACT Consulting.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Founder ACT Consulting Ari Ginanjar
Agustian kepada Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono dan Direktur
Umum/Human Capital Jasa Raharja Rubi Handojo.

“Ini merupakan suatu apresiasi yang patut disyukuri dan terus di tingkatkan,dan Award ini menjadi saksi bagaimana semangatnya Insan Jasa Raharja menggelorakan core values AKHLAK untuk menjaga Perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan” kata Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono di Jakarta, Kamis, (4/8).

Implementasi budaya AKHLAK yang dilakukan di lingkungan kerja PT Jasa Raharja dinilai sangat baik telah diimplementasikan dalam setiap proses kerja dan bisnis perusahaan. “Terima kasih untuk seluruh insan Jasa Raharja dan pihak penyelenggara.

Semoga ke depan setiap insan Jasa Raharja dapat selalu memberikan performance dan
kontribusi terbaiknya untuk perusahaan. Karena sebuah kinerja, sangat berkaitan erat dengan pondasinya, yaitu AKHLAK,” ungkap Rivan.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, dalam sambutan AKHLAK Award mengatakan, bahwa AKHLAK BUMN sebagai nilai inti, menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi. Menurutnya, di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai.

Kontribusi BUMN kepada negara, lanjut Ma’ruf Amin, diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya. “BUMN selayaknya terus meningkatkan diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia,” kata Wapres.

Ajang AKHLAK Award yang diselenggarakan Kementerian BUMN tahun 2022 diikuti
oleh 141 perusahaan yang terdiri dari 39 BUMN dan 102 anak perusahaan BUMN.
Penilaian AKHLAK Award 2022 didasarkan pada Indeks ACHI (AKHLAK Culture Health
Index) dengan tolok ukur 2 tahun implementasi AKHLAK sebagai core values seluruh BUMN di seluruh Indonesia.

Continue Reading

Trending