Connect with us

TNI / Polri

Dandim 0604 Karawang : Kenaikan Pangkat Tidak Otomatis, Tapi Penuh Perjuangan

Published

on

KARAWANG, – Periode 1 April 2021, 16 personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0604 Karawang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Ini merupakan penghargaan atas dedikasi, kerja keras dari para prajurit tersebut.

Selain itu, ada 3 orang perwira yang memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) juga dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi yang awalnya berpangkat Kapten menjadi Mayor penghargaan.

“Ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan dari pemerintah kepada prajurit TNI AD yang selama masa dinasnya tidak melakukan pelanggaran, berprestasi dan berdedikasi tinggi, sehingga yang kita usulkan, Alhamdulillah disetujui semua. Sehingga ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi para prajurit tersebut untuk berbuat dan berdinas untuk lebih baik lagi. Baik bagi diri, keluarga, kesatuan dan masyarakat,” ujar Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Hario Wibowo saat disambangi wartawan di Makodim, Selasa (06/04).

Ia juga berharap kepada anggota yang mendapat amanah yakni kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula pada periode 1 April 2021 bisa lebih semangat dan penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai prajurit.

“Untuk periode kenaikan pangkat di TNI itu ada dua yakni pada tanggal 1 April dan 1 Oktober. Kali ini kenaikan pangkat 1 April dan kenaikan pangkat ini bukan otomatis, mereka ini melalui tahapan-tahapan, mulai dari kinerjanya. Kita kan mengeluarkan Daftar Penilaian (Dapen), lalu ada pengecekan kemampuan jasmaninya, walaupun secara periodik sudah dilakukan, namun untuk kemampuan jasmani untuk kenaikan pangkat ada tersendiri. Kemudian, kesehatannya juga kita cek dan kalau lulus itu semua, baru bisa. Dan yang tidak kalah penting penilaian ada atau tidak pelanggaran yang dilakukan anggota, bila ada pelanggaran sudah terselesaikan belum masalahnya, sesuai dengan catatan personil (catpers),” ujarnya.

Kembali katanya, anggota Kodim 0604 Karawang yang naik pangkat periode 1 April 2021 yang berjumlah 16 tersebut dari berbagai golongan semua naik pangkat dan ini semua penghargaan untuk prestasi mereka.

“Terkait mengenai daftar penilaian yang dilakukan adalah dinilai mulai dari kenaikan pangkat terakhir atau periode 4 tahunan dan sepanjang itu kita nilai terus sehari-hari yang mencakup nilai tanggungjawab, nilai kinerja, nilai kepemimpinan dan beberapa item lainnya. Dan seandainya belum layak naik pangkat, ya saya berani untuk tidak menaikan pangkatnya. Intinya semua ada perjuangannya,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Dandim juga mengatakan bahwa program vaksinasi yang dilakukan di Kodim 0604 Karawang, bahwa prajurit dan ASN yang berdinas di Makodim sudah semua melaksanakan vaksinasi dua tahap.

“Alhamdulillah, yang belum hanya tinggal 100, hal ini disebabkan karena ada yang pendidikan, karena penyintas yang belum 3 bulan dan juga ada sakit seperti tensi tinggi. Namun begitu, setelah ada kesempatan lagi batu kita cek lagi dan lakukan vaksinasi,” jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten Karawang sendiri katanya, data per 5 April untuk sasaran target vaksinasi 1.543.656 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan, TNI-POLRI, ASN dan masyarakat terbatas sudah dilaksanakan, baik tahap satu maupun tahap dua.

“Adapun yang belum dilaksanakan, karena mungkin karena riwayat penyintas Covid-19 minimal 3 bulan atau penyakit bawaan.

Continue Reading

TNI / Polri

Dispenad Menggelar Kegiatan Komsos Kreatif Menjalin Silahturahmi dan Rasa Kebersamaan Dengan Awak Media

Published

on

By

Jakarta, – Dinas Penerangan (Dispen) Angkatan Darat menggelar kegiatan komunikasi sosial (komsos) kreatif menjalin silahturahmi dan rasa kebersamaan dengan awak media. Di hadiri oleh Kepala Dinas Penerangan Brigadir Jendral Tatang Subarna beserta pejabat tinggi Mabes TNI AD, kegiatan berjalan lancar dan ceria. Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan komsos di hadiri ratusan media dari elektronik, cetak dan online. Dengan protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, kegiatan di gelar dalam bentuk jalan santai dan berikutnya permainan games dan terakhir bermain flying fox.

Kadispen Mabesad Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, silaturahmi di sertai dengan permainan games di harapkan dapat menjalin kerjasama dan saling sinergi antara TNI AD dengan wartawan.

”Besar harapan pertemuan antara TNI AD dan wartawan bisa saling mendukung dan bersinergi,” kata Kadispenad saat memberikan sambutan.

Menjadi Kadispen AD baru tiga bulan mengganti BrigJen Nefra Firdaus mendapat wejangan dari KASADl untuk selalu merangkul dan bersahabat dengan media.

”Wejangan dari bapak Kasad untuk selalu terbuka dengan para wartawan begitu luar biasa. Dan suatu hari beliau berkata kepada saya, mas tidak boleh melarang wartawan yang meliput, harus merangkul dan layani mereka dengan baik,” imbuhnya.

Nasehat inilah, lanjut Brigjen Tatang, menjadikan semangat bagi saya sebagai Kadispenad.

”Ini merupakan suatu motivasi kepada saya, agar kerja sama dan saling membagi Informasi antara TNI AD dan wartawan dapat terjalin baik.” pungkasnya.

Kegiatan komsos olahraga bersama ini di akhiri dengan pembagian piagam dan penghargaan kepada wartawan dan media yang di nilai yang sudah berkiprah positif di media masing masing dengan pemberitaan TNI AD.

Continue Reading

TNI / Polri

Dandim 0505/JT Dampingi Presiden RI Meninjau Vaksinasi Massal Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur

Published

on

By

Jakarta – Dandim 0505/JT mendampingi Presiden Jokowi dalam rangka peninjauan vaksinasi massal Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan Kec. Ciracas, Jakarta Timur. Kamis (10/6/2021).

Apel gelar pasukan dilaksanakan dengan melibatkan semua unsur yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan (Satgas PAM), terdiri dari unsur TNI dan Polri yang dilengkapi dengan peralatan serta perlengkapan pendukungnya.

“Tujuan pengamanan VVIP ini adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP di manapun berada. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi berbagai potensi tindakan serta aksi yang sangat membahayakan, TNI dan Kepolisian bersama institusi terkait mengelar pengamanan VVIP secara terpadu,” tutur Dandim 0505/JT Kol. Kav. Rahyanto kepada awak media.

Dandim 0505/JT mengajak seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung-jawab dan kepada masyarakat untuk bisa menyambut kunjungan bapak Presiden dengan baik. (RED)

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad Pimpin Sertijab Pangkostrad dan 5 Pejabat Teras TNI AD

Published

on

By

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkostrad serta lima pejabat teras lainnya di jajaran TNI AD. Acara Sertijab digelar di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Jabatan yang diserahterimakan, yaitu Pangkostrad dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Koorsahli Kasad dari Letjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi. Danpusterad dari Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi kepada Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko. Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Dudung Abdurachman kepada Mayjen TNI Mulyo Aji MA. Asintel Kasad dari Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan, serta yang terakhir jabatan Aspers Kasad dari Mayjen TNI Mulyo Aji, MA. kepada Mayjen TNI Wawan Ruswandi.

Acara Sertijab juga dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara Sertijab Ketua Persit KCK oleh masing-masing Ketua Persit yang melaksanakan serah terima jabatan. Penandatangan tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum Persit KCK, Ny. Hetty Andika Perkasa. *(Dispenad)*

Continue Reading

Trending