Connect with us

TNI / Polri

Jembatan Kartika Eka Paksi, Wujud Penghargaan dan Kecintaan Warga Bolo-Rade Pada TNI AD

Published

on

JAKARTA, – Jembatan Acrow Panel penghubung antara Desa Rade dengan Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, telah diresmikan penggunaannya oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dengan Unsur Muspida Kabupaten Bima, Selasa (20/4/2021).

Antusias warga di kedua desa tersebut menyambut hadirnya jembatan penghubung yang merupakan urat nadi perekonomian warga dua desa tersebut.

Jembatan Acrow Panel tersebut dibangun setelah jembatan sebelumnya putus setelah dihantam banjir bandang pada 2 April 2021 lalu.

Akibatnya, aktivitas warga di kedua desa tersebut nyaris lumpuh karena akses utama dari Desa Rade menuju Desa Bolo menuju pusat perekonomian di kecamatan tersebut menjadi terhambat.

Tepat 10 hari sejak awal pengerjaan jembatan tersebut oleh Satgas Zeni TNI AD dari Yonzikon 13/Karya Etmaka, jembatan tersebut telah selesai secara penuh dan dapat dilalui kendaraan hingga tonase 15 hingga 20 ton.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani pada sambutannya saat peresmian jembatan Acrow Panel tersebut mengatakan bahwa dibangunnya jembatan ini merupakan kepedulian dan respons cepat pimpinan TNI Angkatan Darat untuk membantu kesulitan masyarakat di Kabupaten Bima yang terdampak bencana banjir bandang.

“Kami dari Jajaran Korem 162/Wira Bhakti mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kasad yang telah mengirimkan personelnya dan perlengkapannya untuk membangun jembatan di Desa Bolo dan Desa Rade ini. Jembatan ini dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu yang ditargetkan,” ujarnya.

Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Bima serta seluruh masyarakat yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi dalam penyelesaian pembangunan jembatan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan, dari tiga jembatan yang mengalami putus dan kerusakan, dua jembatan telah berhasil diselesaikan yaitu jembatan di Desa Bolo – Rade ini dan perbaikan jembatan di Desa Woro.

” Satu jembatan lagi masih dalam proses perbaikan, diharapkan dalam waktu tiga hingga empat hari kedepan, jembatan di Desa Campa Kecamatan Madapangga juga dapat diselesaikan lebih cepat, ” jelas Ahmad Rizal.

Dalam peresmian jembatan Acrow Panel ini juga dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, anggota DPD RI dari pemilihan daerah Nusa Tenggara Barat
H. Muhammad Syafrudin, ST, MM, dan Evi Apita Maya, SH., M.Kn,

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pimpinan Angkatan Darat atas dibangunnya jembatan penghubung kedua desa di wilayahnya.

“Kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bima dan seluruh warga Desa Bolo dan Desa Rade Kecamatan Madapangga ini, sangat bersyukur telah dibuatkan jembatan penghubung. Atensi dari Bapak Kasad sungguh luar biasa dan kami semua beserta seluruh warga di sini sangat berterima kasih, ” tuturnya.

“Inilah bentuk kebersamaan TNI dengan masyarakat. TNI sebagai garda terdepan selalu hadir disaat rakyat mengalami kesulitan maupun terkena bencana,” imbuhnya.

Hal Senada juga disampaikan kedua anggota DPD RI yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian TNI Angkatan Darat yang dengan respons cepat mengirimkan bantuan.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1608/Bima yang juga selaku Komandan Satuan Tugas Tanggap Bencana Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan Angkatan Darat atas bantuan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih perhatian Bapak Kasad atas pembangunan jembatan ini. Bantuan ini kami respon dengan pengerahan maksimal para Babinsa yang dibantu masyarakat agar jembatan tersebut dapat segera digunakan oleh warga, ” tukasnya.

Harapan agar usia jembatan ini dapat digunakan secara maksimal oleh warga Bolo – Rade juga disampaikan oleh Danyonzikon 13/KE Letkol Czi Alid Setiawan.

” Semoga jembatan ini dapat dipelihara dengan baik dan dapat memberikan manfaat maksimal bagi warga di sini. Kami juga menyampaikan terima kasih atas peran pemerintah daerah Kabupaten Bima dan masyarakat yang membantu kami menyelesaikan pembangunan jembatan ini, ” ucapnya. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Kunker Wapres RI di Papua

Published

on

By

JAKARTA, – Setelah kemarin menutup secara resmi PON XX, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin bersama rombongan didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A melaksanakan rangkaian kunjungan kerja di wilayah Jayapura, Sabtu (16/10/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, beberapa agenda yang dilaksanakan di antaranya adalah kunjungan ke SD Negeri VIM Kotaraja, kunjungan ke Gereja Kristen Injil (GKI) Pniel Kotaraja, Rapat Koordinasi dengan Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat di Aula Sasana Krida Kantor Gubernur serta peresmian pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Papua dan Papua Barat.

Dalam kunjungan ke SD Negeri VIM Kotaraja, Wapres RI berdialog secara langsung dengan perwakilan siswa, perwakilan sekolah dan masyarakat sekitar. Pada pertemuan tersebut, KH Ma’ruf Amin berharap agar para siswa terus belajar untuk memajukan Tanah Papua.

Selanjutnya Wapres RI bersama rombongan mengunjungi GKI Pniel Kotaraja dan disambut oleh Ketua Jemaat GKI Pniel Kotaraja Pendeta Didimus EA Watopa dan beberapa tokoh lainnya. Saat kunjungan tersebut KH Ma’ruf Amin menyampaikan agar dalam pelaksanaan ibadah tetap memedomani protokol kesehatan dan berharap agar pengurus gereja terus menjaga kerukunan antar umat beragama.

Setelah meninjau GKI Pniel, Wapres RI menuju Aula Sasana Krida Kantor Gubernur untuk melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Pemerintah Provinsi Papua dan Forkopimda Pemerintah Daerah beberapa Kabupaten serta sejumlah tokoh masyarakat. Adapun agenda yang dibahas diantaranya adalah pembahasan tentang kemiskinan ekstrim dan percepatan pembangunan kesejahteraan di sejumlah wilayah di Papua.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya di Papua, KH Ma’ruf Amin meresmikan pembangunan BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat. Peresmian secara simbolis tersebut dilaksanakan di Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII) Sentani. Dalam sambutannya, Wapres RI menyampaikan bahwa dengan adanya BLK Komunitas tersebut diharapkan dapat memberikan keterampilan atau keahlian vokasi yang dibutuhkan bagi pasar kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

TNI AD Gelar Latihan Bersama C4S SMEE Dengan AD Filipina

Published

on

By

JAKARTA, – Kepala Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil Kolonel Chb Mohammad Nazar selaku Ketua Delgasi TNI AD membuka Latihan Bersama Command, Control, Communications and Computer System (C4S) Subject Matter Expert Exchange (SMEE) antara TNI AD dengan Angkatan Darat Filipina, secara virtual di Hotel Grand Mercure Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

Latihan C4S SMEE ini berlangsung dari tanggal 13-14 Oktober 2021, yang diikuti oleh delegasi TNI AD berjumlah 8 personel dipimpin Ketua Delegasi (Head of Delegation) Kaprodi Teknik Elektro Pertahanan Akmil Kolonel Chb Mohammad Nazar, dan delegasi Angkatan Darat Filipina sebanyak 13 Personel dipimpin Ketua Delegasi (Head of Delegation) Kolonel Patriarch Robinson. Selain itu, latihan ini juga turut dihadiri oleh Atase Pertahanan masing-masing negara.

Kolonel Chb Mohammad Nazar menyampaikan bahwa penyelenggaraan Latihan C4S SMEE ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral antara TNI AD dengan AD Filipina melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam penggelaran Dukungan Perhubungan, Sistem Informasi dan Pengolahan Data serta Komando dan Kendali (Kodal), baik dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain itu, melalui latihan ini diharapkan TNI AD dapat memperoleh referensi tambahan yang berharga tentang pembangunan kemampuan Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Siber, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4SIPP) TNI AD yang saat ini sedang menjadi salah satu fokus utama untuk mewujudkan Network Centric Warfare (NCW) serta modernisasi Alutsista TNI AD agar lebih adaptif di era Industri 4.0 ini.

“Latihan C4S ini diselenggarakan dalam bentuk Subject Matter Expert Exchange (SMEE) yang dilaksanakan secara virtual meliputi pemaparan materi oleh narasumber atau Subject Matter Expert dari masing-masing pihak dan diikuti dengan diskusi, “ujarnya.

Sementara itu Kolonel Patriarch Robinson mengatakan, dalam latihan C4S SMEE ini Angkatan Darat Filipina melibatkan personel dari Resimen Perhubungan AD Filipina dalam rangka saling belajar dan berbagi pengalaman, serta tukar menukar informasi tentang kemampuan C4S masing-masing. Ia juga berharap bahwa latihan ini dapat berlanjut dan semakin berkembang kedepannya, serta tahun depan dapat dilaksanakan secara tatap muka.
Dalam latihan ini delegasi TNI AD membahas tentang beberapa topik seperti Pembangunan NCW TNI AD yang menitikberatkan pada pengembangan Integrated Command and Control System (ICCS), termasuk didalamnya Battlefield Management System (BMS) dengan disertai penjelasan upaya yang dilakukan dalam proses pembangunan tersebut, Lesson Learned dan Best Practice Dukungan Perhubungan pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilaksanakan pada saat penanggulangan Gempa di Palu pada tahun 2018, serta Sistem Informasi (Sisfo) TNI AD yang terintegrasi.

Sementara itu, delegasi AD Filipina membahas tentang Kemampuan C4S AD Filipina dan Best Practices Dukungan Perhubungan dalam mendukung suatu operasi, yang berangkat dari pengalaman mereka pada saat pelaksanaan operasi di Zamboanga dan pada saat dukungan komunikasi Battle of Marawi, yang merupakan contoh operasi militer AD Filipina dalam perang modern.

Selanjutnya Kolonel Chb Mohammad Nazar mengatakan bahwa latihan seperti ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi personel TNI AD yang terlibat, dan ia berharap agar TNI AD bisa melaksanakan latihan serupa dengan beberapa negara lainnya, sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak lagi sebagai bahan referensi dalam pembangunan kemampuan K4SIPP TNI AD kedepannya menuju ke Network Centric Warfare. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Puspenerbad Gelar Bimtek Sisfo TNI AD TA 2021

Published

on

By

JAKARTA, – Direktur Umum Pusat Penerbangan TNI AD (Dirum Puspenerbad) Brigjen TNI Joko Sudiyono, M.A, mewakili Komandan Pusat Penerbangan TNI AD (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso membuka acara Bimbingan Teknik Sistem Informasi (Bimtek Sisfo) TNI AD jajaran Puspenerbad TA 2021, di Aula Markas Puspenerbad, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. (14/10/2021).

Danpuspenerbad dalam amanatnya yang dibacakan Dirum Puspenerbad Brigjen TNI Joko Sudiyono, M.A, mengatakan bahwa kegiatan Bimtek Sisfo TNI AD jajaran Puspenerbad dilaksanakan setiap tahun dan merupakan program kerja bidang Infolahta. Adapun tujuan penyelenggaraan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengoperasikan Sistem Informasi TNI AD khususnya bagi personel yang membidangi sesuia dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka mendukung kelancaran tugas-tugas di satuan jajaran Puspenerbad.

“Pimpinan sangat Concern terhadap teknologi, khususnya bidang sistem informasi, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan topologi, arsitektur dan tata kelola Sistem Informasi TNI AD yang terintegrasi dan komprehensif guna menjawab kebutuhan tuntutan tugas dengan kecepatan penyajian data yang valid dan real time khususnya di Satuan Jajaran Puspenerbad,” ujarnya.

Adapun yang menjadi narasumber Bintek Sifo TNI AD ini adalah Kapten Inf Rusli Tomagola dan Pns III/A Yowono dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI Angkatan Darat (Disinfolahtad) yang memaparkan tentang Aplikasi Sistem Informasi Personel (Sisfopers), Sistem Informasi Logistik (Sisfolog) dan Sistem Informasi Perencanaan (Sisforen) TNI Angkatan Darat.

Kepala Informasi dan Pengolahan Data (Kainfolahta) Puspenerbad Letnan Kolonel Cpn Yusuf Hidayat selaku Penanggungjawab acara menyampaikan, kegiatan Bimtek Sisfo ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 sampai dengan hari Jumat tanggal 15 Oktober 2021. Peserta yang ikut dalam kegiatan Bimtek Sisfo TNI AD TA 2021 sebanyak 24 orang perwakilan dari satuan jajaran Puspenerbad yaitu dari Denma Puspenerbad, Balakada, Bengpuspenerbad, Pusdikpenerbad, Lanumad A. Yani, Lanudad Gatot Soebroto, Skadron-11/Serbu, Skadron-12/Serbu, Skadron-13/Serbu dan Skadron-21/Sena serta Skadron-31/Serbu.

Pelaksanaan Bimtek Sisfo TNI AD Jajaran Puspenerbad TA 2021 berjalan lancar dan penuh antusias para peserta sampai akhir penutupan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. (Dispenad)

Continue Reading

Trending