Connect with us

TNI / Polri

*Bupati Alor Amon Djobo : Kinerja TNI Dalam Penanggulangan Bencana Alor ‘Luar Biasa’*

Published

on

Kalabahi – Mengawali penyampaiannya, Bupati Alor Drs. Amon Djobo menyampaikan terima kasih kepada Satgas TNI AD Yonzikon 13/KE, dimana Alor merupakan daerah kepulauan sehingga dalam membangun daerah ini sangat-sangat sulit. Baik itu teritorial, infrastruktur, maupun pelaksanaan kegiatan pemerintahan, memang sangat sulit.

Tetapi puji Tuhan, melalui kolaborasi atau kerja sama antara Pemda dan TNI khususnya Kodim 1622/Alor, maka yang sulit sekalipun menjadi baik.

“Pak Dandim ini, mulai dari Dandim ganti Dandim tetapi beliau sekarang ini punya kerendahan hati, ketulusan bekerja dalam melayani masyarakat di Kabupaten Alor sangat luar biasa. Apalagi bencana saat ini, beliau turun langsung bersama prajuritnya disegala tempat dan medan yang sulit sekalipun”, kata Amon.

Dijelaskan Bupati 2 periode ini, sejak kehadiran Dandim Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag di Kodim 1622/Alor, Pemda memberikan beberapa tugas terutama infrstruktur dasar terutama jalan-jalan didaerah yang paling sulit. Kerja sama TNI di Alor dengan Pemda itu, setiap tahun dialokasikan dana untuk jalan-jalan yang sulit menuju kantong ekonomi cepat tumbuh.

“Kami percayakan teman-teman TNI yang turun melalui Karya Bakti TNI bersama masyatakat. Ini sudah berjalan sejak hampir 3 tahun ini. Karena TNI kerja tidak mencari nama atau pujian, mereka kerja target selesai dan masyarakat nikmati”, ungkapnya.

Terus terang, Pemda Alor sangat percaya dengan Kodim 1622/Alor pada setiap pelaksanaan karya bakti. Berhubung dengan bencana dimana karya bakti sedang dilaksanakan oleh TNI di Pulau Pantar sehingga Dandim langsung memerintahkan anggotanya turun membantu masyarakat terutama membuka akses jalan yang terputus dan tertutup material banjir dan longsor.

Terkait dengan pengawasan dibidang keamanan tentu sangat sulit karena daerah kepulauan, tapi Dandim bersama anggotanya cukup luar biasa dalam kolaborasi dan koordinas kerja. Lalu ada kegiatan TNI di Kodim 1622/Alor, Pemda selalu memberikan dukungan seperti, dalam penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Alor, TNI hadir juga ditengah-tengah masyarakat membangun lahan pertanian di Desa Tanglapui Kecamatan Alor Timur sebanyak 186 hektar dengan hasil panen mencapai 270 ton gabah kering.

“Ini kerja sama kami dengan TNI, Covid-19 TNI turun himbau dan buat operasi pendisiplinan, tetapi mereka juga peduli dengan perutnya masyarakat sehingga tidak menderita kelaparan”, jelas Djobo.

Ditambahkannya, keterlibatan TNI Kodim 1622/Alor membantu Pemda dibidang infrastruktur, buka jalan, air bersih, bangun rumah rakyat, bangun taman baca. Jadi yang luar biasa lagi masalah ketersediaan pangan lokal, TNI turun tangan kerja membantu masyarakat tidak hanya di Tanglapui, tapi di Desa Air Mancur Kecamatan Alor Timur Laut dan Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya.

“Coba bayangkan kerjanya teman-teman TNI harus kita akui dan apresiasi. Pak Dandim dengan teman TNI lainnya di Kodim 1622/Alor sudah terlalu banyak berbuat untuk masyarakat di Alor ini. Inilah karya orang-orang yang dengan ketulusan mau bekerja melayani masyarakat”, ujarnya.

Sebagai pimpinan di daerah ini, sangat apresiasi kinerja Dandim 1622/Alor bersama anggotanya. Pada kesempatan ini, Pemda berterima kepada Panglima TNI, Kasad, Pangdam IX/Udayana, serta Danrem 161/Wira Sakti.

“Saya omong dimana-mana, TNI tidak pernah buat susah orang dan tidak pernah buat pencitraan. Saya omong betul ini. Sejengkal tanah pasti TNI pertahankan, itu betul karena TNI hadir untuk bangsa dan negara serta masyarakat. Contohnya saat ini, saat terjadi bencana tapi kami tidak sendiri. Hari pertama bencana, seluruh infrastruktur rusak dan tertutup, tapi Pangdam dan Danrem datang. Disana sudah ada prajurit yang mendahului disana dan juga ibu-ibu Persit”, tutur Djobo.

Lanjutnta, pasca bencana semua menjadi lumpuh, tapi TNI tampil di masyarakat membantu pencarian jenazah korban banjir bandang dan tanah longsor, bantu menguburkan jenazah para korban, bantu distribusi logistik, menyiapkan air bersih, dapur umum, sandang, dan sebagainya. TNI sudah buat itu dengan tulus.

Saat vicon dengan Pangdam, kami didukung jembatan dan sekarang sudah selesai dibangun. Walau hanya 1 tapi tidak masalah, yang kami butuh adalah perhatian TNI terhadap kami. Mereka kerja siang malam akhirnya direncanakan 11 hari baru selesai tapi baru 5 hari sudah selesai dan akan diresmikan besok Kamis (6/5/2021) oleh Bapak Danrem 161/Wira Sakti.

“Sebagai Bupati saya akan usulkan kepada Kasad supaya naikan pangkat bagi teman-teman TNI di Kodim 1622/Alor yang sangat membantu dalam tugas kemanusiaan pasca bencana. Lebih baik aksi naik pangkat saat masih hidup, kalau mati baru kasi naik anumerta, dia sudah tidak menikmati. Saya akan usulkan ke Kasad”, ucap Amon.

(Pendim 1622)

Continue Reading

TNI / Polri

Dispenad Menggelar Kegiatan Komsos Kreatif Menjalin Silahturahmi dan Rasa Kebersamaan Dengan Awak Media

Published

on

By

Jakarta, – Dinas Penerangan (Dispen) Angkatan Darat menggelar kegiatan komunikasi sosial (komsos) kreatif menjalin silahturahmi dan rasa kebersamaan dengan awak media. Di hadiri oleh Kepala Dinas Penerangan Brigadir Jendral Tatang Subarna beserta pejabat tinggi Mabes TNI AD, kegiatan berjalan lancar dan ceria. Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan komsos di hadiri ratusan media dari elektronik, cetak dan online. Dengan protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, kegiatan di gelar dalam bentuk jalan santai dan berikutnya permainan games dan terakhir bermain flying fox.

Kadispen Mabesad Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, silaturahmi di sertai dengan permainan games di harapkan dapat menjalin kerjasama dan saling sinergi antara TNI AD dengan wartawan.

”Besar harapan pertemuan antara TNI AD dan wartawan bisa saling mendukung dan bersinergi,” kata Kadispenad saat memberikan sambutan.

Menjadi Kadispen AD baru tiga bulan mengganti BrigJen Nefra Firdaus mendapat wejangan dari KASADl untuk selalu merangkul dan bersahabat dengan media.

”Wejangan dari bapak Kasad untuk selalu terbuka dengan para wartawan begitu luar biasa. Dan suatu hari beliau berkata kepada saya, mas tidak boleh melarang wartawan yang meliput, harus merangkul dan layani mereka dengan baik,” imbuhnya.

Nasehat inilah, lanjut Brigjen Tatang, menjadikan semangat bagi saya sebagai Kadispenad.

”Ini merupakan suatu motivasi kepada saya, agar kerja sama dan saling membagi Informasi antara TNI AD dan wartawan dapat terjalin baik.” pungkasnya.

Kegiatan komsos olahraga bersama ini di akhiri dengan pembagian piagam dan penghargaan kepada wartawan dan media yang di nilai yang sudah berkiprah positif di media masing masing dengan pemberitaan TNI AD.

Continue Reading

TNI / Polri

Dandim 0505/JT Dampingi Presiden RI Meninjau Vaksinasi Massal Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur

Published

on

By

Jakarta – Dandim 0505/JT mendampingi Presiden Jokowi dalam rangka peninjauan vaksinasi massal Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan Kec. Ciracas, Jakarta Timur. Kamis (10/6/2021).

Apel gelar pasukan dilaksanakan dengan melibatkan semua unsur yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan (Satgas PAM), terdiri dari unsur TNI dan Polri yang dilengkapi dengan peralatan serta perlengkapan pendukungnya.

“Tujuan pengamanan VVIP ini adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP di manapun berada. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi berbagai potensi tindakan serta aksi yang sangat membahayakan, TNI dan Kepolisian bersama institusi terkait mengelar pengamanan VVIP secara terpadu,” tutur Dandim 0505/JT Kol. Kav. Rahyanto kepada awak media.

Dandim 0505/JT mengajak seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung-jawab dan kepada masyarakat untuk bisa menyambut kunjungan bapak Presiden dengan baik. (RED)

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad Pimpin Sertijab Pangkostrad dan 5 Pejabat Teras TNI AD

Published

on

By

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkostrad serta lima pejabat teras lainnya di jajaran TNI AD. Acara Sertijab digelar di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Jabatan yang diserahterimakan, yaitu Pangkostrad dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Koorsahli Kasad dari Letjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi. Danpusterad dari Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi kepada Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko. Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Dudung Abdurachman kepada Mayjen TNI Mulyo Aji MA. Asintel Kasad dari Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan, serta yang terakhir jabatan Aspers Kasad dari Mayjen TNI Mulyo Aji, MA. kepada Mayjen TNI Wawan Ruswandi.

Acara Sertijab juga dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara Sertijab Ketua Persit KCK oleh masing-masing Ketua Persit yang melaksanakan serah terima jabatan. Penandatangan tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum Persit KCK, Ny. Hetty Andika Perkasa. *(Dispenad)*

Continue Reading

Trending