Connect with us

TNI / Polri

*Bupati Alor Amon Djobo : Kinerja TNI Dalam Penanggulangan Bencana Alor ‘Luar Biasa’*

Published

on

Kalabahi – Mengawali penyampaiannya, Bupati Alor Drs. Amon Djobo menyampaikan terima kasih kepada Satgas TNI AD Yonzikon 13/KE, dimana Alor merupakan daerah kepulauan sehingga dalam membangun daerah ini sangat-sangat sulit. Baik itu teritorial, infrastruktur, maupun pelaksanaan kegiatan pemerintahan, memang sangat sulit.

Tetapi puji Tuhan, melalui kolaborasi atau kerja sama antara Pemda dan TNI khususnya Kodim 1622/Alor, maka yang sulit sekalipun menjadi baik.

“Pak Dandim ini, mulai dari Dandim ganti Dandim tetapi beliau sekarang ini punya kerendahan hati, ketulusan bekerja dalam melayani masyarakat di Kabupaten Alor sangat luar biasa. Apalagi bencana saat ini, beliau turun langsung bersama prajuritnya disegala tempat dan medan yang sulit sekalipun”, kata Amon.

Dijelaskan Bupati 2 periode ini, sejak kehadiran Dandim Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag di Kodim 1622/Alor, Pemda memberikan beberapa tugas terutama infrstruktur dasar terutama jalan-jalan didaerah yang paling sulit. Kerja sama TNI di Alor dengan Pemda itu, setiap tahun dialokasikan dana untuk jalan-jalan yang sulit menuju kantong ekonomi cepat tumbuh.

“Kami percayakan teman-teman TNI yang turun melalui Karya Bakti TNI bersama masyatakat. Ini sudah berjalan sejak hampir 3 tahun ini. Karena TNI kerja tidak mencari nama atau pujian, mereka kerja target selesai dan masyarakat nikmati”, ungkapnya.

Terus terang, Pemda Alor sangat percaya dengan Kodim 1622/Alor pada setiap pelaksanaan karya bakti. Berhubung dengan bencana dimana karya bakti sedang dilaksanakan oleh TNI di Pulau Pantar sehingga Dandim langsung memerintahkan anggotanya turun membantu masyarakat terutama membuka akses jalan yang terputus dan tertutup material banjir dan longsor.

Terkait dengan pengawasan dibidang keamanan tentu sangat sulit karena daerah kepulauan, tapi Dandim bersama anggotanya cukup luar biasa dalam kolaborasi dan koordinas kerja. Lalu ada kegiatan TNI di Kodim 1622/Alor, Pemda selalu memberikan dukungan seperti, dalam penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Alor, TNI hadir juga ditengah-tengah masyarakat membangun lahan pertanian di Desa Tanglapui Kecamatan Alor Timur sebanyak 186 hektar dengan hasil panen mencapai 270 ton gabah kering.

“Ini kerja sama kami dengan TNI, Covid-19 TNI turun himbau dan buat operasi pendisiplinan, tetapi mereka juga peduli dengan perutnya masyarakat sehingga tidak menderita kelaparan”, jelas Djobo.

Ditambahkannya, keterlibatan TNI Kodim 1622/Alor membantu Pemda dibidang infrastruktur, buka jalan, air bersih, bangun rumah rakyat, bangun taman baca. Jadi yang luar biasa lagi masalah ketersediaan pangan lokal, TNI turun tangan kerja membantu masyarakat tidak hanya di Tanglapui, tapi di Desa Air Mancur Kecamatan Alor Timur Laut dan Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya.

“Coba bayangkan kerjanya teman-teman TNI harus kita akui dan apresiasi. Pak Dandim dengan teman TNI lainnya di Kodim 1622/Alor sudah terlalu banyak berbuat untuk masyarakat di Alor ini. Inilah karya orang-orang yang dengan ketulusan mau bekerja melayani masyarakat”, ujarnya.

Sebagai pimpinan di daerah ini, sangat apresiasi kinerja Dandim 1622/Alor bersama anggotanya. Pada kesempatan ini, Pemda berterima kepada Panglima TNI, Kasad, Pangdam IX/Udayana, serta Danrem 161/Wira Sakti.

“Saya omong dimana-mana, TNI tidak pernah buat susah orang dan tidak pernah buat pencitraan. Saya omong betul ini. Sejengkal tanah pasti TNI pertahankan, itu betul karena TNI hadir untuk bangsa dan negara serta masyarakat. Contohnya saat ini, saat terjadi bencana tapi kami tidak sendiri. Hari pertama bencana, seluruh infrastruktur rusak dan tertutup, tapi Pangdam dan Danrem datang. Disana sudah ada prajurit yang mendahului disana dan juga ibu-ibu Persit”, tutur Djobo.

Lanjutnta, pasca bencana semua menjadi lumpuh, tapi TNI tampil di masyarakat membantu pencarian jenazah korban banjir bandang dan tanah longsor, bantu menguburkan jenazah para korban, bantu distribusi logistik, menyiapkan air bersih, dapur umum, sandang, dan sebagainya. TNI sudah buat itu dengan tulus.

Saat vicon dengan Pangdam, kami didukung jembatan dan sekarang sudah selesai dibangun. Walau hanya 1 tapi tidak masalah, yang kami butuh adalah perhatian TNI terhadap kami. Mereka kerja siang malam akhirnya direncanakan 11 hari baru selesai tapi baru 5 hari sudah selesai dan akan diresmikan besok Kamis (6/5/2021) oleh Bapak Danrem 161/Wira Sakti.

“Sebagai Bupati saya akan usulkan kepada Kasad supaya naikan pangkat bagi teman-teman TNI di Kodim 1622/Alor yang sangat membantu dalam tugas kemanusiaan pasca bencana. Lebih baik aksi naik pangkat saat masih hidup, kalau mati baru kasi naik anumerta, dia sudah tidak menikmati. Saya akan usulkan ke Kasad”, ucap Amon.

(Pendim 1622)

Continue Reading

TNI / Polri

Korem 061/SK Terjunkan 111 Nakes Puskes TNI dan Relawan Wisma Atlet Bantu Percepatan Vaksinasi di Wilayah Bogor

Published

on

By

JAKARTA, – Dalam rangka mendukung pemerintah mempercepat penanggulangan wabah pandemi Covid-19
Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., bersama jajarannya terus menggelar percepatan vaksinasi Covid-19 di beberapa titik di seluruh wilayah Korem 061/Suryakencana.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 061/SK, hampir pada setiap kegiatan pelaksanaan serbuan vaksinasi Korem 061/SK, ia turun langsung memantau kegiatan tersebut seperti yang dilaksanakan pada hari ini di Kecamatan Gunung Putri, Senin (20/9/2021).

Hari ini sebanyak 5000 dosis vaksin telah disiapkan untuk warga Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

“Vaksinasi Covid-19 tentunya sangat penting untuk siapapun, dikarenakan vaksinasi dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang hingga mampu meminimalisasi penularan Covid-19, ” ungkap Danrem

Selanjutnya Danrem menyampaikan bahwa Ia bersama Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Dandenkes, Camat dan Kapolsek, para Kades serta Danramil melaksanakan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan di beberapa titik sentral tambahan. Terdapat lima titik sentral tambahan kemudian satu mobile vaksin.

Rata-rata targetnya tiap sentral antara 3000 sampai 5000 orang. Yang mana kegiatan tersebut didukung oleh Puskes TNI dengan mengirimkan 99 nakes dari gabungan TNI dan relawan.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada Puskes TNI atas dukungannya, yang mana dalam hal ini ada dukungan 99 nakes dari Puskes TNI. Mereka ini sebelumnya bekerja di wisma atlet, karena mungkin saat ini mereka tidak terlalu padat maka kemudian dititipkan ke Korem 061/SK sebanyak 99 orang sampai dengan hari ini, totalnya ada 111 orang nakes. Mereka adalah gabungan dari tiga angkatan, yaitu Darat, Laut dan TNI Angkatan Udara, termasuk para relawan dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, ” terang Danrem.

Danrem berharap hari ini paling tidak antara 3.000 sampai 5.000 bisa tercapai target yang diinginkan di seluruh wilayah Korem 061/SK.

“Yang jelas vaksinasi ini adalah vaksinasi kolaborasi gabungan antara TNI Polri dan Pemda yang sekarang bersinergis melaksanakan serbuan vaksinasi. Kemudian untuk wilayah Kabupaten Bogor kami sampaikan juga bahwa sampai dengan kemarin, kami yaitu TNI/Polri dan Pemkab sudah berhasil melaksanakan vaksinasi sejumlah 1.280.000 orang lebih itu artinya masih jauh dari target, makanya dengan adanya dukungan dari Puskes TNI dan para nakes dari wisma atlet ini, kita dapat mendongkrak perolehan percepatan vaksinasi di Kabupaten Bogor. yang jelas kita akan berusaha semaksimal mungkin dengan sinergitas bersama-sama, seluruh elemen yang terlibat semuanya akan kita libatkan dan tentunya kita berharap dukungan dari seluruh masyarakat supaya target segera tercapai, ” ungkapnya.

Dengan perubahan level PPKM di wilayah Bogor, Danrem berharap penegakan PPKM level 3 termasuk penegakan prokes tetap ditingkatkan.

“Karna kita tidak ingin adanya varian baru akan berpengaruh juga pada pencapaian tersebut, yang jelas data fakta dan angka menyampaikan orang yang divaksin itu lebih sehat lebih kuat imunnya dan lebih tahan terhadap penyakit, ” jelasnya lagi.

Dan masih berkaitan dengan vaksinasi, Danrem juga menyampaikan tentang
Aplikasi pedulilindung.

“Aplikasi tersebut menjadi sangat penting, dikarenakan di perkantoran, di tempat wisata dan lain sebagainya baik di kota maupun kota Bogor sudah menerapkan Aplikasi Pedulilindung, jadi masyarakat harus melakukan vaksinasi agar kita dapat mengakses aplikasi itu, ” pungkasnya.

Kemudian Danrem bersama dengan Laz Rabanni menyerahkan 200 paket bantuan sosial kepada kaum dhuafa dan para lansia yang ada sekitar tempat pelaksanaan vaksinasi dan ini yang sering dilakukan. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Ini Cara Kodam III/Slw, Wujudkan Penduduk Perbukitan Untuk Vaksinasi

Published

on

By

JAKARTA, – Kodam III/Siliwangi usai gelar vaksinasi diwilayah 3T (terpencil, terluar, dan terisolir) kini giliran di wilayah pelosok atau di permukiman penduduk yang ada di perbukitan di Tembulun, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (20/9/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam III/Siliwangi, untuk mencapai pemukiman penduduk yang ada di kawasan perbukitan ini, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, yang didampingi para Pejabat Utama Kodam III/Slw harus menggunakan roda dua demi menjangkau lokasi yang berada di atas ketinggian kurang lebih 1500 meter di atas permukaan laut ini.

1.000 dosis vaksin disuntikan bagi warga yang berada di kawasan tersebut, warga yang ikut melaksanakan vaksinasi, bahkan setelah diberikan vaksinasi mendapatkan bantuan dari Pangdam III /Slw berupa paket sembako.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini cukup tinggi dikarenakan berbagai kegiatan saat ini mengharuskan warga membawa sertifikasi vaksin covid-19.

“Mereka harus divaksin, kita harus bantu dengan berbagai cara,” tegas Pangdam.

Lanjutnya, menurut Pangdam, lokasi permukiman penduduk di pelosok harus diperhatikan selain wilayah di daerah perkotaan.

Pasalnya, dikatakan Pangdam III/Slw di wilayah Jawa Barat dan Banten masih ada daerah yang terisolir sehingga perlu ditumbuhkan kekebalan immunity agar tidak mudah terpapar virus Covid- 19.

“Kita harus inovatif, kalau tidak bisa menggunakan roda empat kita pakai kendaraan roda tiga, ataupun kita pakai motor masuk ke wilayah-wilayah door to door untuk dilakukan vaksinasi,” pungkas Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Selain vaksinasi dan pemberian paket sembako, Pangdam juga meninjau pembangunan berbagai sarana dan prasarana di wilayah Kodim Cilegon (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Melalui Babinsa, Persit KCK Korem 163/Wira Satya Gelar Aksi Peduli Warga Terdampak Covid-19

Published

on

By

JAKARTA, – Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung sangat berdampak pada masalah ekonomi utamanya kebutuhan masyarakat sehari-hari, banyak warga yang sulit memenuhi kebutuhan sehati-hari.

Melihat kondisi seperti ini Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Koordinator Cabang (Koorcab) Korem 163 Pengurus Daerah IX/Udayana tergerak untuk melakukan aksi sosial yang dikemas dalam kegiatan “Jumat Berkah”, dalam bentuk pembagian nasi kotak yang didistribusikan oleh para Babinsa.

Aksi sosial pembagian nasi kotak digelar pada Jumat (17/9/2021) lalu menyasar para pekerja kebersihan, pemulung, ojek online (Ojol), tukang parkir dan juga pedagang kaki lima.

“Jumat Berkah bagi nasi kotak kepada warga masyarakat yang saat ini terdampak kondisi Covid-19 dilakukan di 5 titik di wilayah Kota Denpasar”, beber Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, S.S., Senin (20/9/2021).

Dijelaskannya, lima lokasi yang menjadi fokus kegiatan sosial ini meliputi wilayah Denpasar Utara sejumlah 75 nasi kotak dibagikan di seputaran Lapangan Lumintang, Jalan A. Yani dan Kampung Jawa. Wilayah Denpasar Timur sejumlah 75 nasi kotak meliputi Lapangan Renon, Pasar Kreneng dan Jalan Cok Agung Kresna. Denpasar Selatan sejumlah 100 nasi kotak di Jalan Raya Sesetan dan TPA Suwung. Denpasar Barat juga sejumlah 100 nasi kotak dibagikan di Jalan Imam Bonjol, Jalan Pulau Soputan dan Jalan PB. Sudirman. Sementara 150 nasi kotak lainnya dibagikan di Mesjid Agung Sudirman bagi warga masyarakat yang melaksanakan Sholat Jumat.

Sementara itu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 163 Pengurus Daerah IX/Udayana Nyonya Fetty Husien Sagaf mengatakan kegiatan yang melibatkan anggota Persit tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada warga masyarakat yang saat ini merasakan kesusahan dalam kondisi pandemi yang masih berlangsung.

“Tidak banyak yang bisa kami lakukan untuk membantu sesama, tetapi lebih pada kemampuan yang dimiliki. Harapnya, sedikit yang dilakukan oleh anggota kami nantinya akan dapat bermanfaat, “ tuturnya.

Pada kegiatan Jumat berkah sebelumnya, juga dilakukan kegiatan sosial berupa pendistribusian Sembako di wilayah Bangli, Klungkung serta Tabanan. (Dispenad)

Continue Reading

Trending