Connect with us

Metro

Permudah Akses Informasi Ekspor Pertanian, Barantan Luncurkan IMACE Versi Android

Published

on

JAKRTA – Sebelumnya kita rilis versi website dan digunakan oleh pemda untuk pengembangan komoditas ekspor yang berbasis kawasan, nah kini masyarakat juga bisa mengakses secara mandiri data-data tersebut. Harapannya publik makin terisnpirasi dan ikut serta dalam ekspor komoditas pertanian,” ujar Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian dalam keterangan tertulisnya (8/5).

Akses IMACE, selain diberikan pada seluruh kantor layanan karantina pertanian, juga telah diserahkan kepada pemerintah pusat, daerah juga atase pertanian di beberapa negara mitra dagang. Hal tersebut dimaksudkan agar pembinaan dan pengembangan komoditas pertanian ekspor berbasis kawasan mulai digalakkan dan dioptimalkan.

Kini, IMACE juga dapat diakses secara bebas oleh masyarakat umum melalui aplikasi android. Aplikasi besutan Barantan tersebut menyajikan berbagai informasi inspiratif terkait ekspor komoditas pertanian, seperti komoditas pertanian ekspor yang tengah laris di pasar manca negara, negara tujuannya, baik berdasarkan komoditasnya maupun berdasarkan negara tujuannya. Juga volume ekspornya, kecenderungan ekspornya serta daerah sentranya, baik berdasarkan potensi provinsi maupun sebaran setiap komoditasnya.

Jamil mengakui bahwa aplikasi yang ia keluarkan masih belum sempurna, namun setidaknya aplikasi tersebut bisa membuka wawasan bagi masyarakat umum terutama yang ingin melihat potensi komoditas pertanian ekspor. Yang selama ini tidak tersedia, atau tersedia namun belum dibuka kepublik.

“Memang perlu terus diperbaharui, namun ini bisa menjadi energi awal, inspirasi bagi yang membutuhkan informasi pasar ekspor komoditas pertanian Indonesia,” ungkapnya.

Dengan aplikasi tersebut ia berharap makin banyak minat pelaku usaha dan calon eksportir yang berinvestasi dibidang pertanian. Ia menyebut bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan ekspor pertanian tiga kali lipat (GRATIEKS) yang digagas Kementerian Pertanian melibatkan dua arah. Yang pertama melibatkan pemerintah daerah agar dapat mengembangkan komoditas pertanian ekspor yang berbasis kawasan melalui desa pendukung GRATIEKS dan informasi peta komoditas pertanian yang dapat diakses langsung oleh publik ini.

Menurut Jamil, upayanya ini sejalan dengan arahan presiden terkait peningkatan pemulihan ekonomi melalui investasi dan ekspor. Ekspor komoditas pertanian yang saat ini tengah menanjak terus, harus dibarengi dengan upaya mempertahankan dan meningkatkan. Dari data BPS nilai ekspor Maret tahun 2021 meningkat 47,85% atau setara dengan Rp 18,4 triliun dibandingkan dengan nilai ekspor pada bulan Maret tahun sebelumnya.

“Aplikasi IMACE android ini untuk mendukung program GRATIEKS yang duluncurkan menteri pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red.), agar publik tidak hanya mudah mengetahui atau mencari komoditas pertanian potensial ekspor, namun juga bisa melihat target pasar ekspornya, semoga ini menjadi terobosan yang bermanfaat dibulan puasa ini,” pungkas Jamil.

Continue Reading

Metro

Guruh Soekarno Putra Resmikan Kampus Baru UMIKA Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Guruh Sukarno Putra meresmikan kampus Universitas Mitra Karya (UMIKA) Bekasi.

UMIKA sebagai kampus terkemuka dibawah naungan Yayasan Tri Praja Karya Utama. Karena pada peresmian Gedung Baru dibangun diatas lahan seluas 5000 meter lebih.

Dewan Penyantun Kampus UMIKA Bekasi yaitu Guruh Soekarno Putra, Putra Presiden Pertama Ir.Soekarno, adik Ketua Umum, Dewan Pengurus Pusat, Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI Perjuangan) Presiden RI kelima.

Pemotongan tumpeng disaksikan oleh para pejabat Kementrian Pendidikan Nasional. Para pejabat Pemkab dan Pemkot Bekasi seperti Plt Walikota Bekasi Dr.Tri Adhianto, anggota DPRD Kota dan Kabupaten Bekasi, termasuk para pejabat eselon I, II, III dan IV Pemkab dan Pemkot Bekasi, Perwakilan Kodim 0509/Bekasi dan Perwakilan Polresta Metro Bekasi.

Continue Reading

Metro

Bapas Selatan Sambangi Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ratusan Warga Binaan Di Wawancarai Berbagai Pertanyaan, Ada Apa ?

Published

on

By

Jakarta, Rabu (18/05/2022) Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan menyambangi Rutan Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam rangka Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Penempatan dan Assessment kepada 408 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (18/5/2022)

Kunjungan PK Bapas ini untuk melakukan assesmen dan pengambilan data Litmas dengan cara masing-masing warga binaan diwawancarai dan nantinya hasil wawancara tersebut sebagai bahan acuan untuk menentukan program pembinaan mana yang akan diberikan, program asimilasi di rumah atau integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan atau Cuti Bersyarat (CB).

Kepala Bapas Jaksel, Ricky Dwi Biantoro menyampaikan,

Ini kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat, khusus sebagai PK wajib melayani warga binaan dengan baik seperti halnya dalam melakukan pengambilan data Litmas sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi warga binaan untuk memperoleh program asimilasi di rumah serta integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB),” terangnya.

Pelaksanaan pengambilan data Litmas dilakukan kepada warga binaan yang akan diusulkan untuk mendapatkan program tersebut dengan mengedepankan pendekatan kemanusiaan agar setiap warga binaan memberikan data secara jujur dan lengkap kepada PK.

Melalui pengambilan data Litmas, hasilnya dapat dijadikan rekomendasi pengambilan keputusan apakah warga binaan layak atau tidak mendapatkan program yang di usulkan tersebut,” tuturnya.

Disisi lain, Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang, Resnu Parada Andhika yang mengapresiasi kedatangan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta selatan dan Pembimbing Kemasyarakatan yang telah hadir untuk memenuhi permintaan litmas penempatan dan assesment tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapas Kelas I Jakarta Selatan telah bekerja keras serta bersedia untuk terus berkoordinasi terkait pembinaan dan pembimbingan pemasyarakatan di Rutan Cipinang,” tutupnya.

Continue Reading

Metro

Deklarasi Relawan Tri For One Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Plt Wali Kota Tri Ardhianto meresmikan pembentukan relawan pendukung bernama Tri For One, di Plasa Pondok Gede

Dengan pembentukan tersebut, banyak kelompok relawan pendukung.
Masing-masing relawan terbentuk lantaran inisiatif mereka sendiri.

Pembentukan ini merupakan inisiatif dari masyarakat, dari relawan, tidak ada yang kemudian secara ambisi terorganisir oleh saya,” ujar Tri usai peresmian, Sabtu (21/05/2022).

Mendukung atau Deklarasi-deklarasi yang dilakukan merupakan wujud budaya demokrasi masyarakat berjalan.

Ketua Tri For One Tambunan mengatakan pak Tri seperti walikota rasa gubernur , beliau akan mensosialisasikan hingga tahun 2024.

“Optimis beliau akan menang, sebagai relawan berani menjamin, sosok pak Tri yang ramah, pintar “, ujarnya

Sementara Yoyo Suharyono Sekertaris Tri For One (yang juga pengurus PWI Bekasi Raya) mengatakan deklarasi Tri ini agar menang di tahun 2024.

“Kegiatan akan di buat acara acara, olah raga dan sosial” , ujarnya.

Bahwa jaringan relawan dapat meluas hingga tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Tahun 2024 optimis sesuai visi dan misi , walau banyak juga kandidat yang lain”, Pungkasnya..

Acara ini di hibur dengan tarian dan pencak silat juga dihadiri oleh seluruh perwakilan dari pengurus tingkat kecamatan se Kota Bekasi, hadir juga sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan Ormas

Continue Reading

Trending