Connect with us

TNI / Polri

Dislitbangad Gelar Ujicoba Senjata Lawan Tank (SLT)

Published

on

JAKARTA, – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) menggelar kegiatan ujicoba (sertifikasi) Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV Rifle Grenade dan Alhambra Hand Grenade buatan Instalaza Sa Spanyol di Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kepala Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskan Kadislitbangad selaku Kepala Kegiatan (Kagiat) bahwa uji coba (sertifikasi) Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade buatan Instalaza Sa Spanyol tersebut sesuai Peraturan Kasad, tentang Organisasi dan Tugas Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat, yang memiliki tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Kadislitbangad mengatakan, uji coba (sertifikasi) materiel TNI AD merupakan tugas penelitian karena dalam pelaksanaannya memiliki metode dan teknik penelitian yang diatur dalam suatu tolok ukur Syarat-Syarat Tipe (SST).

“Syarat-Syarat Tipe (SST) Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, merupakan menjadi pedoman yang akan digunakan pada pelaksanaan uji coba/sertifikasi guna mendapatkan materiel yang berkualitas,” ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade) ini harus memenuhi persyaratan umum yang meliputi syarat (kaidah) ilpengtek. Sesuai dengan Ketentuan Standar Umum (KSU) materiel Angkatan Darat.

Aspek yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan umum adalah aspek politik, ekonomi, tingkat teknologi yang digunakan, kemampuan dukungan industri dalam negeri dan kemampuan dukungan logistik nasional. Persyaratan ini bersifat kualitatif, namun demikian penilaiannya dalam bentuk angka (kuantitatif) yang telah ditentukan batas-batasnya secara jelas dan harus dijadikan sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam menganalisa hasil uji coba Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade).

Adapun aspek yang menjadi persyaratan umum paparnya meliputi, Pertama materiel berasal dari dalam dan luar negeri yang tidak terkait dengan masalah politik. Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade) ini dapat berasal dari dalam negeri sebagai hasil dari kegiatan Litbanghan baik pada kegiatan rancang bangun ataupun modifikasi, sedangkan yang berasal dari luar negeri sedapat mungkin dari negara asal materiel dan telah memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Kedua, memiliki nilai ekonomis yang tinggi baik dalam rangka pengadaan maupun selama penggunaan. Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade) selama pengoperasionalannya memiliki nilai yang lebih tinggi (ekonomis) dibandingkan dengan harga pada saat pengadaannya.

Ketiga, memiliki teknologi yang tinggi/maju. Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade) harus merupakan produk terbaru dengan menggunakan teknologi yang terbaru/tidak ketinggalan jaman.

Kemudian yang keempat ungkap Kadislitbangad yaitu mudah dalam dukungan dan pengadaan materiel. Senjata Lawan Tank (SLT) Instalaza C90 Reusable, C90-CS, Alcotan-100 (M2), FTV RIFLE Grenade dan Alhambra Hand Grenade, Granat Senapan (Rifle Grenade) dalam proses pengadaan suku cadangnya harus dapat terpenuhi sampai dengan habis masa pakainya (Life of Time); dan kelima Memiliki usia pakai yang relatif lama. Granat Senapan (Rifle Grenade) harus dapat digunakan minimal selama 15 tahun.

Sementara itu Kepala Sub Tim (Katim) uji coba dalam kegiatan tersebut Letkol Chb Sukamto mengatakan bahwa pelaksanaan pengujian dengan mempedomani aspek konstruksi dan perlangkapan, kemudian materi uji aspek kemampuan, materi uji aspek kelancaran kerja serta materi uji aspek insani.

Hadir dalam kegiatan ujicoba diantaranya Kadislaikad, Dirbinlitbang Pussenif, perwakilan dari Mabes TNI, Paban III/Litbangasro Srenaad, Paban IV/Binsisops Sopsad, Paban VI/Alpal Slogad, Kasubditbinsiapsat dan Alutsista Sdirsen Pussenif, Kasubditbinjat Optronik Sdircab Puspalad, Kasubditbinmu Sdircab, Kaliti Dislitbangad, Pa Ahli Matum Dislitbangad, Kasubdismat Dislitbangad, Kepala Laboratorium Dislitbangad, Kasubdismat Dsilitbangad. (Dislitbangad)

Continue Reading

TNI / Polri

HUT Kostrad Ke 63 Tahun, Putra Yudha Bagikan Sembako Ke Warakawuri

Published

on

By

Malang – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun HUT Kostrad Ke 63 tahun ini, Prajurit Resimen Armed 2 Kostrad bersama Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIII Menarmed 2 Koorcab Divif 2 PG Kostrad silaturahmi kepada warakauri Dalam Kegiatan Bakti sosial di rumah Ibu Suhendrik yang bertempat di wilayah kecamatan wagir kabupaten Malang. Rabu (28/02/2024)

 

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kapten Arm Bayu Sandi selaku Kepala Seksi Teritori dilanjutkan penyerahan sembako oleh Kasiter kepada ibu suhendrik sebagai warakauri, dan diakhiri dengan foto bersama. Kegiatan Anjangsana ini dilakukan melalui jalinan kasih dengan merangkul guna mewujudkan kepedulian bakti dan cinta TNI kepada rakyat.

 

Kegiatan Ini merupakan bentuk kepedulian dari Menarmed 2 Kostrad yang di bantu oleh masing-masing personil Staf Ter Menarmed 2 Kostrad kepada sesama yang membutuhkan. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa TNI selalu ada dan berbuat yang terbaik untuk rakyat, dengan harapan agar wirakauri lebih dekat dengan pemerintah Khusus nya TNI AD tersebut.

 

Dalam kesempatan ini selaku Danmenarmed 2/PY/2 Kostrad, Letkol Arm Siswo Budiarto., S.I.P., M.M., M.I.Pol. yang menyampaikan bahwa “Mari kita bersama-sama saling menjaga tali silaturahmi, syukur Alhamdulillah kita masih bisa berbagi dan bersilaturahmi.

 

“Ketuklah maka akan ku buka dan minta lah maka akan ku beri. Tuhan menjanjikan bagi setiap orang yang berbuat kebajikan, maka akan kulipat gandakan berkah nya” imbuh Danmen.

Continue Reading

TNI / Polri

Lantamal I Ikuti Sarasehan Ideologi Pancasila

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) mengikuti Talk Show Sarasehan ldeologi Pancasila dengan Tema “Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi” bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI AL, dipimpin Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Ali Syahbana SM., CHRMP., dihadiri personel Lantamal I melalui Vicon, bertempat di Gedung Yos Soedarso Mako Lantamal, Jalan Serma Hanafiah, No.01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Pada Kesempatan tersebut, Wadan Puspenerbal menyampaikan sambutan Danpuspenerbal bahwa pendidikan karakter perlu dimodernisasi dengan merumuskan terlebih dahulu budaya pendidikan terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan hendaknya mampu menghasilkan pemikiran cerdas baik di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, mampu meningkatkan integritas, semangat nasionalisme serta kepedulian sosial dan semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisminpers Lantamal I, personel Militar dan PNS Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Aspotmar Danlantamal I Ikuti Apel Saka Bahari Nasional Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Hendra Zarnadi, mengikuti Apel Saka Bahari Nasional Tahun 2024 yang dipimpin Wakil Aspotmar Kasal Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., melalui Vicon bertempat, bertempat di Ruang Puskodal Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam sambutannya, Aspotmar Kasal yang dibacakan Waaspotmar Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan Saka Bahari, khususnya untuk eksistensi generasi muda saat ini.

 

Menyikapi makin kompleksnya perkembangan lingkungan strategis, baik dari luar negeri maupun dalam negeri tentunya dapat menimbulkan ancaman gangguan dan hambatan. Oleh karena itu, generasi muda Saka Bahari diharapkan mampu menjawab tuntunan perubahan diera milenial dan teknologi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispotmar Lantamal I, Kasubdis Progla Dayaguna Dispotmar Lantamal I, Kak Dany dari Kwarda Sumut, anggota Saka Bahari SMA Hangtuah Belawan dan Saka Bahari SMK Panca Budi Medan.

 

(Dispen Lantamal)

Continue Reading

Trending