Connect with us

TNI / Polri

Gotong-Royong Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Masyarakat Perbatasan Perbaiki Jembatan Gantung

Published

on

JAKARTA, – Permudah akses masyarakat perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns bahu membahu bersama warga memperbaiki jembatan yang rusak dengan mengganti kayu yang baru, karena jembatan tersebut memiliki peranan penting bagi warga dalam beraktivitas sehari-hari. Jembatan gantung ini merupakan satu satunya jembatan penghubung antar Dusun Gunjemak dan Guntembawang yang berada di Desa Suruhtembawang, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., dalam keterangan tertulisnya di Mako Satgas, Jumat (9/7/21).

Dansatgas mengatakan, perbaikan jembatan tersebut sebagai upaya untuk turut membantu membangun infrastruktur masyarakat perbatasan sekaligus diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi serta mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dikatakan juga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns akan terus melakukan yang terbaik untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat di daerah perbatasan. Sehingga dengan apa yang kita perbuat dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap masyarakat.

Di tempat terpisah, Danpos Guntembawang Letda Inf Nanang menuturkan masyarakat merasa cemas saat melewati jembatan tersebut yang dikhawatirkan akan ambruk, dan memutus rantai perekonomian masyarakat yang akan menjual hasil bumi ke kota sehingga kesejahteraan masyarakat jadi berkurang akibat rusaknya jembatan.

Pos Guntembawang berinisiatif dengan mengajak masyarakat secara swadaya untuk memperbaiki jembatan tersebut. Inisiatif tersebut mendapatkan tanggapan positif dari warga, bahkan sangat senang dan antusias.
Anggota Pos Guntembawang bersama masyarakat dengan sukarela memperbaiki jembatan tersebut.

“Syukur Alhamdulilah kondisi jembatan sekarang sudah bisa dilewati dengan aman, masyarakat tidak perlu cemas lagi. Kami Berharap berharap semoga jembatan Dusun Guntejemak dapat bertahan lama, sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan aman,” imbuhnya.

Sementara itu warga Dusun Gunjemak sangat berterima kasih atas partisipasi Satgas Pamtas untuk memperbaiki jembatan ini.

“Sekali lagi terima kasih dan apresiasi kepada TNI yang dengan ikhlas turun langsung membantu kami, sehingga jembatan dapat digunakan kembali, ” pungkasnya.(Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Kadislitbangad Buka Rakornis Litbanghan TNI AD TA 2021

Published

on

By

Jakarta, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M., membuka Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) Litbanghan TNI AD TA 2021, bertempat di Laboratorium Dislitbangad, Batu Jajar Bandung, Jumat (3/12/2021).

Dalam keterangan tertulis penerangan Dislitbangad, Rakornis Litbanghan TNI AD tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Hasil Litbang Dalam Rangka Mendukung Pemenuhan Alpalhan TNI AD”.

Kadislitbangad dalam sambutannya mengatakan, Rakornis merupakan forum sebagai bukti tingginya komitmen dan keseriusan dari para pejabat Litbang TNI AD untuk memberikan kontribusi dan sumbangan pemikiran guna meningkatkan kualitas hasil kegiatan Litbanghan sehingga dapat meningkatkan kontribusi litbang terhadap pemenuhan Alpalhan TNI AD.

Adapun sasarannya, papar Kadislitbanghan yaitu, pertama terwujudnya pemahaman tentang kontribusi litbang TNI AD dalam pemenuhan Alpalhan. Kedua terwujudnya pemahaman tentang integrasi Litbang TNI AD guna meningkatkan kualitas hasil Litbang. Ketiga terwujudnya pemahaman tentang memposisikan mitra kerja dalam kegiatan Litbang TNI AD. Dan keempat yaitu terselenggaranya komunikasi dan sharing informasi di antara komuniti Litbang TNI AD untuk meningkatkan hasil litbang yang berkualitas dan memiliki prospek untuk dikembangkan sampai dengan produksi masal.

“Sasaran tersebut sejalan dengan tema yang diangkat dalam rakornis litbanghan TNI AD tahun ini,” ujarnya.

Kadislitbangad meyakini bahwa tema tersebut sangat relevan bila dihadapkan dengan adanya kebijakan pemerintah untuk semakin memberdayakan peran dan kemampuan industri pertahanan dalam negeri agar mampu memproduksi Alpalhan secara mandiri.

“Apabila ini terwujud maka akan membawa implikasi terhadap semakin berkurangnya ketergantungan negara kita terhadap Alpalhan produk dari luar negeri,” tutur Kadislitbangad.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan, untuk meningkatkan kualitas mutu hasil Litbanghan ke depan, para peserta Rakornis Litbanghan dibekali dengan berbagai materi yang diberikan para narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Oleh karenanya Ia mengharapkan para peserta untuk memberikan kontribusi dan sumbangan pemikiran yang konstruktif sebagai sumbangsih terhadap upaya untuk meningkatkan kualitas hasil Litbang ke depan.

“Harapan saya para peserta sekalian agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, disamping untuk menambah wawasan dan pengetahuan, juga untuk sarana silaturahmi,” tegasnya.

Pada Rakor tersebut Kadislitbangad juga bertindak sebagai pemateri yang memaparkan tentang “Kontribusi Litbang TNI AD dalam pemenuhan Alpalhan”. Sementara Paban III/Litbang Asro Srenaad menyampaikan materi tentang “Integrasi Litbang TNI AD guna meningkatkan kualitas hasil Litbang.”

Hadir dalam kegiatan Rakornis, diantaranya Dirjianbang Secapa AD, Paban III/Litbangasro Srenaad, para Dirbinlitbang/Dirjianbang Balakpus. (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad akan merekrut calon Prajurit dari Santri

Published

on

By

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M., di halaman Monumen Nasional (Monas), mengimbau kepada peserta reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 untuk sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Di hadapan para peserta dan awak media yang hadir di halaman Monas, Kasad menyampaikan bahwa kehadirannya untuk melihat kondisi dan kesiapan prajuritnya (TNI AD) di lapangan dalam mengantisipasi reuni PA 212 dan diharapkan tidak ada aksi-aksi, karena kegiatan tersebut juga belum ada perizinan dari pihak Kepolisian.

Selain hal tersebut, Kasad juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat TNI AD akan merekrut calon prajurit dari alumni santri dan lintas agama untuk menjadi Prajurit TNI AD.

Dijelaskan Kasad alasan perekrutan Prajurit TNI AD dari kalangan santri dan lintas agama, karena dirinya berkeyakinan bahwa mereka sudah terdidik, baik dari segi moral maupun akhlaknya. Diharapkan para Prajurit TNI AD yang memiliki latar belakang santri dan lintas agama memiliki akhlak dan tingkah laku yang baik sehingga mampu mengamalkan Delapan Wajib TNI, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit secara benar di lapangan.

Harapan ke depan, seperti apa yang disampaikan Panglima TNI bahwa *”TNI Adalah Kita”* , implementasinya bagaimana caranya rakyat dapat menyayangi TNI AD dan TNI AD lebih sayang pada rakyat, karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Dikunjungi KSAD, Kapolri Pastikan Sinergitas TNI-Polri Dioptimalkan Hadapi Segala Bentuk Ancaman

Published

on

By

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersilahturahmi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (1/12/2021).

Dalam pertemuan itu mereka membahas soal sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah harga mati dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mengawal seluruh kebijakan Pemerintah.

“Baru saja saya mendapatkan kunjungan dari bapak KSAD. Tentunya banyak hal kita diskusikan khususnya bagaimana menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri di dalam melaksanakan tugas di lapangan,” kata Sigit.

Menurut mantan Kapolda Banten ini, sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah kunci untuk menghadapi segala bentuk ancaman dan tantangan yang akan dihadapi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Baik terkait tugas dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya menghadapi ancaman terhadap situasi kamtibmas. Dan tentunya bagaimana kita bersinergi dalam melaksanakan tugas dalam menjaga dan mengawal kebijakan Pemerintah,” ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Oleh karena itu, Sigit menekankan bahwa, kedepannya sinergitas dan soliditas TNI-Polri yang sudah berjalan baik selama ini, akan kembali dioptimalkan demi kepentingan Negara dan Bangsa Indonesia.

“Dan kita sepakat bahwa sinergitas dan soliditas yang telah terjalin selama ini akan semakin kita optimalkan dalam pelaksanaan tugas mendatang,” ucap Sigit.

Sementara itu, KSAD Jenderal Dudung menegaskan bahwa, selama ini sinergitas dan soliditas TNI-Polri tidak pernah padam. Menurutnya, personel TNI dan Polisi harus selalu hadir di tengah masyarakat.

“Saya sampaikan kepada para Pangdam pada saat saya entry briefing apapun situasinya dan apapun bentuknya TNI harus hadir di tengah masyarakat bersama Polisi. Disitu harus menjadi bagian dari solusi,” kata Dudung usai bersilahturahmi dengan Kapolri.

Dudung menekankan, TNI-Polri harus bergerak cepat dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang ada. Apalagi, di tengah Pandemi Covid-19 dewasa ini.

“Jangan menunggu waktu, karena ini kita dukung program Pemerintah bagaimana pascaCovid-19 luar biasa. Masyarakat sangat menantikan bagaimana pemulihan perekonomian,” ujar Dudung.

Sebagai KSAD, Dudung telah meminta kepada Pangdam jajaran untuk terus bersinergi dengan kepolisian dalam setiap kegiatan terkait memulihkan pertumbuhan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 dan menjaga keamanan serta keutuhan Negara Indonesia.

“Dan kedepan saya dengan kepolisian akan selalu bersinergi dan soliditas tetap kita jaga dimana pun berada adalah kepentingan rakyat. Saya sampaikan bahwa jajaran TNI-AD kalian harus dicintai dan disayangi rakyat, tetapi yang lebih hebat lagi kalian harus mencintai rakyatnya,” tutup Dudung.

Continue Reading

Trending