Connect with us

TNI / Polri

Pencanangan Pin Vaksinasi, Pangdam XVIII/Kasuari : Kita Harus Merdeka Dari Wabah Pandemi Covid 19

Published

on

JAKARTA, – Kita harus merdeka dari wabah pandemi Covid-19 yang saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia, kita harus bebas dan selamat. Yang harus kita lakukan adalah vaksin dan tidak ada lagi jalan yang lain selain didukung imun tubuh yang kuat

Hal tersebut diungkapkan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., saat meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Merah Putih hasil kerjasama antara Kodam XVIII/Kasuari dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat di halaman gedung gereja GKI Petrus Amban, Manokwari, Papua Barat, Kamis (12/8/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, pogram vaksinsasi tersebut selain sebagai implementasi serbuan vaksinasi secara nasional juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia yang akan diperingati pekan depan.

Pangdam juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati, Dandim dan seluruh pejabat Forkopimda serta masyarakat Manokwari yang saat ini berkenan meluangkan waktu, tenaga untuk hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“WHO menyampaikan seluruh dunia harus melakukan akselerasi vaksinasi. Puji Tuhan karena partisipasi masyarakat dalam vaksinasi yang sebelumnya status PPKM Darurat atau PPKM level 4 yakni di Manokwari dan Sorong sekarang sudah turun menjadi level 3, ini luar biasa”, ungkap Pangdam.

“Ini semua karena partisipasi dari masyarakat. TNI, Polri, Pemda memiliki keterbatasan sehingga kita harus bersama-sama dan harus kompak satukan visi dan misi untuk selamat dari wabah pandemi Covid-19,” tambahnya.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan pencanangan kegiatan pemasangan Pin bagi masyarakat yang telah melakukakan vaksin.

“Pencanangan Pin ini sebagai simbol bahwa kita sudah divaksinasi. Apabila saling ketemu kita sama-sama tahu sudah divaksin dan kemungkinan penyebaran itu tidak akan terjadi. Memang jika kita sudah divaksin tidak 100 persen terbebas dan aman, harus tetap taat protokol kesehatan,” jelas Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Berdasarkan survei pada sektor ekonomi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan kurang, sehingga penyebaran virus sangat rentan terjadi, untuk itu vaksinasi pada sektor ini harus ditingkatkan.

“Kita harus terobos sektor-sektor ekonomi untuk dilaksanakan vaksinasi karena hasil survei kita di lapangan di beberapa sektor bahwa kepatuhan dan pelanggaran ini terjadi di masyarakat dan yang paling banyak adalah di sektor ekonomi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Pangdam mengajak untuk terus waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan menghindari berita hoax yang beredar terutama di media sosial terkait Covid-19.

“Ajak saudara-saudara untuk melaksanakan vaksin, jangan takut untuk divaksinasi. Di samping obat-obat medis juga gunakan obat-obatan tradisional seperti jahe, madu, jeruk nipis dan kumur dengan menggunakan air garam hangat sebelum istirahat malam, ”pungkas Pangdam.

Selain vaksinasi, juga dilaksanakan pembagian bantuan sembako dan kaos cinta Papua bagi masyarakat yang melaksanakan vaksin. Hadir dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuri Brigjen TNI Djoko Andoko, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Dandim 1801/Manokwari, Kapolres, Bupati dan Wakil Bupati Manokwari. (Dispenad).

Continue Reading

TNI / Polri

Lantamal I Ikuti Sarasehan Ideologi Pancasila

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) mengikuti Talk Show Sarasehan ldeologi Pancasila dengan Tema “Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi” bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI AL, dipimpin Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Ali Syahbana SM., CHRMP., dihadiri personel Lantamal I melalui Vicon, bertempat di Gedung Yos Soedarso Mako Lantamal, Jalan Serma Hanafiah, No.01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Pada Kesempatan tersebut, Wadan Puspenerbal menyampaikan sambutan Danpuspenerbal bahwa pendidikan karakter perlu dimodernisasi dengan merumuskan terlebih dahulu budaya pendidikan terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan hendaknya mampu menghasilkan pemikiran cerdas baik di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, mampu meningkatkan integritas, semangat nasionalisme serta kepedulian sosial dan semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisminpers Lantamal I, personel Militar dan PNS Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Aspotmar Danlantamal I Ikuti Apel Saka Bahari Nasional Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Hendra Zarnadi, mengikuti Apel Saka Bahari Nasional Tahun 2024 yang dipimpin Wakil Aspotmar Kasal Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., melalui Vicon bertempat, bertempat di Ruang Puskodal Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam sambutannya, Aspotmar Kasal yang dibacakan Waaspotmar Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan Saka Bahari, khususnya untuk eksistensi generasi muda saat ini.

 

Menyikapi makin kompleksnya perkembangan lingkungan strategis, baik dari luar negeri maupun dalam negeri tentunya dapat menimbulkan ancaman gangguan dan hambatan. Oleh karena itu, generasi muda Saka Bahari diharapkan mampu menjawab tuntunan perubahan diera milenial dan teknologi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispotmar Lantamal I, Kasubdis Progla Dayaguna Dispotmar Lantamal I, Kak Dany dari Kwarda Sumut, anggota Saka Bahari SMA Hangtuah Belawan dan Saka Bahari SMK Panca Budi Medan.

 

(Dispen Lantamal)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rapim TNI-POLRI Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri dipimpin Presiden RI Joko Widodo, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dr. Moeldoko, S.I.P., M.A., Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. dengan Tema “TNI-Polri Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah berhasil menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu, sehingga berjalan aman dan damai,.

 

Tahapan Pemilu masih berjalan hingga Oktober 2024. Jajaran TNI-Polri diminta perlu mengantisipasi dan menetralisir segala residu politik untuk menjaga persatuan bangsa dan negara.

 

Tantangan yang kita hadapi sekarang ini bukan tantangan-tantangan yang mudah, bukan hanya tantangan di dalam negeri, bukan hanya tantangan di domestik, tapi justru yang paling berat adalah tantangan global yang sangat rumit juga bisa berdampak signifikan pada situasi ekonomi dan sosial di dalam negeri.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending