Connect with us

TNI / Polri

Wakasad Saksikan Latihan Puncak Antar Kecabangan TNI AD 2021

Published

on

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menyaksikan Latihan puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD Kartika Yudha tingkat Brigade di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat Angkatan Darat, Martapura Oku Timur Sumatera Selatan, Kamis (18/11/2021).

Letjen TNI Bakti Agus Fadjari di hadapan awak media mengatakan, bahwa Angkatan Darat merespons perkembangan teknologi militer yang berkembang pesat saat ini. Seperti pada Latihan Antar Kecabangan tahun ini sebagian perlengkapan militernya sudah menggunakan teknologi terbaru.

“Seperti kita lihat tadi penerjunan payung barang untuk bekal ulang prajurit sudah menggunakan GPS, sehingga secara otomatis bisa mencari sasaran sendiri dengan tepat sesuai koordinat yang sudah kita tentukan,” ungkap Wakasad.

Lebih lanjut Letjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan, selain penerjunan logistik bekal ulang dengan GPS, teknologi baru lain yang digunakan pada latihan tahun ini yaitu _M3 Amphibious Pontoon_ jembatan _mobile_ untuk membantu pergerakan pasukan dan kendaraan tempur saat akan melintasi sungai dalam kondisi darurat.

Latihan yang dilaksanakan sekitar 14 hari tersebut diikuti oleh lebih dari 4.200 prajurit pelaku dan pendukung dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver pada operasi serangan tingkat Brigade yang diperkuat dengan unsur-unsur Bantuan Tempur dan Bantuan Administrasi. Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas pembinaan latihan yang sudah dilaksanakan di satuan.

Usai menyaksikan latihan Wakasad berkesempatan makan siang bersama prajurit dilanjutkan memberikan pengarahan kepada Pelaku dan pendukung latihan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Mantan Wakasad Letjen TNI Purn Suryo Prabowo, Irjenad Letjen TNI Beny Susianto, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, Danpuspomad, Asops Kasad, Aslat Kasad, para Danpussen, Pangdam I/BB, Pangdam II/Sriwijaya, Pangdiv 1/Kostrad dan para Kabalakpus jajaran TNI AD. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Penyambutan Kedatangan Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan di Simeulue

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Pangkalan TNI AL Simeulue Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr. Opsla., didampingi Pasintel Lanal Simeulue Kapten Laut (P) Amir Husin Lubis menghadiri kegiatan Penyambutan Kedatangan Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan, S.E., dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Kodim 0115/Simeulue, bertempat di Bandar Udara Desa Lasikin,  Kecamatan Teupah Tengah, Sabtu (25/05/2024).

 

Hadir dalam kegiatan, Pj. Bupati Simeulue diwakili oleh Staf Ahli Sekdakab Simeulue Marlian, S.I.P., Dandim 0115/Simeulue Letkol Kav Mahdan Almahirsyah, S.Sos., M.Si., Kapolres Simeulue AKBP Sujoko, S.I.K., M.H., Kejari Simeulue diwakili oleh Kasi Pengolahan Bahan Bukti Heri Iqbal, S.H., M.H., Ps. Kasdim 0115/Simeulue Mayor Inf Harry Soesanto, Perwira Kodim 0115/Simeulue.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Jalasenastri Cabang 5 Korcab II DJA I Laksanakan Pengambilan Video Jelang Peringatan HUT Jalasenastri Ke-78 Tahun 2024

Published

on

By

 

TNI AL, Nias,- Dalam rangka memperingati HUT Jalasenastri yang Ke-78 Tahun 2024, Ketua Cabang 5 Korcab II DJA I Ny. Indria Wishnu Ardiansyah didampingi oleh Pabinhar Letda Laut (K) dr. Bimasena MARS., dan seluruh anggota Jalasenastri melaksanakan kegiatan pengambilan video Jalasenastri yang akan dikirim ke Korcab II DJA I, Jumat (24/5/2024).

 

Kegiatan pengambilan video diawali dengan Pembukaan oleh MC, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Lagu Hymne Jalasenastri, Pembacaan Surat Keputusan, Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Ketua Korcab II DJA I dan Wakil Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Penyerahan Memori Serah Terima Jabatan, Pesan dan Kesan dari Ny. Wiwik Benny Febri, Sambutan dari Ketua Korcab II DJA I, Sambutan dari Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Armada I, Menyanyikan Lagu Mars Jalasenastri, Pembacaan Doa, Pemberian Cinderamata dan Tanda Penghargaan, dan diakhiri dengan Foto Bersama.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Perkuat Kerjasama Bilateral Indonesia dan India, Lanal Sabang Terima Kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut India di Pulau Weh Sabang

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., bersama Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang menyambut kedatangan 2 (dua) Kapal Perang India di Pulau Weh Sabang, Kamis (23/05/2024).

 

Kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut India di Pulau Weh Sabang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan bilateral antar kedua negara, sekaligus melaksanakan Penutupan Patkor Indindo 42/24 yang diselenggarakan di Lounge Room Mako Lanal Sabang.

 

Demi mencapai kedekatan antara Indonesia dan India, diadakanlah kegiatan Patroli dan Koordinasi Bersama  dengan nama (Indindo Corpat) yang dilaksanakan langsung dikedua Negara, sementara tahun ini penutupan diadakan di Indonesia.

 

Pejabat dan ABK Kapal Perang Angkatan Laut India yang datang disambut hangat oleh Komandan Lanal Sabang beserta Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang, ditandai dengan pengalungan bunga, serta penyambutan dengan tarian Khas Aceh bertempat di Pelabuhan CT-3 Kota Sabang.

 

Esok harinya dilanjutkan acara Penutupan Patroli dan Koordinasi (Closing Ceremoney Indindo Corpat) yang diselenggarakan di Lounge Room Mako Lanal Sabang.

 

Pejabat Angkatan Laut India sangat berterima kasih kepada Komandan Lanal Sabang beserta Pejabat Utama Guskamla Koarmada I dan Lanudal Sabang atas sambutan yang baik dan ramah untuk dirinya, dan merasa senang bisa hadir secara langsung sekaligus melaksanakan kegiatan Penutupan Patkor Indindo 42/24.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Pejabat TNI AL Sabang, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto S, Sos., M.Si., KS. Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Musleh Yadi, S.E., Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., Komandan KRI STS-376 Letkol Laut (P) Thomosa Uskarlind Larosa, M.Tr.Opsla., Danlanudal Sabang Letkol Laut (P) Ahmad Ervan G.Ch., M.Tr.Sou, M.Han., Para Pejabat Utama Guskamla Koarmada I, Para Pejabat Utama Lanal Sabang. Kegiatan juga dihadiri

Pejabat Angkatan Laut India, yakni Naval Component Commander Commodore Prashant Handu, Athan India Captain (Navy) Shiv Kumar, Konjen India, Komandan Kapal Perang India INS Kulish-P63 Cdr Ashish Delsaria., Komandan Kapal Perang India INS Chetlat-T70 Lt Cdr Ankit Kumar Singh.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

Trending