Connect with us

TNI / Polri

Setelah Papua Barat, Kasad Temui Prajurit TNI AD di Makassar

Published

on

JAKARTA, – Melanjutkan kunjungan kerjanya ke wilayah Indonesia Timur, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman tiba di Makassar dan memberikan pengarahan kepada Komandan Satuan beserta istri di Balai Prajurit Kodam XIV/Hasanuddin. Kamis sore, (25/11/2021).

Kedatangan Kasad beserta rombongan di Makodam XIV/Hasanuddin disambut dengan jajar kehormatan dan tradisi adat penerimaan dari daerah Makassar, dilanjutkan dengan menerima paparan yang disampaikan oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno di Ruang Bina Yudha Kodam XIV/Hasanuddin.

Sebelum berkunjung ke Makassar, pada Kamis Pagi (25/11/2021), Kasad memberikan pengarahannya kepada Prajurit TNI AD di Kodam XVIII/Kasuari, yang menurut Kasad merupakan janji saat dirinya dilantik menjadi Kasad oleh Presiden Jokowi pada 17 November lalu di Istana Negara.

“Ini adalah salah satu angan-angan saya apabila saya menjabat, saya akan melihat daerah operasi dan juga ingin tahu bagaimana kesulitan prajurit, bagaimana hambatan prajurit, bagaimana tantangan di lapangan,” ucap Kasad saat memberikan pengarahannya di Aula Makodam XVIII/Kasuari.

Kasad menegaskan kepada prajurit yang bertugas di Papua untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat Papua dan jangan sekali-sekali segan untuk turun membantu mengatasi masalah yang timbul.

“Cintai masyarakat Papua seperti layaknya kita mencintai diri sendiri dengan segala macam keterbatasan, TNI harus hadir seperti yang tertuang dalam salah satu perintah harian Kasad, apapun yang menjadi kebutuhan rakyat kita harus tahu,” tegasnya. Saat bertatap muka dan memberikan pengarahannya, Kasad kembali menekankan agar mempedomani Tujuh Perintah Harian Kasad, yang merupakan implementasi tentang Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.

“Prajurit TNI AD harus selalu hadir di tengah masyarakat sekecil apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi terhadap kesulitan rakyat sehingga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan rakyat terhadap TNI AD,” tegas Kasad.

Di Kodam XIV/Hasanuddin, Kasad yang tiba pada Kamis siang, kembali menegaskan peran Komandan Satuan untuk selalu hadir di tengah-tengah prajuritnya serta dapat membantu kesulitan masyarakat. Terkait Sinergitas TNI-Polri, Kasad berharap setiap kegiatan dan permasalahan di masyarakat, TNI-Polri harus hadir bersama.

“Saya sudah perintahkan Pangdam, setiap kegiatan Kepolisian, Polda Sulsel di sini, Pangdam serta seluruh jajaran TNI-Polri harus nempel, harus dekat dengan Kepolisian, sehingga setiap ada permasalahan, TNI Polri harus hadir, “ tuturnya.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga menceritakan saat pengalamannya bertugas di Kodam XIV/Hasanuddin sebagai Aspers Kasdam. Terkait kesejahteraan prajurit, Kasad menekankan kepada seluruh para Pangdam untuk mengedepankan kesejahteraan prajurit yang meliputi sandang-pangannya dan mengecek kondisi perumahan prajurit. Perumahan prajurit yang tidak layak huni akan segera diperbaiki.

Setelah kunjungannya di Makodam XIV/Hasanuddin ini, Kasad beserta rombongan dijadwalkan mengunjungi prajurit TNI AD di Palu maupun Poso yang menjadi salah satu daerah penugasan operasi TNI.(Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Peduli Kesehatan dan Keselamatan Personel, Balai Pengobatan Lanal Laksanakan Penyuluhan HIV

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Peduli akan kesehatan dan keselamatan Personel Lanal Nias, Kepala Balai Pengobatan Lanal Nias Letda Laut (K) dr. Bimasena T. Nugroho, MARS., sebagai Narasumber memberikan penyuluhan tentang HIV, bagaimana cara mencegahnya dan diakhiri dengan Screening HIV menggunakan sampel darah kepada seluruh prajurit Lanal Nias, Rabu (19/6/2024).

 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

 

Untuk pencegahan HIV/AIDS adalah saling setia terhadap pasangan, hindari berganti-ganti pasangan.

 

Hindari penggunaan narkoba terutama melalui jarum suntik dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Jalin Keharmonisan dan Keakraban, Lanal Nias Gelar Family Gathering di Ikon Nias Lompat Batu

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Dalam rangka menjaga keharmonisan dan keakraban saat libur Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP., didampingi Ketua Korcab 5 Cabang II DJA I Ny. Indria Wishnu Ardiansyah laksanakan Family Gathering bersama Keluarga Besar Lanal Nias di Ikon Nias yaitu Lompat Batu di Desa, Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (18/6/2024).

 

Diadakannya Family Gathering oleh Komandan Lanal Nias didampingi oleh Ketua Korcab 5 Cabang II DJA I adalah untuk mengembalikan kinerja personel Lanal Nias menjadi lebih baik dan juga untuk menjaga keharmonisan masing-masing personel baik yang sudah berumah tangga ataupun yang masih lajang.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H, Lanal Dumai Serahkan Hewan Kurban Ke Masjid Baitut Thoyyibin

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Setelah melaksanakan rangkaian ibadah Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M yang dilaksanakan di Mako Lanal Dumai, Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJAI Ny. Gressy Hamel melaksanakan penyerahan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445H/2024 M kepada Panitia Kurban yang dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin Komplek TNI AL Dumai, Jalan Pattimura, Laksamana, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Senin (17/06/2024).

 

Penyerahan dan penyembelihan Hewan Kurban dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin dihadiri Perwira Rohani Lettu Laut (T) Agung Dwi Yandik,  Panitia Kurban, Tokoh Agama, serta masyarakat  sekitar Komplek TNI AL  Jalan Patimura Dumai.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Dumai menyampaikan bahwa Berkurban merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan Nya kepada kita.

 

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, semoga dengan semangat Hari Raya Idul Adha ini kita mampu mengatasi berbagai ujian dan cobaan, senantiasa saling berbagi dengan sesama serta menyongsong masa depan yang lebih baik dibawah pancaran nilai-nilai Islam.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending