Connect with us

nasional

BP2MI Gelar Peringatan Hari Pekerja Migran Internasional Dengan Sedehana dan Berikan Penghargaan Kepada Kaum Migran

Published

on

Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) merayakan hari migran dengan sederhana juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pekerja migran Indonesia (PMI) aktif dan purna PMI serta pihak terkait melalui penyelenggaraan Pekerja Migran Indonesia 2021.

Kepala BP2MI Benny Ramdhani mengatakan ingin memberikan kebanggaan kepada PMI yang telah sukses.

“Saya ingin memberikan penghargaan karena mereka sejak awal berangkat secara resmi, mengikuti pelatihan, dan pendidikan sehingga mereka diberikan label sebagai pekerja terampil dan profesional, dan setelah mereka kembali ke Tanah Air, mereka adalah orang-orang yang tidak hanya mewujudkan mimpi-mimpi keluarga, tapi juga inspirasi bagi PMI lainnya,”katanya dengan tegas.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan harapannya agar PMI memiliki ketrampilan.

“Saya berharap PMI semakin banyak memiliki keterampilan yang tersertifikasi secara internasional. Untuk mewujudkannya dibutuhkan koordinasi dan sinergi semua pihak,”tutur Ma’ruf Amin.

Benny Ramdhani mengatakan mengatakan, walaupun selama dua tahun terakhir kerja BP2MI terganggu akibat pandemi Covid-19, namun hal tersebut tidak menghentikan penempatan PMI sebanyak 113 ribu PMI di tahun 2020 dan 56 ribu di tahun 2021.

Benny juga mengatakan bahwa
Ini adalah tanggung jawab yang harus diemban di tengah minimnya anggaran yang dialokasikan kepada BP2MI. “Anggaran BP2MI hanya sekitar Rp 260 milyar, padahal ada 9 juta PMI yang tersebar di 150 negara penempatan,” ucap Benny.

Benny juga mengapresiasi mengapresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

“Erick Thohir menyatakan dengan bangga bahwa dia adalah mantan PMI. Pernyataan tersebut menjadi inspirasi bahwa menjadi PMI adalah pekerjaan terhormat,” kata Benny di kantor BP2MI Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu, (18/12/2021)

Penghargaan PMI Award untuk orang-orang inspiratif yang terbagi menjadi tiga kategori. Untuk kategori PMI dan Tokoh Pejuang Keadilan dan Kemanusiaan, penghargaan diberikan kepada Parti Liyani, Etty Thoyib, mendiang Adelina Sau, Sugiyem, Almh.

Tuti Turtilawati, dan Anis Hidayah. Kategori kedua yaitu Purna PMI Wirausahawan diraih oleh Sulistianingsih, Nurchaeti, Wahyudi Chandra, Sutriyana Bambang Sutrisno, Roni Noila, Ida Susiwanti, dan Asmuni.

Kategori ketiga, yakni PMI inspiratif diperoleh oleh Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Nuryati Solapari, Siti Hafsoh, Dwi Tantri, Yanuar Nugroho, Arif Muhammad (Mak Beti), Farida Nurhan (Omay), Heni Sri Sundani Nasri, Habiburrahman, dan Yohanes Saban.

Continue Reading

nasional

Jasa Raharja Cabang Utama DKI Jakarta Berikan Bantuan untuk Dinas Perhubungan

Published

on

By

Jakarta – Tidak hanya menyantuni kecelakaan lalulintas dan kecelakaan penumpang umum darat, maupun udara. Jasa Raharja Juga sangat peduli terhadap keselamatan penumpang.

Dalam rangka mendukung komitmen tersebut, Jasa Raharja Cabang Utama DKI Jakarta memberikan bantuan untuk keselamatan penumpang kapal laut berupa pelampung dan jaket pelampung.
Penyerahan alat keselamatan tersebut dilakukan kepada Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo langsung disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertepatan dengan peresmian Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke. Senin (3/10/2022)

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama DKI Jakarta, Suhadi mengatakan bahwa komitmen Jasa Raharja terhadap keselamatan penumpang jalur laut memang menjadi salah satu atensi kami.

Penyerahan alat keselamatan tersebut tentu saja sebagai pembuktian Jasa Raharja untuk terus memberikan pengabdian kepada semua moda transportasi baik darat, laut, dan udara. “Kami di Jasa Raharja DKI Jakarta terus memastikan keselamatan dalam transportasi,” ujarnya.

Penyerahan alat keselamatan penumpang kapal laut berupa lifeboay dan life jacket tentu saja disambut gembira oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Continue Reading

nasional

Dorong Peningkatan Usaha Mitra Binaan, Jasa Raharja Gelar Program Inkubasi UMKM “JR Preneur”

Published

on

By

JAKARTA – Jasa Raharja berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkuat mitra binaan melalui berbagai program, seperti pembinaan pengembangan usaha, perluasan pangsa pasar lewat pameran, hingga menggelar program Inkubasi UMKM “JR Preneur”.

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang, mengatakan, program Inkubasi UMKM “JR Preneur” memiliki misi membawa para UMKM binaan Jasa Raharja untuk dapat memasarkan produknya ke pasar global, baik online maupun offline.

“Program ini juga mencari bibit UMKM unggulan dari seluruh pelosok Indonesia, sehingga diharapkan dapat menjadi penggerak dan sosok “local hero” untuk UMKM di wilayah sekitarnya,”ujar Munadi, dalam pembukaan program Inkubasi UMKM “JR Preneur” di Jakarta, Senin, (26/09/2022).

Munadi menyampaikan, kegiatan tersebut sejalan dengan program prioritas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sebagaimana arahan Kementerian BUMN di tahun 2022.

“Salah satunya, yaitu program pemberdayaan ekonomi yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyediakan pekerjaan yang layak,” ungkapnya.

Program Inkubasi UMKM “JR Preneur”, kata Munadi, adalah kesempatan bagi para pelaku UMKM mitra binaan Jasa Raharja untuk bisa tumbuh dan berkembang mengukuti perubahan zaman.

Oleh sebab itu, dia berharap, para peserta dapat bersungguh-sungguh mempelajari dan mengimplementasikan hasil pengetahuan dari program tersebut.

“Kami mendukung Bapak/Ibu sebagai pelaku usaha mikro atau UMKM, untuk dapat “naik kelas” menjadi UMKM dengan kapasitas yang lebih besar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Jasa Raharja telah menyaring sebanyak 50 mitra binaan dari 77 UMKM yang mendaftar. Setelah dilakukan audisi pada 21-22 September 2022, kemudian terpilih 30 mitra binaan yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan inkubasi dan coaching dari professional trainer yang expert di bidangnya.

Ke-30 peserta tersebut, masuk ke tahap selanjutnya, yakni inkubasi, dengan materi yang dapat menunjang kegiatan usaha mereka. Antara lain penanaman mindset seorang pengusaha, fundamental branding, pendidikan marketing, membuat produk sesuai pasar, mengelola keuangan yang efektif, optimalisasi media sosial, pembelajaran market place, dan berbagai pendidikan lainnya.

Selain diberikan pembelajaran dasar sebagai pondasi yang kuat dalam berwirausaha, di tahap berikutnya, para peserta juga akan mendapat pendidikan lanjutan, seperti review business market, review keuangan, review efektifitas media sosial, serta review market place.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, UMKM mitra binaan Jasa Raharja, diharapkan bisa semakin berkembang dan dapat bersaing di pasar nasional maupun global. Dengan demikian, akan memiliki kontribusi dan peran yang lebih besar terhadap perekonomian nasional, serta penyediaan lapangan kerja di Indonesia.

Continue Reading

nasional

Pelantikan Pengurus PUK SP KEP SPSI PT. Bridgestone Tire Indonesia Bekasi Plant Periode 2022 – 2025

Published

on

By

Continue Reading

Trending