Connect with us

TNI / Polri

Pangdam IM Bersama Forkopimda Aceh Hadiri Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh

Published

on

JAKARTA, – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama Forkopimda Aceh menghadiri peringatan 17 tahun musibah Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Peringatan dipusatkan di Pelabuhanan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).

Peringatan 17 tahun Tsunami ini mengusung tema “Siaga Bencana Tangguh Bersama”.

Selain Forkopimda Aceh, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Gubernur Jawa Barat Mochammad Ridwan Kamil, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan undangan lainnya.

Kegiatan peringatan Tsunami Aceh ke-17 ini diawali dengan ziarah ke kuburan massal Ulee Lheue, Banda Aceh. Kuburan massal tersebut merupakan kuburan para syuhada musibah Tsunami Aceh.

Usai ziarah, Forkopimda Aceh dan rombongan menuju ke pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue untuk melihat wajah baru KMP BRR usai 17 tahun Tsunami, dilanjutkan mengunjungi pameran foto Tsunami, melakukan samdiyah dan zikir bersama, pemutaran video prokes dan napak tilas Tsunami Aceh.

Di lokasi Pelabuhan Ulee Lheue itu juga dilakukan pembacaan ayat suci Alqur’an dan sholawat Badar, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, demonstrasi presentasi pemenang juara 1 Tsunami Sains Project 2021 yang digelar siswa Teuku Nyak Arief Bilingual School.

Selanjutnya ditampilkan pertunjukan kolaborasi Tangke. Kemudian, sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, secara virtual, sambutan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, sambutan Gubernur Jawa Barat Dr. (H. C) H. Mochammad Ridwal Kamil dan sambutan Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T.

Lalu, diadakan penyerahan hadiah juara Tsunami Sains Project 2021, sekaligus award kepada tokoh pemelihara dan perawat situs Tsunami serta penyerahan santunan kepada 17 orang anak yatim secara simbolis oleh Gubernur Aceh yang didampingi sejumlah pejabat.

Kegiatan peringatan 17 Tsunami Aceh di Pelabuhan Ulee Lheue itu juga diisi dengan tausiyah dan doa oleh Ustad Ir. Faizal Adriansyah, M.Si,

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan nasi kotak kepada petugas Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue oleh Ketua Tim Penggerak PKK Aceh.

Untuk diketahui, selama kegiatan itu berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Hari Armada RI Tahun 2023, Lanal Bengkulu Berkontribusi Bakti Sosial Donor Darah

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Sebagai rangkaian peringatan Hari Armada Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu menyelenggarakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bengkulu, bertempat di Aula Yos Sudarso Mako Lanal Bengkulu, Jalan RE. Martadinata No. 10, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan donor darah kali ini juga melibatkan Balai Pengobatan Lanal Bengkulu. Sejak dibukanya pendaftaran pada pukul 08.00 WIB, nampak para peserta yang terdiri dari Prajurit, PNS dan Jalasenastri Lanal Bengkulu, serta tamu dan undangan dari instansi samping meliputi Prajurit Kodim 0407/Kota Bengkulu, Brimob Polda Bengkulu, Polair Polda Bengkulu, Basarnas Provinsi Bengkulu, KSOP Pulau Baai Bengkulu, dan Pelindo Regional II Bengkulu, mengantri menunggu giliran untuk mendonorkan darahnya.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr. Opsla., yang didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I Ny. Weny Yudho Angkasa, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena tujuan diadakannya kegiatan donor darah tersebut dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Armada Tahun 2023 serta untuk meningkatkan rasa kepedulian Prajurit, PNS TNI AL dan Jalasenastri Lanal Bengkulu terhadap lingkungan sekitarnya, terutama dalam hal kemanusiaan seperti donor darah.

“Darah merupakan hal yang sangat penting dalam tubuh kita. Terkadang, dibeberapa daerah ditemukan kasus kekurangan kantong darah karena ketersediaan yang terbatas bahkan cenderung kurang. Karena itu, kita mengadakan bakti sosial donor darah ini agar stok kantong darah di PMI khususnya Bengkulu dapat terjaga,” ujar Danlanal Bengkulu.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

TNI / Polri

PNS Lanal Simeulue Gelar Tasyakuran Dalam Rangka HUT KORPRI Ke-52

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- PNS (Pegawai Negeri Sipil) Pangkalan TNI AL Simeulue gelar tasyakuran dalam rangka HUT KORPRI Ke-52 di Mako Lanal Simeulue bersama seluruh Perwira Staf Lanal Simeulue.l, Rabu (29/11/2023).

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., mengucapkan selamat berulang tahun bagi PNS Lanal Simeulue dimana dengan simbolis memberikan Kue Ulang Tahun dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Danlanal Simeulue berharap kedepan PNS TNI AL semakin profesional serta mampu bersama mewujudkan kejayaan TNI AL, Bangsa dan Negara.

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Dilantik Jadi Kasad, Jenderal Maruli Pastikan TNI AD Netral Dalam Pemilu

Published

on

By

JAKARTA, – Usai dilantik secara resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memastikan bahwa TNI AD akan bersikap netral dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut ditegaskannya di hadapan para awak media yang hadir di lokasi. Pernyataan terkait netralitas TNI, khususnya Angkatan Darat, merupakan respon atas penekanan yang disampaikan Presiden sebelumnya.

“Mengenai netralitas itu yang beliau sangat tekankan. Saya pribadi tidak ingin meng _gambling_ kan (mempertaruhkan) nama institusi Angkatan Darat yang sudah baik. Saya tidak mau nanti ini akan menjadi sejarah yang panjang, bahwa kami di TNI, Angkatan Darat khususnya, tidak netral dalam Pemilu,” ujarnya seraya menjamin bahwa sanksi tegas akan diterapkan apabila ada prajurit TNI yang “nakal” (melanggar aturan yang telah ditetapkan).

Kasad juga menyatakan bersyukur atas amanah yang telah diberikan Presiden RI kepadanya, dan ia berharap ke depan ia bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai orang nomor satu di TNI AD dengan baik.

Pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak adalah berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 – TNI Tahun 2023, tentang Pemberhentian Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Pengangkatan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, terhitung mulai tanggal 29 November 2023.

Usai Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jabatan Kasad, dan dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan berita acara pengangkatan. Semua prosesi tersebut disaksikan pula oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 – Tahun 2023, tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, Kasad juga kini resmi menyandang pangkat baru sebagai Jenderal TNI (Bintang Empat).

Acara pelantikan Kasad juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, para Pejabat Tinggi Negara, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Kasal Laksamana Muhammad Ali, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Arif Rahman, M.A., serta para pejabat tinggi di TNI dan Polri. *(Dispenad)*

Continue Reading

Trending