Connect with us

Metro

Puan Maharani Dukung Kebaya Jadi Warisan Tak Benda dari Indonesia

Published

on

Sejarah yang merentang panjang mengiringi perjalanan kebaya sebagai busana perempuan Indonesia, membuatnya layak diperjuangkan sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. Hal tersebut yang sejak tahun lalu tengah diupayakan oleh para pencinta kebaya yang tergabung dalam Kebaya Foundation yang diketuai oleh Tuti Roosdiono.

Kamis (23/12) pekan lalu, saat merayakan Hari Ibu bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, hal tersebut disampaikan oleh Tuti.

“Selain mengupayakan kebaya diakui sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO, kami juga ingin pemerintah mendedikasikan satu hari sebagai Hari Kebaya yang masuk dalam agenda hari penting nasional seperti halnya hari batik yang dicanangkan pada 2009 silam,” kata Tuti.

Lebih dari 20 orang perempuan mengenakan kebaya kutubaru bermotif bunga yang dipadankan dengan batik sogan hadir dalam acara yang adakan di lobby Nusantara di Gedung DPR RI. Penyanyi Krisdayanti atau biasa disapa KD yang kini menjadi anggota Komisi IX DPR RI bersama Tuti Roosdiono juga hadir dalam acara tersebut.

“Saya selalu menyempatkan waktu kalau diundang atau diajak untuk terlibat dengan gerakan yang mendukung kebudayaan kita, seperti yang dilakukan oleh Kebaya Foundation ini. Sejak 2019 lalu, saya dan juga teman-teman perempuan di fraksi PDI Perjuangan juga mendukung dan ikut berpartisipasi meramaikan gerakan Selasa Berkebaya yang mulai digagas pada 2019 lalu. Jadi, tiap Selasa, kami ke kantor dan beraktivitas dengan mengenakan kebaya,” KD mengisahkan.

Gerakan #SelasaBerkebaya yang diceritakan KD merupakan sebuah gerakan moral yang digagas dan diluncurkan pada 9 Juli 2019 oleh sejumlah perempuan pencinta kebaya yang tergabung dalam Komunitas Kridha Dhari dan pegiat berkebaya yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Berkebaya. Inisiatif itu mendapat sambutan baik dari masyarakat luas.

Selain KD dan para perempuan legislator di DPR RI, beberapa menteri seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga ikut berpartisipasi dan mengaungkan gerakan #SelasaBerkebaya ini di kementerian yang dipimpinnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengimbau para pegawai perempuan di kementeriannya mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan ini.

Beberapa tahun terakhir, ketertarikan perempuan Indonesia untuk kembali mengenakan kebaya untuk beraktivitas sehari-hari makin terlihat.

Rahmi Hidayati, salah seorang perempuan yang cukup awal mulai kembali mengenakan kebaya dalam berbagai aktivitasnya, bahkan ketika mendaki gunung. Rahmi, merupakan salah seorang inisiator Komunitas Perempuan Berkebaya yang kemudian bersama Tuti mendirikan Yayasan Kebaya.

Sebagai busana, kebaya sebenarnya memang sama sekali tak membatasi gerak perempuan sepanjang dibuat dengan tekstil yang nyaman. Menurut KD, kebaya yang biasa dikenakannya dengan padanan kain sama sekali tak menghambat aktivitasnya.

“Kita harus menghapus pikiran bahwa kebaya itu repot dan menyusahkan untuk dikenakan,” katanya bersemangat.

Hal senada juga dikisahkan oleh Nana Krit, model senior yang di masa remajanya menjadi salah seorang penari di Swara Mahardika (SM), sebuah sanggar seni yang dipimpin Guruh Sukarno Putra.

“Sejak remaja di dekade 80an, saya sudah terbiasa berkebaya karena sering menari bersama SM. Saat latihan dan pentas, kami biasa bergerak dinamis meskipun berkebaya, berkain dan bersanggul. Sepulang latihan atau pentas, bila kami harus pulang dengan kendaraan umu, ya itu kain dan kebayanya tetap dipakai. Jalan ramai-ramai, tak jarang kami jadi tontonan orang yang merasa aneh melihat anak-anak muda berkain kebaya,” Nana mengenang sambil tertawa.

Hal paling epik yang pernah dilakukannya, menurut Nana adalah ketika Guruh mengajak anak-anak didiknya pergi ke disko dengan kain dan kebaya.
“Kami tentu saja kaget dan tadinya tak setuju dengan ide itu. Tapi Mas Guruh bilang, kami tak seharusnya malu mengenakan kain dan kebaya ke mana pun untuk acara apa pun, karena kebaya itu warisan budaya yang harus kita rawat dan hidupkan agar tak hilang dari peradaban. “Ucapan Mas Guruh itu melekat sekali di hati saya sampai sekarang,” kata Nana yang tak ragu mengemudikan mobilnya sambil mengenakan kebaya pakem lengkap dengan sanggul menempel di kepala.

“Saya tak merasa repot sama sekali,” katanya.

Puan Maharani yang menemui para perempuan berkebaya seusai menutup acara Kampus Merdeka, Magang di Rumah Rakyat hari itu terlihat amat gembira menyambut kehadiran para perempuan berkebaya tersebut. Ia pun tampil anggun dalam balutan kebaya panjang berwarna putih kebiruan dengan kutubaru dipadankan batik sutera warna tanah serta angkin cinde menyembul dari balik bef kebayanya.

“Sejak pagi saya sudah pakai kebaya dan jarik ini sebelum bertemu ibu-ibu semua. Senang sekali rasanya bisa beraktivitas sambil mengenakan kebaya seperti ini, meski langkah saya jadi harus lebih pelan dari biasanya. Tapi kain dan kebaya ini membuat saya, dan mungkin juga ibu-ibu semua merasa anggun dan lembut,” katanya disambut tepuk tangan dan anggukan kepala tanda setuju dari para perempuan berkebaya.

Puan juga mengatakan, mendukung segala upaya Tuti dengan Yayasan Kabaya dan para aktivis komunitas kebaya lain untuk melestarikan kebaya, termasuk memperjuangkan kebaya menjadi warisan budaya tak benda dari Indonesia dan agar Indonesia memiliki hari kebaya.

“Kita harus saling mendukung inisiatif baik, apalagi yang digagas oleh para perempuan yang ingin melestarikan budaya. Kita harus bergandengan tangan mengupayakan yang terbaik yang bisa kita lakukan,” kata Puan.

Continue Reading

Metro

Pelantikan Serentak RT dan RW di Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Kelurahan Karet Tengsin menggelar pelantikan RT dan RW masa bakti 2023 – 2028 secara serentak di Aula Kantor Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, dengan sebelum nya bersama – sama menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Wilayah Kelurahan Karet Tengsin memiliki luas 153,43 Ha, terdiri atas 8 Rukun Warga (RW) dan 67 Rukun Tetangga (RT) dengan memiliki topografi yang relatif datar dan berbatasan dengan dua aliran sungai yaitu Kanal Banjir Barat dan Kali Krukut. Jumat, (27/01)

Hadir dalam acara ini Bimaspol, Babinsa, FKPDM dan LMK Kelurahan Karet Tengsin. Dalam sambutannya Lurah Karet Tengsin Hari Ananda berterima kasih kepada para RT dan RW yang baru agar dalam menjalankan tugasnya dengan ikhlas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dapat bersinergi dengan masyarakat maupun Kelurahan.

“Saya ucapan terima kasih kepada pengurus RT dan RW sebelumnya atas pengabdiannya selama menjabat dalam melayani warganya. Dan saya ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Ketua RT dan RW yang baru masa bakti 2023 – 2028, semoga dapat menjalankan tugas ini dengan adil, bijaksana dan bisa mengemban amanah ini dengan sebaik – baiknya dan tanggung jawab,” ujar Lurah Hari semangat.

Di sela – sela waktu istirahat Ketua RW 06 Zulharman berharap bisa mensukseskan program pemerintah maupun melakukan pelayanan kepada warga secara langsung dan selalu menciptakan suasana yang harmonis, bersinergi dan gotong royong agar lebih baik lagi kedepannya.*Ag

Continue Reading

Metro

PT Nusantara Media Sultan Gelar Acara Syukuran Dan Lounching Media Sultannusantaranews,com

Published

on

By

Jakarta – PT Nusantara Media Sultan menggelar acara syukuran sekaligus Lounching dengan tema ” Sultannusantaranews,Com yang di selenggarakan bertempat Hotel Puri Indah Jalan percetakan Negara Salemba Jakarta pusat , Kamis (26/1/2023)

Acara syukuran di hadiri Mangapul Matondang selaku Direktur utama , Dr H Tubagus Baharuddin SE , MM sebagai Presiden Komisaris , Purn Pol Yuskam nur sebagai Dewan Redaksi , dan para tamu undangan dari beberapa media

Sambutan Mangapul Matondang menjelaskan PT Nusantara Media Sultan plafrom yang akan mengikuti aturan program untuk memberikan informasi baik media digital dan online secara terbuka ,

Selain itu sultan memaknai sebuah simbol yang di gambarkan di dalam 7 pilar yang memiliki qulbu dengan satu sentuhan di sebut pena , ” ucap Mangapul

Presiden Komisaris Dr H Kanjeng Tubagus Baharuddin Mengatakan acara lounching PT Nusantara Media Sultan yang pertama pada hari ini saya ingin menyumbang kan tenaga dan pemikiran bahkan materi supaya dapat membantu program pemerintah , dan juga membantu generasi – generasi muda untuk mempunyai ide cemerlang untuk berkarya

Kemudian insya Allah dalam waktu dekat ini PT Nusantara Media News akan membuat film – film layar lebar , membantu generasi muda Indonesia untuk menampilkan bakat nya dalam dunia industri perfilman. Ungkapnya

Continue Reading

Metro

Thoriq El Wahdi Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Tangsel Periode 2023-2026

Published

on

By

TANGERANG SELATAN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV. di Swiss-Belhotel Serpong, Intermark Indonesia, BSD Serpong Tangsel, Rabu (25/1/2023).

Muscab IV tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid, Ketua HIPMI BPD Banten Ananda Trianch Salichan, Ketua HIPMI BPC Tangsel Asep Sholahuddin, Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis dan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi sekaligus sebagai keynote speaker, serta para tamu undangan lainnya.

H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars HIPMI mempunyai peran penting dan strategis dengan Pemkot Tangsel dalam pengembalian kondisi perekonomian di Kota Tangsel.

“Kami dari Pemkot Tangsel akan selalu mendukung, yang terpenting profesional dan proporsional. Sehingga diharapkan HIPMI BPC Tangsel bisa terus berjaya, yang dilanjutkan oleh para penerus pengurusnya yang semakin komit lagi untuk dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel,”

Ketua BPC HIPMI Tangsel terpilih, Thoriq ElWahdi mengungkapkan banyak program yang terhenti pada saat kepemimpinan Ketua Asep Sholahuddin. Karena ketika terpilih jadi ketua saat itu bertepatan dengan Pandemi Covid-19.

“Dan sekarang akan menjadi tugas kita untuk melanjutkan program yang sudah ada di HIPMI agar dapat lebih baik lagi, dan juga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangsel. Selanjutnya dalam Rakernas nanti baru kita susun program-program yang baru,” ungkapnya

Continue Reading

Trending