Connect with us

TNI / Polri

Mutiara dari Natuna Ditemukan Kasad

Published

on

JAKARTA, – Dalam kunjungan kerjanya ke Batalyon Komposit 1/ Garda Pati di Natuna, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., berkesempatan menerima presentasi dari Sandi Pamungkas siswa SMAN 2 Bunguran Timur yang memiliki prestasi mendunia, melalui inovasi-inovasi yang diciptakannya.

Kebanggaan Kasad bukan hanya telah bertemu dengan Sandi, namun kebanggaan itu bertambah setelah mengetahui bahwa Sandi merupakan putra dari Serda Syahrudin Babinsa Mekar Jaya Koramil 03 Sedanau Kodim 0318/Natuna.

“Bagaimana ceritanya anak ini bisa memiliki prestasi yang luar biasa?,” tanya Kasad kepada sang Babinsa.

Syahrudin pun menjelaskan bahwa inovasi yang diciptakan anaknya itu, bermula dari seringnya Sandi mengikuti kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukannya di desa binaannya.

“Saat mengikuti kegiatan saya sebagai Babinsa, anak saya ini sebagai juru foto. Setiap permasalahan yang ditemukan, ia (Sandi) mencoba mencari solusi pemecahannya,” ucap Syahrudin.

Kasad pun menjelaskan, salah satu tujuan dari kunjungan kerja ke satuan jajaran di seluruh Indonesia adalah untuk menemukan putra putri terbaik bangsa dengan prestasi membanggakan yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam membangun Indonesia melalui TNI AD.

“Salah satunya pada hari ini, saya menemukan mutiara (Sandi) di Natuna ini,” kata Kasad penuh bangga.

Sementara itu, Sandi yang juga bercita-cita menjadi Taruna Akademi Militer ini, mengungkapkan rasa bangganya dapat bertemu dan mempresentasikan inovasi dan prestasi yang dimilikinya kepada orang nomor satu di TNI AD tersebut.

“Harapan saya setelah bertemu Bapak Kasad, dapat mengangkat dan lebih memperkenalkan Natuna ke dunia internasional. Selain itu, menjadikan motivasi bagi saya untuk lebih berprestasi lagi,” ujarnya.

“Dan semoga apa yang saya cita-citakan dapat tercapai dengan baik dan lancar,” tambah Sandi.

Adapun inovasi-inovasi yang telah diciptakan Sandi diantaranya, Smart Cabai, Basiltrik (Batako Penghasil Listrik), MooApps (Aplikasi Monitoring Kesehatan Ternak), Padu (Penangkap Air di Udara), We Care Mangrove (aplikasi pelestarian lingkungan mangrove melalui pemberdayaan), dan Rainzer (handsinitizer dari air hujan dan air laut menjadi handsinitizer non alkohol).

Sedangkan prestasi yang diraih melalui inovasi-inovasi itu, antara lain Juara 1 lomba desain inovatif STAI Natuna 2021, Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang 2021, Juara 1 lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2021 tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Juara 2 lomba UII Businnes Plan Competition 2021 di Universitas Islam Indonesia tingkat nasional, Juara 1 tingkat internasional dalam ajang Africa OCIIP Expo 2020 di Nigeria Africa, dengan predikat presentasi terbaik dan inovasi terkreatif, Juara 3 lomba International Korea Science Engineering Fair (KSEF) di Korea Selatan 2020, Juara 3 Lomba International Exhibition For Young Inventor (IEYI) di Taiwan 2020, Juara harapan 1 lomba National Young Inventor Award (NYIA) 2019 di Jakarta, Juara 1 lomba Police Innovation Award (PIA) 2020 di Jakarta tingkat nasional, Juara 1 Satu Indonesia Award (SIA) tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 di Jakarta, Juara harapan 2 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2018 tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018, dan Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Bidang Geografi Tingkat Kabupaten Natuna.

Continue Reading

TNI / Polri

Tingkatkan Iman dan Takwa, Lantamal I Laksanakan Kauseri Agama

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Dalam rangka meningkatkan iman dan takwa, Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) melaksanakan Kauseri agama, bertempat di Mako Lantamal l, Jalan Serma Hanafiah No. 01. Belawan, Sumatera Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di Lantamal I, bagi yang beragama Islam dilaksanakan di Masjid Al-Abrar Mako Lantamal l, dengan penceramah AL Ustadz Taufiq Walhidayah, S.Aq., sedangkan bagi yang beragama Kristen dilaksanakan di Gedung Kauseri Mako Lantamal l, yang disampaikan oleh Kapten (Mar) Lontung Rumapea.

 

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai pembinaan mental untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta  keselarasan dan keseimbangan antara kehidupan kedinasan sebagai prajurit maupun kehidupan beragama. Hal ini sangat penting agar dalam setiap pelaksanaan tugas prajurit maupun PNS Lantamal I selalu senantiasa dilandasi dengan kekuatan iman dan moril yang tinggi.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, prajurit dan PNS Lantamal I, serta prajurit Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rakor Renaku- I UO TNI AL Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku)- I UO TNI AL Tahun 2024, yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla., bertempat di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (29/5/2024).

 

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa Forum Renaku-I ini harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran, merupakan tahun pertama dari renstra 2025-2029, dan renstra permulaan dari tahapan pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045. Saat ini TNI AL juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI AL 2025-2044 yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

 

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, Aslog Danlantamal I Kolonel Laut (T) Dicky Krisnanto, S.E., Kadisfaslan Lantamal I, Paban Renproga Srena, Pjs. Kadisharkan, serta Pjs. Kafasharkan, di Ruang Puskodal Mako Lantamal I melalui Vicon.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Dumai Hadiri Rakorwil Finalisasi Persiapan Kunker Presiden RI di Provinsi Riau

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Dalam Rangka finalisasi persiapan kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Riau, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Pengamanan yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Balai Serindit, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (29/05/2024).

 

Kegiatan Rakorwil tersebut diawali penyampaian oleh Pj. Gubernur Riau Ir.  S.F Hariyanto, M.T., dilanjutkan dengan penyampaian dari Protokol Istana Syaiful terkait 2 alternatif rencana kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Riau, kemudian diteruskan penyampaian kesiapan kunjungan dari semua tim baik dari Pemerintah, BPIP, PHR, TNI dan Polri.

 

Turut hadir pada kegiatan Rakorwil tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan, Kapolda Riau Irjen Pol H. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Kejati Riau Akmal Abbas, S.H., M.H.,  Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han., Danlanud RSN Pekanbaru Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., Kabinda Provinsi Riau Brigjen TNI R.Wibisono Hendroyoso, Setmilpres Kolonel Abdul Wirawan, Paspampres Letkol Inf Paruhum, BPIP Dr. Mahnan Marbawi, M.A., Direktur Utama PT. Pertamina Hulu Rokan dan seluruh stakeholder yang berperan dalam persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Riau.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending