Connect with us

TNI / Polri

Pangdam IM Lepas Satgas Pamtas RI-PNG Penyangga Yonif RK 113/JS ke Papua

Published

on

Jakarta, – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan melepas keberangkatan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Penyangga Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti yang akan melaksanakan tugas selama 9 bulan di wilayah Papua.

Dalam keterangan tertulis Kodam IM, upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Penyangga Yonif RK 113/JS dilaksanakan di Pelabuhan Krueng Geukueh, Lhokseumawe, Rabu (23/2/2022). Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) yaitu Danyon RK 113/JS Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si. selaku Komandan Satgas Pamtas RI-PNG.

Pangdam IM dalam amanatnya, mengucapkan selamat bertugas kepada Dansatgas dan prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 113/JS. “Tugas ini merupakan suatu amanah, kehormatan sekaligus kepercayaan yang harus dijawab dengan karya, penuh semangat, dedikasi dan disiplin dalam menjalankan tugas operasi,” ujar Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Mohamad Hasan juga mengingatkan bahwa pelaksanaan tugas operasi kali ini lebih menggunakan pendekatan perbantuan kepada Pemerintah Daerah setempat melalui kegiatan pembinaam teritorial dan komunikasi sosial.

Menurut Pangdam, penugasan operasi bagi prajurit Yonif RK 113/JS merupakan suatu kebanggaan karena negara mempercayakan tugas kemiliteran kepada prajurit tersebut.

“Saya yakin dengan dilandasi niat, kesungguhan serta kemampuan sebagai seorang prajurit yang profesional, tugas ini akan dapat diselesaikan dengan baik, sehingga harapan saya 400 personel dan materiil perorangan/satuan yang saat ini berangkat, sampai dengan kembali harus lengkap dan aman,” kata Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Selanjutnya Pangdam IM berharap, personel Satgas harus dapat memaksimalkan keamanan personel dan materiil serta dapat fokus untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok.

“Yang tidak kalah penting, di dalam setiap langkah dan berkegiatan harus selalu waspada, jangan ceroboh atau menganggap remeh apapun selama di daerah operasi,” harapnya.

Kepada prajurit Satgas Pamtas, Pangdam IM berpesan untuk menghormati budaya, kearifan lokal setempat dan komunikasi yang baik dengan tokoh adat, agama dan penduduk sekitar wilayah Papua.

“Ambil hati dan pikiran mereka, dengarkan keluhan mereka dan berikan jawaban serta solusi terbaik untuk mereka, sehingga kehadiran kita di sana dapat membawa solusi terhadap permasalahan masyarakat sekitar,” pesan orang nomor satu di Kodam IM tersebut.

“Semoga para prajurit sekalian selalu mendapatkan perlindungan, diberikan kemudahan dan kelancaran serta berhasil dalam pelaksanaan tugas di Papua,” doa Pangdam IM menutup amanatnya.

Upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Penyangga Yonif RK 113/JS itu diakhiri dengan doa bersama dan dilanjutkan yel – yel Yonif RK 113/JS yang ditampilkan prajurit Satgas tersebut.

Turut hadir Danrem 011/LW, para Asisten Kodam, Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, Walikota Lhokseumawe, Bupati Aceh Utara, Bupati Bireuen dan unsur Forkopimda Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Peduli Kesehatan dan Keselamatan Personel, Balai Pengobatan Lanal Laksanakan Penyuluhan HIV

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Peduli akan kesehatan dan keselamatan Personel Lanal Nias, Kepala Balai Pengobatan Lanal Nias Letda Laut (K) dr. Bimasena T. Nugroho, MARS., sebagai Narasumber memberikan penyuluhan tentang HIV, bagaimana cara mencegahnya dan diakhiri dengan Screening HIV menggunakan sampel darah kepada seluruh prajurit Lanal Nias, Rabu (19/6/2024).

 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

 

Untuk pencegahan HIV/AIDS adalah saling setia terhadap pasangan, hindari berganti-ganti pasangan.

 

Hindari penggunaan narkoba terutama melalui jarum suntik dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Jalin Keharmonisan dan Keakraban, Lanal Nias Gelar Family Gathering di Ikon Nias Lompat Batu

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Dalam rangka menjaga keharmonisan dan keakraban saat libur Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP., didampingi Ketua Korcab 5 Cabang II DJA I Ny. Indria Wishnu Ardiansyah laksanakan Family Gathering bersama Keluarga Besar Lanal Nias di Ikon Nias yaitu Lompat Batu di Desa, Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (18/6/2024).

 

Diadakannya Family Gathering oleh Komandan Lanal Nias didampingi oleh Ketua Korcab 5 Cabang II DJA I adalah untuk mengembalikan kinerja personel Lanal Nias menjadi lebih baik dan juga untuk menjaga keharmonisan masing-masing personel baik yang sudah berumah tangga ataupun yang masih lajang.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H, Lanal Dumai Serahkan Hewan Kurban Ke Masjid Baitut Thoyyibin

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Setelah melaksanakan rangkaian ibadah Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M yang dilaksanakan di Mako Lanal Dumai, Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJAI Ny. Gressy Hamel melaksanakan penyerahan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445H/2024 M kepada Panitia Kurban yang dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin Komplek TNI AL Dumai, Jalan Pattimura, Laksamana, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Senin (17/06/2024).

 

Penyerahan dan penyembelihan Hewan Kurban dilaksanakan di Masjid Baitut Thoyyibin dihadiri Perwira Rohani Lettu Laut (T) Agung Dwi Yandik,  Panitia Kurban, Tokoh Agama, serta masyarakat  sekitar Komplek TNI AL  Jalan Patimura Dumai.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Dumai menyampaikan bahwa Berkurban merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan Nya kepada kita.

 

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, semoga dengan semangat Hari Raya Idul Adha ini kita mampu mengatasi berbagai ujian dan cobaan, senantiasa saling berbagi dengan sesama serta menyongsong masa depan yang lebih baik dibawah pancaran nilai-nilai Islam.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending