Connect with us

nasional

Berhasil Pimpin Sidang IPU ke-144 di Bali, Netizen Sanjung Puan dengan Tagar #PuanBawaIndonesiaMendunia

Published

on

Nusa Dua, Bali – Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 digelar di Nusa Dua, Provinsi Bali pada tanggal 20 hingga 24 Maret. Forum ini tercatat sebagai forum internasional pertama yang digelar di Bali pada tahun ini. Sebagai tuan rumah, parlemen Indonesia (DPR RI) bertanggung jawab penuh atas kesuksesan acara tersebut.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menjadi sosok yang paling disorot atas kesuksesan penyelenggaraan acara IPU tersebut. Pasalnya, Puan menghadapi tantangan besar dalam menyelenggarakan event internasional ini.

Pertama, kegiatan diselenggarakan di masa pandemi COVID-19 yang belum selesai. Oleh karena itu, dibutuhkan pengamanan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, Puan harus memaksimalkan segala potensi Indonesia untuk memastikan peserta untuk hadir ke sidang tersebut.

Dengan kerja keras yang maksimal, DPR RI di bawah kepemimpinan Puan berhasil memastikan hadirnya 128 delegasi negara dan observer, 33 speaker, 35 deputy speaker, dan 12 executive committee. Sidang IPU sendiri dibuka pada 20 Maret 2022 oleh Presiden Jokowi.

Beberapa petinggi IPU memberikan pujian kepada apa yang telah dilakukan oleh Puan Maharani. Sekjen IPU Martin Chungong memberikan apresiasi kepada Puan karena kepemimpinan Puan di IPU menjadi simbol pemimpin perempuan dunia.

“Kepemimpinan Puan Maharani di penyelenggaraan IPU sekarang menjadi simbol kepemimpinan perempuan dunia,” kata Martin dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Keberhasilan penyelenggaraan Sidang IPU tersebut mendapatkan pujian netizen. Berdasarkan list trending Twitter pada 21 Maret pukul 12.00, hashtag #PuanBawaIndonesiaMendunia mengudara hingaa menjadi trending topic di Indonesia.

Salah satu suara yang mengapresiasi Puan datang dari akun @Angelnarzo. Menurutnya, penyelenggaraan IPU di masa pandemi adalah tantangan tersendiri yang memerlukan tenaga dan kebijakan yang tepat.

“ Selamat kepada Ketua DPR RI Puan Maharani atas semua pencapaian prestasi dan kerja keras nya semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya, Sabtu (21/12).

Suara apresiasi lainnya juga diberikan oleh @NovitaDina14, yang menilai bahwa penyelenggaraan IPU di Bali sangatlah positif, terutama di saat perekonomian Bali yang sedang merangkak bangkit.

“Ngelihat dari kelancaran acara IPU di Bali ikut seneng gitu, Bisa bantu Bali buat ningkatin lagi pariwisata disana,” cuitnya.

Menurut Direktur Eksekutif Poldata Indonesia Fajar Arif Budiman, forum IPU dinilai memiliki arti penting, terutama untuk membuktikan kepemimpinan seorang Puan dalam kancah internasional.

“Kepimpinan Puan dalam forum IPU telah diakui oleh Presiden dan Sekjen IPU, apresiasi ini menjadi modal penting bagi Mbak Puan untuk membawa kepentingan Indonesia agar menjadi isu bersama di tingkat global,” ujar Fajar.

Continue Reading

nasional

Pastikan Ketersediaan BBM, BPH Migas dan DPR RI Kunjungi Terminal BBM Panjang

Published

on

By

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendampingi Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan Kunjungan Kerja Spesifik dalam rangka pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H di Terminal BBM Panjang PT Pertamina (Persero), di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Tampak hadir dalam kunjungan ini Kepala BPH Migas Erika Retnowati bersama Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra dan Yapit Sapta Putra, serta Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) Sentot Harijady Bradjanto Tri Putro.

Erika menyampaikan, terdapat tiga tantangan pengelolaan pasokan BBM jelang Hari Raya Idul Fitri 1444H, yaitu ketersediaan suplai, kelancaran distribusi, dan keamanan.

“Perlu diperhatikan ketersediaan suplai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H. Suplai yang ada, khususnya biosolar dan pertalite , upayakan bisa ditambah,” ujarnya, Kamis (30/3/2023).

Lebih lanjut, Erika mengingatkan perihal kelancaran distribusi. Meskipun suplai tersedia, belum tentu situasi di lapangan aman, faktor cuaca, seperti cuaca ekstrim juga perlu menjadi perhatian. “Mengingatkan adanya pulau-pulau yang kemungkinan terdampak cuaca ekstrim atau cuaca buruk, sehingga perlu diantisipasi dengan menyiapkan stok lebih awal,” terang Erika.

Erika juga menyampaikan, pengelolaan hilir migas harus menjaga faktor keamanan dan keselamatan dengan cermat dan tepat, sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diharapkan. “Mohon belajar dari pengalaman,” tegasnya.

Sementara, Basuki Trikora menambahkan perlunya mengantisipasi faktor keamanan dan jaminan pasokan, khususnya untuk LPG di wilayah Bengkulu. “Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat dengan baik,” .

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menjelaskan bahwa kunjungan kali ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan energi, seperti BBM dan listrik yang andal dan terjangkau dalam momentum Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 144H.

“Kami hadir untuk memastikan dalam momentum Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri,” terang Sugeng.

Sugeng mengungkapkan bahwa energi menjadi kebutuhan dasar bagi manusia, sehingga perlu bersama-sama menjaga situasi pengelolaan energi tetap kondusif. “Kita semua menjaga situasi tetap kondusif, menyangkut ketersediaan energi,” ajaknya.

Sedangkan, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menyatakan kesiapan pihaknya dalam mendistribusikan BBM pada Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H, serta upaya dalam pengendalian BBM bersubsidi, salah satunya melalui metode QR Code.

Kunjungan kali ini dihadiri juga Anggota Komisi VII DPR RI Willy Midel Yoseph, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu, Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Setyorini Tri Hutami, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas Mulyono, Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi, serta Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero) Adi Lumakso.

Continue Reading

nasional

Rutan Cipinang Kanwil Kumham DKI Jakarta Bersama Yayasan Mahanaim Berikan Penyuluhan Mental Bagi Pramuka

Published

on

By

Jakarta – Praja Muda Karana (Pramuka) adalah salah satu bentuk pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), maka dari itu Rutan Kelas I Cipinang bekerja sama dengan Yayasan Mahanaim untuk memberikan penyuluhan mental dan karakter kepada calon-calon Pramuka agar dapat menjadi insan yang lebih baik, Selasa (28/3/23).

kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi dan pembekalan mental bagi para WBP agar mampu menjalani proses pembinaan di Rutan Kelas I Cipinang, serta dapat kembali di tengah masyarakat apabila telah menyelesaikan proses pembinaan di dalam Rutan.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menyampaiakan kegiatan penyuluhan mental serta pembinaan karakter kepada calon-calon Pramuka dapat membentuk mental positif bagi WBP, sehingga dapat meningkatkan kesadaran WBP untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Continue Reading

nasional

Wujudkan Penyelenggaraan Makanan Berkualitas, Rutan Cipinang Ikuti Rapat Pembahasan Penyusunan Standar Sarana Dan Prasarana Penyelenggaraan Makanan Bagi Tahanan, Narapidana Anak Dan Anak Binaan Pemasyarakatan

Published

on

By

Jakarta – Demi mewujudkan penyelenggaran makanan yang berkualitas, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengikuti Rapat Pembahasan Penyusunan Standar Sarana Dan Prasarana Penyelenggaraan Makanan Bagi Tahanan, Narapidana Anak Dan Anak Binaan Pemasyarakatan, di Ruang Rapat Sahardjo Lantai 2 Gedung Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Selasa (28/03).

Kegiatan Pembahasan Penyusunan Standar Sarana Dan Prasarana Penyelenggaraan Makanan diiikuti oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Rutan Kelas I Pondok Bambu, Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Rumah Sakit Umum Pengayoman Cipinang dan Rutan Kelas I Cipinang yang diwakili oleh Resnu Parada Andhika selaku Kepala Seksi Pelayanan Tahanan beserta jajarannya.

Rapat ini dilaksanakan untuk membahas terkait penyusunan standar sarana dan prasarana bagi Warga Binaan Pemasyarakatan demi terwujudnya penyelenggaraan makanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan gizi tahanan, narapidana anak dan anak binaan pemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Resnu Parada Andhika menyampaikan bahwa kegiatan rapat ini merupakan langkah konkret dirjen Pas dalam mewujudkan penyelenggaraan makanan yang berkualitas bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“kami berharap dengan diadakannya kegiatan penyusunan penyelenggaraan makanan yang berkualitas sesuai dengan standar kesehatan serta sarana dan prasarana ini, dapat terwujud sehingga hak dari Warga Binaan Pemasyarakatan bisa terpenuhi dengan baik”, Tutup Kasiyantah.

Continue Reading

Trending