Connect with us

TNI / Polri

TNI AL dan Masyarakat Papua Berduka

Published

on

Jakarta, 27 Maret 2022,- TNI Angkatan Laut dan masyarakat Papua berduka akibat gangguan keamanan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Kodap III Ndugama yang melakukan serangan Satuan Tugas (Satgas) Muara dan Pesisir (Mupe) Korps Marinir TNI AL di Pos Quary Bawah, Distrik Kenyam, Kab. Nduga, Papua. Sabtu (26/3).

Kronologis peristiwa, pada hari Sabtu Tgl 26 Maret 2022 pukul 17.40 WIT, KSTP Nduga pimpinan Egianus Kogoya (Pangkodap III Ndugama) telah melakukan serangan terhadap Pos Quary Bawah Satgas Mupe Yonif 3 Mar Pasmar 2 dengan menggunakan GLM (Grenade Launcher Module)/Pelontar Granat dari dua arah, yaitu dari arah belakang Pasar dan dari arah sungai Alguru.

Mendapat serangan, seluruh personel Satgas yang berjumlah 35 orang pada pukul 17.52 WIT membalas dengan tembakan dan melakukan pengejaran terhadap KSTP. Selanjutnya pukul 18.00 WIT Dansatgas memerintahkan 2 Tim Trisula dipimpin Wadandenpursus Kapten Mar Ari Mahendra dan 1 Tim Waltis dipimpin Letda Mar Pujo Pratikno berangkat mengadakan bantuan ke Pos Quary Bawah menggunakan kendaraan 1 truk dan 2 KIA.

Akibat serangan tersebut, dua personel meninggal dunia, dua kritis dan enam luka ringan. Adapun mereka yang menjadi korban adalah Letda Mar Iqbal dan Pratu Mar Wilson Anderson Here meninggal dunia, Serda Mar Rendi Febriansyah dan Serda Mar Ebit Erisman luka berat/kritis, serta enam luka ringan atas nama Serda Mar Bayu Pratama, Pratu Mar Rahmad Sulman, Prada Mar Dicky Sugara, Pratu Mar Adik Saputra A, Prada Mar La Harmin, dan Prada Mar Alif Dwi Putra. Rencana evakuasi korban akan dilaksanakan secepatnya menggunakan heli ke Timika, menyesuaikan cuaca.

Motif penyerangan masih didalami. Sementara informasi yang didapatkan GLM yang digunakan untuk menyerang diduga diambil dari Satgas Yonif 700, sedangkan munisi GLM adalah rampasan dari Satgas Yonif 330.

Pos Quary Bawah Satgas Mupe Yonif 3 Marinir Pasmar 2 berkekuatan 35 personel, berlokasi kurang lebih 1 km dari Polres Nduga, dan 2 km dari Koramil Nduga. Selama ini Pos Quary Bawah tdk memiliki permasalahan dgn masyarakat di sekitar Pos. Bahkan kegiatan mereka aktif melakukan bakti sosial, seperti menggelar mobil sehat, mobil pintar, lomba-lomba, kegiatan adat dan kegiatan agama.

Atas kejadian ini TNI Angkatan Laut dan masyarakat Papua berduka akibat gugurnya 2 prajurit Marinir TNI AL terbaik yang selalu dekat dan membantu masyarakat sekitarnya. Kehangatan hubungan yang harmonis di masyarakat Nduga saat ini terganggu dengan situasi ini.

Selanjutnya sebagai ungkapan bela sungkawa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan seluruh Jajaran TNI AL mengibarkan bendera 1/2 tiang selama 3 hari berturut-turut mulai Senin 28 Maret 2022 dan melaksanakan sholat ghoib/berdoa bersama dipimpin paroh sesuai agama masing-masing.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI / Polri

TNI AD Akan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Korban Gempa Cianjur

Published

on

By

JAKARTA, – Bersinergi dengan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), TNI AD akan menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Cianjur senilai total 5 milyar rupiah untuk meringankan dan mempercepat pemulihan kondisi korban terdampak gempa Cianjur yang terjadi 21 November 2022 lalu.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Presiden Komisaris Adaro Edwin Soeryadjaya dan Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, yang disaksikan Sekretaris Jenderal ESDM Rida Mulyana di Mabesad, Jakarta. Kamis, (1/12/2022).

Kasad dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pihak Adaro dan Kementerian ESDM kepada TNI AD untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Cianjur.

“Terima kasih atas kepercayaan ini. Kami (TNI AD) akan menyalurkan bantuan ini dengan sebaik mungkin dan tepat sasaran,” ucap Kasad.

Sementara itu ditempat yang sama, Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir berharap sinergi dengan Kementerian ESDM dan TNI AD dalam penyaluran bantuan ini, dapat membantu pemerintah untuk menanggulangi bencana alam yang sedang terjadi.

“Dengan dibantu TNI AD, kami berharap semoga bantuan ini dapat meringankan dan mempercepat pemulihan kondisi korban terdampak bencana gempa di Cianjur,” pungkasnya. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Lokasi Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling, Senin 28 November 2022

Published

on

By

Jakarta – Polda Metro Jaya menyediakan 14 lokasi layanan Samsat Keliling bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), pada hari ini Senin (28/11/2022).

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari akun resmi twitter Traffic Management Center @TMCPoldaMetro, Layanan Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling berlangsung mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Silakan cek lokasi Samling (Samsat Keliling):

Sebelum mengakses layanan ini, pastikan sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, antara lain, KTP asli dan fotokopi sebanyak satu lembar, STNK asli dan fotokopi sebanyak satu lembar, BPKB asli dan fotokopi sebanyak satu lembar.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Gerai Samsat Keliling hanya untuk pajak tahunan. Sedangkan untuk perpanjangan STNK dan ganti plat nomor kendaraan harus datang langsung ke Kantor Samsat.

Pelayanan Samsat Keliling diberikan untuk memudahkan masyarakat agar taat hukum. Adapun untuk perpanjangan SIM bisa dilakukan di lima titik lokasi mobil SIM Keliling di Jakarta dan sekitarnya.

Pemilik kendaraan yang ingin melakukan pembayaran PKB harus menyesuaikan jadwal. pelayanan ini tidak berada di lokasi yang sama setiap hari.

Continue Reading

TNI / Polri

Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

Published

on

By

JAKARTA, – Dinas Psikologi TNI AD melalui Tim Satgas Penanggulangan Gempa (Gulben) Cianjur melaksanakan kegiatan dukungan Psikososial guna mengembalikan kondisi psikologis penyintas pasca bencana gempa di Cianjur, Kamis (24/11/2022)

Tim Satgas Gulben Dispsiad dalam membantu korban bencana melakukan tindakan intervensi awal dengan tujuan untuk menstabilkan kondisi psikologis warga Cianjur.

Katim Satgas Psikologi Gulben Cianjur, Kapten Caj Tian Sakti M, S.Psi., M.Psi, Psikolog. dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat menstabilkan kondisi psikologis para penyintas sehingga nantinya penyintas bencana dapat kembali pada situasi berpikir yang positif, berdamai dengan kondisi yang dialami, dan pada akhirnya dapat kembali beraktivitas secara produktif.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tim siap membantu para penyintas secara total dan maksimal sesuai tugas yang telah diamanatkan oleh pimpinan kepada kami,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilakukan Satgas Gulben Dispsiad agar para korban bencana gempa terutama anak-anak mendapatkan aktivitas positif sehingga dapat menghilangkan trauma yang dialami akibat gempa yang memporak-porandakan tempat tinggal maupun fasilitas sekolah yang praktis terhenti.

“Upaya ini kami lakukan, agar warga dapat segera pulih dari trauma pasca gempa, terutama anak-anak yang aktivitas sekolahnya terhenti, kita isi dengan aktivitas positif agar kondisi psikologis mereka dapat kembali baik,” imbuhnya.

Adapun anggota tim yang tergabung dalam Satgas Psikologi Gulben Cianjur dari Dispsiad Lettu Arh Karlan Dani, S.Psi.,
Letda Cba Samurya Rahmadhony, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Serka Sandi Tiya Dwi Purba, S.T., dan Serda Lino Januario. (Dispenad)

Continue Reading

Trending