Connect with us

TNI / Polri

TNI AL dan Masyarakat Papua Berduka

Published

on

Jakarta, 27 Maret 2022,- TNI Angkatan Laut dan masyarakat Papua berduka akibat gangguan keamanan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Kodap III Ndugama yang melakukan serangan Satuan Tugas (Satgas) Muara dan Pesisir (Mupe) Korps Marinir TNI AL di Pos Quary Bawah, Distrik Kenyam, Kab. Nduga, Papua. Sabtu (26/3).

Kronologis peristiwa, pada hari Sabtu Tgl 26 Maret 2022 pukul 17.40 WIT, KSTP Nduga pimpinan Egianus Kogoya (Pangkodap III Ndugama) telah melakukan serangan terhadap Pos Quary Bawah Satgas Mupe Yonif 3 Mar Pasmar 2 dengan menggunakan GLM (Grenade Launcher Module)/Pelontar Granat dari dua arah, yaitu dari arah belakang Pasar dan dari arah sungai Alguru.

Mendapat serangan, seluruh personel Satgas yang berjumlah 35 orang pada pukul 17.52 WIT membalas dengan tembakan dan melakukan pengejaran terhadap KSTP. Selanjutnya pukul 18.00 WIT Dansatgas memerintahkan 2 Tim Trisula dipimpin Wadandenpursus Kapten Mar Ari Mahendra dan 1 Tim Waltis dipimpin Letda Mar Pujo Pratikno berangkat mengadakan bantuan ke Pos Quary Bawah menggunakan kendaraan 1 truk dan 2 KIA.

Akibat serangan tersebut, dua personel meninggal dunia, dua kritis dan enam luka ringan. Adapun mereka yang menjadi korban adalah Letda Mar Iqbal dan Pratu Mar Wilson Anderson Here meninggal dunia, Serda Mar Rendi Febriansyah dan Serda Mar Ebit Erisman luka berat/kritis, serta enam luka ringan atas nama Serda Mar Bayu Pratama, Pratu Mar Rahmad Sulman, Prada Mar Dicky Sugara, Pratu Mar Adik Saputra A, Prada Mar La Harmin, dan Prada Mar Alif Dwi Putra. Rencana evakuasi korban akan dilaksanakan secepatnya menggunakan heli ke Timika, menyesuaikan cuaca.

Motif penyerangan masih didalami. Sementara informasi yang didapatkan GLM yang digunakan untuk menyerang diduga diambil dari Satgas Yonif 700, sedangkan munisi GLM adalah rampasan dari Satgas Yonif 330.

Pos Quary Bawah Satgas Mupe Yonif 3 Marinir Pasmar 2 berkekuatan 35 personel, berlokasi kurang lebih 1 km dari Polres Nduga, dan 2 km dari Koramil Nduga. Selama ini Pos Quary Bawah tdk memiliki permasalahan dgn masyarakat di sekitar Pos. Bahkan kegiatan mereka aktif melakukan bakti sosial, seperti menggelar mobil sehat, mobil pintar, lomba-lomba, kegiatan adat dan kegiatan agama.

Atas kejadian ini TNI Angkatan Laut dan masyarakat Papua berduka akibat gugurnya 2 prajurit Marinir TNI AL terbaik yang selalu dekat dan membantu masyarakat sekitarnya. Kehangatan hubungan yang harmonis di masyarakat Nduga saat ini terganggu dengan situasi ini.

Selanjutnya sebagai ungkapan bela sungkawa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan seluruh Jajaran TNI AL mengibarkan bendera 1/2 tiang selama 3 hari berturut-turut mulai Senin 28 Maret 2022 dan melaksanakan sholat ghoib/berdoa bersama dipimpin paroh sesuai agama masing-masing.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI / Polri

Lantamal I Ikuti Sarasehan Ideologi Pancasila

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) mengikuti Talk Show Sarasehan ldeologi Pancasila dengan Tema “Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi” bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI AL, dipimpin Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Ali Syahbana SM., CHRMP., dihadiri personel Lantamal I melalui Vicon, bertempat di Gedung Yos Soedarso Mako Lantamal, Jalan Serma Hanafiah, No.01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Pada Kesempatan tersebut, Wadan Puspenerbal menyampaikan sambutan Danpuspenerbal bahwa pendidikan karakter perlu dimodernisasi dengan merumuskan terlebih dahulu budaya pendidikan terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan hendaknya mampu menghasilkan pemikiran cerdas baik di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, mampu meningkatkan integritas, semangat nasionalisme serta kepedulian sosial dan semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisminpers Lantamal I, personel Militar dan PNS Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Aspotmar Danlantamal I Ikuti Apel Saka Bahari Nasional Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Hendra Zarnadi, mengikuti Apel Saka Bahari Nasional Tahun 2024 yang dipimpin Wakil Aspotmar Kasal Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., melalui Vicon bertempat, bertempat di Ruang Puskodal Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam sambutannya, Aspotmar Kasal yang dibacakan Waaspotmar Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan Saka Bahari, khususnya untuk eksistensi generasi muda saat ini.

 

Menyikapi makin kompleksnya perkembangan lingkungan strategis, baik dari luar negeri maupun dalam negeri tentunya dapat menimbulkan ancaman gangguan dan hambatan. Oleh karena itu, generasi muda Saka Bahari diharapkan mampu menjawab tuntunan perubahan diera milenial dan teknologi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispotmar Lantamal I, Kasubdis Progla Dayaguna Dispotmar Lantamal I, Kak Dany dari Kwarda Sumut, anggota Saka Bahari SMA Hangtuah Belawan dan Saka Bahari SMK Panca Budi Medan.

 

(Dispen Lantamal)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rapim TNI-POLRI Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri dipimpin Presiden RI Joko Widodo, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dr. Moeldoko, S.I.P., M.A., Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. dengan Tema “TNI-Polri Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

 

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah berhasil menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu, sehingga berjalan aman dan damai,.

 

Tahapan Pemilu masih berjalan hingga Oktober 2024. Jajaran TNI-Polri diminta perlu mengantisipasi dan menetralisir segala residu politik untuk menjaga persatuan bangsa dan negara.

 

Tantangan yang kita hadapi sekarang ini bukan tantangan-tantangan yang mudah, bukan hanya tantangan di dalam negeri, bukan hanya tantangan di domestik, tapi justru yang paling berat adalah tantangan global yang sangat rumit juga bisa berdampak signifikan pada situasi ekonomi dan sosial di dalam negeri.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending