Connect with us

nasional

Karutan Jakarta Pusat Serahkan Remisi Waisak kepada Warga Binaan Beragama Budha

Published

on

Jakarta – Dengan Tema Nasional Perayaan Hari Raya Waisak yakni “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati”, Warga Binaan yang Beragama Budha beribadah di Wihara Rutan Jakarta Pusat. Meskipun sedang menjalani masa pidana di Rutan, warga binaan yang merayakan tetap bisa beribadah pada Hari Raya Waisak dengan khidmat dan penuh sukacita.

Selesai mereka beribadah, Karutan beserta jajaran menyerahkan remisi kepada warga binaan beragama Budha sebanyak 18 orang. Pemberian Remisi ini berdasarkan pada Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan.Senin (16/5/2022)

Pemberian remisi ini merupakan hak bagi warga binaan untuk mendapatkan pengurangan masa pidananya dengan catatan telah memenuhi syarat substantif dan administratif. Pada Penyerahan Remisi Waisak Tahun 2022 ini juga dihadiri langsung oleh pejabat struktural yang lainnya.

“Dari 39 Narapidana yang beragama Budha, sebanyak 18 orang yang telah memenuhi syarat dan mendapatkan remisi. Semoga dengan remisi waisak ini, warga binaan tetap berperilaku baik dan membantu mengurangi masa pidananya”, pungkas Gaffar Kasubsi Adper Rutan Jakpus.

Warga Binaan yang belum mendapatkan remisi, nantinya akan disusulkan pengusulan remisinya setelah memenuhi syarat administratif dan substantif. Karutan menegaskan bahwa remisi adalah hak bagi warga binaan, maka petugas diharapkan segera membantu untuk melengkapi persyaratan dalam mendapatkan remisi bagi warga binaan yang belum mendapatkanya.

Karutan dalam sambutannya juga mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia dan khususnya Warga Binaan Rutan Jakarta Pusat yang merayakan.

“Selamat Hari Raya Waisak bagi seluruh Umat Budha di Indonesia dan khususnya Warga Binaan kami yang bergama Budha. Saya berpesan bagi yang sudah mendapatkan remisi waisak semoga dapat menambah semangat dan motivasi dalam menjalankan rutinitasnya di Rutan”, pungkas Fonika Karutan Jakpus.

Pelaksanaan Hari Raya Waisak dan Penyerahan Remisi Waisak berjalan dengan, hikmat, tertib dan lancar dengan prokes yang ketat sesuai himbuan dan anjuran pemerintah.

Continue Reading

nasional

Rivan Purwantono: Laba BUMN Naik 1.000 Persen, Jasa Raharja Sumbang Laba 1,6 T

Published

on

By

JAKARTA – Capaian kinerja positif yang diperoleh PT Jasa Raharja, ikut menyumbang perolehan laba BUMN yang meroket hingga 1.000 persen pada 2021. Selain meraih laba,kinerja positif PT Jasa Raharja juga turut memberikan dampak positif ke sektor asuransi Indonesia dan memberikan multiplier effect ke sektor transportasi.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/06) mengatakan, di tengah kondisi pemulihan ekonomi Indonesia yang terus bangkit dari terpaan pandemi Covid-19, capaian kinerja positif tersebut didorong keberhasilan PT Jasa Raharja dalam melakukan inovasi dan transformasi digital yang searah dengan kebijakan Kementerian BUMN.

“Laba merupakan bagian dari kinerja positif yang dicetak PT Jasa Raharja, yang ikut mendongkrak sektor Perasuransian Indonesia, dan memberi dampak positif bagi sektor transportasi,” kata Rivan. Hingga akhir 2021, Jasa Raharja membukukan perolehan laba sebesar Rp1,6 triliun atau naik 7,97 persen dibanding tahun 2020.

Rivan Purwantono mengungkapkan penopang utama pencetakan laba Jasa Raharja berasal dari pencapaian pendapatan dimana berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 5,92 T tumbuh 4,58 persen dibandingkan periode tahun 2020.

Rivan menambahkan, akselerasi utama pertumbuhan laba Jasa Raharja terletak pada strategi bisnis yang disebut AGILE (Accelerate; Gain; Integrate; Leverage dan Enhance) yang merupakan bagian dari Peningkatan Brand Awareness dan Inovasi Pelayanan yang Optimal. Pendapatan yang tercapai dan tumbuh bisa menciptakan efisiensi hingga Gain bisa diraih, yaitu inovasi pelayanan pada fungsi front liner sehingga bisa mencapai pendapatan yang optimal.

Dari sisi operasional, PT Jasa Raharja yang bekerja sama dengan 2.368 rumah sakit atau 95,91 persen dari rumah sakit di bawah Kementerian Kesehatan, telah menyerahkan santunan sebesar Rp2,41 triliun naik 3,2 persen dibandingkan tahun 2020.

Peningkatan jumlah penyerahan santunan tidak mengurangi kualitas layanan terhadap publik, melalui transformasi digital proses layanan sasaran pelayanan seperti kecepatan penyelesaian santunan Meninggal Dunia (MD) menjadi 4 jam lebih cepat dari tahun 2020 atau hanya 1 hari 10 jam setelah tanggal kecelakaan, bahkan rata-rata kecepatan berkasnya 14 menit 58 detik, lebih cepat 4 menit ketimbang tahun lalu.

Untuk meningkatkan kinerja dilakukan optimalisasi sistem internal Jasa Raharja untuk memaksimalkan kegiatan investasi melalui Implementasi Direct Acces Market. Berupa penguatan/penambahan modal kepada anak perusahaan dalam rangka meningkatkan bargaining power di pasar.

Dari sisi permodalan, Jasa Raharja tercatat memiliki permodalan yang kuat, dengan rasio risk based capital (RBC) sebesar 669,80% meningkat 9.72 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 610,47%, seiring kenaikan ekuitas sebesar 2 persen menjadi Rp11,7 triliun.

“Dengan fundamental kinerja yang makin sehat dan kuat, Jasa Raharja akan terus melakukan optimalisasi pendapatan seiring dengan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat khususnya melalui pemanfaatan database kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat dan melalui aplikasi JRku yang bisa langsung membayar pajak kendaraan bermotor maupun sistem host to host dengan seluruh operator angkutan baik darat, laut dan udara,” tutup Rivan.

Continue Reading

nasional

Badan Pusat Kerukunan Keluarga Pinrang Gelar Acara Halal Bihalal dan Rakernas BPP KKP Periode 2022 – 2027

Published

on

By

JAKARTA – Badan Pusat Kerukunan Keluarga Pinrang menggelar acara Halal Bihalal dan Rakernas BPP KKP periode 2022 – 2027, bertempat di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Minggu (26/06/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut para undangan yang terdiri dari pejabat daerah provinsi, dan masyarakat Pinrang yang ada di jakarta, juga turut hadir Bupati Pinrang H.A.Irwan Hamid, S.Sos.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang Hj.A.Sri Widiyati Irwan dalam wawancara dengan awak media mengatakan bahwa sebagai istri Bupati dan juga Ketua team penggerak PKK kabupaten Pinrang, untuk acara ini nanti pak bupati yang akan mengukuhkan kepanitiaan pada rakernas kali ini, “ucapnya.

Lebih lanjut Hj Sri mengatakan bahwa Sebagai ketua PKK asal dari Pinrang, disini banyak teman teman dan keluarga asal Pinrang baik di daerah maupun di perantauan jadi disini tidak ada dibilang organisasi yang terlibat, tetapi ini adalah acara kekeluargaan, acara masyarakat Pinrang, saya di temanin Kadis dan juga Ibu Direktur RSUD Pinrang, kemana kemana kita selalu bersama, “tuturnya.

“Memang selama pandemi dua tahun ini kami vakum, tetapi kegiatan tetap di lakukan secara online, baik di daerah maupun di Jakarta. Selain itu juga kegiatan kegiatan sosial di daerah Pinrang, ” ujarnya.

Kami berharap semua masyarakat Pinrang dimanapun berada marilah kita jaga hubungan silaturahmi, tidak putus hubungan, walaupun kita berjauhan, akrab, tidak ada saing saingan pokoknya bersatu untuk kebaikan Pinrang, “tandasnya.

Sementara itu Direktur RSUD Madising dr.Hj.Ulianti Ramli mengatakan
terkait acara Halal bihalal dan Rakernas BPKKP, bahwa ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Pinrang yang berada di luar daerah untuk menjalin silaturahmi, “ucapnya.

Kami berharap untuk masyarakat Pinrang terutama yang berada di luar daerah untuk mari kita jaga hubungan silaturahmi dan hubungan kekeluargaan, sehingga tidak putus dan bertambah erat, “ucapnya.

H. Azhar Arsyad, SH Anggota Komisi B DPRD Sulawesi Selatan mengatakan bahwa untuk acara ini Saya kira ini adalah hal yang positif membangun chemistri diaspora anak anak pinrang diperantauan itu penting. Karena jejaringnya harus bisa bermanfaat bagi kepentingan daerah. Jadi sebagai DPRD tentu kami support.

Kami berharap dinamikanya dikelola dan Potensi anak anak dan keluarga pinrang yang ada dimanapun berada mudah mudahan bisa dipersatukan demi kebersamaan untuk memperbaiki menyumbang berkontribusi bagi Pinrang dan anak anak pinrang di perantauan, “pungkasnya

Continue Reading

nasional

Rivan Purwantono: Korban Meninggal Dunia Kecelakaan Labusel Sumut, Telah Menerima Santunan

Published

on

By

SUMUT – PT Jasa Raharja menjamin santunan bagi korban kecelakaan bus PMH dan bus PMS di Jalan Lintas Sumatra di Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumut, antara Km 349-350 Medan menuju Pekanbaru, Senin (20/06/2022) dini hari pukul 02.30 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, tujuh orang meninggal dunia. Tiga orang meninggal dunia di TKP, dan empat orang meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Sedangkan 15 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa(20/6), mengungkapkan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah tragis tersebut. Sesaat setelah kejadian, Petugas Jasa Raharja gerak cepat dan langsung meninjau lokasi kecelakaan dan juga mengunjungi Rumah Sakit untuk mendata korban yang meninggal dunia dan yang tengah dalam perawatan.

“Memberikan pelayanan yang mudah cepat dan tepat menjadi standar kami sehingga sampai dengan hari ini, Selasa (21/6), Jasa Raharja telah menyerahkan santunan 7 korban meninggal dunia” ujar Rivan.

“Setiap korban meninggal dunia mendapatkan santunan sebesar Rp. 50 juta sesuai ketentuan PMK No. 16 Tahun 2017 dan diserahkan kepada ahli waris yang sah,” tambah Rivan.

Sementara itu, 15 korban – korban yang mengalami luka-luka biaya rawatan sampai dengan maksimal Rp 20 juta ditanggung oleh Jasa Raharja dengan langsung diterbitkan surat jaminan pada kesempatan pertama kepada pihak Rumah Sakit.

Sebanyak 5 orang sudah diperbolehkan pulang, sementara 10 orang lainnya dirawat di RSUD Rantau Prapat, RSUD Nuraini dan RSUD Kota Pinang.

Seluruh korban yang mengalami kecelakaan terjamin oleh Jasa Raharja sesuai dengan Undang-Undang No 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan

Penumpang Umum. Santunan ini berasal dari iuran wajib yang dibayarkan penumpang bersamaan dalam pembelian tiket angkutan umum yang sah.

“Saya menghimbau seluruh pengemudi angkutan umum untuk mematuhi rambu- rambu dan peraturan di jalan raya mengingat keselamatan penumpang tanggung jawab keselamatan penumpang ditangan anda demikian juga kepada pengguna jalan yang lain mari bersama-sama mewujudkan keselamatan transportasi dan lalu lintas jalan” tutup Rivan.

Continue Reading

Trending