Connect with us

Metro

Seorang Nelayan Pedagang Ikan Muara Angke, Suharto Mendapatkan Tempat tinggal di Rusunawa penjaringan

Published

on

Jakarta, – Seorang Nelayan yang juga Pedagang Ikan Muara Angke, Suharto (50) tak mampu menahan rasa haru serta bahagia usai melakukan proses pengundian hunian baru di Rusunawa penjaringan. Pasalnya, ia tak menyangka bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak huni dengan proses mudah, cepat dan transparan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Sudah dari 2 tahun lalu saya membayangkan bisa tinggal di Rusunawa ini. Alhamdulilah, atas izin Tuhan yang maha kuasa dan dengan mudahnya proses pendaftaran, hari ini saya bisa mengikuti tahapan pengundian unit,” ujar Harto sapaan singkatnya kepada media, pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Awalnya Harto mengira bahwa tower-tower yang dibangun adalah apartemen yang dikelola oleh pihak swasta, tentunya untuk penggunaan komersil. Namun, perkiraannya salah. Ya, Bangunan yang menjulang tinggi ke langit itu ternyata merupakan sebuah hunian yang disediakan oleh Pemerintah DKI Jakarta khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ia tak henti-hentinya bersyukur karena mendapat hunian layak huni dari Pemprov DKI Jakarta. Ia mengatakan selama ini dirinya dan anak-anaknya tinggal di daerah yang terbilang kumuh yakni kawasan muara Angke. Bahkan, ketika Banjir Rob melanda, akses ke rumah kontrakannya pun nyaris terendam banjir.

“Saat ini, saya tidak perlu khawatir dengan adanya banjir Rob. Terima kasih kepada Dinas Perumahan DKI Jakarta terutama UPRS IV yang telah konsisten melayani masyarakat. Prosesnya sangat mudah dan transparan saat pengundian,” tandas pria yang berprofesi sebagai nelayan ini.

Terpisah, mendengar kabar bahagia dari seorang nelayan yang mendapatkan hunian layak huni, anggota DPRD DKI Jakarta, Hasan Basri Umar, pun angkat bicara. Ia mengatakan Konsistensi Pemprov DKI dalam menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan, seperti hunian nyaman dan layak huni untuk warganya patut diapresiasi.

“Sudah menjadi kewajiban kepada Pemprov untuk memberikan hunian layak huni kepada warganya, saya senang mendengar bahwa ada nelayan yang bahagia atas pelayanan yang diberikan oleh dinas terkait sehingga mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Apalagi nelayan yang selama ini kita tahu mereka tinggal di kawasan yang jauh dari kata layak,” ujar Hasan Basri Umar saat dihubungi.

Di sisi lain, politisi partai Nasdem itu menilai bahwa Rusunawa layak huni saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab itu, ia meminta Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Penjabat (PJ) Gubernur Heru Budi, dapat menambah dan menghadirkan Rusun-Rusun baru kepada masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah DKI Jakarta.

“Jadi, hunian seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh sebagian warga, harapan saya PJ gubernur sekarang dapat konsisten dan meneruskan program rumah susun layak huni kepada seluruh warga DKI Jakarta, terutama nelayan, masyarakat pesisir dan warga berpenghasilan rendah,” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) IV, Muhamad Ramdani menjelaskan Proses penghunian Tower A, B. E dan F dimulai sejak bulan Mei 2022 dan diresmikan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta peda tanggal 18 Agustus 2022 bersamaan dengan 10 Lokasi Rusun lainnya. Proses penghunian terakhir diadakan pada tanggal 19 Oktober 2022 untuk calon penghuni dan Masyarakat Umum yang sudah mendaftar secara manual sejak tahun 2017 dan warga yang mendaftar melalui Aplikasi Sirukim dari Tahun 2020.

Tentunya calon penghuni mendaftar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sudah melewati hasil seleksi dan juga verifikasi yang dilakukan oleh tim Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta serta Unit Pengelola Rumah Susun IV.

“Kali ini ada sebanyak 98 Kartu Keluarga yang memenuhi persyaratan dan mengikuti proses pengundian unit. Mereka berasal dari berbagai lapisan masyarakat, yakni karyawan, pedagang dan Nelayan,” sebut Ramdani.

Ramdani, yang diketahui bergelar Magister Management menerangkan warga yang telah melewati proses pengundian dalam menentukan tempat tinggalnya akan menjalani tahapan selanjutnya.

“Jika sudah melakukan pengundian berarti hanya tinggal penandatanganan perjanjian sewa dan penyerahan kunci unit hunian. Terima kasih kepada warga yang telah memenuhi admistrasi sesuai dengan SOP yang berlaku,” tutupnya

Sebagai informasi, sejarah Revitalisasi Tower Baru A, B, E, F Rusun Penjaringan merupakan kelanjutan dari Tower C dan D yang di mulai di Tahun 2016 sampai dengan 2018, kemudian pada Tahun 2019 di mulai Pembangunan Revitalisasi Tower A, B, E dan F sampai dengan Tahun 2022.

Latar belakang revitalisasi

Kondisi Iingkungan Fisik yang sudah kumuh dan tidak tertata dangan rapi. Terlebih diperkuat dengan Kajian dari konsultan yang menyatakan bahwa kondisi bangunan sudah tidak layak huni.

Selama proses pembangunan revitalisasi para penghuni yang berjumlah 978 KK direlokasi sementara ke Rumah Susun Sewa Rawa Buaya, berjumlah 450 KK dan 420 KK menyewa tempat tingggal secara mandiri.

Continue Reading

Metro

Pelantikan Serentak RT dan RW di Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat

Published

on

By

Jakarta – Kelurahan Karet Tengsin menggelar pelantikan RT dan RW masa bakti 2023 – 2028 secara serentak di Aula Kantor Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, dengan sebelum nya bersama – sama menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Wilayah Kelurahan Karet Tengsin memiliki luas 153,43 Ha, terdiri atas 8 Rukun Warga (RW) dan 67 Rukun Tetangga (RT) dengan memiliki topografi yang relatif datar dan berbatasan dengan dua aliran sungai yaitu Kanal Banjir Barat dan Kali Krukut. Jumat, (27/01)

Hadir dalam acara ini Bimaspol, Babinsa, FKPDM dan LMK Kelurahan Karet Tengsin. Dalam sambutannya Lurah Karet Tengsin Hari Ananda berterima kasih kepada para RT dan RW yang baru agar dalam menjalankan tugasnya dengan ikhlas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dapat bersinergi dengan masyarakat maupun Kelurahan.

“Saya ucapan terima kasih kepada pengurus RT dan RW sebelumnya atas pengabdiannya selama menjabat dalam melayani warganya. Dan saya ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Ketua RT dan RW yang baru masa bakti 2023 – 2028, semoga dapat menjalankan tugas ini dengan adil, bijaksana dan bisa mengemban amanah ini dengan sebaik – baiknya dan tanggung jawab,” ujar Lurah Hari semangat.

Di sela – sela waktu istirahat Ketua RW 06 Zulharman berharap bisa mensukseskan program pemerintah maupun melakukan pelayanan kepada warga secara langsung dan selalu menciptakan suasana yang harmonis, bersinergi dan gotong royong agar lebih baik lagi kedepannya.*Ag

Continue Reading

Metro

PT Nusantara Media Sultan Gelar Acara Syukuran Dan Lounching Media Sultannusantaranews,com

Published

on

By

Jakarta – PT Nusantara Media Sultan menggelar acara syukuran sekaligus Lounching dengan tema ” Sultannusantaranews,Com yang di selenggarakan bertempat Hotel Puri Indah Jalan percetakan Negara Salemba Jakarta pusat , Kamis (26/1/2023)

Acara syukuran di hadiri Mangapul Matondang selaku Direktur utama , Dr H Tubagus Baharuddin SE , MM sebagai Presiden Komisaris , Purn Pol Yuskam nur sebagai Dewan Redaksi , dan para tamu undangan dari beberapa media

Sambutan Mangapul Matondang menjelaskan PT Nusantara Media Sultan plafrom yang akan mengikuti aturan program untuk memberikan informasi baik media digital dan online secara terbuka ,

Selain itu sultan memaknai sebuah simbol yang di gambarkan di dalam 7 pilar yang memiliki qulbu dengan satu sentuhan di sebut pena , ” ucap Mangapul

Presiden Komisaris Dr H Kanjeng Tubagus Baharuddin Mengatakan acara lounching PT Nusantara Media Sultan yang pertama pada hari ini saya ingin menyumbang kan tenaga dan pemikiran bahkan materi supaya dapat membantu program pemerintah , dan juga membantu generasi – generasi muda untuk mempunyai ide cemerlang untuk berkarya

Kemudian insya Allah dalam waktu dekat ini PT Nusantara Media News akan membuat film – film layar lebar , membantu generasi muda Indonesia untuk menampilkan bakat nya dalam dunia industri perfilman. Ungkapnya

Continue Reading

Metro

Thoriq El Wahdi Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Tangsel Periode 2023-2026

Published

on

By

TANGERANG SELATAN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV. di Swiss-Belhotel Serpong, Intermark Indonesia, BSD Serpong Tangsel, Rabu (25/1/2023).

Muscab IV tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid, Ketua HIPMI BPD Banten Ananda Trianch Salichan, Ketua HIPMI BPC Tangsel Asep Sholahuddin, Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis dan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi sekaligus sebagai keynote speaker, serta para tamu undangan lainnya.

H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars HIPMI mempunyai peran penting dan strategis dengan Pemkot Tangsel dalam pengembalian kondisi perekonomian di Kota Tangsel.

“Kami dari Pemkot Tangsel akan selalu mendukung, yang terpenting profesional dan proporsional. Sehingga diharapkan HIPMI BPC Tangsel bisa terus berjaya, yang dilanjutkan oleh para penerus pengurusnya yang semakin komit lagi untuk dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel,”

Ketua BPC HIPMI Tangsel terpilih, Thoriq ElWahdi mengungkapkan banyak program yang terhenti pada saat kepemimpinan Ketua Asep Sholahuddin. Karena ketika terpilih jadi ketua saat itu bertepatan dengan Pandemi Covid-19.

“Dan sekarang akan menjadi tugas kita untuk melanjutkan program yang sudah ada di HIPMI agar dapat lebih baik lagi, dan juga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangsel. Selanjutnya dalam Rakernas nanti baru kita susun program-program yang baru,” ungkapnya

Continue Reading

Trending