Connect with us

nasional

Pelantikan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Periode 2023 -2025 Ketua Umum HMI MPO Mahfut Khanafi Siap Memajukan HMI Untuk Kemajuan Bangsa

Published

on

Jakarta, – Acara Pelantikan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Periode 2023 – 2025 dengan tema HMI Berdaya Saing Wujudkan Integritas Kader Untuk Indonesia Unggul, di Hotel Horison Rasuna said Kuningan Jakarta Selatan (02/04/2023).

Hadir Ketua Umum HMI MPO Mahfut Khanafi, HM Rizqinizamy Karsayuda Presidium MN KAHMI, Prof Hilman Latief Direktorat haji dan Umra dari kemeneg RI, dan juga jajaran pengurus HMI MPO.

Ketua Umum HMI MPO Mahfut Khanafi menjelaskan, adanya Pelantikan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Periode 2023 – 2025, Berdaya Saing kaderisasi dan di harapkan memiliki kompetensi di bidangnya, dan ke depan menggantikan dari pengurus besar hingga ke tingkatan komisaris.

“Agenda besar yang ingin kami lakukan mungkin dalam waktu dekat kami akan melakukan sekolah politik kerakyatan, itu yang akan dilakukan, kemudian diturunkan di tingkatan cabang, itu nanti di setiap cabang akan melakukan sekolah politik kerakyatan dan menggandeng seluruh yang ada di daerah masing-masing”, kata ketum HMI MPO Mahfut.

Masih kata Mahfut, di era-era politik seperti ini organisasi akan dikaitkan mana yang jadi pilihan-pilihan di situ secara kelembagaan kami memberi kebebasan secara besar tidak berpihak pada salah satu tokoh yang akan berkompetisi di pemilu 2024.

“Berdaya saing itu adalah dia kader yang memiliki intelektualisme berdasarkan administratif yang telah terpenuhi, minimal lulusan strata 2 dan juga mampu memiliki jiwa kepemimpinan”.

HMI ada di 80 kota, seperti di Jogjakarta, Kendari, di Palu, Manado ada Gorontalo, Pekanbaru, Meranti, Medan bahkan di Aceh, Jayapura, Sorong dan di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Harapan kami nanti bisa berkembang di daerah kepulauan Kepri – Riau, kita mencoba untuk membuka cabang, dan juga di Mataram. Lalu juga mau ekspansi ke Sumbawa”.

Itu semua adalah PR yang harus dikerjakan, dan sampai hari ini memang secara legal formal HMI MPO sebenarnya sudah di tangan, dan sebagai sebuah organisasi tentu ini kan medium untuk belajar politik.

“Dimanapun ada demokrasi sebenarnya di situ juga ada oposisi dan itu hal yang wajar, sehingga menjadikan kami secara individu saya secara pribadi baik atau kelembagaan ketemu semua di tingkatan, mungkin itu harus dilakukan untuk merangkul siapapun”.

“Bagi saya sebagai ketua umum seluruh Kader HMI MPO di Indonesia itu adalah anggota saya sehingga apapun yang terjadi dan appa pendapat mereka, tetap adalah kader kami dan harus ditangani bersama. Dan harapannya kedepan kami semakin kokoh dan menciptakan kader-kader yang berintegritas baik di kalangan pengurus besar dan sampai di tingkat cabang”.

HMI MPO hadir secara materiil maupun moril untuk membangun kebangsaan Indonesia.

Continue Reading

nasional

Melodi Tanpa Batas, Band Bimgiat Rutan Cipinang Tampil Di Jakarta Marketing Week 2024

Published

on

By

Jakarta – Musik merupakan bahasa yang global, dimana musik sebagai wujud menyampaikan perasaan, situasi dan keadaan yang digambarkan secara imajinatif dan dengan satu keselarasan serta perekat satu kesatuan dalam kebersamaan, kreasi musik tidak memandang perbedaan baik masyarakat dan warga binaan.

 

Group Band Musik besutan Bimgiat Rutan Cipinang yang terdiri dari warga binaan kembali mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam kegiatan Jakarta Marketing Week 2024 di Grand Atrium Kota Kasablanka. Jakarta Marketing Week 2024 (JMW) adalah platform yang menjadi ajang implementasi brand activation dari kalangan brand manager, marketing communication dan product manager.

 

Kegiatan yang diinisiasikan oleh MCorp (MarkPlus) ini memiliki Tema “Human + Tech = Impact”yang diselenggarakan selama lima hari berturut-turut mulai tanggal 15 sampai 19 Mei 2024, acara ini menghadirkan ragam diskusi mengenai pemanfaatan teknologi dalam pemasaran, bersama para brand manager, marketing communication, hingga product manager.

 

Dalam acara JMW yang ke 12 ini Grup band Bimgiat Rutan Cipinang ini berhasil mengundang decak kagum para tamu undangan dan juga pengunjung dengan membawakan beberapa lagu. Terlebih, musik dan lagu yang dibawakan adalah ciptaan sendiri dengan pengalaman pribadinya didalam jeruji besi semakin mencuri perhatian pengunjung.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang diwakili oleh Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Rutan Cipinang, Irvan Fahrudin ikut hadir dalam acara tersebut memberikan semangat dan dukungan kepada warga binaan yang tampil.

 

Hal ini lah yang menjadi momen sangat baik bagi warga binaan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa di dalam Rutan ada kegiatan yang mewadahi warga binaan dalam beraktivitas dan melakukan kegiatan yang positif.

 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini tidak semata-mata hiburan saja, namun lebih dari itu ada pembinaan kreativitas pada warga binaan. Hal ini bertujuan agar kelak ketika warga binaan keluar mereka tetap percaya diri karena sudah mempunyai bekal keterampilan bermain musik dan Rutan Kelas I Cipinang bisa terus bersinergi dengan pihak eksternal atau stakeholder lainnya,” harapannya.

Continue Reading

nasional

Kabar Duka Menyelimuti Keluarga Besar Rutan Cipinang Atas Wafatnya Bapak Dr. Hendra Ekaputra KaKanwil Kemenkumham Kalteng

Published

on

By

Jakarta – Innalilahi wa innailaihi Raji’un, berita duka menyelimuti keluarga besar Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang atas wafatnya Bapak Hendra Ekaputra, A.Md.I.P.,S.H.,M.H. Kepala Kanwil Kemenkumhan Kalimantan Tengah Periode 2022 sampai dengan sekarang, Kamis (16/5).

 

Mendapat kabar itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali beserta jajaran langsung bergegas menuju rumah almarhum untuk memberikan penghormatan terakhir dan menghantarkan almarhum ke peristirahatan terakhir. “Kami turut merasakan duka cita yang sedalam-dalamnya, semoga amal ibadahnya dapat diterima disisi Tuhan Yanga Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan agar senantiasa diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran dan keikhlasan,” ucap Karutan.

 

Turut hadir Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga dan Ny. Reynhard Silitonga selaku Ketua Umum PIPAS, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Ditjen Pemasyarakatan dan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, serta Kepala UPT Pemasyarakatan DKI Jakarta

 

Almarhum Dr. Hendra Ekaputra dikenal sebagai sosok pemimpin yang memiliki dedikasi tinggi dalam tugas dan menghargai sesama. Beliau telah memimpin Kanwil Kemenkumham Kalteng dengan berbagai prestasi dan inovasi. Dengan kepergian almarhum kepada Sang Pencipta membuat jajaran Kemenkumham kehilangan. Marilah kita lepas kepergian almarhum dengan ikhlas dan penuh kekuatan iman.

 

Upacara penghormatan jenazah almarhum Dr. Hendra Ekaputra diakhiri dengan pelepasan jenazah almarhum untuk diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir. Kepergian almarhum banyak meninggalkan duka mendalam bagi seluruh jajaran Rutan Cipinang. Beliau akan selalu dikenang sebagai pemimpin yang visioner, tegas, dan penuh perhatian. “Selamat Jalan Bapak, Semangat Mu Akan Kami Ingat Didalam Hati,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Lapas Bengkulu Lakukan Studi Tiru, Kepala Rutan Cipinang Siap Berbagi Ilmu

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang kembali menerima kunjungan studi tiru dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan makanan bagi Tahanan dan Warga Binaan. Kali ini, giliran Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu yang menyambangi Dapur Sehati Rutan Cipinang, Kamis (16/5).

 

Dalam kunjungannya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu, Yuniarto beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali beserta jajaran.

 

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari sistem pelayanan yang telah terbukti efektif di Rutan Kelas I Cipinang, serta melakukan peninjauan terhadap fasilitas dapur bersih yang menjadi salah satu aspek vital dalam menjaga kesehatan dan nutrisi para warga binaan

 

Mengawali kegiatan studi tiru tersebut, Kalapas dan KaRutan melaksanakan diskusi dan sharing dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat dan warga binaan. Kemudian Kalapas Bengkulu diajak untuk melihat langsung ke area Dapur untuk meninjau fasilitas dan inovasi yang dilakukan oleh Rutan Cipinang.

 

Setibanya di area Dapur, Yuniarto beserta rombongan melakukan komunikasi tanya jawab dengan petugas yang bekerja dibagian dapur mengenai penyediaan makanan dari mulai pemilihan bahan makanan, cara membersihkan baik bahan makanan atau kebersihan lingkungan, memasak, menyajikan sampai pendistribusian makanan kepada warga binaan.

 

Dalam Kesempatan ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu, Yuniarto memberikan apresiasi yang luar biasa melihat kondisi dan sarana prasana yang ada di Dapur Sehati, Poliklinik dan Pondok Pesantren yang ada di Rutan Cipinang.

 

“Saya merasa sangat senang karena sudah disambut secara baik dan juga sudah di izinkan untuk meninjau langsung Dapur Rutan Cipinang ini yang menjadi salah satu Dapur Percontohan di seluruh Rutan/Lapas di seluruh Indonesia,” ucapnya

 

Lebih lanjut, Kunjungan Lapas Bengkulu ke Rutan Kelas I Cipinang ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju perbaikan dan peningkatan kualitas layanan di Lapas Bengkulu. Dengan adanya kolaborasi dan pertukaran pengalaman ini diharapkan dapat tercipta sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan warga binaan.

Continue Reading

Trending