Connect with us

TNI / Polri

Susuri Sungai Barito, Dandim 1012/Btk Bantu Anak Stunting Dan Silaturahmi Bersama Anggota Koramil Jajaran

Published

on

Barito Selatan – Penanganan stunting menjadi prioritas TNI AD dalam membantu pemerintah untuk mengatasi penurunan angka stunting, Komandan Kodim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono S.I.P. didampingi Ketua Persit Chandra Kirana Cabang XXXVIII DIM 1012 Buntok Ny. Titis Hendro Wicaksono beserta pengurus melaksanakan susuri sungai Barito bantu anak stunting dan menjalin silahturahmi bersama anggota Koramil, Bertempat di Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari Selasa (02/01/2024).

Dalam susuri sungai Barito dalam bantu anak stunting, Dandim 1012/Buntok juga bersilahturahmi bersama anggota Koramil jajaran Koramil yang berada di daerah perairan Barito dan pemberian baksos bagi keluarga beresiko stunting, diantaranya di wilayah Koramil 1012-09/Jenamas, Koramil 1012-08/Dusun Hilir dan Koramil 1012-01/Karau Kuala.

Menurut Dandim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono S.I.P. mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan penurunan anak-anak stunting wilayah Koramil jajaranya yang berada di pinggiran sungai Barito, Dandim juga sangat bangga bisa datang langsung dan memberikan santunan kepada anak-anak stunting. Semoga apa yang kita berikan ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan”, ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dandim juga lansung bersilaturahmi bersama Anggota Koramil Jajaran, yang mana melalui kegiatan tersebut ia dapat lebih memahami kondisi dan situasi wilayah di jajaran Koramilnya masing-masing sebagai panduan langkah dan kebijakan seorang pimpinan. Selain itu kunjungan ke Koramil jajaran juga menjadi sarana silaturahmi antara komandan dan anggotanya.

Sebagai seorang pemimpin harus mengetahui kondisi anggota di lapangan, apa yang dilakukan, apa kesulitan anggota, seorang pemimpin harus tahu, maka disitu seorang Komandan harus hadir untuk memberikan solusi”, ujar Dandim.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan kepada anggotanya, Babinsa hendaknya harus senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat, mampu menyumbangkan kreatifitasnya untuk membantu masyarakat, sehingga dapat menjadikan kondisi wilayah aman dan kondusif, dengan demikian kehadiran Babinsa akan dirindukan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Dandim juga meminta kepada seluruh prajurit agar apa-apa yang sudah menjadi perintah dan penekanan dari satuan atas dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Program dari pimpinan jangan sampai berhenti, harus terus dilaksanakan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hindari sekecil apapun pelanggaran jangan sampai mencoreng nama baik satuan, ikuti semua aturan yang sudah ada sebagai satuan Komando Kewilayahan, apa yang sudah bagus untuk pertahankan dan yang kurang bagus agar ditingkatkan”, ucapnya.

“Dalam waktu dekat kita akan menghadapi pesta demokrasi pemilu di tahun 2024. Saya tekankan netralitas TNI menjelang pemilu serentak tahun 2024 nanti diharapkan TNI khususnya seluruh anggota prajurit Kodim 1012/Buntok tetap netral, jangan ikut dalam lingkungan politik pemilu dikarenakan akan mencoreng nama baik TNI”, tutup Dandim. (Pendim 1012/Btk)

Continue Reading

TNI / Polri

PERINGATI HARI PENDIDIKAN TNI AL KE-78 TAHUN 2024, PRAJURIT SATLINLAMIL 3 IKUT SERTA LAKSANAKAN BERSIH PANTAI DI MONUMEN MNEK MAKASSAR

Published

on

By

TNI AL, Satlinlamil 3,- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-78 Tahun 2024, Prajurit Satlinlamil 3 ikut serta dalam kegiatan Bersih Pantai yang dilaksanakan Lantamal VI Makassar dengan tema “Menjaga Kebersihan Pantai, Menuju Laut Yang Sehat”, bertempat di Monumen Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) CPI Makassar, Selasa (14/5/2024).

 

Kegiatan Bersih Pantai ditandai dengan penyerahan secara simbolis alat kebersihan dari Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Jarot Wibisono, CRMP., S.A.P., kepada perwakilan peserta, selanjutnya dilaksanakan pembersihan di Monumen MNEK CPI Makassar dan sekitaran Pantai Losari.

 

Ditempat terpisah, Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

 

Kegiatan Bersih Pantai melibatkan Personel Lantamal VI, Personel Satlinlamil 3, Personel KRI Teluk Youtefa-522, Personel Yonmarhanlan VI, Personel Yonif 715/MTL, Personel Yonif 756/WMS, dan Dinas Kebersihan Kota Makassar.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Jarot Wibisono, CRMP., S.A.P., Wadan Satlinlamil 3 Letkol Laut (P) Muhammad Ilham Agus, Komandan KRI Teluk Youtefa-522 Letkol Laut (P) Tri Hidayat, Komandan Yonif 756/WMS Letkol Inf Gunawan Wibisono, S.H., Komandan Yonif 715/MTL Letkol Inf Dwi Hertanto, S.Sos.

Continue Reading

TNI / Polri

Waspada Penipuan! Surat Tilang E-TLE Tak Dikirim via WA Format APK

Published

on

By

Jakarta – Korlantas Polri kini tengah menguji coba pengiriman surat tilang melalui SMS dan WhastApp, tak lagi via pos. Masyarakat diwanti-wanti agar tidak terjebak penipuan dengan modus mengirimkan surat tilang dengan format APK.

 

 Polda Metro Jaya mencatat terdapat ribuan pemudik yang terekam kamera E-TLE melakukan pelanggaran lalu lintas selama periode mudik Lebaran tahun ini, Sabtu (20/4/24).

 

Polisi memastikan surat tilang E-TLE tidak pernah dikirim kepada pelanggar melalui pesan WhatsApp dengan format APK.

 

“Waspada modus penipuan. Ditlantas Polda Metro Jaya tidak mengirimkan surat tilang digital konfirmasi E-TLE melalui nomor WhatsApp dengan format APK,” dikutip dari akun TMC Polda Metro Jaya.

 

TMC Polda Metro Jaya mengatakan surat tilang dikirimkan melalui surat pos. Surat akan dikirimkan sesuai alamat yang tertera pada surat-surat kendaraan.

 

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk tidak gegabah dalam menerima surat tilang yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp dengan format APK. Masyarakat diminta melakukan pengecekan ulang ke situs resmi E-TLE jika menerima pesan modus penipuan tersebut.

 

Ka korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan mekanisme surat tilang melalui aplikasi WhatsApp (WA) dihentikan. Alasannya, prosedur ini akan diasesmen lebih dulu.

 

” Saya sudah sampaikan juga kemarin bahwa untuk APK yang akan dilaksanakan di Polda Metro, sebenarnya APK ini baru, akan kita laksanakan asesmen. Setiap aplikasi apa pun di Polri ini kita akan melakukan asesmen,” kata Aan di gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

Continue Reading

TNI / Polri

Aparat TNI yang Melaksanakan Tugas Pengamanan Papua Tempati Akomodasi Militer

Published

on

By

Timika –  “Satuan Tugas (Satgas) TNI menggunakan  akomodasi militer sebagai tempat tinggal para prajurit guna menjamin pelaksanaan tugas operasi yang aman,” ucap Perwira Penerangan KOOPS HABEMA Letkol Arh Yogi Nugroho, dalam pernyataan tertulis kepada media, Senin (13/5/2024).

 

Pernyataan ini disampaikannya seiring beberapa pernyataan publik yang muncul mengatakan bahwa Aparat Keamanan menempati fasilitas publik dalam melaksanakan tugasnya di Papua.

 

Pada kesempatan tersebut Letkol Arh Yogi Nugroho menampik salah satu pernyataan yang disampaikan Juru Bicara Manajemen Markas Pusat Komando Nasional atau Komnas TPNPB-OPM, Sebby Sambom kepada Tempo melalui sambungan telepon pada Kamis, (9/5/2024) yang mengatakan bahwa pembakaran bangunan SD INPRES oleh OPM kelompok Afrianus Bagubau dan Keny Tipagau karena bangunan tersebut menurutnya dipakai oleh Aparat yang bertugas di Distrik Homeyo.

 

Menanggapi Sebby Sambom, Letkol Arh Yogi Nugroho menyampaikan bahwa pernyataan Sebby Sambom tidak benar karena akomodasi prajurit TNI yang melaksanakan tugas di Papua seluruhnya merupakan akomodasi militer dan tidak ada gedung-gedung sekolah yang digunakan sebagai akomodasi militer.

 

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas operasi, Satgas TNI telah menempati sejumlah akomodasi yang variatif bentuknya sebagai tempat tinggal para prajurit. Kehadiran Satgas TNI yang disambut baik oleh masyarakat, telah berdampak positif berupa dukungan masyarakat dalam membantu penyiapan akomodasi pasukan Satgas TNI di tanah Papua.

 

Variasi bentuk akomodasi militer tersebut juga termasuk kantor instalasi militer seperti Koramil serta beberapa tempat akomodasi semi permanen lainnya yang layak ditempati.

Continue Reading

Trending