Connect with us

Metro

Pemilu Dipastikan Curang, Ketua BEM UGM: Mahasiswa Akan Terus Bergerak

Published

on

Jakarta – Ramai-ramai para tokoh nasional mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi sosial, politik, ekonomi, dan demokrasi terkini. Mereka yang terdiri dari purnawirawan TNI, politisi, pengamat politik, pengamat ekonomi, pakar hukum, akademisi, dan mahasiswa koor menyatakan rezim Jokowi harus berakhir.

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia saat ini sudah memprihatinkan dan tidak bisa ditolerir lagi. Solusinya adalah kekuatan rakyat untuk meminta pertanggungjawaban presiden.

“People power itu tidak dilarang,” kata Abraham dalam sebuah diskusi publik bertema “Selamatkan Pemilu yang Demokratis,” dengan menghadirkan pembicara antara
Dr. Ikrar Nusa Bhakti (Pengamat Politik), Ubedilah Badrun (Ketua Prodi Ilmu Sosiologi UNJ), dan Ishak Rafick (Penulis) dengan dipandu oleh Hersubeno Arief dari FNN, Sabtu (13/01/2024)

Abraham mengisahkan pertemuannya dengan Najib Razak di Malaysia. Ia menanyakan bagaimana Malaysia bisa cepat maju, dimana pada tahun 1988 banyak mahasiswa Malaysia yang berkuliah di Indonesia.

Mengutip Najib, Abraham Samad menegaskan bahwa pengelolaan sumber daya alam hanya bisa dikerjakan oleh bumi putera. Ada proteksi dari negara terhadap pribumi.

Atas previlage ini kata Abraham lantas PBB minta direvisi UU tersebut karena melanggar HAM, akan tetapi Najib bisa mempertahankan UU tersebut, karena untuk melindungi kelompok rentan, bukan proteksi.

Kalau negara krisis, kata Abraham, Najib Razak mengundang 50 orang terkaya untuk bantu memulihkan krisis.

Hal ini berbeda jauh dengan Indonesia yang makin ketinggalan. Bahkan justru sekarang banyak mahasiswa Indonesia kuliah di Malaysia.

Pengelolaan sumber daya alam dipegang oleh oligarki, dimana di situ tidak ada pribumi.

“Kita tidak bisa lagi mentolerir rezim sekarang. Kemiskinan bukan karena nasib akan tetapi karena pengelolaan SDA tidak adil,” paparnya

Sementara purnawirawan TNI Setyo Sularso dari
Jogjakarta menegaskan bahwa saat ini ia merasa seperti bukan dipimpin oleh bangsa sendiri. Kita dikendalikan oleh
SIG (special interested grup) alias oligarki.

“Kita merasa negara kita berada di pemangku negara baru. Presiden adalah orang Indonesia asli tetapi telah diganti WNI. Jadi siapapun bisa menjadi presiden asal WNI, tak peduli dia Arab, Cina, Amerika, atau Negro.

Saat ini kita tengah merasakan benturan peradaban antara Reog dan Barongsai.

Ishak Rafick menilai bahwa rezim akan berupaya keras untuk mempertahankan kekuasaannya dengan memenangkan capres tertentu. Oleh karena itu segala cara dilakukan termasuk curang.

Sementara masyarakat di Sumatera telah menyatakan dalam survei yang dilakukan Pemuda ICMI, jika pemilu terbukti curang, mereka akan memisahkan diri dari NKRI.

“Ini survei di Sumatera.
Keadaan ini tidak baik baik saja. Kalau diteruskan akan jadi bencana nasional,” paparnya.

Saat ini kata Rafick,
20 persen APBN hanya untuk bayar utang. Kita diperas oleh IMF, AS, dan Cina lewat utang atas nama investasi.

“Sebanyak Rp8,041 triliun utang negara kita. Kalau digabung dengan swasta maka mencapai Rp10 ribu triliun,” tegasnya.

Indonesia kata Rafick sudah disetting menjadi bangsa budak. Oleh karena itu harus ada proses yang bisa mengembalikan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa makmur bersama.

Rafick mengingatkan bahwa ancaman disintegrasi bangsa sudah sangat nyata. Mereka bisa saja berkilah bahwa kondisi masih tenang.

“Jawa memang lebih tenang. Tetapi kondisi ini bisa-bisa menjadi amuk massa yang hebat. Orang miskin bukan karena takdir, tapi oleh kebijakan pemerintah,” paparnya.

Pemilu saat ini, kata Rafick semua kekuatan ada di istana, akan tetapi seiring perjalanan waktu, TNI sebagian akan berpihak pada rakyat.

Tugas Polri memastikan Pemilu berjalan aman, bukan berpihak pada paslon tertentu. Kepala daerah Plt. berpihak, belum lagi para kepala desa, busser yang tugasnya memanipulasi keadaan, yang buruk dibikin seolah olah baik.

Mengapa negara dalam keadaan bahaya? Ukurannya adalah setiap capres memiliki survei sendiri dan meyakini kelompoknya yang akan menang dalam satu putaran, kalau tidak dicurangi.

“Sedangkan publik percaya pasti bahwa Pemilu akan dicurangi” katanya.

Oleh karena itu Rafick mengajak masyarakat untuk sadar dan segera ambil sikap dalam proses perubahan.

“Kalau kita diam, sangat bahaya. Indonesia siaga, butuh pemimpin yang mumpuni,” tegasnya.

Purnawirawan TNI yang lain Yayat Sudrajat menyatakan bahwa Jokowi jelas melanggar konstitusi.

“Disintegrasi bangsa 90 persen akan terjadi jika Pemilu tidak jurdil,” tegasnya.

Yayat merasa prihatin atas nasib pribumi yang disebabkan bukan oleh takdir, tapi oleh penguasa yang dzalim.

“Saya perih melihat pribumi hidup dari tong sampah ke tong sampah yang lain. Kehidupan makin sulit. Kita sudah muak terhadap pemerintah. Lengserkan Jokowi segera,” pungkasnya.

Kegelisahan juga dirasakan oleh pengamat politik Ikrar Nusa Bakti. Menurutnya
Presiden sudah pasti tidak netral. Dia menggunakan tangan Polri untuk pengaruhi pemilih. Apalagi dengan pernyataan Kapolri yang menyatakan siapapun yang tidak didukung Presiden dianggap sebagai tukang onar.

“Kita berharap TNI dan Polri netral. Kita tidak untuk makar tetapi kita ingin Pemilu Jurdil, ” tegasnya.

Soal keterlibatan Presiden Jokowi dalam salah satu calon, Ikrar menegaskan bahwa presiden telah membajak demokrasi

“Saya berani katakan Presiden pembajak demokrasi. Dia merusak demokrasi dengan memaksakan anaknya. Presiden melakukan dramaturgi, apa yg diucapkan dengan dilakukan bagai bumi dan langit,” paparnya.

Presiden ikut campur dalam proses Pemilu adalah fakta. Faktanya adalah presiden mengundang kepala desa ke istana. “Kalau kepala daerah sudah di tangan Presiden, apa yang kalian bisa lakukan?,” tanya Ikrar.

Ikrar juga menyampaikan pasca debat, Presiden Jokowi bicara dengan tiga menteri, membahas kampanye apa yang bisa memenangkan capres pilihannya. “Itu kejahatan demokrasi,” kata Ikrar.

Saat ini, kata Ikrar, kita tidak sekadar siaga, tetapi harus bergerak. “Tapi kita tidak akan melawan aparat TNI Polri. Mereka bagian dari masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Ikrar mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak ikut-ikutan demokrasi kaum penjahat.

Jika nanti indeks demokrasi turun, maka reputasi Indonesia di mata internasional akan gagal. Dari sisi negara berkembang dan muslim yang apik akan sulit bertahan. Indonesia tidak dipandang sebagai negara demokrasi muslim.

Dari sisi negara maju, Indonesia tidak dipandang sebagai negara muslim terbesar yang demokratis.

Indeks demokrasi sejak 2015 semakin menurun. Salah satu cara untuk menahan indeks demokrasi supaya tidak turun pengadilan tidak menghukum Haris Azhar dan Fathia Mauludiyanti.

Ubedilah Badrun menanyakan semua carut marut politik Indonesia siapa yang paling bertanggungjawab? Jawabannya adalah Jokowi.

“Kalau faktor utamanya sudah jelas, maka Pemilu wajib tanpa Jokowi,” tegasnya.

Ketua BEM ITB, Bisma Ridho Pambudi menegaskan kondisi demokrasi hari ini sudah genting.

“Alasan apa lagi yang membuat kita diam? Kelompok muda sebetulnya sudah siap untuk bergerak dan memotong kekuasaan Jokowi.

“Nawacita telah berubah nawabencana. Janji Jokowi bullshit, masyarakat makin sengsara,” tegasnya geram.

Sementara Ketua BEM Gielbran Muhammad Noor kembali menegaskan bahwa
Jokowi alumnus paling memalukan. Terbukti intervensi KPK, menghalalkan segala cara untuk melanggengkan kekuasaan.

Demokrasi saat ini dalam fase runyam.
Pembangunan yang dilakukan Jokowi hanya kamuflase.

Gielbran berharap gerakan mahasiswa akan terus membesar. Gerakan mahasiswa tidak akan berhenti, tidak takut, dan yakin ini gerakan yang benar.

Saat ini sudah 900 kampus sepakat tolak politik dinasti. Jokowi telah menggunakan resources negara untuk kepentingan keluarga.

Pernyataan lebih keras disampaikan oleh Purnawirawan TNI Mayjen Soenarko. Ia telah keliling ke empat provinsi. Aceh, Sumut, Jawa Barat Selatan, Banten ingin memisahkan diri.

“Jokowi bajingan demokrasi, penipu dan pengkhianat.
Jokowi tidak bisa dipercaya. Kalau didiamkan akan hancur,” katanya

Pemimpin kata Soenarko, kalau tidak punya legitimasi ya turun, kalau gak mau turun, ya diturunkan. “Itu kata Mahfud MD, lho,” papar Soenarko.

Kritikus politik Faizal Assegaf
menyatakan bahwa demokrasi Indonesia dirusak oleh lima orang. Mereka adalah
Jokowi, Iriana, Adik Ipar, Gibran, dan Kaesang.

Faizal heran belum pernah terjadi selama 9 tahun ada menteri yang berani melakukan pembangkangan.

Sementara Ormas dan LSM hanya gemar menjadi industri proposal.

Politik cawe-cawe demi sahwat dinasti politik.

Letjen Suharto mengaku teriris hatinya mendengar orasi Gielbran dan Bisma. Ungkapan itu mengingatkan kembali peristiwa 1998. “Saya sungguh terbakar semangatnya dengan pengakuan adik adik,” tegasnya.

“Apakah 9 partai yang ada itu ada legal standing dari rakyat ada gak? Semua partai ayam sayur, hanya peduli pada kekuasaan,” paparnya.

Soenarko menyampaikan sikap Mahfud MD yang sudah homeless terhadap Pemilu.

“Gak mungkin Pemilu tanpa Jokowi. Jokowi meskipun tukang pelitur, dia sudah disetting oleh orang- orang yang antidemokrasi, ” tegasnya.

Keprihatinan juga dirasakan oleh Purnawirawan TNI Letjen Suharto. Ia mengajak masyarakat untuk bersikap: bangkit atau punah.

“Gulingkan Jokowi. 14 Februari 2024 adalah D Day. Itu pasti. Akar rumput sudah kering, tinggal tunggu pemantiknya. Kalau sudah terbakar tidak akan bisa dicegah . Tahun 1998, Pak Harto yang kuat saja bisa roboh. Apalagi 9 ayam sayur ini, pasti roboh. Benalu di republik ini.” tegasnya.
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa apa yang ditemukan oleh hasil survei Pemuda ICMI dan testimoni beberapa tokoh nasional merupakan satu peringatan serius.

“Jangan main-main dengan peringatan ini. Siapapun yang tidak mengindahkan peringatan ini, berarti dia membiarkan kehancuran,” tegasnya.

Continue Reading

Metro

Ria Amalia Oktariana Musiawan (Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC) Dapet Penghargaan Nusantara Awards 2024

Published

on

By

Jakarta, – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024,di Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Kamis (9/5/2024)

 

Acara ini dihadiri oleh 350 undangan terpilih yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk tokoh budaya, seniman, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Ria Amalia Oktariana Musiawan (Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC) seusai menerima Award Pelestari Kuliner Nusantara menjelaskan bahwa seperti yang sudah disampaikan Pak Menteri Hukum & HAM maupun Wakil Ketua MPR bahwa melestarikan makanan Indonesia adalah sesuatu yang sangat penting untuk menguatkan jatidiri bangsa dan hal itu juga yang sudah kami lakukan di Indonesian Gastronomy Community yaitu sebuah komunitas dan pecinta makanan di Indonesia beserta budayanya dimana kita juga mempunyai visi dan misi sebagai pelestari makanan Indonesia.

 

Kami sudah melakukan banyak hal dalam upaya pelestarian tersebut, bukan hanya melestarikan tapi juga kami ingin makanan dari Gastronomy Indonesia dapat juga menjadi penguat yaitu penguat bangsa melalui budayanya dan sebagai sebuah tools atau soft diplomacy melalui makanan untuk dapat lebih terkenal di luar negeri.

 

Harapan kami makanan Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tapi kami juga berharap bahwa makanan Indonesia dapat terkenal di luar negeri karrna kami mempunyai motto yaitu mengangkat selera Indonesia untuk dunia.

 

Memang kuliner Indonesia saat ini akan lebih mudah dikenal atau dicintai masyarakat. Apabila Pemerintah turun tangan membantu mensosialisasikannya, pertama dengan menguatkan badan hukumnya.

 

Yang kedua dengan memudahkan pengembangan maupun penguatan dari makanan Indonesia. Melalui berbagai cara seperti Korea begitu sangat luar biasa mereka secara holistik mempopulerkan makanannya.

 

Salah satunya melalui film. Harapan kami juga dari GC agar Pemerintah sudah mulai dapat membantu dan mendukung perfilman Indonesia dengan meminta mereka memasukkan unsur-unsur kuliner dalam filmnya,” tutupnya.

 

Ria Amalia Oktariani adalah pendiri Indonesia Community (IGC), sebuah komunitas untuk memajukan Indonesia melalui kecintaan terhadap makanan dan minuman Nusantara.

 

IGC melalui program Gastronosia melakukan rekonstruksi makanan dari prasasti yaitu di Prambanan pada tahun 2021 dan di Borobudur pada tahun 2022 bersama Balai Konservasi Budaya Jawa Tengah dan restoran Bale Raos.

 

IGC mendukung program dunia dengan melaksanakan kegiatan untuk mencapai target Pemerintah dalam prevalensi stunting turun menjadi 14% di tahun 2024. IGC telah meluncurkan Museum Gastronomi Indonesia.

 

Nusantara Awards 2024 menjadi momentum penting dalam mengangkat dan mengapresiasi upaya-upaya nyata dalam pelestarian budaya Nusantara. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak individu dan lembaga yang terinspirasi untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

 

Daftar Penerima Nusantara Awards 2024

A. Kategori Individu

1. Pelestari dan Pemberdaya Budaya: Tasya Widya Krisnadi

2. Pengembang Insfrastruktur dan Talenta Budaya Olahraga: Tony Wenas

3. Penggerak Budaya Tradisional: Nanda Widya

4. Penggerak Keberlanjutan Budaya dan Masyarakat: Nixon Napitupulu

 

5. Inovasi Wisata Budaya Lokal: Ricky Surya Prakasa

6. Pelestari Seni dan Budaya: Rina Ciputra Sastrawinata

7. Penggerak UMKM dan Ekonomi Kreatif: Anna Mariana

8. Pelestari Kuliner Nusantara: Ria Musiawan

9. Pegiat Seni egiat Seniman dan Budayawan: Addie Muljadi Sumaatmadja

 

B. Kategori Lembaga/Instansi

 

1. Pendidikan dan Promosi Budaya: Binus University

2. Inovasi Kultural dan Budaya: Garuda Indonesia

3. Bahasa dan Literasi: Angkasa Pura II

4. Keberlanjutan Lingkungan: Bank Mandiri

5. Pengembangan Pariwisata Budaya: Alam Sutera

6. Penggerak Kuliner Nusantara: Made’s Warung

7. Pelestari Warisan Budaya Nusantara: Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

8. Pelaku Kegiatan Sosial dan Budaya: PT Metropolitan Land Tbk

9. Seni & Pertunjukan Budaya Nusantara: Bank BCA

 

C. Kategori Favorit

1. Pemuda Peduli Budaya Nusantara: Pandawara Group

Continue Reading

Metro

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan di Nusantara Awards 2024

Published

on

By

Jakarta,  – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024,

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan yang di terima langsung oleh Arie Prasetyo Direktur Operasi TMII di ajang Nusantara Awards 2024 pada Kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” yang di selenggarakan oleh Media Nawacita Indonesia (MNI) di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

 

Direktur Operasi Arie Prasetyo menyampaikan mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane kriteria filosofi – filosofi keberagaman Indonesia dan juga pertunjukan di tmii yang di kemas secara visual teknologi dengan cerita – ceria rakyat jaman dulu

 

“Mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane keterta filosofi – filosofi keberagaman Indonesia, hari ini mendapat penghargaan dengan kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” dan ini saya pikir sangat tepat karena memang TMII dari dulu kita selalu menjaga budaya Nusantara.” Kata Arie Prasetyo

 

“Bahkan setelah kami mengelola taman mini dari tahun 2021 semua produk yang kami berikan atau tunjukkan di taman mini juga selalu kembali kepada ragam budaya Nusantara.” Bebernya

 

Yang terakhir yang kami create juga adalah cerita – cerita pada tahun 2023 kita baru launching dengan pertunjukan teknologi dengan cerita – cerita rakyat jaman dulu.

 

Kita ingin jadi anak – anak jika ke taman mini tahu lagi cerita si kancil dan cerita buto ijo seperti apa yang di kemas secara visual teknologi, yang tahun kemarin sempat mendapatkan penghargaan di nominasi sebagai salah satu dari lima pertunjukan air mancur terbaik di dunia.” Jelas Arie

 

Di kesempatan yang sama Direktur Utama Media Nawacita Indonesia (MNI) Otoli Zebua sangat apresiasi dengan sukses nya acara Nusantara Award dan juga memberikan apresiasi kepada lembaga dan individu yang konsen telah berperan aktif dalam melestarikan budaya Nusantara.

Otoli berharap para penerima anugerah Nusantara Awards 2024 dapat terus berperan aktif menginspirasi dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara. Dengan adanya Event ini masyarakat di harapkan dapat termotivasi untuk peduli dengan budaya.

Continue Reading

Metro

Majelis Nasional KAHMI Gelar silaturahmi dan halal bihalal 1445H

Published

on

By

JAKARTA – Majelis Nasional KAHMI mengadakan silaturahmi dan halal bihalal 1445H bersama keluarga besar Korps Alumni KAHMI dengan Koordinator Presidiumnya Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Hotel Kartika Chandra Jakarta pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

 

Silaturahmi antar Alumni KAHMI itu berjalan dengan suasana hari ini sangat berbeda dari sebelumnya karena kita semua baru selesai Pemilu 2024 dan kita berharap kedepan KAHMI lebih bisa berkontribusi terutama kepada pemerintahan baru yaitu Prabowo-Gibran yaitu kita mencoba membangun memberikan kontribusi terhadap pemikiran-pemikiran perubahan penyempurnaan sistem baik itu sistem pemerintahan itu sendiri, politik, ekonomi, hukum dan lain-lain.

 

Ini nanti akan kita lakukan dengan diadakan simposium bersama guru-guru besar KAHMI.

Untuk adanya pengontrolan dan pengawasan program pemerintah Prabowo-Gibran kita hanya berharap kepada Anggota-Anggota DPR yang aktif di Korps Alumni KAHMI ini.

Continue Reading

Trending