Connect with us

TNI / Polri

Lanal Dumai Kembali Cegah Pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural

Published

on

TNI AL, Dumai,- Pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural sebanyak 16 orang kembali digagalkan oleh Tim F1QR Unit Intel Lanal Dumai dan Posal Bengkalis di Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau pada posisi 1° 36′ 645″ U-101° 49′ 24″ T, Rabu (17/01/2024).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, menyampaikan bahwa calon PMI sebanyak 16 orang tersebut diamankan oleh Tim F1QR Lanal Dumai berawal informasi dari informan terkait adanya Calon PMI non prosedural yang akan berangkat menuju Malaysia di Pesisir Pantai Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau pada posisi 1°36′ 645″ U – 101° 49′ 24″ T.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim Gabungan F1QR Unit Intel Lanal Dumai dan Posal Bengkalis bergerak cepat melaksanakan penyelidikan di wilayah tersebut dan berhasil mengamankan sebanya 16 orang (11 orang laki-laki dan 5 orang perempuan) diduga merupakan calon PMI Non Prosedural yang akan diberangkatkan menggunakan speed boat ke Malaysia bersembunyi di perkebunan sawit milik masyarakat di Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Selanjutnya, Tim Gabungan F1QR Unit Intel Lanal Dumai dan Posal Bengkalis mengamankan dan membawa 16 orang Calon PMI Non Prosedural tersebut ke Lanal Dumai, untuk dilaksanakan pendataan dan pengecekan kesehatan.

Berdasarkan pemeriksaan awal yang dilaksanakan bahwa ke 16 calon PMI Non Prosedural tersebut yang akan berangkat ke Malaysia melaksanakan komunikasi via handphone dengan agen, dan biaya yang dibayarkan masing-masing calon PMI kepada agen sebesar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 18.500.000.

Keberhasilan TNI AL dalam mencegah pemberangkatan ke 16 orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerjanya. Hal tersebut sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Terhadap para calon PMI Non prosedural diduga melakukan pelanggaran UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, selanjutnya diserahkan ke pihak Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Kota Dumai untuk proses lebih lanjut.

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

JELANG SERTIJAB DANLANAL SIMEULUE LAKSANAKAN EXIT BRIEFING

Published

on

By

TNI AL, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Lekol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., didampingi  Ibu Ketua Cabang 8 Korcab I DJA I Ny. Mirna Dwi Herdian Saputra melaksanakan Exit Briefing secara tatap muka dan Video Conference (Vicon) kepada seluruh personil Lanal Simeulue bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue. Sabtu (13/04/2024).

 

Komandan Lanal Simeulue dalam sambutannya mengucapkan bahwa sangat bangga kepada seluruh prajurit Lanal Simeulue yang telah berdedikasi serta profesional dalam melaksanakan tugas dan dalam kesempatan itu, Komandan Lanal Simeulue mengucapkan terimakasih dan undur diri untuk melanjutkan tugas di penempatan yang baru.

 

Selama acara tersebut, Komandan Lanal Simeulue juga memberikan pesan dan arahan, diantaranya untuk para prajurit serta ASN di lingkungan TNI AL untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa, memahami kembali makna prajurit yang selalu rendah hati serta tidak mudah terlena dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan Profesionalisme dalam menjalankan tugas. Danlanal Simeulue juga menghimbau untuk selalu jalin Soliditas dan Sinergitas dengan Institusi lain.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta ASN Lanal Simeulue.

Continue Reading

TNI / Polri

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman Siapkan Beberapa Strategi Hadapi Arus Balik Lebaran 2024

Published

on

By

Jakarta – Upaya mencegah terjadinya penumpukan dan kemacetan kendaraan yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya saat arus balik lebaran, Ditlantas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan beberapa langkah dan stratrgi.

 

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. Kamis (11/4/2024).

 

Kombes Pol Latif mengatakan persiapan pertama diharapkan pemudik yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur kepulangan dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

 

“Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul menghimbau dari sekarang,” Tuturnya.

 

Selanjutnya untuk menghindari terjadinya penumpukan di simpang susun Cikunir, yang akan menuju ke Jorr Selatan menuju Pondok Indah, lalu Jorr Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota.

 

Pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional, Tol Cimanggis -Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB sampai 16 April 2024 jam 17.00 WIB.

 

“Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung).

 

Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” Ujarnya.Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” Tambahnya.

 

Apabila kondisi Tol Dalam Kota pun masih terjadi penumpukan, petugas telah menyiapkan Contra Flow. Dengan begitu kendaraan yang akan menuju daerah Jakarta Barat bisa tetap jalan.

 

“Kita akan melakukan Contraflow yaitu dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” Terangnya.

 

“Ini kesiapan kita dan perlu diketahui masyarakat saya berterima kasih kepada media untuk mensosialisasikan ini karena masyarakat akan tahu jalan mana yang bisa nyaman untuk mereka akan kembali ke Jakarta,” Pungkasnya.

 

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Bersama Jajaran FKPD Bintan Turut Serta Hadiri Rangkaian Acara Halal Bihalal Dibeberapa Wilayah Bersama Masyarakat dan Gubernur Kepri

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Gedung Nasional Comunity Center Tanjung Uban, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Undangan Bupati Bintan dalam rangka Safari rangkaian acara Halal Bihalal Bersama Masyarakat di wilayah Bintan dan di Kediaman Gubernur Kepri, Kamis (11/04/2024).

 

Acara Halal Bihalal tersebut, FKPD Bintan diawali di Gedung Nasional Comunity Center Tanjunguban, melaksanakan Halal Bihalal Bersama Masyarakat Bintan Utara, Sri Kuala Lobam dan Teluk Sebong. Kemudian acara halal bihalal dilanjutkan di Kediaman Gubernur Kepri. Selesai acara halal bihalal di Kediaman Gubernur Kepri, rombongan FKPD Bintan menghadiri acara halal bihalal dengan masyarakat di Kantor Kecamatan Toapaya. Untuk yang terakhir kalinya rombongan FKPD Bintan melaksanakan acara halal bihalal bersama masyarakat di Kecamatan Bintan Timur.

 

Turut Hadir Dalam Kegiatan, Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., beserta istri, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.I.P., beserta istri, Sekda Bintan Ronny Kartika, M.M., beserta istri, Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usudo beserta istri, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf Eka Ganta beserta istri, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta istri, Dansatrad 213 Tanjungpinang Mayor Lek Okie Hartanto, S.T., beserta istri, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., beserta istri, Ketua GOW Bintan Sabine Rohden, Ketua DWP Kabupaten Bintan Ibu Elyza Riani, S.H.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending