Connect with us

Metro

Setelah Berselang Lama, DPP IP-KI Merayakan Perayaan Natal 2023 & Tahun Baru 2024

Published

on

Jakarta – Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (DPP IP-KI) gelar acara Perayaan Natal 2023 dan tahun Baru 2024 DPP IP-KI sekaligus Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas 17 Agustus 45 di Gedung Dewan Harian Nasional (DHN), Gedung Joeang 45, Jakarta Pusat. Sabtu (20/01/2024).

Ketum DPP IP-KI Baskara Sukarya mengatakan, IP-KI hadir untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia. “IP-KI dikenal sebagai organisasi pemikir, memberikan sumbang saran kepada Pemerintah Republik Indonesia (RI). Untuk itu, IP-KI membuat kerjasama dengan berbagai civitas dalam rangka penelitian bersama,” ujar Baskara

“Nanti juga ada kerjasama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk membuat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk bagaimana aspirasi masyarakat terkait masalah ketidakadilan, intoleransi, kita bisa berkontribusi memberikan bantuan hukum,” ungkapnya.

Dijelaskannya, IP-KI tidak hanya bekerjasama dengan universitas saja tapi juga dengan lembaga-lembaga lain yang punya kepentingan yang sama.

“IP-KI sebagai organisasi kebangsaan, IP-KI mengayomi semua agama, Agama Buddha, Hindu, Kristen, dan Islam dalam merayakan Hari Keagamaan, IP-KI ikut merayakan,” terangnya.

Dikatakannya, peserta IP-KI yang hadir dalam acara Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 DPP IP-KI, jumlahnya cukup banyak.

“Ada sekitar puluhan orang pengurus dan anggota dari DPP IP-KI dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IP-KI Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta,” jelasnya.

“Kerjasama IP-KI dengan Untag 45 ada di bidang Pendidikan, Penelitian dan Kesehatan dan lain-lain. Nanti kita lihat, di mana bidang IP-KI bisa masuk,” paparnya.

Tadi sudah dikatakan, sambungnya. di bidang Pendidikan, IP-KI bisa sama-sama untuk diajak kerjasama dengan Untag 45.

“Wawasan kebangsaan dan masalah kesehatan anak-anak kurang gizi (stunting), mungkin kita bikin lembaga bersama. MoU IP-KI dan Untag 45 masih sangat luas. IP-KI tentunya akan mengerucut jadi program-program yang nyata lah,” tandasnya.

Continue Reading

Metro

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Gelar Halal Bihalal 1445 H dan Silaturahmi

Published

on

By

Jakarta, – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mengadakan Halal Bihalal 1445 H dan Silaurahmi Masyarakat Perantauan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Se-Jabodetabek di Gedung BRIN Gatot Subroto Jakarta pada hari Sabtu, 11 Mei 2024.

 

Dr. Safrizal ZA, M.Si (PJ Gurbernur Kepulauan Bangka Belitung), saat ditemui awak Media Online mengatakan “Pada hari Sabtu (11/5) ini sebagaimana tradisi Bangka Belitung dengan adanya acara silaturahmi dan Halal Bihalal Masyarakat Bangka Belitung yang tinggal di Jabodetabek, maksud acara ini adalah bersilaturahmi dengan masyarakat diaspora Bangka Belitung bertemu, lepas rindu dan lepas kangen sambil kita saling memaafkan karena baru kita lepas dari perayaan Idul Fitri 1445 H.

 

Kita mengambil kesempatan untuk menjelaskan kondisi terakhir bagi Bangka Belitung agar masyarakat diaspora Bangka Belitung mengetahui situasi terakhir dan sekaligus menghimbau supaya masyarakat diluar Bangka Belitung agar memperhatikan Bangka Belitung dengan membantu apa yang mungkin bisa dilakukan agar ekonomi Bangka Belitung yang sedang kita pacu walaupun memang kita ada penurunan pertumbuhan ekonomi akibat dunia pertambangan kita yaitu Timah, tapi kita tidak surut semangat untuk disektor-sektor lainnya.

 

Kita punya target di bidang pertanian misalnya Padi dari 26% menjadi 36%, bawang dari 20% menjadi 50%, cabe dari 50% kita genjot menjadi 80% dan kita juga punya target-target yang harus kita penuhi minimum kita bisa memenuhi kebutuhan Bangka Belitung lewat produksi kita sendiri karena kita sebagian besar didapatkan dari sektor tambang Timah. Kita juga kurang rajin memproduksi dari sektor holtikultura dan ini harus digenjot supaya kita tetap stabil inflasi kita walaupun pertumbuhan ekonomi agak tersendat.

 

Untuk disektor dunia kreatif juga kita kembangkan termasuk pariwisata karena kita tahu sektor pariwisata Bangka Belitung lumayan bagus bahkan di Belitung sudah diakui sebagai salah satu situs geopark dan juga kita punya KEK pariwisata Tanjung Layang yang bisa digenjot lagi.

 

Oleh karena itu kami semangat untuk menambah jumlah flight dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu dan untuk hari ini saja jumlah flight kita sudah lumayan banyak rata-rata 8 flight per hari ke Bangka Belitung maupun ke Belitung. Dan kita terus sosialisasikan supaya masyarakat Indonesia bisa datang ke Bangka Belitung untuk menikmati pariwisata Bangka Belitung itu sendiri.

 

Disamping itu juga dari sektor UMKM saya merasa kita cukup kreatif untuk masyarakat Bangka Belitung termasuk dari orang yang kehilangan pekerjaan kita alihkan ke sektor kreatif, pertanian, UMKM dan sektor ekonomi hijau lainnya. Kalo untuk pembinaan UMKM kita terus menggenjot dan kini penambahannya luar biasa karena kita juga menargetkan UMKM sertifikasi halal ada sekitar ratusan ribu pelaku usaha.

 

Maka dari itu kita terus bekerja bersama Bupati, Walikota maupun Kepala Daerah lainnya supaya sektor UMKM halal kita dapat terus dikembangkan dan kita juga tidak berhenti dari sektor packaging dengan kita perbaiki dan ditingkatkan, disamping kita juga tingkatkan produksi kreativitas inovasi baru packaging marketing bisa kita mainkan semua di Bangka Belitung,” tutupnya.

Continue Reading

Metro

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi DKI Jakarta Gelar Halal Bihalal

Published

on

By

Jakarta – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi DKI Jakarta mengadakan Halal Bihalal PWNU DKI Jakarta yang dihadiri Ketua PCNU Se-DKI Jakarta dan Waketum PBNU di Rumah DJAN Menteng Jakarta pada hari Sabtu, 11 Mei 2024.

 

Syamsul Maarif sebagai Ketua PWNU DKI Jakarta menjelaskan bahwa mari kita kuatkan tali persaudaraan sesama anak bangsa ini jangan sampai tercerai berai, jadi mari kita bersatu jagalah persaudaraan dan hindarkan perselisihan. Kita sebagai Warga NU harus menjadi pelopor termasuk pelopor dalam kerukunan antar umat beragama. Sedangkan kita rukun tidak hanya sesama umat Islam saja, tetapi sesama umat manusia dengan berbeda agama, ras dan suku.

 

Adapun untuk program-program yang mendekat dari PWNU DKI Jakarta ini adalah kerjasama dalam bidang kesehatan, bidang olahraga, seni dan budaya.

Continue Reading

Metro

Ria Amalia Oktariana Musiawan (Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC) Dapet Penghargaan Nusantara Awards 2024

Published

on

By

Jakarta, – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024,di Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Kamis (9/5/2024)

 

Acara ini dihadiri oleh 350 undangan terpilih yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk tokoh budaya, seniman, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Ria Amalia Oktariana Musiawan (Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC) seusai menerima Award Pelestari Kuliner Nusantara menjelaskan bahwa seperti yang sudah disampaikan Pak Menteri Hukum & HAM maupun Wakil Ketua MPR bahwa melestarikan makanan Indonesia adalah sesuatu yang sangat penting untuk menguatkan jatidiri bangsa dan hal itu juga yang sudah kami lakukan di Indonesian Gastronomy Community yaitu sebuah komunitas dan pecinta makanan di Indonesia beserta budayanya dimana kita juga mempunyai visi dan misi sebagai pelestari makanan Indonesia.

 

Kami sudah melakukan banyak hal dalam upaya pelestarian tersebut, bukan hanya melestarikan tapi juga kami ingin makanan dari Gastronomy Indonesia dapat juga menjadi penguat yaitu penguat bangsa melalui budayanya dan sebagai sebuah tools atau soft diplomacy melalui makanan untuk dapat lebih terkenal di luar negeri.

 

Harapan kami makanan Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tapi kami juga berharap bahwa makanan Indonesia dapat terkenal di luar negeri karrna kami mempunyai motto yaitu mengangkat selera Indonesia untuk dunia.

 

Memang kuliner Indonesia saat ini akan lebih mudah dikenal atau dicintai masyarakat. Apabila Pemerintah turun tangan membantu mensosialisasikannya, pertama dengan menguatkan badan hukumnya.

 

Yang kedua dengan memudahkan pengembangan maupun penguatan dari makanan Indonesia. Melalui berbagai cara seperti Korea begitu sangat luar biasa mereka secara holistik mempopulerkan makanannya.

 

Salah satunya melalui film. Harapan kami juga dari GC agar Pemerintah sudah mulai dapat membantu dan mendukung perfilman Indonesia dengan meminta mereka memasukkan unsur-unsur kuliner dalam filmnya,” tutupnya.

 

Ria Amalia Oktariani adalah pendiri Indonesia Community (IGC), sebuah komunitas untuk memajukan Indonesia melalui kecintaan terhadap makanan dan minuman Nusantara.

 

IGC melalui program Gastronosia melakukan rekonstruksi makanan dari prasasti yaitu di Prambanan pada tahun 2021 dan di Borobudur pada tahun 2022 bersama Balai Konservasi Budaya Jawa Tengah dan restoran Bale Raos.

 

IGC mendukung program dunia dengan melaksanakan kegiatan untuk mencapai target Pemerintah dalam prevalensi stunting turun menjadi 14% di tahun 2024. IGC telah meluncurkan Museum Gastronomi Indonesia.

 

Nusantara Awards 2024 menjadi momentum penting dalam mengangkat dan mengapresiasi upaya-upaya nyata dalam pelestarian budaya Nusantara. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak individu dan lembaga yang terinspirasi untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

 

Daftar Penerima Nusantara Awards 2024

A. Kategori Individu

1. Pelestari dan Pemberdaya Budaya: Tasya Widya Krisnadi

2. Pengembang Insfrastruktur dan Talenta Budaya Olahraga: Tony Wenas

3. Penggerak Budaya Tradisional: Nanda Widya

4. Penggerak Keberlanjutan Budaya dan Masyarakat: Nixon Napitupulu

 

5. Inovasi Wisata Budaya Lokal: Ricky Surya Prakasa

6. Pelestari Seni dan Budaya: Rina Ciputra Sastrawinata

7. Penggerak UMKM dan Ekonomi Kreatif: Anna Mariana

8. Pelestari Kuliner Nusantara: Ria Musiawan

9. Pegiat Seni egiat Seniman dan Budayawan: Addie Muljadi Sumaatmadja

 

B. Kategori Lembaga/Instansi

 

1. Pendidikan dan Promosi Budaya: Binus University

2. Inovasi Kultural dan Budaya: Garuda Indonesia

3. Bahasa dan Literasi: Angkasa Pura II

4. Keberlanjutan Lingkungan: Bank Mandiri

5. Pengembangan Pariwisata Budaya: Alam Sutera

6. Penggerak Kuliner Nusantara: Made’s Warung

7. Pelestari Warisan Budaya Nusantara: Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

8. Pelaku Kegiatan Sosial dan Budaya: PT Metropolitan Land Tbk

9. Seni & Pertunjukan Budaya Nusantara: Bank BCA

 

C. Kategori Favorit

1. Pemuda Peduli Budaya Nusantara: Pandawara Group

Continue Reading

Trending