Connect with us

nasional

Kunjungi Balikpapan, BPH Migas Tinjau Proyek RDMP dan Pastikan Kesiapan Pasokan BBM

Published

on

Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan Timur merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang tengah dikerjakan Pertamina. Untuk melihat progres pengembangan tersebut, Kepala BPH Migas Erika Retnowati bersama Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi, Eman Salman Arief, dan Wahyudi Anas mengunjungi RDMP Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (23/1/24).

“Tentu kita berharap Proyek RDMP dan juga Terminal Lawe-Lawe, serta proyek Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Batu dapat diselesaikan tepat waktu, karena ini berkaitan satu dengan lainnya,” terang Erika.

Sebagaimana diketahui, Proyek RDMP ini didesain untuk meningkatkan kapasitas pengolahan kilang yang semula 260 kilo barrel per day (kbpd) menjadi 360 kbpd dengan peningkatan kualitas dari Euro II menjadi Euro V.

Pada kesempatan yang sama, Iwan meminta pembangunan RDMP ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. “Pertimbangkan kontrak pasokan gas untuk dibuat jangka panjang, mengingat pembangunan Refinery Unit (RU) V Balikpapan termasuk RDMP manfaatnya untuk jangka panjang,” dorongnya.

Sementara itu, Eman menyampaikan, kunjungan kali ini adalah untuk melihat progres RDMP, juga proyek pembangunan pipa gas Senipah-Balikpapan ke kilang. “Alhamdulillah sudah selesai dan gas in,” ucapnya

Dengan adanya pipa gas Senipah-Balikpapan, bahan bakar Kilang, Hydrogen Plant Unit, dan Gas Turbine Generator Balikpapan sepenuhnya menggunakan gas bumi.

Hal ini memberi dampak pada efisiensi biaya kilang, mengurangi impor LPG, dan lingkungan yang lebih bersih.

Sementara, Wahyudi Anas mengungkapkan, semangat Pemerintah adalah terus berupaya meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri.

“Kilang Balikpapan bertransisi menggunakan bahan bakar gas bumi yang merupakan energi ramah lingkungan, serta dialirkan dari wilayah Senipah yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Aditiyawarman mengungkapkan bahwa pembangunan pipa gas Senipah-Balikpapan sangat berarti bagi kilang Pertamina ke depannya. “Selain meningkatkan energi efisiensi,” tuturnya.

*Kesiapan Pasokan BBM*

Di hari yang sama, BPH Migas juga meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Balikpapan Pertamina Patra Niaga untuk melihat kesiapan menjelang Pemilihan Umum, Ramadan, dan Hari Raya Idul Fitri 1445H.

Terkait kesiapan pasokan BBM, Erika menuturkan adanya laporan mengenai rencana turn around Kilang Balikpapan dan tie in dalam waktu dekat.

“Itu masa kritis, ada Pemilihan Presiden, dan ada Ramadan serta IdulFitri. Perlu menjaga pasokan dengan baik,” pintanya.

Senada, Eman berharap pasokan BBM dapat terus dijaga ketersediaannya oleh badan usaha penugasan.

“Tentunya perlu pengaturan BBM, baik ketersediaan maupun pendistribusian. Insya Allah, semua ketersediaan dan pendistribusian BBM dapat berlangsung dengan lancar,” harapnya.

Terminal BBM Balikpapan beroperasi sejak tahun 1949 dengan memiliki 16 tangki timbun. Terminal ini melayani 52 SPBU dan 40 Pertashop, serta 2 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Gas Bumi BPH Migas Soerjaningsih, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Ditjen Migas Mustika Pertiwi, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas Mulyono, Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI ⁠Kadek Ambara Jaya, Direktur Utama PT Pertagas Gamal Imam Santoso, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikapapan Feri Yani, Direktur Pengembangan PT KPB⁠ Djoko Koen Soewito, General Manager RU V/ Direktur Operasi PT KPB ⁠Arafat Bayu Nugroho, dan Executive General Manager (EGM) Regional Kalimantan PT Pertamina Patra Niaga Alexander Susilo.

Continue Reading

nasional

Forkabi Gelar Tasyakuran Milad Ke-23 Tahun 2024 Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H II

Published

on

By

Continue Reading

nasional

Sambut HBP Ke-60, Rutan Cipinang Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan fokus pada pencegahan Demam berdarah dengue (DBD)  kepada warga binaan, Rabu (17/4).

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dan di hadiri oleh Tim dari Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara yaitu dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati sekaligus sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan guna memelihara kesehatan warga binaan dan peningkatan kualitas kehidupan nya selama menjalanin masa pembinaan di Rutan Cipinang.

 

“Penyuluhan PHBS ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Saya berharap melalui kegiatan ini, para warga binaan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di dalam maupun di luar lingkungan pemasyarakatan,” ucapnya.

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh Petugas Penyuluh Kesehatan Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara dr. florentina reddy dan lusi nurrokhmawati. Dalam materinya, Ia menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah DBD. Mereka juga menjelaskan tentang gejala DBD, cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut dengan antusias oleh 50 orang perwakilan warga binaan yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Peserta di ambil dari berbagai blok seperti blok hunian rehabilitasi medis, blok lansia, blok santri, disabilitas, pramuka dan para tahanan pendamping dengan harapan mereka dapat berbagi ilmu kepada warga binaan yang lain.

 

Ditempat yang berbeda, Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu upaya Rutan Cipinang untuk meningkatkan kesehatan para warga binaan. “Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para warga binaan dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta dapat terhindar dari penyakit DBD,” tandasnya.

Continue Reading

nasional

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan, Rutan Cipinang Semarakkan HBP Ke-60 Dengan Donor Darah

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut berkontribusi dengan mengadakan aksi donor darah di Aula Rutan Cipinang, Rabu (17/4).

 

Kegiatan Donor Darah ini dilaksanakan berkat kerjasama Rutan Cipinang dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Tanggrang dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang turut mendonorkan darahnya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah dalam tubuh kita serta meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Lebih lanjut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua jajaran dalam kegiatan donor darah ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

 

“Donor darah yang hari ini kita langsungkan merupakan wujud sikap peduli dan bentuk kontribusi dalam memberi manfaat kepada sesama, satu tetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucapnya

 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 51 Orang yang mendonorkan darahnya, terdiri dari 42 Orang Pegawai Rutan Kelas I Cipinang dan 7 Petugas dari Rutan Salemba serta 2 orang Keluarga dari Petugas Lapas Cipinang.

Continue Reading

Trending