Connect with us

nasional

Wamenaker Afriansyah Noor Dimandati Ketua Dewan Pelindung KERIS, dr Ali Mahsun ATMO: Perluas Sinergi Kolaborasi

Published

on

JAKARTA, – Wamenaker, Ir. Afriansyah Noor, ST, MSi, IPU mendapat mandat sebagai Ketua Dewan Pelindung Komite Ekonomi Rakyat Indonesia (KERIS). Penyerahan SK Pengangkatan dan Penyematan Baju Seragam KERIS langsung oleh Ketua Umum, dr Ali Mahsun ATMO M Biomed disaksikan Ketua Dewan Kehormatan Kawulo Alit Indonesia (KAI), Dra Hj Sofiatun Gudono, SE, MSi AKT, mertua Kaesang Jokowi dan Sekretaris Dewan Pekindung KERIS, Muslimin Tanja, Para Pimpinan Organisasi Ekonomi Rakyat, Abang Bakso, dan Yatim Piatu di PG Center’s Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2024.

 

“Dengan mengucap Bismilaahirrahmaanirrahiim, selaku Ketua Umum KERIS kami amanahkan kepada Bapak Afriansyah Noor sebagai Ketua Dewan Pelindung KERIS, yang hingga saat ini. beranggotakan 125 organisasi usaha dan ekonomi rakyat,” ucap Ketua Umum KERIS, dr Ali Mahsun ATMO M Biomed, Sabtu 23 Maret 2024 di PG Center’s Jakarta.

 

Pada kesempatan yang sama, Wamenaker RI, Afriansyah Noor memotong Tumpeng Nusantara dan menyerahkan santuan anak yatim piatu. Dan Ketua Dewan Kehormatan KAI, Sofiatun Gudono memanjatkan doa untuk keselamatan rakyat bangsa dan negara, serta kesuksesan para pemimpinan bangsa khususnya Presiden Jokowi dan Wapres Makruf Amin, serta Presuden Prabowo dan Wapres Gibran.

 

Dokter ahli kekebalan tubuh yang juga Ketua Umum APKLi Perjuangan, Ali Mahsun ATMO lebih lanjut mengutarakan, kedepan pelaku ekonomi rakyat UMKM yang jumlahnya 65,4 juta ini harus jadi driver pertumbuhan ekonomi nasional 7-8%, serta sebagai kunci sukses Indonesia jemput puncak bonus demografi 2030 dan transformasi jadi negara maju 2045. Dimana saat ini sudah sumbangkan 61% PDB nasional dan 97% lapangan kerja. Tak ada pilihan lain kecuali negara hadir totalitas berpihak ke ekonomi rakyat.

 

Sementara, Afriansyah Noor sebagai Wamenker, mengajak semua masyarakat mendukung program pemerintah mensukseskan Indonesia jemput puncak bonus demografi tahun 2030, serta wujudkan Indonesia Emas 2045. Karena tak banyak waktu untuk menjadi negara maju. Semua pihak harus bersatu dan mendukung negeri ini jadi negara maju.

 

Lebih lanjut Wamenaker menyampaikan, banyak program Kemnaker yang bisa dimaksimalkan untuk majukan ekonomi rakyat UMKM. Ada BLK Komunitas, TKM (Tenaga Kerja Mandiri), Padat Karya, Pelatihan Kewurausahaan, Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri dan program lainnya. Dan Kemnaker siap lakukan sinergi dan kolaborasi dengan KERIS yang punya anggota 125 organisasi ekonomi rakyat. Bahkan tokoh nasional kelahiran Jambi ini berharap KERIS jadi mitra sejajar dan support system Pemerintahan Prabowo Gibran untuk ekonomi rakyat UMKM lima tahun ke depan.

 

Bismillaah, Saya terima dengan ikhlas amanah Ketua Dewan Pelindung KERIS, walau berat namun saya akan sekuat tenaga dan daya berbuat maksimal untuk kemajuan dan keunggulan ekonomi rakyat Indonesia. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KERIS (sahabat saya sejak 2005) atas kepercayaanya, pungkas lelaki keturunan Kerajaan Pagaruyung (Didirikan Aditiawarman, Putra Raden Wijaya Raja I Majapahit).

 

Disamping Mertua Kaesang Jokowi dan Sekretaris Dewan Pelindung KERIS, Muslimin Tanja, juga hadir para pimpinan organisasi usaha dan ekonomi rakyat. Diantaranya, Ketua Umum APPSINDO, Hasan Basri, Ketua Umum AP3MI, Dedi Hartono, Wakil Ketua Dewan Pembina APPSI, Ngadiran, Ketua Umum AMTI, I Ketut Budyman, Ketua LPKKI Megy Aidilova, Ketua Umum FSMN, Rhomdhoni, Ketua Umum Dumas Ojol Indonesia, Sunarto, Ketua Umum Asosiasi Soto Lamongan, Cak Heri, Ketua Umum HIPWIN, Rojikin Manggala, Ketua Umum Komunitas Seniman Indonesia, Eko Handoyo, Presiden FABEM Zainuddin Arsyad, Sekjend GBN Abdul Aziz, Sekretaris Primnaskop GSN Hamid Syamsudin, Ketua DPP APKLI-P Satiri, Ketua Panitia KAI Suharto, serta jajaran pimpinan teras PKRI, Forbis Jateng, IKJKI, TKBM, PTKI, Primnaskop Bintang Lima Indonesia, LO2D, serta pimpinan organisasi lainnya.

 

Juga dihadiri jajaran se-DKI Jakarta dan Jawa Barat. Lebih dari itu, hadir dari Kalimantan Timur (Rosi Ibrahim), Jawa Tengah (Fahmi Dzulfiadi), Banten (Desman Ariando), serta Direktut Utama PT Diva Utama Logistik (Ernawati Ratna).

Continue Reading

nasional

Rutan Cipinang Hadirkan Ruang Bermain Anak dan Fasilitas Inklusif untuk Pengunjung

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang tak henti-hentinya memberikan pelayanan kepada warga binaan dan keluarga. Kali ini, Rutan Cipinang menghadirkan ruang bermain anak untuk kenyamanan kunjungan keluarga warga binaan, Kamis (18/7).

 

Ruang bermain anak ini tercipta karena inisiasi dari Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang memprioritaskan pelayanan ramah anak sesuai dengan standar Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM). Karutan mengambil langkah ini sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik, yang tidak hanya mencakup keamanan dan tata tertib, tetapi juga kenyamanan dan keceriaan bagi setiap pengunjung, terutama anak-anak.

 

Ruang bermain anak ini dilengkapi dengan beragam mainan yang menarik dan aman bagi anak-anak. Dari perosotan anak-anak, boneka hingga mobil-mobilan, setiap mainan dipilih dengan cermat untuk memastikan keselamatan dan kepuasan anak-anak yang mengunjungi Rutan Cipinang. Ruangan ini juga dirancang dengan perhatian khusus terhadap keamanan dan kenyamanan anak-anak.

 

Menurut Kepala Rutan, keberadaan ruang bermain anak di Rutan Cipinang ini memberikan solusi yang nyaman bagi keluarga yang berkunjung, terutama bagi anak-anak yang sering kali merasa bosan atau tidak nyaman saat menunggu.

 

Mereka dapat menikmati waktu mereka dengan bermain-main sambil menunggu proses kunjungan selesai, tanpa merasa terbatas atau tidak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan. “Jadi kita buatlah taman untuk anak-anak yang ramah anak. Ada fasilitas yang kita sediakan walaupun sederhana,” ungkapnya

 

Di samping ruang bermain anak yang menyenangkan, Rutan Cipinang juga dilengkapi dengan ruang laktasi yang nyaman, kursi prioritas untuk pengunjung dengan kebutuhan khusus serta toilet yang ramah penyandang disabilitas dengan handrail, semua fasilitas ini mencerminkan komitmen Rutan Cipinang dalam memberikan pelayanan kunjungan yang nyaman dan inklusif.

 

“Inovasi ini tidak hanya memberikan kenyamanan tambahan bagi pengunjung, tetapi juga menunjukkan komitmen Rutan Cipinang untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan juga menegaskan bahwa Rutan Cipinang terus berupaya menjadi yang terbaik dalam penerapan Pelayanan Publik Berbasis HAM,” tutup Kepala Rutan

Continue Reading

nasional

Music Academy Bersama Candra Darusman: Wawasan dan Inspirasi untuk Warga Binaan Rutan Cipinang

Published

on

By

Jakarta – Divisi Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) Rutan Kelas I Cipinang mengadakan acara Music Academy yang berlangsung meriah dan sukses. Acara ini dihadiri oleh Candra Darusman, seorang musisi dan komposer ternama Indonesia, yang menjadi narasumber utama dalam kegiatan tersebut.

 

Bimgiat Music Academy adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan inspirasi kepada para warga binaan yang tertarik untuk memperdalam seni musik. Dalam sesi ini, Candra Darusman berbagi pengalaman mendalam tentang industri musik serta memberikan tips dan trik untuk meraih kesuksesan di dunia musik.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menyampaikan tujuan dari acara ini adalah untuk mendorong kreativitas dan mengembangkan potensi musik para warga binaan melalui pembelajaran langsung dari seorang ahli di bidang musik.

” tujuan dari pelatihan ini agar warga binaan bisa mandiri dengan keahlian yang mereka miliki salah satunya dengan berkesenian musik di Bimgiat sehingga mereka dapat mengembangkan bakatnya di seni musik”, ujar Sukarno Ali.

 

Candra Darusman memberikan presentasi yang mencakup berbagai aspek penting dalam karier musik, termasuk penulisan lagu, teknik bermain alat musik, serta demo teknik piano dan penampilan beberapa lagu legendaris. Setelah presentasi, terdapat sesi tanya jawab yang penuh antusias, di mana Candra menjawab pertanyaan seputar proses kreatif dan tantangan dalam berkarya.

 

Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai workshop kecil yang membahas topik-topik spesifik seperti teknik vokal, aransemen musik, dan produksi rekaman. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli yang diundang sebagai pembicara dalam workshop-workshop tersebut.

 

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama antara Candra Darusman dan peserta. Dengan kegiatan ini, Bimgiat Music Academy berharap dapat terus mendukung dan mengembangkan potensi musisi dari warga binaan melalui program-program inspiratif seperti ini.

Continue Reading

nasional

Euforia Hari Kemerdekaan Mulai Terasa Di Rutan Cipinang

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan memasang spanduk, banner dan umbul-umbul kemerdekaan di berbagai sudut rutan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat nasionalisme, menandai perayaan penting yang mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan, Rabu (17/7).

 

Persiapan ini dilakukan berdasarkan arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Bapak R. Andika Dwi Prasetya tentang Pedoman Penggunaan Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta

 

Kepala Rutan Cipinang, Sukarno Ali menyampaikan bahwa pemasangan spanduk dan banner ini bukan sekadar hiasan semata, melainkan sebagai upaya untuk membangkitkan semangat patriotisme di antara warga binaan dan seluruh petugas rutan. 

 

“Kami ingin semua warga di Rutan Cipinang merasakan semangat kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara ini. Semoga dengan semangat ini, kita semua dapat lebih menghargai kemerdekaan yang telah diraih dan berkontribusi positif bagi bangsa,” ujar Sukarno Ali.

 

Melalui Kepala Sub Seksi Umum dan Kepegawaian, Edhie Laksono dibantu Warga Binaan telah melakukan pemasangan umbul-umbul, spanduk dan banner pada titik-titik yang telah ditentukan. Pemasangan tidak hanya dilakukan pada halaman depan Kantor, tapi umbul-umbul juga dipasang sepanjang jalan raya depan kantor.

 

Selain pemasangan spanduk dan banner, Rutan Cipinang juga telah merencanakan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT RI, termasuk lomba-lomba tradisional, upacara bendera, dan kegiatan sosial lainnya yang melibatkan seluruh Petugas dan warga binaan Rutan Cipinang. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memberikan hiburan sekaligus membangun rasa kebersamaan dan gotong royong di antara warga binaan dan Petugas.

 

Ayo, kita sambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI dengan semangat baru untuk Indonesia yang lebih maju!

Continue Reading

Trending