Connect with us

TNI / Polri

TNI AD Aktif Bantu Pemerintah Amankan Stok Pangan Nasional

Published

on

SUBANG, – Program Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang gencar dilakukan TNI AD, baik lewat pengolahan lahan tidur hingga panen raya, terbukti sangat efektif membantu pemerintah dalam menjamin dan mengamankan ketersediaan stok pangan nasional.

 

Hal tersebut disampaikan Kasad saat melakukan panen raya padi hasil Program Hanpangan dan budidaya padi Inpari 32, serta penggunaan mekanisasi dalam pertanian yang dikelola Kostrad di Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaheran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

 

Untuk melaksanakan program tersebut, Kostrad menggandeng PT. Sang Hyang Seri (SHS) dan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Pro Pak Tani), sebagai bagian dari komponen bangsa yang merasa terpanggil untuk membantu pemerintah di sektor pangan. Dimana program ini ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

“Kita perlu duduk bersama (untuk membahas) apa yang menjadi kendala, agar kita bisa membantu. Prinsip-prinsip awal ini, saya kira cukup menjanjikan nanti ke depannya, sehingga kita termotivasi untuk punya rencana yang lebih besar lagi. Bukan hanya di Subang ini, kita juga punya _project_ di Sukabumi, di Surabaya juga banyak beberapa titik pertanian di sana, di Jawa Tengah, Sumatera, kita terus berjalan. Mudah-mudahan dalam waktu dua tahun ke depan, saya kira bisa jadi salah satu contoh bagi yang lainnya,“ ujar Kasad.

 

Kasad menambahkan, Program Hanpangan yang dilakukan TNI AD ini juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi impor beras dan komoditi pangan lainnya.

 

Lokasi lahan Korporasi PT. SHS yang terletak di Desa Sukamandi mencapai luas 3.168,98 hektare. Sementara untuk percontohan yang dikerjasamakan dengan Kostrad dan Pro Pak Tani adalah seluas 30 hektare, dan baru dibuka seluas 15,7 hektare untuk ditanami padi jenis Inpari 32, serta menggunakan mekanisasi dalam pengolahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Adapun target produksi minimal 8 ton/hektare Gabah Kering Panen (GKP), dengan _offtaker_ (penjamin komoditas) hasil panennya yaitu Pro Pak Tani dan pihak TNI AD, dalam hal ini Kostrad.

 

Program Hanpangan Kostrad Budidaya Padi Inpari 32 dan mekanisasi pertanian dalam Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD yang dilaksanakan di Kabupaten Subang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AD dalam rangka membantu pemerintah menangani permasalahan pangan, serta sebagai bentuk bantuan kemanusiaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga setempat dan memberikan santunan kepada yatim piatu. *(Dispenad)*

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Gelar Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 menggelar Program Jumat Berkah yang rencana kedepannya akan digelar secara rutin dengan tujuan untuk sedekah dan menyambung tali silaturahmi antar Personel Satlinlamil 3 yang dikemas dalam “Program Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit”, bertempat di Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Jumat (19/7/2024).

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa Program Jumat Berkah adalah program sedekah berupa pembagian bingkisan baik bahan makanan atau makanan jadi yang diberikan kepada personel ataupun masyarakat sekitar dengan tujuan sedekah dan menyambung tali silaturahim.

 

“Ide ini sebenarnya justru muncul dari para prajurit yang merasa terpanggil untuk menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi dan bersedekah. Satuan mencoba mewadahi keinginan mereka tersebut dan mewujudkannya. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk rasa peduli dan meningkatkan rasa berbagi kepada personel dan lingkungan sekitar,” ujar Dansatlinlamil 3.

 

Sebagai langkah awal, kegiatan Program Jumat Berkah dimulai dari lingkungan Satlinlamil 3 yang ditujukan untuk prajurit, dan kedepan kegiatan akan ditingkatkan dengan sasaran masyarakat sekitar yang melintas di depan Mako Satlinlamil 3.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rekonsiliasi Internal To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I Tahun Anggaran 2024 antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Keuangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., CFrA., CRMP., bertempat di Gedung OB Sya’af Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Kamis (18/7/2024).

 

Rangkaian kegiatan diawali dengan menerima Courtesy Call Kadiskual beserta Tim di Ruang VIP Mako Lantamal I, dilanjutkan acara Rekonsiliasi. Pada acara tersebut, Danlantamal I dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024 ini merupakan upaya untuk melaksanakan sistem keuangan yang sesuai dengan tuntutan Reformasi Birokrasi. Sinkronisasi terhadap data dan dokumen dalam pertanggungjawaban keuangan perlu untuk dilaksanakan secara berlanjut, guna menghindari kesalahan dalam administrasi keuangan yang akurat, handal dan akuntabel dapat kita wujudkan bersama.

 

Sementara itu, Kadiskual dalam sambutannya mengatakan bahwa Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistemsub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama, saya berharap momen Rekonsiliasi saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh entitas untuk meminimalisir permasalaha-permasalahan yang berpotensi mengganggu kualitas laporan keuangan semester I tahun 2024, khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

 

Adapun penyampaian materi oleh Letkol Laut (S) Wulan Furwanto, S.E., M.M., dan Letkol Laut (S) Yan Edward Saragih, Staf Diskual. Selesai Rekonsiliasi acara ditutup oleh Kadiskual yang diwakili oleh Kasubdis APK Diskual Kolonel Laut (S) Rahmad Agung W., S.T., M.Tr.Hanla., dan dihadiri Danlantamal I yang diwakili Wadan Lantamal I.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Lantamal I, Tim Itjenal, Srenal, Slogal, Kakuwil dan Ka. Akun Lantamal I, II, dan IV, Ka. Akun Lanal jajajaran Lantamal I, II dan IV, serta Fasharkan Mentigi.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Hadiri Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T. M.Sc., M.Tr. Hanla., menghadiri Undangan Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64, yang dipimpin langsung oleh Kajati Provinsi Jawab Barat Katarina Endang Sarwestri S.H., M.G., bertempat di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum No. 56 Kota Bandung, Kamis (18/7/2024).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64, menyelenggarakan kegiatan Sidang Perwalian Anak Dibawah Umur oleh Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Kota Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Pengadilan Agama Kota Bandung.

 

Pj. Walikota Bandung Ir. Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa Sidang Perwalian Anak Dibawah Umur ini adalah sebuah masalah yang tidak ringan dan menjadi persoalan. Hari ini adalah adanya sebuah kepastian hukum secara keberadaan bahwa sebagai orang tua tentunya memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan setiap anak harus mendapatkan perlindungan secara maksimal dalam semua aspek kehidupan.

 

Sebentar lagi 2045 menuju Indonesia Emas, anak-anak bangsa tentunya harus kita persiapkan perlindungan perwalian menjadi hal yang penting bagi kita semua, selanjutnya menjelang Peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 tanggal 22 Juli 2024, tentunya ini menjadi sebuah momentum implementasi untuk menguatkan rasa solidaritas dalam rangka mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas Tahun 2045, mudah-mudahan upaya ini menjadi berkah menjadi,  bagian ladang ibadah buat kita semua untuk menghadirkan anak-anak kita menuju Indonesia Emas tahun 2045.

 

Pada kesempatan tersebut, Kajati Provinsi Jawab Barat menyampaikan bahwa Kejaksaan sebagai salah satu lembaga pemerintahan melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara mempunyai tugas dan fungsi untuk memelihara ketertiban hukum, kepastian hukum, dan melindungi kepentingan negara atau pemerintah, serta hak-hak keperdataan masyarakat, khususnya pada hari ini dalam upayanya untuk memastikan hak keperdataan anak yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)/Panti Asuhan untuk mendapatkan wali yang sah sebagaimana yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Syarat dan Tata Cara Penunjukan Wali.

 

Untuk itu, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bersama-sama Kejaksaan Negeri Kota Bandung, berkolaborasi sebagai bentuk kontribusi Kantor Pengacara Negara Kejari Kota Bandung dalam upaya mendukung pemenuhan dan perlindungan hak anak, serta memastikan kedudukan hukum yang kuat terhadap wali yang ditunjuk atas anak, maka Jaksa Pengacara Negara Kejari Kota Bandung bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung menggelar Sidang Permohonan Perwalian Anak.

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

Trending