Connect with us

nasional

Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup Tahun 2024 Resmi Digelar

Published

on

Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa  secara resmi membuka kejuaraan Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024 yang digelar di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Ciracas, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur. Kamis (9/5/2024).

 

Dalam sambutannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang kepada para atlet dan terima kasih atas partisipasinya. Jadikanlah kejuaraan ini selain sebagai wahana untuk menyiapkan bibit-bibit atlet Taekwondo yang handal, dapat pula dijadikan sebagai event untuk memantapkan dan mengukur tingkat kemampuan para Taekwondoin, dan juga sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi pembinaan olahraga Taekwondo di Indonesia.

 

“Kejuaraan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar pelatih, atlet hingga seluruh stakeholder yang berkecimpung di olahraga Taekwondo, diharapkan melalui kejuaraan ini akan tercipta generasi muda yang unggul, kuat dan berprestasi,” kata Pangkostrad.

 

“Dalam falsafah Taekwondo mengajarkan kepada setiap Taekwondoin untuk selalu menjunjung tinggi pengorbanan, pengendalian diri, kebaikan, pengampunan dan cinta sesama manusia. Taekwondo juga menekankan penghormatan terhadap segala bentuk kehidupan,” tambah Pangkostrad.

 

Selain itu, Pangkostrad berkata jika dirinya sangat mendukung diselenggarakannya kejuaraan Taekwondo ini, dengan pertimbangan karena adanya kesamaan nilai-nilai dasar antara falsafah Taekwondo dengan nilai-nilai patriotisme yang melekat pada jiwa generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa.

 

“Saya berharap melalui penyelenggaraan kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 dapat melahirkan atlet-atlet taekwondo baru yang berbakat dan berprestasi, tidak hanya di level nasional namun juga di level internasional, sehingga mampu membawa nama harum Indonesia di mata dunia dan dapat memberikan dorongan bagi tumbuh dan berkembangnya jiwa semangat patriotisme dan semangat pengabdian kepada Bangsa dan Negara Indonesia tercinta,” ujar Pangkostrad.

 

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat, Kemenpora, Pemprov DKI Jakarta, NOC Indonesia, Koni, Taekwondo Indonesia, Rekanan, Panitia dan kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu kelancaran pelaksanaan kejuaraan ini,” tambah Pangkostrad.

 

Diakhir sambutannya, Pangkostrad berpesan kepada para peserta, agar memanfaatkan event ini dengan sebaik-baiknya untuk dapat menjadikan diri kalian sebagai atlet-atlet handal dan berprestasi. Junjung tinggi sportivitas dan kejujuran tanpa harus mencari-cari kesalahan orang lain. Patuhi semua ketentuan dan aturan yang sudah disepakati dan biasakan tampil sebagai Taekwondoin yang cerdas, berani menerima kemenangan dan berani menerima kekalahan.

 

Sementara itu, Ketua Umum  Pengurus Besar Taekwondo Indonesia, Letjen TNI Richard T H Tampubolon, mengungkapkan baru saja kita menyaksikan acara penyematan sabuk hitam DAN V Kehormatan Kukkiwon kepada Pangkostrad Letjen Muhammad Saleh Mustafa.

 

“Selaku Ketua Umum PBTI saya mengucapkan selamat atas penganugerahan ini, penganugerahan sabuk kehormatan tersebut sebagai bentuk apresiasi PBTI dan semua masyarakat taekwondo Indonesia atas dukungan luar biasa kepada Pangkostrad Letjen TN Muhammad Saleh Mustafa dalam membangun dan memajukan Taekwondo di tanah air yang kita cintai ini,” ujarnya.

 

PBTI berharap akan mempererat sinergitas TNI, khususnya Kostrad dengan PBTI dalam mencetak atlet-atlet yang dapat mengharumkan Indonesia di dunia internasional.

 

Ketua Panitia Pelaksana kejuaraan Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024, Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han., yang sehari-hari menjabat Asops Kaskostrad menambahkan, bahwa kejuaraan Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024 akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 9 hingga 12 Mei 2024 total Peserta 2904 Atlet, dengan rincian untuk Kategori Umum  2735 Atlet.  Kyorugi Pemula : 1759 Atlet, Kyorugi Prestasi : 544 Atlet, Poomsae Pemula : 331 Atlet, Poomsae Prestasi :101 Atlet.

 

Untuk Kategori TNI/Polri Total : 169 Atlet. Kyorugi Prestasi 148 Atlet dan Poomsae Prestasi  21 Atlet (Penkostrad).

 

Autentikasi

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

nasional

Tingkatkan Pelayanan Prima, Ini Pesan Kepala Rutan Kepada Petugas Wasrik Rutan Cipinang

Published

on

By

Jakarta – Evaluasi dan percepatan terus dilakukan Kepala Rutan Kelas I Cipinang dalam mencapai keberhasilan pembangunan Zona Integritas (ZI) dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), salah satunya dengan memberi penguatan kepada Petugas Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) di Pos Jaga Wasrik, Rabu (24/7).

 

Didampingi Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas, Kiki Aji Hidayat dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Cipinang, Febrian Sony, Kepala Rutan menyampaikan arahan bahwa Petugas Wasrik merupakan “Front Liner” dalam hal pelayanan sesuatunya harus dipahami dan diimplementasikan dengan baik, Sukarno Ali memberikan arahan untuk meningkatkan hospitality dan budaya pelayanan prima petugas.

 

“Sebagai Petugas yang terdepan dan berinteraksi langsung dengan Masyarakat, hendaknya memberi kesan pertama yang baik, mengayomi dan rama kepada masyarakat, juga tetap mengedepankan sikap gagah, dan lugas,” Jelasnya

 

KaRutan juga memberikan penguatan terkait SOP terhadap tamu yang ingin berkunjung baik dari intansi lain, ataupun wartawan serta LBH. “Lakukan komunikasi yang baik, kita harus belajar dari peristiwa yang terjadi di tempat lain, bagaimana arogansi dapat diredam sehingga tercipta koordinasi dan komunikasi yang baik pula, tidak lupa untuk selalu mengedepankan Prinsip 5S, Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun,” Tegas KaRutan

 

Sukarno Ali terus menekankan peningkatan kualitas pelayanan publik yang sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat, kita perlu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih cepat, aman dan nyaman. Sehingga semakin meningkatnya indeks kepuasan masyarakatan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik termasuk di satuan kerja Rutan Kelas I Cipinang.

 

Semoga dengan adanya pelayanan prima dari petugas, perbaikan atau renovasi kantor, blok hunian dan segala fasilitasnya serta meningkatkan pembinaan bagi warga binaan, Rutan Cipinang dapat meraih WBK di Tahun 2024 ini,” ucapnya.

Continue Reading

nasional

Mengasah Keterampilan, Warga Binaan Rutan Cipinang dibekali Pelatihan Sablon Manual

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta kembali berupaya mengasah potensi yang dimiliki warga binaannya dengan berbagai macam pelatihan. Kali ini, warga binaan Rutan Cipinang diberikan pelatihan keterampilan sablon manual, Selasa (23/7).

 

Sablon manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang sebagian besar proses penyablonan masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya. Sablon manual mempunyai beberapa jenis sablon seperti rubber, super white, plastisol, discharge, water based, pigmen, flocking, puffy/foaming dan lain sebagainya.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali berharap program ini dapat menjadi bekal bagi para warga binaan setelah bebas menjalani pembinaan di Rutan Cipinang. “Pelatihan ini selain guna memenuhi hak warga binaan dalam hal pembinaan kemandirian, juga sebagai ajang untuk mengasah potensi mereka agar memiliki bekal keterampilan saat sudah bebas nantinya,” tuturnya

 

KaRutan menambahkan, melalui Sub Seksi Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) kami terus berupaya menciptakan wargabinaan yang kreatif dan produktif serta mendorong minat dan bakat dari warga binaan. “Kita fasilitasi apa yang menjadi minat dan bakat mereka. Kita beri ruang untuk berkreasi agar warga binaan dapat mengisi waktu secara produktif selama menajalani pembinaan,” ucapnya.

 

Pelatihan sablon ini dinilai akan mampu memberikan ilmu dan keterampilan kepada warga binaan untuk bekal penghidupan mereka di masyarakat. Program pembinaan keterampilan yang ada di Rutan Cipinang ini sudah menjadi program khusus untuk memberikan tambahan pengalaman dan praktik para warga binaan.

 

Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta tidak hanya mendapatkan kemampuan teknis, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat untuk memulai usaha sendiri setelah mereka kembali ke masyarakat.

 

“Dengan demikian, pelatihan ini menjadi salah satu upaya strategis dalam mendukung reintegrasi sosial dan dapat berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat yang ada di lingkungannya,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Dibalik Makanan Sehat dan Higienis, Para Pekerja Dapur Rutan Cipinang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Published

on

By

Jakarta – Dalam upaya menjaga kualitas dan kebersihan makanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, seluruh pekerja dapur menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Rutan Cipinang untuk memastikan bahwa makanan yang disajikan kepada para warga binaan selalu sehat dan higienis, Selasa (23/7).

 

Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan hari ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemeriksaan fisik menyeluruh hingga tes kebersihan tangan dan pemeriksaan kulit. Selain itu, para pekerja dapur juga menerima obat-obatan, vitamin dan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri serta lingkungan kerja.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menegaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Tim Poliklinik Kesehatan Rutan Cipinang mendatangi blok-blok warga binaan. “Kesehatan para tahanan adalah prioritas utama kami. Dengan memastikan makanan yang mereka konsumsi sehat dan higienis, kami berusaha menciptakan lingkungan yang aman dan sehat di dalam rutan,” ujarnya.

 

Selain pemeriksaan kesehatan, Rutan Cipinang juga menerapkan langkah-langkah preventif lainnya, seperti penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh pekerja dapur, penyediaan fasilitas cuci tangan yang memadai, dan pelatihan berkala tentang standar operasional prosedur (SOP) kebersihan dapur.

 

Andre, salah satu pekerja dapur, mengungkapkan rasa syukurnya atas perhatian pihak rutan terhadap kesehatan pekerja. “Dengan pemeriksaan kesehatan ini, kami lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja. Kami berharap bisa terus memberikan makanan yang sehat dan higienis untuk para tahanan,” tuturnya.

 

Langkah ini diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit melalui makanan dan memastikan asupan gizi yang baik bagi para warga binaan selama berada di Rutan Cipinang. Dengan komitmen kuat dari seluruh pihak, Rutan Cipinang terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi semua penghuninya.

Continue Reading

Trending