Connect with us

TNI / Polri

Danlantamal II : Pertempuran Laut Teluk Sibolga Merupakan Bentuk Patriot Seorang Jalasena

Published

on

TNI AL, Sibolga,- Masih dalam kegiatan Kunjungan Kerja, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Syufenri, S.Sos., M.Si., beserta rombongan menghadiri acara “Mengenang Pertempuran Teluk Sibolga 10-12 Mei 1947” yang dihadiri oleh Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Robiyanto, S.H., M.Tr. Hanla., dan Forkopimda Sibolga-Tapteng, Selasa (11/06/2024).

Walaupun tanggal dan waktunya sudah berlalu beberapa hari, jika kita tepatkan dengan waktu saat ini, akan tetapi tidak mengurangi rasa khidmatnya acara ini. Acara dalam rangka memperingati Pertempuran Laut Teluk Sibolga merupakan pertempuran antara Angkatan Laut Belanda dan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada tanggal 10 dan 12 Mei 1947 di Teluk Sibolga.

Pertempuran ini menjadi salah satu perang ikonik di era Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Pertempuran diawali oleh Patroli Kapal Penghancur HRMS Banckert JT-1 milik Belanda yang memasuki wilayah Teluk Tapian Nauli dan menghambat kapal dagang Singapore yang memang pada kala itu Pelabuhan Sibolga menjadi lokasi lalu lintas kapal ekspor dan impor.

Setelah diberi peringatan dan tidak juga digubris, Letnan Oswald Siahaan memimpin pasukan untuk mengusir kapal tersebut. Namun ditengah jalan tiba-tiba kapal milik Letnan Oswald Siahaan malah dikepung dan ditembaki  sehingga terjadi adu tembak dan mundur karena jumlah yang tidak sebanding.

12 Mei 1947 Residen Tapanuli memerintah penyerbuan bersenjata terhadap Kapal Perang Belanda. Tidak tinggal diam Kapal Belanda membalas serangan sehingga mengakibatkan pos-pos ALRI, perumahan dan pelabuhan hancur. Meskipun begitu ALRI tetap berhasil memukul mundur walaupun menimbulkan beberapa korban jiwa dari ALRI.

Setelah pemutaran video pertempuran Laut tersebut, Danlantamal II Padang menyampaikan untuk selalu mempertahankan keutuhan negara, tingkatkan kesadaran bela negara serta semangat juang dan dedikasi kepada NKRI.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Sibolga-Tapteng, Keluarga Lettu ALRI (Purn) Oswald Siahaan dan Prajurit Lanal Sibolga.

 

(Pen Lanal Sibolga)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Bersama Jajaran Forkopimda Bintan Hadiri Rangkaian Sail to Tambelan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., dampingi Bupati Bintan bersama Forkopinda Bintan dan beberapa OPD terkait menghadiri rangkaian kegiatan Sail to Tambelan, Rabu (17/07/2024).

 

Acara dimulai saat Bupati Bintan bersama jajaran Forkopimda Bintan melepas peserta fun bike dengan rute start di Lapangan Sepak Bola Tambelan dan finish di Rumah Adat Tambelan dengan check point di Pelabuhan Tambelan dengan jarak 11 Km.

 

Selanjutnya Bupati dan Jajaran Forkopimda Bintan berbaur dengan masyarakat Tambelan untuk melaksanakan senam sehat bersama di Lapangan Sepak Bola Tambelan yang diikuti sekitar 3.000 orang.

 

Selesai melaksanakan senam sehat yang dipandu anggota Pos TNI AL Tambelan, kegiatan dilanjutkan dengan fun walk yang diikuti oleh masyarakat Tambelan dengan jarak sekitar 2,5 km dengan finish di Rumah Adat Tambelan. Acara dirangkai dengan pembagian hadiah door prize kepada peserta fun bike dan fun walk di Halaman Rumah Adat Tambelan oleh Bupati Bintan dan Forkopinda Bintan.

 

Kebahagiaan bagi masyarakat Tambelan karena dilengkapi dengan berbagai doorprize utama yang telah dipersiapkan oleh panitia berupa 1 (satu) unit Sepeda Motor Beat.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Acara Wisuda Universitas Pembangunan Panca Budi Sumatera Utara

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP, diwakili Aspers Danlantamal I Letkol Laut (KH) A. Imam Pambudi, menghadiri acara Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma Universitas Pembangunan Panca Budi, bertempat di Gedung Selekta Convention Hall Jalan Listrik No.02 Medan Sumatera Utara, Rabu (17/7/2024).

 

Kegiatan Danlantamal I tersebut merupakan undangan Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi yang mewisuda sejumlah 600 Mahasiswa/Mahasiswi Pascasarjana, Sarjana dan Diploma.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Sambut Kedatangan Kadiskual

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., menyambut kedatangan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., beserta istri dan rombongan, bertempat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (17/7/2024).

 

Adapun kedatangan Kadiskual beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja yakni kegiatan Rekonsiliasi Internal Semester I TA. 2024 UO TNI AL, yang akan diselenggarakan pada hari Kamis dan Jumat tanggal 18 dan 19 Juli 2024 di Gedung O.B. Syaaf Mako Lantamal I Belawan.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asrena Danlantamal I, Ka. Kuwil, serta Ka. Akun Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending