Connect with us

TNI / Polri

Buat BPJS Wajib Punya SIM, Bikin SIM Wajib Seratakan Sertifikat Mengemudi

Published

on

Jakarta, – Peraturan di Indonesia semakin membingungkan. Pasalnya bikin BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) harus disertakan dengan surat izin mengemudi (SIM). Nah kalau mau buat SIM wajib menyerahkan syarat yang lebih lengkap, seperti  menyertakan sertifikat dari sekolah mengemudi saat pembuatan SIM baru.

 

Sementara kepolisian mulai menguji coba kepemilikan BPJS Kesehatan sebagai syarat pengurusan SIM. Tak cuma BPJS, ada syarat lain yang harus dilengkapi untuk membuat SIM. Dalam tahap uji coba, harus memiliki BPJS untuk pengurusan SIM.

 

Penerapan tersebut akan dilakukan di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur pada 1 Juli-30 September 2024. “Akan dilakukan uji coba implementasi mulai tanggal 1 Juli 2024 sampai 30 September 2024 di tujuh wilayah kepolisian daerah, yaitu Polda Aceh, Polda Sumatera Barat, Polda Sumatera Selatan, Polda Metro Jaya, Polda Kalimantan Timur, Polda Bali, dan Polda Nusa Tenggara Timur,” papar Kasi Binyan Subdit SIM Dit-Regident Korlantas Polri AKBP Faisal Andri Pratomo.

 

Kewajiban memiliki BPJS untuk pengurusan SIM juga sudah tercantum dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 2 tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi pasal 9.

 

Syarat terbaru untuk membuat SIM harus menyertakan sertifikat dari sekolah mengemudi saat pembuatan SIM baru. Syarat ini sebetulnya sudah ada sejak lama, hanya penerapannya belum berjalan.

 

Aturan permohonan SIM harus menyertakan sertifikat mengemudi juga tertulis dalam Peraturan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 Perubahan atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

 

Pada pasal 9 tertulis beberapa syarat administrasi untuk pembuatan SIM, antara lain:

 

mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran SIM secara manual atau menunjukkan tanda bukti pendaftaran secara elektronik;

melampirkan fotokopi dan memperlihatkan identitas diri Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi warga negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi dengan memperlihatkan yang aslinya,

melampirkan surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, bagi pemohon SIM perorangan yang tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan mengemudi atau belajar sendiri melampirkan fotokopi surat izin kerja asli dari kementerian yang membidangi ketenagakerjaan bagi warga negara asing yang bekerja di Indonesia melaksanakan perekaman biometri berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata melampirkan tanda bukti kepesertaan aktif dalam program jaminan kesehatan nasional dan menyerahkan bukti pembayaran penerimaan bukan pajak

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Gelar Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 menggelar Program Jumat Berkah yang rencana kedepannya akan digelar secara rutin dengan tujuan untuk sedekah dan menyambung tali silaturahmi antar Personel Satlinlamil 3 yang dikemas dalam “Program Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit”, bertempat di Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Jumat (19/7/2024).

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa Program Jumat Berkah adalah program sedekah berupa pembagian bingkisan baik bahan makanan atau makanan jadi yang diberikan kepada personel ataupun masyarakat sekitar dengan tujuan sedekah dan menyambung tali silaturahim.

 

“Ide ini sebenarnya justru muncul dari para prajurit yang merasa terpanggil untuk menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi dan bersedekah. Satuan mencoba mewadahi keinginan mereka tersebut dan mewujudkannya. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk rasa peduli dan meningkatkan rasa berbagi kepada personel dan lingkungan sekitar,” ujar Dansatlinlamil 3.

 

Sebagai langkah awal, kegiatan Program Jumat Berkah dimulai dari lingkungan Satlinlamil 3 yang ditujukan untuk prajurit, dan kedepan kegiatan akan ditingkatkan dengan sasaran masyarakat sekitar yang melintas di depan Mako Satlinlamil 3.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Terima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menerima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban, S.H., S.K.K., M.K.P.,  bertempat di Ruang Kerja Danlantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (19/7/2024).

 

Adapun tujuan keunjungan Kapolres Pelabuhan Belawan tersebut dalam rangka bersilaturahmi dan perkenalan diri sebagai pejabat yang baru, sekaligus untuk meningkatkan hubungan dan soliditas yang telah terjalin baik selama ini serta sebagai salah satu sarana untuk menjalin komunikasi dan koordinasi antar pimpinan di jajaran Lantamal I dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan yang kuat di wilayah Belawan sekitarnya.

 

Komandan Lantamal I menyambut baik dengan penuh rasa keakraban dan persaudaraan atas kunjungan tersebut, serta berharap sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah sangat erat terjalin antara Lantamal I dengan Polres Pelabuhan Belawan terus terbina dan lebih ditingkatkan untuk menjaga serta menjamin situasi yang kondusif.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asintel Danlantamal I, Danpomal Lantamal I, Danyonmarhanlan I, Kasat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu Teguh Raya Putra Sianturi, KBO Sat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu M. Sibagariang.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rekonsiliasi Internal To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I Tahun Anggaran 2024 antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Keuangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., CFrA., CRMP., bertempat di Gedung OB Sya’af Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Kamis (18/7/2024).

 

Rangkaian kegiatan diawali dengan menerima Courtesy Call Kadiskual beserta Tim di Ruang VIP Mako Lantamal I, dilanjutkan acara Rekonsiliasi. Pada acara tersebut, Danlantamal I dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024 ini merupakan upaya untuk melaksanakan sistem keuangan yang sesuai dengan tuntutan Reformasi Birokrasi. Sinkronisasi terhadap data dan dokumen dalam pertanggungjawaban keuangan perlu untuk dilaksanakan secara berlanjut, guna menghindari kesalahan dalam administrasi keuangan yang akurat, handal dan akuntabel dapat kita wujudkan bersama.

 

Sementara itu, Kadiskual dalam sambutannya mengatakan bahwa Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistemsub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama, saya berharap momen Rekonsiliasi saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh entitas untuk meminimalisir permasalaha-permasalahan yang berpotensi mengganggu kualitas laporan keuangan semester I tahun 2024, khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

 

Adapun penyampaian materi oleh Letkol Laut (S) Wulan Furwanto, S.E., M.M., dan Letkol Laut (S) Yan Edward Saragih, Staf Diskual. Selesai Rekonsiliasi acara ditutup oleh Kadiskual yang diwakili oleh Kasubdis APK Diskual Kolonel Laut (S) Rahmad Agung W., S.T., M.Tr.Hanla., dan dihadiri Danlantamal I yang diwakili Wadan Lantamal I.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Lantamal I, Tim Itjenal, Srenal, Slogal, Kakuwil dan Ka. Akun Lantamal I, II, dan IV, Ka. Akun Lanal jajajaran Lantamal I, II dan IV, serta Fasharkan Mentigi.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending