Connect with us

nasional

Polri Gelar Fun Walk 2024 HUT Bhayangkara ke-78

Published

on

Jakarta – Polri menggelar Bhayangkara Fun Walk 2024 guna menyambut HUT Bhayangkara ke-78 pada Juli mendatang. Acara ini dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan pada Sabtu (22/6/2024).

 

Selain Kapolri, tampak hadir Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung ST Burhanudin dan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang ikut membuka acara dengan mengibarkan bendera.

 

Kapolri menuturkan, Bhayangkara Fun Walk 2024 adalah salah satu kegiatan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-78. Adapun tema fun walk ini adalah ‘Berjalan dalam Kesatuan’.

 

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri.

 

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, ada berbagai macam kegiatan selain fun walk yang menjadi rangkaian HUT Bhayangkara ke-78, mulai dari bakti sosial, bakti kesehatan, dan upacara pada 1 Juli mendatang.

 

“Rencana akan kita laksanakan di Monas, dengan melibatkan masyarakat juga dan kita harapkan kegiatan ini juga menjadi simbol bahwa Polri bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder terkait yang lain selalu bersama-sama untuk rakyat Indonesia,” ucapnya.

 

Dalam Bhayangkara Fun Walk ini ada dua klaster kegiatan. Pertama parade budaya dan seni dengan jarak tempuh 3,1 km dan untuk fun walk umum sekitar 4,2 km. Adapun pesertanya untuk parade seni dan budaya sebanyak 400 orang. Sementara untuk fun walk umum diikuti kurang lebih 4.000 orang baik anggota TNI-Polri dan masyarakat umum.

 

Fun walk pun diisi dengan games dan doorprize untuk anggota TNI-Polri serta masyarakat yang menjadi peserta. Diharapkan acara ini bisa melestarikan budaya Indonesia, memberikan hiburan, pola hidup sehat dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Continue Reading

nasional

Kanwil Kemenkunham DKI Jakarta, Meriahkan LIBA ASN Tahun 2024

Published

on

By

Jakarta – Liga Bola Basket (LIBA) Aparatur Sipil Negara (ASN) Antar-Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2024 menggelar dua pertandingan penting di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

 

Pertandingan ini merupakan bagian dari turnamen tahunan yang mempertemukan tim-tim bola basket dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia pada hari Sabtu (29/6)

 

Di awali sesi pagi hari berlangsung pertandingan perebutan juara 3 antara Tim Bola Basket Putri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melawan Tim Bola Basket Putri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur.

 

Meskipun mendapat dukungan penuh, Tim Bola Basket Putri Kemenkumham harus mengakui keunggulan lawannya. Tim Bola Basket Putri Pemprov Kaltim berhasil memenangkan pertandingan tersebut dan meraih gelar juara 3 Liga Basket ASN 2024 dengan skor akhir 41-26

 

Pada sesi malam harinya dilanjutkan dengan pertandingan final antara Tim Bola Basket Putra Kemenkumham melawan Tim Bola Basket Putra Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Pertandingan ini menjadi puncak dari rangkaian turnamen LIBA 2024, dan kedua tim menunjukkan performa terbaik mereka untuk memperebutkan gelar juara, namun dewi fortuna berpihak kepada Tim Bola Basket Putra Kemenkumham dengan skor akhir 41-28.

 

Pertandingan ini menarik perhatian banyak pihak, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kota Jakarta, Bapak H. R. Andika Dwi Prasetya, serta pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI . Selain itu, Rutan Kelas I Cipinang turut memeriahkan pertandingan dengan mengirimkan 62 pegawai untuk menjadi supporter yang menambah semangat pemain.

 

Keikutsertaan ini juga menjadi bukti bahwa semangat kebersamaan dan dukungan dalam tim tidak hanya berasal dari para pemain, tetapi juga dari seluruh jajaran Kemenkumham.

 

“Kami senang sekali menjadi bagian & turut berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini yang sangat memotivasi agar kita semua selalu membangun hal-hal positif serta senantiasa hidup sehat dan Bahagia” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Kota Jakarta Bapak H.R Andika Dwi Prasetya

 

Liga Bola Basket ASN 2024 ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga sebagai sarana mempererat hubungan antar-aparatur sipil negara dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Semoga semangat sportivitas dan kebersamaan terus terjaga dalam setiap kompetisi yang diadakan.

Continue Reading

nasional

Jumat Berbagi : Kepala Rutan Cipinang, Senyumanmu Membuatku Bahagia

Published

on

By

Jakarta – Jum’at berbagi merupakan suatu kegiatan berbagi yang dilaksanakan pada hari jumat dan bagi siapapun yang melaksanakannya akan mendapatkan ganjaran berlipat ganda.

 

Untuk itu, jajaran Pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melaksanakan kegiatan jumat berbagi yang berlokasi di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Jalan Bina Marga Cipayung Jakarta Timur, Jum’at (28/06).

 

Kegiatan ini dimulai selepas sholat Jumat diikuti oleh jajaran Pegawai Rutan Cipinang yang dikomandoi langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali bersama Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Cipinang, Febrian Sony.

 

Dengan kompak dan penuh semangat Jum’at berbagi ini bertujuan untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi serta saling berbagi kebahagiaan kepada sesama.

 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa uang, sembako, susu, pempers dan kebutuhan bayi lainnya yang diserahkan langsung kepada pengurus panti asuhan. Bantuan tersebut merupakan hasil sumbangan sukarela dari pegawai Rutan Cipinang.

 

Perwakilan dari pengurus panti menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang telah diberikan. “Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Rutan Cipinang atas bantuannya, ini sangat membantu kebutuhan kami disini. Semoga kebaikan bapak ibu digantikan oleh Allah SWT dan dilancarkan dari segala macam urusannya,” Ucap Pengurus Panti.

 

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang mengucapkan terimakasih kepada pihak Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa karena ketika kami melihat senyuman manis yang terpancar dari bayi itu, rasanya semua terasa indah dan kebahagiaan mengalir dalam hati kami untuk selalu bersyukur.

 

Lebih lanjut, “Saya berharap semoga kegiatan program Jumat Berbagi Rutan Cipinang ini bisa terus dilaksanakan, sebab dari kegiatan berbagi ini kita bisa belajar untuk membahagiakan orang lain sekaligus membersihkan hati dan harta yang kita miliki, Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk semuanya,” tutup Sukarno Ali

Continue Reading

nasional

Kurangi Over Kapasitas, 100 Warga Binaan Rutan Cipinang Mutasi Ke Lapas Narkotika Jakarta

Published

on

By

Jakarta – Guna mengurangi over kapasitas dan mengatasi overcrowded, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melakukan mutasi 100 warga binaan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Jakarta, Kamis (27/6/2024).

 

Sebelum dipindahkan menuju Lapas Narkotika, 100 warga binaan tersebut terlebih dahulu menjalani tes kesehatan, penggeledahan fisik dan barang-barang milik dari warga binaan. Dilakukan juga pemeriksaan jumlah tahanan, kelengkapan berkas, serta pemborgolan sebelum masuk ke kendaraan tahanan untuk menuju Lapas Narkotika dengan pengawalan ketat oleh para Petugas Rutan yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Febrian Sony B.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menyampaikan over kapasitas merupakan salah satu kendala dalam berjalannya program pembinaan di Rutan serta menerapkan Back To Basic 3 + 1 yang dicanangkan oleh Ditjen PAS. Dengan adanya pelaksanaan mutasi ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah warga binaan dalam kamar hunian dan meningkatkan jalannya program pembinaan warga binaan pada Rutan Kelas I Cipinang.

 

“Kegiatan ini sudah menjadi program kami dan seharusnya dilaksanakan ketika narapidana sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) yang vonis hukumannya di atas satu tahun 6 bulan harus kami pindahkan ke lapas sesuai yang tertuang dalam UU No 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan.” tutup Sukarno Ali.

Continue Reading

Trending