Connect with us

TNI / Polri

Kasad Gelar Coffee Morning Dengan Awak Media

Published

on

Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar acara Coffee Morning dan Olah Raga Bersama dengan para petinggi media dan wartawan media massa, bertempat di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jl. Veteran No. 5 Jakarta Pusat, Rabu (24/06/2020).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam rilisnya.

Selaku penanggung jawab acara, Kadispenad mengurai tujuan digelarnya acara tersebut, yaitu sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kerja sama konstruktif yang selama ini telah terjalin antara TNI AD dengan media massa nasional.

“TNI AD menyadari bahwa media massa, baik cetak, elektronik maupun online, merupakan mitra Satuan Penerangan khususnya dan TNI AD pada umumnya, yang telah banyak membantu menyebarluaskan informasi tentang kebijakan, program satuan serta pelaksanaan tugas dan kinerja TNI AD kepada seluruh masyarakat di Indonesia, secara objektif dan transparan,” ujar Nefra.

Ditambahkan oleh Nefra, disamping menjadi sarana publikasi, media juga berperan penting sebagai sarana aspirasi masyarakat Indonesia terhadap institusi TNI AD.

“Itulah mengapa TNI AD selalu menjadikan media massa sebagai patner kerja sama agar TNI AD semakin profesional dan dicintai rakyat,” lanjutnya.

Kegiatan diawali dengan olah raga bersama di Lapangan Mabesad. Kasad didampingi para pejabat TNI AD dan segenap tamu undangan yang hadir melaksanakan jalan santai mengelilingi lapangan, dilanjutkan dengan ajang silaturahmi dengan Seluruh awak media yg hadir.

Kasad menyampaikan, diselenggarakannya kegiatan tersebut dalam rangka membangun kembali komunikasi dengan gaya baru, dan sekaligus meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh, dimana olah tubuh dan sinar matahari pagi sangat bagus bagi kesehatan.

“Namun, tetap mengutamakan protokol kesehatan, jaga jarak atau physical distancing, duduknya berjauhan
serta disediakan masker dan hand sanitizer,” ujar Andika.

Kasad menambahkan bahwa, komunikasi perlu dibangun dan dipelihara demi kepentingan masyarakat dan berharap upaya ini dapat lebih memudahkan pihak TNI AD dan awak media dalam bertukar informasi sebagai bentuk transparansi di masyarakat.

“Komunikasi perlu dilaksanakan terus menerus sebagai bagian dari transparansi informasi terhadap situasi yang terjadi,” ujar Andika.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang kesiapan TNI AD dalam penanganan Covid-19, Jenderal bintang empat ini menjelaskan bahwa pengadaan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) TNI AD telah siap dan dipergunakan untuk mendukung 68 rumah sakit milik TNI AD di seluruh Indonesia.

“Pembagian disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit. Kita akan menyiapkan PCR sebanyak 10.000,” jawabnya.

Sementara, terkait validasi Orgas TNI AD, Kasad menyampaikan bahwa saat ini TNI AD sedang melakukan validasi tahap kedua.

“Ini yang kedua, dipersiapkan guna menghadapi tantangan tugas ke depan. Karena memang itulah nature dari public policy, yaitu setiap organisasi publik itu harus berubah dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi,” tandasnya.

Usai olah raga bersama, acara dilanjutkan dengan ramah tamah menikmati hidangan tradisional yang telah disediakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama TNI AD, para pimpinan media nasional serta tamu undangan lainnya.

Sumber : (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Pelajari Strategi Komtijemsi OMSP, Pasis Sesko TNI Ikuti FGD Latihan Penyusunan Rentikon Kotama Ops TNI

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,-  Komandan Sesko TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (Han)., CHRMP., diwakili Wakil Komandan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., selaku Wakil Pimpinan Umum Latihan mengikuti kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Rencana Tindakan Kotama Ops TNI menghadapi Kontinjensi (Rentinkon Kotamaops TNI) Pasis Dikreg LII Sesko TNI TA 2024 secara virtual, bertempat di Graha Widya Adibrata Sesko TNI Bandung, Senin (6/5/2024).

Kegiatan FGD ini dilaksanakan di empat Kotama Ops yaitu di Kodam I/Bukit Barisan, yang secara paralel terhubung dengan Pasis di Graha Widya Adibrata Sesko TNI, di Kodam II/Sriwijaya (Gedung Serasan, Sesko TNI), di Armada I (Gedung Rinca, Sesko TNI), dan di Koopsudnas (Ruang TFG Pusoyu, Sesko TNI).

Komandan Sesko TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Sesko TNI, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber FGD yang sudah berkenan meluangkan waktunya memberikan paparan/pembekalan kepada Pasis sebagai bahan referensi yang akan digunakan sebagai data awal dalam penyusunan Naskah Rentinkon Kotamaops TNI, diantaranya Asops Kotamaops TNI, Kapolda setempat, pejabat pemerintahan dari BPBD, BMKG, PVMBG, dan Basarnas.

“FGD bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta memberikan pengalaman kepada Pasis dalam menyusun  Tindakan Kotamaops TN menghadapi Kontinjensi yang diprediksi akan terjadi di wilayah tanggung jawabnya,” tegas Komandan Sesko TNI.

Diakhir sambutannya, Dansesko TNI berharap para peserta diskusi dapat memanfaatkan kegiatan ini secara optimal dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan sasaran FGD. Kegiatan diakhiri  tanya jawab dan pemberian cinderamata.

Kegiatan diikuti oleh para Pejabat Utama Kotama Ops beserta jajarannya, para Pejabat Utama Sesko TNI, para Dosen/Patun Sesko TNI, para Pasis Dikreg LII Sesko TNI TA. 2024, serta para undangan.

Continue Reading

TNI / Polri

Dansesko TNI Pimpin Sertijab Dirbinjemen dan Dosen Ahli Bidang Strategi Sesko TNI

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,-  Komandan Sesko TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (Han)., CHRMP., bertindak selaku Irup pada Upacara Serah Terima Jabatan Direktur Pembinaan Manajemen (Dirbinjemen) dan Dosen Ahli Bidang Strategi (Dosli Bidang Strategi) Sesko TNI,  bertempat di Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Selasa (7/5/2024).

Pejabat yang melaksanakan sertijab adalah Dirbinjemen Sesko TNI dari Brigjen TNI Djonny Indramawan, S.E., kepada Kolonel Arh I Made Sudiana, S.E., , sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Latihan Sesko TNI sedangkan Dosen Ahli Bidang Strategi dari Brigjen TNI Budi Hariswanto, S.Sos., kepada Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., sebelumnya beliau Wadan Pusnerbad.

 

Kegiatan serah terima jabatan diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah jabatan.

 

Komandan Sesko TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa rotasi jabatan bukanlah merupakan suatu hal yang baru dan pula bukan begitu saja terjadi, karena kalau kita lihat mengandung makna yang begitu dalam selain merupakan suatu Tour of Area atau Tour of Duty. Rotasi juga   merupakan suatu bentuk refresing atau penyegaran bagi personel yang pindah maupun juga organisasi.

 

Sertijab ini merupakan suatu pembinaan pendayagunaan sumber daya manusia agar  optimal dan juga merupakan suatu indikator bahwa kesinambungan kepemimpinan dan suatu organisasi dilaksanakan dengan baik. Dalam pergantiaan personel ada suatu harapan tersendiri berupa terwujudnya penyegaran manajemen yang berimplikasi dengan peranan Sesko TNI dalam menghadapi situasi yang terus berkembang. Apabila kita perhatikan tugas dan kewajiban Dirbinjemen dan Dosen Ahli Bidang Strategi maka akan terlihat nilai kegiatan strategis dalam seluruh upaya peningkatan dalam mutu pendidikan Sesko TNI. Dalam peningkatan seluruh tugas tentunya dituntut memiliki wawasan yang luas berpandang jauh kedepan serta mampu berfikir  secara objektif yang komprehensif dalam pelaksanaan tugas.

Selanjutnya Dansesko TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaaan yang  setinggi-tingginya  atas dedikasi dan loyalitas serta kinerja yang telah diberikan  secara optimal kepada lembaga Sesko TNI kepada Brigjen TNI Djonny Indramawan, S.E., dan Brigjen TNI Budi Hariswanto, S.Sos. Kepada  pejabat baru, Dansesko TNI  mengucapkan selamat datang di jabatan yang baru,  semoga dalam melaksanakan tugas tentunya tidak menemukan  hambatan yang lebih dan selanjutnya diharapkan mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaik dalam rangka peningktan peran dan fungsi  jabatan yang diemban. Kegiatan diakhiri ucapan selamat, acara ramah tamah dan pemberian cinderamata.

Kegiatan diikuti oleh Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M.,  para Pejabat Utama Sesko TNI, para Perwira, Ketua dan Wakil Ketua IKKI Pragati Wira Anggini Cabang BS III Sesko TNI beserta Pengurus.

Continue Reading

TNI / Polri

TAHAN NAFAS BIDIK TEMBAK, PRAJURIT SATLINLAMIL 3 LANJUTKAN LATIHAN MENEMBAK TRIWULAN II TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Satlinlamil 3,-

Menembak dengan benar dan tepat sasaran bukanlah perkara yang mudah, diperlukan latihan secara kontinue dan yang tidak kalah pentingnya harus mengenal karakteristik dari senjata yang digunakan. Dalam rangka mewujudkan prajurit yang unggul dan profesional dalam hal menembak menggunakan senjata laras panjang, Satuan Lintas Laut Militer 3 menggelar latihan menembak hari kedua Triwulan II TA. 2024 di Lapangan Tembak Lanraki Lantamal VI Makassar, Selasa (7/4/2024).

 

Untuk latihan hari kedua, prajurit Satlinlamil 3 menggunakan Pistol G2 Combat dengan jarak 25 meter dan Senjata Laras Panjang SS2 V4 dengan jarak 100 meter posisi tiarap, duduk, dan berdiri.

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M.Tr. Hanla., mengatakan bahwa latihan menembak prajurit Satlinlamil 3 merupakan upaya pembinaan personel dan satuan dalam rangka mendukung penugasan dengan tantangan tugas yang semakin kompleks.

 

“Menembak bukan hanya sekedar menarik picu dan mengenai sasaran. Namun sebenarnya membutuhkan proses yang teliti mulai dari membuat gambar bidik, mengatur nafas dan menentukan ritme dalam menarik picu hingga peluru keluar dari laras senjata dan tepat mengenai sasaran yang dibidik.” terang Komandan Satlinlamil 3 yang juga mengikuti latihan menembak.

 

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PCS (J)., M.A., M.M.S., CHRMP., berpesan kepada jajarannya bahwa berlatih adalah bagian dari pembinaan personel dan satuan. Tidak ada prajurit yang hebat, yang ada adalah prajurit yang terlatih. Untuk itu, perlu dilaksanakan latihan secara terencana dan berkesinambungan sehingga kemampuan dasar dan naluri tempur prajurit tetap terjaga.

Continue Reading

Trending