Connect with us

Bisnis

Di Tanjung Priok, Kementan Lepas Ekspor Delapan Komoditas Pertanian Sekaligus

Published

on

Tanjung Priok – Peluang pasar internasional bagi komoditas unggulan pertanian semakin terbuka lebar. Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) memanfaatkan kesempatan ini dengan menggenjot ekspor produk pertanian unggulan Indonesia. Kepala Barantan, Ali Jamil lakukan ekspor terhadap delapan komoditas unggulan pertanian sekaligus ke berbagai negara tujuan, yakni Cina, Korea Selatan, Belanda, India, Thailand, Rusia dan Papua Nugini (22/4). “Peluang pasar ekspor pertanian Indonesia harus kita gunakan sebaik-baiknya dengan meningkatkan daya saing komoditas pertanian Indonesia di pasar Internasional,” ungkap Jamil.

Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok, Purwo Widiarto, menyampaikan bahwa berdasarkan data otomasi perkarantinaan IQFast BBKP yang melalui wilayah kerjanya sepanjang tahun 2018, frekuensi ekspor komoditas tumbuhan ke luar negeri yang melalui Tanjung Priok sebanyak 12.700 kali. Frekuensi tersebut meningkat 8% dibandingkan tahun 2017 yaitu 11.594 kali. Selama 2018 telah dilakukan ekspor terhadap komoditas tumbuhan berupa Kakao, Pinang Biji, Buah Manggis, Kopra, dan Dracena yang mencapai nilai Rp 3 T dengan kuantitas tertinggi adalah Kakao sebanyak 48.141,6 Ton yang memiliki nilai ekonomi sebesar Rp 1,1 T dengan tujuan Amerika Serikat, Meksiko, Ukraina, Jepang, Belanda, Vietnam, Thailand, Malaysia, Kroasia, China, Australia, Ekuador, Bangladesh, Philipina, Pakistan, India, Mesir, Estonia. Sedangkan nilai ekspor sejak Januari hingga April 2019 tercatat telah mencapai Rp 980,5 miiar dengan komoditas unggulan yang sama yaitu Kakao sebanyak 13.423,2 Ton atau senilai Rp 308,7 miliar dengan tujuan negara yang sama.

Selain komoditas tumbuhan, selama 2018 juga dilakukan ekspor terhadap komoditas unggulan hewan, tercatat sebanyak 891 kali dan tahun 2017 sebanyak 412 kali yang berarti mengalami kenaikan sebanyak 53%. Selama kurun waktu 2018, ekspor komoditas hewan melalui Karantina Pertanian Tanjung Priok mencapai Rp 704,4 miliar dengan komoditas unggulan tertinggi adalah Cattle Bone Grist tujuan Jepang sebanyak 441 Ton atau setara dengan Rp 198,4 miliar. Sedangkan pada awal 2019 hingga April tercatat telah mencapai angka Rp 60,5 miliar dengan komoditas yang sama yaitu Cattle Bone Grist tujuan Jepang sebanyak 126 ton yang setara dengan nilai Rp 56,7 miliar. Selain itu sebanyak 2 ton Kulit Sapi Jadi tujuan Filipina dengan nilai Rp 1,1 miliar juga menjadi komoditas unggulan ekspor ke pasar Internasional.

Adapun komoditas pertanian yang diekspor hari ini yaitu Kakao Biji sebanyak 160 Ton, Kopra sebanyak 96 Ton, Pinang Biji sebanyak 81 Ton, Manggis sebanyak 75 Ton, Olahan susu 17,3 Ton, Dried Black Soldier Fly Larvae sebanyak 11,4 Ton dan 3.108 Batang Dracaena. “Memasuki trisemester yang kedua tahun ini, telah mencapai nilai ekspor sebesar Rp 1 T dan hari ini akan diekspor sebanyak delapan komoditas unggulan pertanian dengan total nilai ekspor Rp 11,1 M,” kata Jamil saat lakukan ekspor di Gudang CDC Banda, Tanjung Priok.

Jamil menyampaikan bahwa Barantan saat ini fokus dalam telah menjalankan program yang menjadi nawacita pemerintah berupa peningkatan ekspor khususnya komoditas pertanian. Barantan menyiapkan program Agro Gemilang yang bertujuan mempersiapkan para petani muda untuk memasuki pasar ekspor. “Kita lakukan percepatan layanan sekaligus lakukan pendampingan persyaratan Sanitary and Phytosanitary bagi eksportir agar produk kita dapat langsung diterima,” tegas Jamil.

Dalam peluncuran ekspor tersebut selain penyerahan sertifikat Phytosantary Certificate sebagai persyaratan negara mitra dagang, juga penghargaan kepada PT Mahkota Manggis sebagai perusahaan patuh karantina. Perusahaan ini dinilai sangat kooperatif dan patuh lapor karantina serta terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana instalasi karantina tumbuhan yang dimiliki.

Turut hadir pada acara pelepasan ekspor kali ini adalah instansi lingkup Pelabuhan Tanjung Priok, eksportir, berbagai Dinas Pertanian terkait wilayah Bogor, DKI-Jakarta dan Purwakarta.

Narasumber:
1. Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D – Kepala Badan Karantina Pertanian
2. Ir. Purwo Widiarto, MMA – Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Krista Exhibitions l Gelar Indo Leather & Footwear Expo 2022 Dibuka Direktur Jenderal Kementerian Perindustrian

Published

on

By

JAKARTA, – Penyelenggara pameran Krista Exhibitions kembali akan menggelar pameran terbesar dan bertaraf internasional yang kali ini di bidang sepatu, kulit dan fashion yakni Indo Leather & Footwear Expo 2022.

Pameran ini digelar tanggal 25 – 27.Agustus 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Daud D. Salim, chief Executive Officer Kristamedia Pratama, mengatakan Indo Leather & Footwear Expo 2022 merupakan pameran internasional ke-15 mengenai produk kulit dan alas kaki, mesin, teknologi manufaktur, bahan dan layanan.

“Pameran ini akan diikuti lebih dari 110 peserta dengan target pengunjung sebanyak 5.000. pengunjung dari berbagai negara seperti China, Hongkong, India, Indonesia dan lain-lain,” ujar.Daud D. Salim dalam press conference melalui zoom, Kamis (25/8/2022).

Ia menjelaskan pameran akan menampil.an produk fashion alas kaki pria & wanita, sandal, semi-finished leather, finished leather, exotic leather, perabotan berbahan kulit, fashion berbahan kulit, jaket kulit, tas kulit, barang & bahan kulit, komponen & aksesoris sepatu, mesin dan teknologi pembuatan sepatu, penyamakan kulit, dan industri terkait lainnya.

Selain itu, pameran diselenggarakan bersamaan dengan National Sneakers Week dan juga Indo Garment & Textile Expo 2022 yang merupakan pameran internasional ke – 9 tentang mesin garmen dan tekstil, teknologi manufaktur, bahan dan layanan.

“Pameran ini akan menjadi booster bangkitnya industri persepatuan, penyamakan kulit dan barang jadi kulit. Semoga Indo Leather & Footwear Expo 2022 sebagai merupakan wadah bertemunya pengusaha B2B dan pengusaha yang menggeluti sektor industri kulit baik produsen, eksportir dan importir dari lokal maupun International serta turut mendorong Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ungkap Daud.

Untuk menarik animo pengunjung, Indo Leather & Footwear Expo 2022 akan menampilkan berbagai kegiatan menarik antara lain seminar, workshop, fashion shoe dengan tema : Young and Active, demo pembuatan sepatu, tas & barang jadi kulit, vest & aksesoris, demo tas & rok akan diperagakan oleh ATK Politeknik Jogyakarta.

Ada juga Seminar dr Tirta, seminar dari CSI dengan tema “Chance for Indonesia Footwear Producers in a Fast Changing Market” serta presentasi dengan tema dan acara menarik lainnya seperti menampilkan excotic skin Indonesia antara lain kulit phyton, biawak and buaya dari AIRAI, Melalui Indo Garment & Textile Expo 2022.

Krista Exhibitions juga turut mendukung program pemerintah “Kebaya Goes To UNESCO” untuk itu Fashion Sow kebaya akan ditampilkan bersama pengenalan nilai budaya Batik Indonesia.

Kesuksesan Indo Leather & Footwear Expo 2022 tidak terlepas dari dukungan:
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, KADIN Indonesia, KADIN Jakarta, Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO), Asosiasi Penyamakan Kulit (APKI), Asosiasi Industri Reptil dan Amfibi Indonesia (AIRAI), Asosiasi Indonesia Association of Exhibition and Convention Organizers (ASPERAPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), serta asosiasi terkait lainnya.

Continue Reading

Bisnis

Grand Opening Coffee Abdinagri Sajikan Hasil Petani Kopi Millenial Indonesia

Published

on

By

JAKARTA, – Indonesia memiliki potensi kopi yang berlimpah, karenanya dengan penelitian industri global mencoba untuk mendeveloper mengenai rasa kopi dan Indonesia yang memang dari hulu sampai hilir ada, apakah berpengaruh dengan kopi yang ada sampai kehidupan kopi rumah tangga dan petani kopi di Indonesia.

“Kita punya potensi kopi di Indonesia, apakah kita hanya menikmati trennya saja. Tapi kita tidak pernah tahu potensi kopi kita di hilir itu ada, padahal kita tahu potensi kopi kita itu ada di hilir sampai ke hulu dan semuanya ada belum lagi SDM kita di bidang kopi,” ungkap Coffee Director Abdinagri, Radiv Annaba kepada media usai Grand Opening Coffee Abdinagri, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Senin (20/07/2020)

Radiv menambahkan, kopi-kopi yang diramu di Coffee Abdinagri ini diambil dari petani-petani kopi millenial di Indonesia.

“Mereka akhirnya mulai mengerti potensi itu dan saya coba untuk menarasikan. Dan melalui Brand Abdinagri ini, kami coba menjadi corong bahwa potensi kopi Indonesia sangat besar,” ujarnya.

Masih katanya, penamaan Abdinagri ini sendiri adalah sebuah bentuk pengabdian dan kontribusi serta dedikasi untuk bangsa dan negara melalui industri kopi yang tidak sebagai produk saja, namun tentang SDM Indonesia untuk maju bersama-sama lewat kopi.

“Banyak kaitan yang ada didalamnya termasuk tenaga kerja dan juga bawa nama Indonesia, karena Indonesia ini sangat terkenal dengan kopinya dan kedepannya Indonesia bisa membawa kopi sebagai nasional branding untuk kita angkat di dunia Internasional,” ucapnya.

Continue Reading

Bisnis

Baratan DKI Jakarta Optimis ekspor Meningkatkan Meski Darurat Corona

Published

on

By

Jakarta – Ditengah situasi dunia, yang tidak menentu, tentunya berdampak sangat besar untuk indonesia. dengan adanya wabah virus corona berepek multi demensi seperti politik pasar kus rupiah budaya sosial tentunya ekonomi.

Dalam hal ini Kepala badan karantina kementerian pertanian (baratan) DKI jakarta cq Tanjung Priuk Purwo Widiarto mengatakan saat ini ekspor melalui tanjung priok masih setabil adapun kenaikan sedikit 2% sd 2,5% terutama buah manggis ke cina, memang ekspor manggis pada priode ini selama sebulan sampai dua bulan.

Kedepan dipacu sebab tidak lama lagi negara thailand akan panen raya manggis, keunggulan thailand jarak nya sangat dekat dan harganya sama.

Sedangkan impor menurun fluktuasi ekspor impor melalui pelabuhan tanjung priuk sesuai persedian dan permintaan pasar di dalam negeri.

Menyambut bulan suci ramadan dan Idul Fitri antara lain infor sapi hidup dan daging sapi yang berasal dari india dan juga daging kerbau yang berasal dari india, sedangkan komonitas bawang putih yang di infor dari cina persedur peperiksaan terhadap barang tersebut sesuai persedur (sop), saat jumpa dengan media dikantornya. Selasa.(24/3/2020)

Sementara tanaman hias tetap di ekspor ke korea selatan sebulan sekali demikian pula dengan teh.

1. TABEL SUBSEKTOR NO GOLONGAN VOLUME NILAI BARANG FREK KILOGRAM BATANG METER KUBIK KEMASAN EKOR 1 HORTIKULTURA 409,309 11,141,835,460 24 2 TANAMAN PANGAN 8,399,910 23,725,545,200 2 3 PERKEBUNAN 1,316,142 43,274,526,400 17 4 PETERNAKAN SUB TOTAL 10,125,361 – 0 – – 78,141,907,060 43 5 KEHUTANAN 16,000 690.776 4,347,643,580 7 6 PERIKANAN 7 LAIN-LAIN SUBTOTAL 16,000 – 690.78 – – 4,347,643,580 7 GRAND TOTAL 10,141,361 – 690.776 – – 82,489,550,640 50 2. TABEL DETIL KOMODITAS NO KOMODITAS EKSPORTIR TUJUAN VOLUME NILAI BARANG KILOGRAM BATANG METER KUBIK KEMASAN EKOR SEKTOR PERTANIAN HORTIKULTURA 1 DAUN PAKIS PT. FLOREX FARMINDO JEPANG 1820 179,940,600 2 BUAH MANGGIS PT. BUAH ANGKASA CINA 18720 602,784,000 3 BUAH MANGGIS PT. BINTANG KIAT KEMULIAAN CINA 19890 668,304,000 4 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17360 379,750,000 5 BUAH MANGGIS PT. BINTANG KIAT KEMULIAAN CINA 19890 668,304,000 6 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17360 379,750,000 7 BUAH MANGGIS PT. ALAMANDA SEJATI UTAMA CINA 17500 376,712,000 8 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 9 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 10 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 11 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 12 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 548,514,400 13 KUMIS KUCING PT. DWI SEJAHTERA NUSANTARA CINA 4000 212,800,000 14 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 15 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 483,735,000 16 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 17 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 421,419,600 18 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 483,735,000 19 BUAH MANGGIS PT. BUMI ALAM SUMATERA CINA 20325 369,915,000 20 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 17917.5 421,419,600 21 BUMBU PT. ESSENCE INDONESIA MALAYSIA 9000 558,132,820 22 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 484,130,920 23 BUAH MANGGIS PT. MAHKOTA MANGGIS SEHATI CINA 19112 484,130,920 24 BUAH MANGGIS PT. GRENCOFE PREMIUM INDONESIA CINA 17302.5 484,470,000 JUMLAH 409,309 0 0 11,141,835,460 TANAMAN PANGAN 1 DEDAK GANDUM PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. KOREA SELATAN 1050000 2,940,000,000 2 DEDAK GANDUM PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. KOREA SELATAN 7349910 20,785,545,200 JUMLAH 8,399,910 23,725,545,200 PERKEBUNAN 1 KAKAO CAKE PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA SPAIN 115200 1,989,120,000 2 KELAPA PARUT PT. PUTRA KARANGETANG RUSSIA 26000 718,200,000 3 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 8,592,962,000 4 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 6,596,170,000 5 KAKAO PASTA PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA AMERIKA SERIKAT 100000 8,475,012,000 6 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 107870 2,247,316,400 7 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL SINGAPURA 10000 308,000,000 8 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 107910 2,242,119,600 9 TEH PT. TRIJASA PRIMA INTERNATIONAL RUSSIA 151094 3,350,034,800 10 KAKAO CAKE PT. GANDUM MAS KENCANA PHILIPINA 10368 345,945,600 11 KOPI INSTAN PT. TRI CIPTA CHANDRA CINA 7200 289,296,000 12 KAPULAGA PT. PERMATA ABADI BERSAMA VIETNAM 26000 693,000,000 13 PINANG BIJI PT. PLANTEX SEMBADA INTERNATIONAL THAILAND 135000 3,496,500,000 14 KELAPA BULAT PT. PASIM SENTRA UTAMA THAILAND 55000 246,400,000 15 TEH CV. PRIMA RUSSIA 20000 422,800,000 16 KAKAO BUBUK PT. MANDALA PRIMA MAKMUR TURKI 16500 417,648,000 17 MINYAK SAWIT PT. ASIANAGRO AGUNGJAYA CINA 228000 2,844,002,000 JUMLAH 1,316,142 43,274,526,400 PETERNAKAN JUMLAH SEKTOR NON PERTANIAN KEHUTANAN 1 KAYU OLAHAN PT JARING JANGKAR JAYA CINA 294.11 1,647,004,800 2 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 53.05 285,750,360 3 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 96.45 500,984,960 4 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 97.68 502,284,720 5 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 53.05 248,330,740 6 KAYU OLAHAN PT. SUMBER GRAHA SEJAHTERA AMERIKA SERIKAT 96.45 601,182,960 7 GETAH DAMAR PT. ISG INTERNATIONAL THAILAND 16,000.00 562,105,040 JUMLAH 16,000 690.776 4,347,643,580 PERIKANAN JUMLAH – – LAIN-LAIN JUMLAH – 0 – – –

Continue Reading

Trending