Connect with us

TNI / Polri

Keseruan Para Tentara dan Polisi Kabupaten PPU di Dapur Umum Saat Bulan Ramadhan

Published

on

PENAJAM– Dampak dari penyebaran wabah Covid-19 sangat terasa bagi warga masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan sebagai bentuk kepedulian terhadap warganya, pemerintah Kabupaten melalui TIM GUGUS TUGAS COVID-19 bekerja sama dengan TNI-POLRI dirikan dapur umum.

Kegiatan dapur umum tersebut di mulai pukul 11.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita mulai dari membersihkan ikan, memotong sayur dan mencuci beras serta membuat bumbu yang melibatkan personil Kodim 0913/PPU dan Polres PPU bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 yang bertempat di Halaman Polsek Penajam KM 1 Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam Kabupaten Penjam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (30/04/2020).

Kapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha mengatakan, pihaknya turut prihatin karena wabah Covid-19 ini menyebabkan masyarakat kurang mampu terdampak secara ekonomi, sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Pendistribusian nasi bungkus untuk bagi warga kurang mampu ini merupakan wujud tanggungjawab social Polres PPU dan Kodim 0913/PPU kepada warga kurang mampu dan meringankan beban mereka karena terdampak Virus Corona,” jelas Kapolres.

Sementara itu di tempat terpisah Dandim 0913/PPU Letkol Mahmud mengatakan, Pendistribusian nasi bungkus kepada masyarakat Kabupaten PPU yang terdampak Pandemi Covid-19 tersebut, dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian TNI-Polri terhadap masyarakat yang kurang mampu.”ujarnya.

“Saya berharap,pada saat pendistribusian nantinya jangan sampai salah sasaran, berikan kepada warga yang benar-benar kurang mampu dan dengan adanya bantuan ini, dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu ditengah menghadapi Pandemi Covid-19 khususnya di wilayah PPU dengan harapan dapat membantu mengatasi kesulitan ekonominya,” Tegas Dandim 0913/PPU.

Pada kesempatan ini menu yang di masak oleh TNI-Polri dan Tim Gugus Tugas Covid-19 ialah, Nasi putih dengan sayur tumis kacang kecap manis dan lauk ikan goreng serta buah nanas sebagai pelengkap di tambah minuman gelas, dengan jumlah 250 bungkus dan nantinya akan di berikan kepada warga kurang mampu melalui pengantaran oleh petugas TNI dan Polri langsung ke rumah-rumah untuk berbuka puasa.

Sumber Penrem 091/ASN

Continue Reading

TNI / Polri

TNI AD Aktif Bantu Pemerintah Amankan Stok Pangan Nasional

Published

on

By

SUBANG, – Program Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang gencar dilakukan TNI AD, baik lewat pengolahan lahan tidur hingga panen raya, terbukti sangat efektif membantu pemerintah dalam menjamin dan mengamankan ketersediaan stok pangan nasional.

 

Hal tersebut disampaikan Kasad saat melakukan panen raya padi hasil Program Hanpangan dan budidaya padi Inpari 32, serta penggunaan mekanisasi dalam pertanian yang dikelola Kostrad di Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaheran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

 

Untuk melaksanakan program tersebut, Kostrad menggandeng PT. Sang Hyang Seri (SHS) dan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Pro Pak Tani), sebagai bagian dari komponen bangsa yang merasa terpanggil untuk membantu pemerintah di sektor pangan. Dimana program ini ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

“Kita perlu duduk bersama (untuk membahas) apa yang menjadi kendala, agar kita bisa membantu. Prinsip-prinsip awal ini, saya kira cukup menjanjikan nanti ke depannya, sehingga kita termotivasi untuk punya rencana yang lebih besar lagi. Bukan hanya di Subang ini, kita juga punya _project_ di Sukabumi, di Surabaya juga banyak beberapa titik pertanian di sana, di Jawa Tengah, Sumatera, kita terus berjalan. Mudah-mudahan dalam waktu dua tahun ke depan, saya kira bisa jadi salah satu contoh bagi yang lainnya,“ ujar Kasad.

 

Kasad menambahkan, Program Hanpangan yang dilakukan TNI AD ini juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi impor beras dan komoditi pangan lainnya.

 

Lokasi lahan Korporasi PT. SHS yang terletak di Desa Sukamandi mencapai luas 3.168,98 hektare. Sementara untuk percontohan yang dikerjasamakan dengan Kostrad dan Pro Pak Tani adalah seluas 30 hektare, dan baru dibuka seluas 15,7 hektare untuk ditanami padi jenis Inpari 32, serta menggunakan mekanisasi dalam pengolahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Adapun target produksi minimal 8 ton/hektare Gabah Kering Panen (GKP), dengan _offtaker_ (penjamin komoditas) hasil panennya yaitu Pro Pak Tani dan pihak TNI AD, dalam hal ini Kostrad.

 

Program Hanpangan Kostrad Budidaya Padi Inpari 32 dan mekanisasi pertanian dalam Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD yang dilaksanakan di Kabupaten Subang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AD dalam rangka membantu pemerintah menangani permasalahan pangan, serta sebagai bentuk bantuan kemanusiaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga setempat dan memberikan santunan kepada yatim piatu. *(Dispenad)*

Continue Reading

TNI / Polri

Pererat Soliditas, Danlanal Dumai Halal Bi Halal Bersama Walikota dan Forkopimda Dumai

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla., M.M., didampingi Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H., diikuti seluruh Perwira Staf dan jajaran Pangkalan TNI AL Dumai menghadiri Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H, bersama Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS., bertempat di Kediaman Walikota Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Kamis (18/4/2024).

 

Kegiatan Halal Bi Halal bersama Walikota Dumai yang dihadiri hampir seluruh Forkopimda Kota Dumai, instansi Pemerintah maupun Swasta, organisasi masyarakat dan para undangan, merupakan momen mempererat silaturahmi dan menjaga keharmonisan membangun solidaritas.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Paspotmar Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Efendi Samosir, Pasintel Lanal Dumai Mayor Laut (S) Memor Dimas Wonda, Dandenpomal Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Syafarudin, Kaur Minpers Pasminlog Kapten Laut (K/W) Letti Noprita, Amd., Keb., S.K.M., Dansatma Lanal Dumai Kapten Laut (KH) Arief Rahman Hakim, Perwira Staf dan jajaran serta perwakilan PNS Lanal Dumai.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Aksi Bersih Pantai di Pulau Tikus, Lanal Bengkulu Komitmen Dukung Program Laut Bersih di Provinsi Bengkulu

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu  melaksanakan kegiatan Aksi Bersih Pantai (Coastal Clean Up) di Pulau Tikus Kota Bengkulu, Kamis (18/4/2024).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup khususnya wilayah pesisir dan pantai agar kelestarian ekosistem terjaga dengan baik yang sejalan dengan Program Laut Bersih (Prolasih) TNI AL.

 

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla., menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Kebersihan pantai terutama di pesisir sangat penting untuk mempertahankan ekosistem alami lingkungan yang berdampak terhadap masa depan lingkungan hidup, maka dari itu sampah ini harus dikelola dengan baik tidak hanya tugas Pemerintah Daerah saja namun membutuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan pantai sehingga tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Danlanal Bengkulu.

 

Lanal Bengkulu mendukung setiap program yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup karena hal ini sejalan dengan Program Unggulan TNI AL yang dicanangkan Kepala Staf TNI AL (KASAL)  mengenai Program Laut Bersih untuk semua jajarannya diseluruh Indonesia.

 

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

Trending