Connect with us

TNI / Polri

Pangdam: Perlu Adanya Kewaspadaan dan Penanganan Lebih Atasi Covid-19

Published

on

Denpasar – Menyikapi perkembangan Virus Corona (Covid-19) di wilayah Provinsi Bali, dipimpin Gubernur Bali, I Wayan Koster selaku Ketua Gugus Tugas Provinsi Bali bersama Forkopimda Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi melalui Video Conference (Vidcon), pada Jum’at (1/5/2020).

Dalam pelaksanaan rapat melalui Vidcon tersebut, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., didampingi oleh Kasdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya dan para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, bertempat di Ruang Rapat Airlangga, Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Dalam rapat, Gubernur Bali pada intinya menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait hasil rapid test yang telah dilaksanakan di Br. Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli. Selanjutnya, perlu diambil langkah-langkah dan diharapkan peran serta dari TNI-Polri serta informasi adanya ABK yang akan datang dengan membawa 2.000 penumpang (PMI, TKI dan WNA).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana menyampaikan, mengenai kebijakan tentang karantina wilayah khususnya Desa Abuan, Kecamatan Susut ini langkah yang utama harus diambil sesuai dengan perkembangan hasil Rapid test. Dan pelaksanaan rafid test yang akan dilakukan hari ini sebagai langkah pemantauan yang perlu dilakukan.

Pangdam juga melaporkan, sudah dilaksanakan pembentukan dapur lapangan yang dikoordinir oleh Dandim dan Kapolres di daerah, dimana sistem pendistribusiannya tetap menjaga sterilisasi dan berpedoman pada SOP yang diatur oleh Satgas Kabupaten.

“Kedepan Satgas kami akan lebih menekankan aturan social/physical distancing dengan Kepolisian yaitu dengan menerapkan konsekuensi hukum,” tegas Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan kepada Danrem 163/WSA dan Dandim Jajaran Korem 163/WSA, bahwa dengan adanya pelaksanaan rapid test yang dilakukan oleh Satuan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi dan Kabupaten Bangli terhadap 1.210 warga Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut dengan hasil yang sangat mengagetkan karena dari 1.210 warga yang di tes hasilnya 767 non reaktif dan 443 reaktif.

Kondisi ini dinilai perlu adanya kewaspadaan dan penanganan yang lebih dari Satuan Gugus Tugas dibantu TNI dalam hal ini Kodim.

“Kodim perlu mengambil langkah-langkah yang tepat seperti isolasi daerah tanpa melupakan peran yang dapat dilakukan dalam meringankan beban dari warga yaitu penyiapan logistik dengan pembuatan dapur lapangan dan lain-lain,” tambah Pangdam

Petakan penyebaran dari PMI yang tidak terdata sehingga dapat diketahui apa ancaman yang mungkin terjadi dan bagi PMI yang belum terdata agar dilaksanakan isolasi mandiri.

“Agar didata tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah seperti: penyaluran Bansos, Kartu Pra Kerja, Kartu Sembako, bantuan Kemensos dan apa yang menjadi kebijakan dari Pemprov Bali, Pemkota dan Kabupaten,” tegas Pangdam.

Dari hasil rapid test yang telah dilaksanakan tersebut, maka untuk wilayah di Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kec. Susut, Bangli di berlakukan karantina wilayah dan untuk penyiapan logistik dengan pembuatan dapur lapangan/umum yang melibatkan personil dari Denbekangdam IX/Udy, Kodim 1626/Bangli, Polres Bangli, Tagana dan PKK Banjar Abuan untuk melayani sebanyak 2.640 orang yang terdampak karantina wilayah. (Red/Pendam IX/Udy)

Continue Reading

TNI / Polri

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Sambut Kedatangan Ketua Daerah Jalasenastri Armada I di TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus sambut kedatangan Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Yanti Yoos Suryono Hadi dalam rangka kunjungan kerja ke Yayasan Hang Tuah yang berada di Tanjung Pinang, Cabang 9 DJA I, Cabang 10 DJA I, Cabang 4 Korcab IV DJA I, dan Cabang 5 Korcab IV DJA I, Senin (20/05/2024).

 

Kedatangan Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Yanti Yoos Suryono Hadi Ke Yayasan Hang Tuah di TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang didampingi oleh Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Putri Haris Bima beserta Pengurus.

 

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I meninjau fasilitas yang ada di TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang meliputi Ruang Kelas, Kebersihan Halaman, Ruang Guru, Ruang Rapat, Ruang Bermain, Ruang Perpustakaan, dan MCK.

 

Pada kesempatan tersebut, Ny. Yanti Yoos Suryono juga mengarahkan kepada Ketua Yayasan Hang Tuah 2 untuk meningkatkan fasilitas yang ada di TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang saat ini, sehingga belajar mengajar bisa berharap dengan baik. Memberi arahan dan motivasi kepada Ketua Yayasan Hang Tuah, para Guru dan Pembina Yayasan Hang Tuah terkait langkah kedepan dalam memajukan TK Hang Tuah.

 

Pada Tahun Ajaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025, TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang menerima siswa/siswi didik baru untuk usia kelompok “A” 4-5 tahun, sedangkan untuk usia kelompok “B” 5-6 tahun.

 

Dengan membawa VISI “Membentuk Anak Yang Cerdas, Baik dan Terampil, Berakhlak Mulia, Sholeh/Sholihah Sehingga Terwujud Anak Yang Kreatif dan Mandiri”, dan MISI “Meningkatkan Disiplin dan Pengetahuan Anak, Melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Inovatif, serta Belajar Bersama dengan Metode Yang Menyenangkan”.

 

TK Hang Tuah 2 juga mempunyai program unggulan antara lain Mengaji Iqra, Manasik Haji, Hafalan Surat Pendek dan Doa, Angklung, Drum Band, Outing Kelas, Keliling dengan Kapal Pintar, KFC  Siaran RRI, TV Kepri, dengan dilengkapi Ruang Kepala Sekolah, Ruang Kelas Nyaman, Alat Belajar dan Permainan Lengkap, Ruang Mandi Bola, Talenpoin, Basket Ball, Kuda-kudaan dan Ruangan (ber AC), serta Halaman Bermain Luas.

 

Untuk kontak person dan persyaratan pendaftaran siswa/siswi baru TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang bisa menghubungi Bu Sari (0813 6370 5929), Bu Wani (0813 6655 5354), Bu Gita ( 0857 6143 9731).

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Silaturahmi Danlanal Simeulue Dengan Panglima Laot, Pelaku Usaha dan Nelayan Kabupaten Simeulue

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana S.T., M.T., M.Tr. Opsla., melaksanakan Kegiatan Silahturahmi dengan Panglima Laot, Pelaku Usaha dan Nelayan Kabupaten Simeulue, bertempat di Kantor Pelabuhan Perikanan Perintis Teluk  Sinabang, Desa Lugu, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Senin (20/05/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pelabuhan Perintis Perikanan Simeulue bertujuan menggali upaya Dinas Kelautan dan Perikanan dalam kegiatan Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan Sumberdaya Ikan di Kabupaten Simeulue karena banyak kesamaan potensi dalam masalah perikanan, sebagai sarana sharing dalam upaya menggali potensi inovasi dan juga menghimbau bagi para nelayan yang hendak melaut untuk melengkapi syarat-syarat perizinan kapal yang akan berlayar sesuai dengan syarat dan peraturan yang berlaku, permasalahan yang terjadi di wilayah perairan dapat diselesaikan secara adat dan kekeluargaan terlebih dahulu sehingga penegakan hukum menjadi usaha terakhir penyeselesaiannya, menertibkan boat yang melangar dengan menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan dan menjaga keamanan laut, bersinergitas dengan aparatur negara dalam hal ini Lanal Simeulue dalam pemeliharaan di wilayah pesisir dan perairan.

 

Hadir dalam kegiatan, Kepala Pelabuhan Perikanan Perintis Teluk Sinabang Petrus Hutahuruk, S.TP., Kepala UPP Syahbandar Sinabang, Perwakilan DKP Provinsi Ismadi, Panglima Laot Kabupaten, Para Pelaku Usaha Perikanan Simeulue, Para Siswa/Siswi PKL SMKN 3 Sinabang.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Lanal Simeulue Laksanakan Upacara Kebangkitan Nasional

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Pangkalan TNI AL Simeulue melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional, bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr. Opsla., bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Simeulue, Senin (20/05/2024).

 

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2024.

 

Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi sebagaimana telah dinyatakan oleh Presiden RI Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun kedepan dengan memaksimalkan bonus demografi.

 

Presiden juga menekankan bagaimana didalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah.

 

Internet di Indonesia telah mencapai 79,5% dari total populasi ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030.

 

Dalam aspek bisnis, sosial dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

 

Dititik inilah seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045″. Mari kita rayakan Kebangkitan Nasional Menuju Indonesia Emas.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

Trending