Connect with us

Metro

Jumlah Wartawan di Penjara Terus Meroket, FWJ Sebut Terancamnya Kebebasan Pers

Published

on

JAKARTA, – Belum usai permasalahan-permasalahan Negeri ini untuk menjamin perekonomian bangsa dan hak Demokrasi yang kian terkikis sehingga muncul kesenjangan sosial dan pengekangan akibat banyaknya aturan ditengah-tengah masyarakat. Bahkan dunia kembali digegerkan adanya pandemi Covid-19 yang menimpa banyak negara di dunia, tentunya hal itu telah memperburuk masalah kebebasan pers secara global. Pernyataan itu dikatakan Ketua Umum Forum Wartawan Jakarta (FWJ), Mustofa Hadi Karya yang biasa disapa Opan ini melalui siaran persnya, Rabu (16/12/2020) sore.

Opan juga merilisnya yang dikutip pada data terbaru Komite Perlindungan Jurnalis (CJP) pada Selasa (15/12). Dalam rilis yang diungkapnya ada 274 wartawan di dunia termasuk Indonesia yang masih berada di balik jeruji besi.

“Ini adalah jumlah terbesar wartawan yang dipenjarakan di dunia sejak CPJ rutin mengumpulkan data semacam itu sejak awal 1990-an. Artinya contoh kasus di Indonesia yang dialami para wartawan adalah kebebasan pers kita telah dikangkangi dengan munculnya UU ITE. “Ucap Opan.

Opan menyinggung UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dianggap tidak lagi menjadi payung hukum bagi profesi jurnalis. Bahkan secara global, ia menjelaskan tidak sedikit wartawan dipenjara karena sebuah pemberitaan di tahun 2020.

“UU ITE kan sebenarnya bukan untuk media massa (media online, media cetak, media electronik, dan radio). ITE itu setidaknya untuk penyaringan komunikasi di dunia maya (Sosial media) seperti FB, IG, twitter, WhatsApp, dan sejenisnya, itu artinya tidak berlaku untuk media massa. “Ungkapnya.

Penyebabnya, Opan menyimpulkan adanya protes dan ketegangan politik. Akibatnya jurnalis tidak lagi diperhitungkan karya tulisannya, melainkan telah dijadikan object kesalahan atas otoriternya pemerintah.

“Terkadang kita juga dalam keresahan, banyak bermunculan skenario-skenario yang dijadikan alat politik dimasa pandemi Covid-19. Dimana para pemimpin otoriter mencoba mengendalikan pemberitaan. “Singgungnya.

Sebelumnya dikabarkan, Direktur Eksekutif CPJ Joel Simon juga menyebut kejadian seperti itu sangat mengejutkan dan mengerikan. “Kami melihat rekor jumlah jurnalis yang dipenjara di tengah pandemi global,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Joel Simon mengungkapkan laporan penting itu menyalahkan kurangnya kepemimpinan global pada nilai-nilai demokrasi, dan khususnya serangan terhadap media yang dinilai memberi perlindungan kepada otoritas untuk menindak wartawan di negara mereka sendiri.

“Rekor jumlah wartawan yang dipenjara di seluruh dunia adalah warisan kebebasan pers. “kata Simon, seperti dikabarkan Reuters.

Bukan hanya itu, di negara-negara maju dan berkembang jumlah wartawan yang dipenjara juga meningkat secara signifikan termasuk Belarusia, dimana terpilihnya kembali presidennya yang sudah lama memicu protes massal, dan Ethiopia, kerusuhan politik telah menyebabkan konflik bersenjata.

Hal itu dijabarkannya dimana dua pertiga jurnalis di penjara, didakwa dengan kejahatan anti-negara seperti terorisme atau keanggotaan kelompok terlarang. Sementara itu, tidak ada tuduhan yang diungkapkan dalam hampir 20 persen kasus yang menyeret wartawan.

Continue Reading

Metro

PMI Jakarta Pusat dan Yayasan Perguruan Ksatrya Gelar Vaksinasi Covid-19

Published

on

By

Jakarta – PMI (Palang Merah Indonesia ) Jakarta Pusat bekerjasama dengan Perguruan Kasatria Jakarta Pusat gelar vaksinasi Covid-19 bertempat di sekolah , Jl Percetakan Negara no 235 D Jakarta Pusat Kamis.(29/7/2021).

”Jenis Vaksin yang digunakan disini Sinovac, target 500 orang usia beragam dari umur 12 Tahun sampai 59 Tahun,” kata Camat Cempaka Putih Andri Ferdian yang di dampingi Lurah.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan vaksinasi Ini adalah yang pertama di sekolah usai mendampingi Walikota dan Askersa Jakarta Pusat

Untuk persyaratan dan ketentuannya antara lain adalah, Warga Negara Indonesia (WNI) dari umur 12 – 59 tahun dan bagi usia 12 tahun – 17 tahun wajib didampingi orangtua dan wajib mendaftar link yg sudah tertera dalam Keadaan sehat / tidak sakit
Tensi dan tekanan darah (normal).

”Untuk pendaftaran semua link, dan target vaksinasi untuk hari 1000 orang, sampai saat ini yang sudah tervaksin 350 orang,” ujar Camat yang selalu berpenampilan necis (perlente) dengan Hand Phone kerennya.

Tim tenaga kesehatan untuk vaksinasi bantuan dari rekan – rekan PMI Provinsi dan Jakarta Pusat yakni 2 orang dokter dan 6 orang perawat.

”Kedepannya untuk vaksinasi kedua direncanakan tanggal 26 Agustus mendatang,” pungkasnya.

Continue Reading

Metro

KBPP Polri Pesanggrahan Bekerja Sama Dengan Polsek Pesanggrahan Jakarta Selatan Gelar vaksinasi

Published

on

By

Jakarta — KBPP Polri Pesanggrahan bekerjasama dengan Polsek Pesanggrahan Jakarta Selatan gelar vaksinasi Covid-19 bertempat di RPTRA Nusantara, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.Kamis. (29/7/2021).

”Jenis Vaksin yang digunakan disini Sinovac, target 500 orang usia beragam dari umur 12 Tahun sampai 59 Tahun,” kata Ricky selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan vaksinasi Ini adalah yang pertama untuk KBPP Pesanggrahan.

Untuk persyaratan dan ketentuannya antara lain adalah, Warga Negara Indonesia (WNI) dari umur 12 – 59 tahun dan bagi usia 12 tahun – 17 tahun wajib didampingi orangtua dan wajib mendaftar link yg sudah tertera dalam Keadaan sehat / tidak sakit
Tensi dan tekanan darah (normal).

”Untuk pendaftaran semua link, dan target vaksinasi untuk hari 500 orang, sampai saat ini yang sudah tervaksin 350 orang,” ujar Ricky.

Tim tenaga kesehatan untuk vaksinasi bantuan dari rekan – rekan KBPP yakni 2 orang dokter dan 6 orang perawat.

”Kedepannya untuk vaksinasi kedua direncanakan tanggal 26 Agustus mendatang,” pungkasnya.

Continue Reading

Metro

PMI Kota Jakarta Pusat Gelar Vaksinasi Untuk Mempercepat Penangana Covid-19

Published

on

By

Jakarta 29 Juli 2021 – Pandemi VOCID-19 Yang telah berlangsung lebih dari satu tahun tidak hanya berdampak bagi semua negara untuk keluar dari dampak pandemi.Hal ini dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Palang Merah Indonesia Kota Jakarta Pusat Menggelar vaksinasi covid-19 mendukung pemerintah dalam penanggulangan pandemi cobid-19 demi mewujudkan Indonesia Sehat, Hari ini Kamis.(29/7/2021),bertempat di Yayasan Peguruan Ksatrya jakarta pusat.

“PMI Kota Jakarta Pusat terus membantu pemerintah dam masyarakat, mempercepat vaksinasi agar pandemic covid-19 segera selesai,” ungkap ketua PMI Kota Jakarta Pusat, H.Soewardi Sulaiman.

Selama masa pandemi PMI Kota Jakarta Pusat juaga memberikan dukungan fasilitas cuci tangan sabun cuci tangan, dan pembagian masker sebagai upaya pencegahan dan respon terhadap Pandemi COVID-19.

Soal berapa target masyarakat tervaksin melalui program PMI Kota Jakarta Pusat ini, H. Soewardi Sulaiman mengatakan saat ini target adalah 1000 vaksinasi per hari.

Vaksinasi yang diperlukan untuk masyarakat umum, pelajar dan relawan Palamlng Merah Indonesia Kota Jakarta Pusat, dilaksanakan dua tahap, tahap pertama dilaksanakan 29 juli 2021 dan tahap kedua 26 agustus 2021.

Selain kegiatan vaksinasi, selama pandemi COVID-19 PMI Kota Jakarta Pusat telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai salah satu peran aktif dalam melayani masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dan teragenda dengan sasaran pemukiman warga, fasilitas umum,perkantoran dan layanan pendidikan.

Selama masa pandemi PMI Kota Jakarta Pusat juga memberikan dukungan fasilitas cuci tangan sabun cuci tangan, dan pembagian masker sebagi upaya pencegahan dan respon terhadap Pandemi COVID-19.

Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat umum terus dilakukan sebagai upaya penguatan kebiasaan prilaku hidup bersih dan sehat, serta untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19 di masyakat, PMI juga melaksanakan kegiatan penguatan prilaku Higienis Penyediaan Fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabun dengan menggunakan Pendekatan Pelibatan Promosi Kebersihan di sejumlah titik lokasi penyediaan fasilitas.

Continue Reading

Trending