Connect with us

Daerah

Badan Penghubung Provinsi NTT Dirikan Posko Bersama Satu Hati Untuk NTT

Published

on

Jakarta, – Cuaca ekstrem dampak siklon tropis Seroja terjadi di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT), Bencana banjir dan longsor tersebut memicu pengungsian lebih dari 8.000 warga setempat.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Senin (5/4), pukul 23.00 WIB sebanyak 2.019 KK atau 8.424 warga mengungsi serta 1.083 KK atau 2.683 warga lainnya terdampak. Warga yang mengungsi tersebar tersebar di lima kabupaten di wilayah Provinsi NTT.

Pengungsian terbesar diidentifikasi berada di Kabupaten Sumba Timur dengan jumlah 7.212 jiwa (1.803 KK) , Lembata 958, Rote Ndao 672 (153 KK), Sumba Barat 284 (63 KK) dan Flores Timur 256.

Siklon tropis ini berdampak di 8 wilayah administrasi kabupaten dan kota, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Malaka, Lembata, Ngada, Sumba Barat, Sumba Timur, Rote Ndao dan Alor. Total warga meninggal dunia (MD) berjumlah 128 warga meninggal dunia selama cuaca ekstrem berlangsung di beberapa wilayah tersebut, dengan rincian Kabupaten Lembata 67 orang, Flores Timur 49, dan Alor 12. Total korban hilang mencapai 72 orang, dengan rincian Kabupaten Alor 28 orang, Flores Timur 23, dan Lembata 21. kerugian total antara lain 1.962 unit rumah terdampak, 119 unit rumah rusak berat (RB), 118 unit rumah rusak sedang (RS) dan 34 unit rumah rusak ringan (RR), sedangkan fasilitas umum (fasum) 14 unit RB, 1 RR dan 84 unit lain terdampak.

Dan Untuk meringankan beban masyarakat NTT terdampak bencana banjir dan longsor saat ini Kantor Badan Penghubung Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di Tebet Barat Dalam Jakarta Selatan telah membuka “Posko Bersama Satu Hati untuk NTT” dan diharapkan partisipasi masyarakat Indonesia, untuk bisa mengulurkan bantuan melalui Posko Bersama Satu Hati Untuk NTT di kantor penghubung provinsi NTT tersebut.

Aldo, Ketua Panitia Satu Hati Untuk NTT dalam acara jumpa Pers menegaskan bahwa ini adalah posko bersama agar mempermudah koordinasi dan pengiriman bantuan, kami membuka kontribusi masyarakat seluruh Indonesia untuk bersama satu hati untuk NTT, baik berupa uang, pakaian layak pakai, tenda, air mineral, selimut dan kebutuhan lain.

Sementara itu Kepala Badan Penghubung Provinsi NTT Donal Isak ikut turut memfasilitasi Pembukaan Sembako ini.

Panitia telah berkoordinasi dengan Garuda Indonesia, Lion Air dan TNI AU untuk pengiriman bantuan nantinya, pungkasnya

Continue Reading

Daerah

Pengusaha Muda Pemandu Taman Wisata Cibodas, Ambi: Potensi Pemandu Wisata Sangat Dibutuhkan

Published

on

By

Cianjur – Keberadaan pemandu Wisata memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan pariwisata di suatu daerah.

Cibodas merupakan Taman Wisata Pegunungan yang diapit antara Gunung Gede dan Pangrango, diketinggian 1425 diatas permukaan laut. Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara, diantaranya ada Kebun Raya Cibodas, Perkemahan Mandalawangi dan pendakian Gunung Gede Pangrango.

Buat para pendaki, selain hobi juga buat menenangkan pikiran dan banyak juga orang yang mendaki hanya untuk menambah koleksi foto nya di mensos.

Adalah Muhammad Said Ambiya, biasa akrab dipanggil Ambi, pemuda asli kelahiran Cibodas, Cimacan, Cianjur Jawa Barat, yang baru aja lulus kuliah komunikasi ini baru memulai usaha menjadi Pemandu Wisata di Cibodas dan juga menyewakan alat-alat kemping.

UMI AMBI ADVENTURE, ialah nama basecamp Ambi yang terletak tepat di dalam kompleks Taman Wisata Cibodas.

“Saya baru aja buka usaha Pemandu Wisata dan juga sewa alat alat-alat kemping di Taman Wisata yang ada di Cibodas ini.” tutur Ambi semangat.

Maka dari itu Ambi, panggilan sehari-harinya berharap sebagai pemandu wisata harus mempunyai pola perjalanan sebelum mengantarkan tamu-tamunya ke destinasi wisata yang akan dituju.

“Wisatawan tentunya membutuhkan pemandu wisata untuk menjelaskan berbagai potensi pariwisata yang akan didatangi nya, khusus nya destinasi wisata berbasis alam, semuanya mempunyai keinginan dan juga harapan yang berbeda.” ujar Ambi dengan usianya baru 23 tahun ini.

Ambi menambahkan, bagi siapa aja yang ingin berwisata ke Cibodas, bisa menghubungi lewat WhatsApp: 082321205285, nanti kami siap antar kemana saja yang diinginkan, khususnya Taman Wisata Cibodas.*
(Agung Orombo)

Continue Reading

Daerah

Berbagi Sesama Di Bulan Ramadan, Tiga Komunitas Tangerang Selatan Bagi-Bagi Ta’jil

Published

on

By

Tangsel – Tepat tanggal 1 Mei 2021, yakni para komunitas berkolaborasi diantaranya, Betawie Bagen Baee (BBB), WAG Berbagi Kasih dan Perkumpulan Advokat Betawi (PADI) Tangsel ini membagikan Ta’jil kepada masyarakat di Jalan Raya Dewi Sartika No 42 Ciputat Tangsel, dengan tema Ta’jil On The Road, Jalin Kebersamaan Tali Silaturahmi.

Dibulan yang penuh berkah ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai komunitas untuk selalu berbagi ke sesama mendulang pahala.

Adapun dalam kegiatan tersebut, kurang lebih 1000 Ta’jil habis dibagi-bagikan oleh para anggota serta pengurus masing-masing komunitas kepada masyarakat yang melintas di Jalan Raya Dewi Sartika No 42 Ciputat Tangsel. Untuk proses pembagian Ta’jil di lakukan secara mobiling menjaga antisipasi timbulnya kerumunan, serta diiringi musik OTM PRO INTERTAIMENT dengan hiburan bernuansa islami.

Kordinator Pelaksana acara, R Deden Iswandi, biasa disapa Denni Chogrex, Ketua Admin R Dadeng Maulana atau nama kerennya Bheta serta Ketua Admin PADI Tangsel, Jaka Sahroni, pada kesempatan ini Denni mengatakan, pelaksanaan acara Ta’jil On The Road ini berjalan lancar dan sukses dan juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Kami bersyukur acara yang kami lakukan menjelang waktu berbuka puasa mendapat sambutan positif dari masyarakat, ” ujar Denni.

Ditempat yang sama Betha mengatakan bahwasanya kita sebagai contoh komunitas yang selalu aktif dalam kegiatan sosial dan terus menjalin tali silaturahmi.

Ketua Admin PADI Tangsel Jaka Sahroni menambahkan, disini ada tiga komunitas guna bersama-sama berbagi keberkahan dibulan yang penuh berkah ini.

Hj Nyai Ratu Aida di sela-sela pembagian Ta’jil bersemangat kepada anggota dan pengurus untuk terus menjalin silaturahmi dan kegiatan ini akan selalu dilaksanakan setiap setahun sekali.

Tidak ketinggalan pencetus acara Ta’jil On The Road, Haji Nedih berharap dengan adanya pembagian Ta’jil, masyarakat kota Tangsel agar dapat melihat dan peduli, menjadikan aspirasi untuk berbagi dibulan Ramadan ini. Berikutnya akan banyak lagi kegiatan positif dari komunitas sebagai wujud rasa kebersamaan dan persaudaraan diantara kita serta sesama umat beragama tutup Haji Nedih. (Agung)

Continue Reading

Daerah

Lapas Serang Ikuti Pembinaan Kinerja dan Pembangunan ZI Oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM

Published

on

By

KOTA SERANG,- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang mengikuti Kegiatan Pembinaan Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM yang di laksanakan di Aula lantai 3, Kanwil Kemenkumham Banten. Rabu (28/04/2021)

Kegiatan ini diikuti secara langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita bersama Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten dan juga diikuti secara virtual oleh perwakilan dari anggota pokja yang ada di Lapas Kelas IIA Serang.

Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita menjelaskan bahwa Kegiatan tersebut dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsj (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dilingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten.

“Agenda pada kegiatan ini yaitu pemberian Penguatan terkait Pembangunan Zona Integritas dari Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Bapak Dr. Dhahana Putra, Bc.IP,. SH,. M.Si yang hadir langsung di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Banten,” ungkapnya.

Kalapas menambahkan bahwa jajarannya pun mengikuti kegiatan tersebut secara virtual di Lapas Serang.

Continue Reading

Trending