Connect with us

TNI / Polri

Jembatan Telah Terpasang, Warga Desa Bolo-Rade Kembali Tersenyum

Published

on

JAKARTA, – Tahap pembangunan jembatan Acrow Panel telah memasuki penyelesaian pembuatan pangkal jembatan penghubung di kedua sisi Sungai yang membelah Desa Rade dan Desa Bolo Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima.

Hingga hari kedelapan pada Sabtu ini (17/4/2021), pengerjaan pemberonjongan telah selesai seluruhnya untuk kedua sisi jembatan yang digunakan sebagai pangkal jembatan bahkan rangka jembatan pada Sabtu siang, sudah tampak terpasang.

“Pada hari kedelapan ini kami telah menyelesaikan pembuatan pangkal jembatan, dan akan dilanjutkan dengan pemasangan Jembatan Acrow Panel. Diharapkan dalam waktu dua ke depan, seluruh badan jembatan telah selesai dan sudah dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua, ” ujar Letkol Czi Alid Setiawan, Danyonzikon 13/KE.

Ditambahkannya, pemasangan Jembatan Acrow Panel ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding jembatan Bailey.

Jembatan Acrow Panel adalah pengembangan dari jembatan Bailey dan jembatan serbaguna yang dapat digunakan dalam kondisi kedaruratan.

Sistem Acrow Panel ini telah dikembangkan pada tahun 1960-an dan digunakan banyak negara baik untuk kepentingan militer maupun panaggulangan bencana. Dimana petak-petak jembatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan panjang bentangan tergantung lebar sungai.

Personel Yonzipur 13/KE selain membangun jembatan Acrow Panel di Desa Bolo-Rade ini, juga memperbaiki dua jembatan lainnya di Desa Woro dan Desa Campa.

Untuk jembatan di Desa Woro, sudah hampir selesai dan hanya tinggal proses meratakan dan pengerasan badan jembatan.

Sedangkan perbaikan jembatan di Desa Campa akan dikerjakan usai jembatan Rade-Bolo dan jembatan Woro selesai dikerjakan.

Ketua Satgas Penanggulangan Bencana NTB/NTT Kementerian PUPR RI Widiarto, saat meninjau pembangunan jembatan di Desa Rade-Bolo menyampaikan terima kasih atas sinergitas TNI Angkatan Darat dengan pihak terkait dalam mengatasi serta membantu kesulitan masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Bima.

“Inilah bentuk sinergitas dan kerja bersama antara TNI Angkatan Darat dengan seluruh komponen bangsa. Kami dari Kementerian PUPR sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapak Kasad atas bantuan dan respons cepatnya, ” tuturnya.

Dirinya menyampaikan, untuk pembangunan kembali jembatan yang terputus secara permanen, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Bima.

“Kami akan koordinasikan dan ajuan untuk pembangunan sudah kami terima, mudah-mudahan segera dapat direalisasikan, dan jembatan darurat Acrow Panel dari TNI AD ini tentunya sangat membantu dan bermanfaat bagi warga di sini, ” tukasnya.

Salah seorang warga Desa Bolo mengaku senang, melihat jembatan Acrow Penel pengganti jembatan yang putus telah terbentang menghubungkan desanya dengan desa tetangga.

“Kuat jembatan ini, dan cepat, siang malam Bapak Tentara kerja tidak kenal lelah, sebentar lagi kita bisa menyeberang ke desa Rade, ” ujar Muhamnad sumringah.(Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Jelang HUT Satuan, Jalan Masuk Pos KM Satgas Yonif 403/WP Dapat Bantuan Perkerasan Dari Warga Perbatasan

Published

on

By

JAKARTA, – Jelang HUT Satuan, Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dalam kegiatan pembenahan Posnya mendapatkan bantuan baik berupa tenaga dan semen dari masyarakat setempat Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat, (30/7/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa inisiatif kegiatan pembenahan Pos KM 140 dilakukan oleh Danpos KM 140 beserta anggota Pos disebutkannya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Yonif 403/Wirasada Pratista ke-56 dengan memperindah Pos agar terlihat lebih segar terutama akses jalan pintu masuk ke Pos KM 140 yang awalnya terbuat dari kayu sekarang mendapat dukungan dari masyarakat berupa semen sehingga akses jalan masuk dapat diperkeras.

“Pos KM 140 melaksanakan perbenahan beberapa fasilitas pos yang sudah dimakan usia atau sudah lapuk seperti akses jalan masuk menuju pintu gerbang Pos KM 140 yang awalnya terbuat dari kayu, tidak disangka-sangka mendapat dukungan dari warga setempat Kampung Monggoefi baik tenaga maupun bahan bangunan berupa semen. Hal ini sangat kami apresiasi karena telah berhasil merebut hati rakyat dengan mengedepankan 3S (Syaloom, Senyum, Sapa) sehingga mampu mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan tidak lupa kami juga mendorong Personel Pos KM 140 untuk selalu menjaga hubungan baik tersebut dengan rakyat,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Hengky Dwi C. menyebutkan bahwa kegiatan pembenahan Pos ini awalnya hanya dilaksanakan oleh personel Pos KM 140 saja, tetapi karena setiap pagi warga biasa berkumpul datang ke pelataran pintu masuk Pos yang sudah tersedia kursi panjang, tidak disangka masyarakat juga turut serta membantu dalam pembenahan Pos terutama pembenahan akses jalan pintu masuk Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Karena sering duduk santai bersama warga dengan kami siapkan kopi, biskuit dan sesekali makanan getuk buatan prajurit Pos sambil ngobrol-ngobrol ringan setiap harinya, tidak disangka melihat kami sedang melaksanakan pembenahan Pos masyarakat juga turut serta membantu kegiatan pembenahan Pos selain masyarakat membantu tenaga, masyarakat juga menyumbang 5 (lima) karung semen yang digunakan untuk memperkeras akses jalan masuk Pos KM 140 dan membuat ukiran tulisan Yonif 403/WP serta Garuda Merah di samping kiri dan kanan jalan depan pintu gerbang Pos,” ujar Hengki.

Sejalan dengan hal tersebut, Ondoafi Kampung Monggoefi Bapak Damianus Onangge (54) menyambut dengan gembira karena dirinya bersama warganya dapat membantu dan turut serta dalam pembenahan jalan akses pintu masuk Pos KM 140 yang biasa dirinya, anak dan istrinya serta warga Kampung Monggoefi duduk santai sambil bercengkrama bersama Danpos dan anggota Pos KM 140 dengan ditemani biskuit dan sesekali makan Getuk buatan prajurit Satgas Pos KM 140, dengan harapan ke depan hubungan harmonis antara Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dengan masyarakat Kampung Monggoefi semakin erat.

“Saya bersama warga Monggoefi merasa senang dapat membantu Bapak Danpos dan abang-abang Pos KM 140, ini boleh Bapak Danpos katorang jadi senang dan kamipun bersama warga semangat bisa bantu pos, semoga kegiatan ini semakin mempererat silaturahmi warga Monggoefi dengan Pos Satgas TNI KM 140,” ungkap Damianus. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Danrem 162/WB Tinjau Pos PPKM Mikro dan Bale Isolasi Terpadu Serta Serahkan Bansos

Published

on

By

JAKARTA, – Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han memuji dan mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) beserta jajarannya dalam menangani Covid-19.

Menurut Danrem, sejauh ini KSB telah menunjukkan kinerja yang baik dan progresif dalam menangani Covid-19. Sehingga KSB masuk dalam tiga besar kabupaten terbaik di Nusa Tenggara Barat dalam penanganan virus Corona.

“Saya melihat di KSB ini sudah melaksanakan langkah-langkah strategis yang begitu progresif, dari sinergitas organisasi perangkat daerahnya yang luar biasa, kemudian dukungan moril dan materiel dari kepala daeahnya sehingga KSB masuk dalam tiga besar yang terbaik,” kata Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han usai mengunjungi rumah isolasi terpadu di Kelurahan Telaga Bertong, Kamis (29/7).

Ia juga mengatakan bahwa rumah sakit yang siap menangani pasien, ketersediaan oksigen cukup stabil, tidak adanya peningkatan lonjakan kasus yang signifikan dibanding daerah lain, serta penanganan yang cukup baik didukung oleh agen program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR) membuat KSB luarbiasa.

“Kami berkunjung ke Sumbawa Barat sesuai perintah panglima Kodam IX/Udayana, kami melaksanakan pengecekan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Karena untuk Sumbawa Barat dalam saat ini masih dalam kondisi PPKM Mikro. Khusus untuk Mataram PPKM Darurat,” kata Danrem.

Dalam kunjungannya, Danrem mengecek kesiapan pelaksanaan PPKM Mikro mulai dari persiapan posko di masing-masing desa/ kelurahan termasuk ketersediaan lokasi bale isolasi terpadu di tiap desa/ kelurahan, serta bagaimana isolasi terpadu dan penanganannya berjalan dengan baik.

“Kami mengecek mulai bagaimana testing, traking dan treatmennya, kemudian pasien dirawat seperti apa sampai dengan dukungan logistiknya,” kata Danrem.

Korem 162/WB juga memberikan bantuan sembako maupun buah-buahan, dan obat-obatan, dengan tujuan dapat membantu percepatan penyembuhan, pemulihan pasien Covid-19 yang ada di daerah-daerah. Begitu juga bantuan sembako dari Presiden RI berupa beras 10 kg kepada masing-masing yang terdampak Covid-19.

Sebelumnya, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han memaparkan sejumlah langkah strategis yang harus dilakukan dalam menangani Covid-19 di Resto Hanipati Kecamatan Taliwang.

Usai kegiatan tersebut Danrem mengunjungi dua rumah isolasi terpadu dan Pos PPKM Mikro di Kelurahan Telaga Bertong dan Kelurahan Arab Kenangan serta memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat, tenaga Kesehatan dan UMKM serta memberikan bansos kepada petugas pos PPKM di Pelabuhan Penyeberangan Poto Tano.

Adapun yang hadir dalam kegiatan, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos, SH, M.Han, Bupati Sumbawa Barat dr.Ir. H. W. Musyafirin MM, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Kaharudin Umar, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST.,M.IP, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono S.I.K.,MH, Kajari Sumbawa Barat Soeseno SH MH., Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah ST. M. Si, Wakil ketua II DPRD Kabupaten Sumbawa Merliza S.Sos, I, M.M, Kepala BNNK
Dandenkesyah Mataram Letkol Ckm dr. IGN Gede Kartika, Sp.An Dirut RSUD Asy Syifa dr. Carlof Sitompul, Kasdim 1628/Sumbawa Barat Mayor Inf Dahlan S.Sos, Kadis Kesehatan Pemda Sumbawa Barat H. Tuwuh, Camat Taliwang Aku Nurrahman S.pd, Sekdis Kesehatan Pemda Sumbawa Barat Hj. Erna Indrawati,SE, Tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Sumbawa Barat. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Cuaca Hujan, Masyarakat Tetap Antusias Ikuti Vaksinasi di Lapangan Kodim 1801/Manokwari

Published

on

By

JAKARTA, – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., bersama Asops, Aster dan Kakesdam XVIII/Kasuari tinjau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi yang digelar oleh Kodam XVIII/Kasuari untuk masyarakat Manokwari, di lapangan tembak Kodim 1801/Manokwari, Kamis (29/7/2021).

Meskipun dalam kondisi cuaca hujan mengguyur wilayah Manokwari, antusias masyarakat masih tinggi untuk mengikuti vaksin yang digelar Kesehatan kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari tersebut. Menurut Pangdam, hal tersebut karena selama ini Kodam XVIII/Kasuari telah semaksimal mungkin menyosialisasikan pentingnya vaksin kepada masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat atas kesadaran yang tinggi untuk mau mengikuti vaksin walaupun pagi ini dalam kondisi cuaca hujan. Hal ini membuktikan bahwa sosialisasi dan edukasi tentang vaksin oleh Kodam Kasuari sampai kepada masyarakat, ”ujarnya.

Selain pelaksanaan vaksin, dilaksanakan juga pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Sosial Pangan (BSP) yang merupakan program Pemerintah dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 bagi masyarakat yang terdampak.

“Hari ini Bapak Ibu sekalian mendapatkan bantuan dari Pemerintah, hal ini sangat luar biasa dan membuktikan negara hadir ditengah-tengah kita di sini dengan memberikan bantuan, tolong ini dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan makan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan data masyarakat yang mendapatkan bantuan ini didata langsung oleh Dinas Sosial.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat buat Bapak Ibu sekalian sehingga kita bisa melewati perjalanan panjang dengan adanya Covid-19” ujar Pangdam.

Lebih lanjut ia mengimbau seluruh masyarakat untuk bersatu kompak dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, jangan lengah dan tetap menggunakan masker. Ia menuturkan saat di rumah, masyarakat dapat melaksanakan pencegahan dengan mengkonsumsi vitamin dan juga obat-obat tradisional.

“Sekarang yang bisa menyelamatkan diri kita adalah kita sendiri, kita harus mempunyai imun yang baik dan memiliki senjata yaitu vaksin. Saat ini banyak informasi hoax tentang vaksin, banyak yang membicarakan bahwa vaksin itu membuat orang meninggal, ini tidak benar karena tidak mungkin Pemerintah, dunia internasional terus membuat vaksin untuk membunuh,”tegasnya

Pada kesempatan yang sama, Kori Mandowen, pegawai Kelurahan Sanggeng menyatakan dirinya setelah divaksin, tidak merasakan apapun dan persaannya biasa-biasa saja. Ia mengatakan vaksin sangat penting bagi kesehatan.

“Saya sebagai pegawai kelurahan, datang ke sini untuk memberikan contoh kepada masyarakat lainnya bahwa vaksin itu aman, untuk itu saya mengharapkan kepada masyarakat bukan hanya yang ada di sanggeng saja namun seluruh masyarakat Papua Barat agar melaksanakan vaksin dan jangan terpengaruh terkait berita-berita yang tidak benar terkait vaksin karena kesehatan itu sangat penting,”ujarnya.

Terkait dengan penyaluran bantuan sosial yang diserahkan, Kori mengimbau agar masyarakat menggunakannya sebaik mungkin.
(Dispenad)

Continue Reading

Trending