Connect with us

TNI / Polri

Perbaikan Jembatan Woro Selesai, Satgas Zeni TNI AD Lanjut ke Jembatan Campa

Published

on

JAKARTA, – Untuk segera mengatasi kesulitan masyarakat akibat putus maupun rusaknya jembatan di tiga lokasi di Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Satgas Zeni TNI AD berkerja tanpa henti secara simultan.

Walau personel Satgas Zeni TNI AD fokus dalam pembangunan jembatan Acrow Panel yang menghubungkan Desa Bolo – Desa Rade, namun perbaikan jembatan di dua lokasi yaitu Desa Woro dan Desa Campa.

Perbaikan jembatan di Desa Woro telah diselesaikan pengerjaannya oleh personel Satgas Zeni TNI AD dari Yonzikon 13/KE dengan dibantu masyarakat setempat.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani turut terjun langsung membantu pengerjaan perbaikan jembatan di Desa Woro.

“Bapak-bapak terima kasih telah membantu TNI dalam perbaikan jembatan di Desa Woro ini. Jembatan yang rusak di Desa Campa tidak akan bisa kami perbaiki bila jembatan di Woro ini belum pulih sepenuhnya,” ujarnya di hadapan warga Desa Woro.

Danyonzikon 13/KE Letkol Czi Alid Setiawan menjelaskan, jembatan di Desa Bolo – Rade ini telah sampai pada tahap pemasangan gelagar dilanjutkan lantai jembatan serta perataan sisi-sisi tepi jembatan,” jelasnya.

Dirinya optimis jembatan penghubung dua desa ini dapat diselesaikan prajuritnya paling lambat pada hari Senin (19/4/2021).

Sementara itu, Komandan Kompi Yonzikon 13/KE Kapten Czi Ruzald Auparay menyampaikan, sebagian personelnya yang telah menyelesaikan perbaikan jembatan di Desa Woro, melanjutkan perbaikan jembatan di Desa Campa.

“Untuk perbaikan jembatan di Desa Campa ini memakan waktu lebih lama dari perbaikan jembatan di Desa Woro, namun kami tetap semangat dan optimis dapat menyelesaikannya sesuai target waktu yang diberikan,” ungkap Ruzald.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Woro, Abdul Farid Ismail, S.H., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI AD yang telah mengirimkan personelnya untuk memperbaiki jembatan di desanya yang merupakan akses vital roda perekonomian di Madapangga.

“Terima kasih kepada TNI Angkatan Darat yang telah bekerja pagi hingga malam hari untuk memperbaiki jembatan ini. Warga kami pun sangat antusias membantu agar jembatan ini dapat digunakan kembali dan aktivitas ekonomi warga kembali normal,” tukasnya. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Seluruh Masyarakat Jombang Siap Sukseskan Acara Pembukaan Liga Santri 2022

Published

on

By

JAKARTA, – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menegaskan bahwa Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Jombang siap menyukseskan pembukaan Liga Santri Piala Kasad tahun 2022 yang akan digelar di Stadion Merdeka Jombang mulai 20 Juni 2022 mendatang.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersyukur kehadirat Allah SWT, dan dengan program-program yang telah disiapkan oleh panitia, insya Allah Pemerintah Kabupaten Jombang siap untuk mengerahkan masyarakat, para pelajar dan santri pada pembukaan Liga Santri 20 Juni mendatang,” kata Bupati Jombang saat acara Silahturahmi Kasad dengan Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Jombang di Pedopo Kabupaten Jombang. Jumat, (20/5/2022).

“Dengan ridho Allah, mudah-mudahan kegiatan pembukaan dan pelaksanaan Liga Santri di Jombang nantinya dapat berjalan lancar,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Jombang menyampaikan bahwa Kabupaten Jombang yang dikenal dengan Kota Santri ini memiliki kurang lebih 200 Pondok Pesantren dengan jumlah santri sebanyak 70.000 Santri. Untuk itu, atas nama Pemerintah dan masyarakat Jombang mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang memilih Kabupaten Jombang menjadi tuan rumah pembukaan Liga Santri Piala Kasad.

“Juga terima kasih dari pengurus Pondok Pesantren di Jombang atas perhatian luar biasa TNI AD kepada Pondok Pesantren, mudah-mudahan semakin banyak santri-santri dari Jombang yang bergabung dengan TNI AD,” ucapnya.

Bupati Jombang juga memberikan apresiasi kepada TNI yang telah bersinergi dengan Polri dan masyarakat serta selalu mendukung program Pemerintah Kabupaten Jombang, terutama dalam penanganan Covid-19 sehingga Kabupaten Jombang sampai saat ini mencatatkan nol kasus Covid-19.

Sementara itu, Kasad menyampaikan bahwa Liga Santri Piala Kasad ini merupakan perwujudan, bakti, dan sumbangsih TNI AD kepada para santri dan lintas agama serta masyarakat Indonesia dengan harapan dapat menghadirkan bibit-bibit unggul pesepakbola dari kalangan santri, seperti Evan Dimas yang merupakan santri dan menjadi pemain sepakbola nasional.

“Dan tempat ini (Jombang) saya pilih menjadi tuan rumah pembukaan Liga Santri, karena merupakan Pusat Santri dengan jumlah santri puluhan ribu orang, sehingga strategis dalam memeriahkan dan menyukseskan kegiatan ini, serta harapan ke depan Jombang menjadi tempat idola para santri yang akan melahirkan para penerus bangsa yang kuat dan unggul,” ucap Kasad.

Kasad juga menyampaikan beberapa program-program TNI AD lainnya yang juga merupakan wujud kecintaan terhadap para santri dan wujud kehadiran TNI AD dalam menjadi solusi mengatasi kesulitan masyarakat, seperti penerimaan prajurit TNI AD dari Santri dan Lintas Agama, MTQ Nasional TNI AD yang diikuti oleh prajurit dan masyarakat sipil, TNI AD Manunggal Air Bersih serta Pompa Hidran, dan lain-lain.

“Setelah Liga Santri, TNI AD juga akan melaksanakan program Santri Mandiri di mana dalam program ini para santri akan diajarkan dan dilatihkan berbagai keterampilan sehingga menjadi bekal dalam mendukung kemandirian para santri di tengah-tengah masyarakat nantinya,” ujar Kasad.

Kasad juga mengucapkan terima kasih kepada semua komponen bangsa yang telah mendukung dan bekerja sama dengan TNI AD selama ini untuk membantu menyukseskan program pembangunan pemerintah sehingga diharapkan Indonesia menjadi negara yang maju dan kuat.

Dalam kegiatan ini, Kasad didampingi oleh Aster dan Asrena Kasad, Pangdam V/Brawijaya, Kasdam V/Brawijaya, Kadispenad, para asisten dan para Kabalakdam V/Brawijaya, Danrem 082/CPYJ, Danbrig 16/Wira Yudha, serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Jombang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pengurus Pondok Pesantren di Kabupaten Jombang. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apter, Sterad Gelar Harbang Puanter TNI AD di Kodam IX/Udayana

Published

on

By

Denpasar, – Guna meningkatkan profesionalisme dan kemampuan serta kesiapan Prajurit TNI AD khususnya Aparat Teritorial (Apter) kewilayahan, Staf Teritorial Angkatan Darat menggelar kegiatan Sosialisasi Pemeliharaan Pengembangan (Harbang) Kemampuan Teritorial (Puanter), bertempat di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Selasa (17/5/2022).

Dalam sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono pada saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan bahwa peran serta aparat teritorial tak luput dari kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi.

“Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kemampuan aparat teritorial sebagai ujung tombak TNI AD khususnya di Kodam IX/Udayana. Harapannya, aparat teritorial harus mampu beradaptasi dengan berbagai lapisan masyarakat dan dapat memberikan laporan yang bisa diterima oleh semua kalangan sesuai dengan data dan fakta di lapangan,” ujar Pangdam.

Terkait hal tersebut, Pangdam menekankan kepada seluruh peserta untuk memperhatikan dan menyimak semua materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya aparat teritorial Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokok di wilayah secara optimal.

Sementara itu, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Paban II Puanter Sterad Kolonel Inf Jaelan, S.I.P, mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan Harbang Puanter tersebut adalah untuk mengembangkan kemampuan Apkowil dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, hukum, kejurnalistikan serta pengumpulan informasi di era digital.

“Diharapkan kegiatan ini dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas Binter di wilayah di era yang penuh dengan digitalisasi, sehingga tujuan dan sasaran Binter akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila kita semua memiliki pengetahuan, kemampuan dan semangat untuk mentransformasi diri ke dunia digital,” ujar Aster Kasad.

Mengakhiri amanatnya, Aster Kasad berharap agar kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk mentransformasi diri ke dunia digital yang dapat memberikan manfaat bagi pribadi, keluarga maupun satuan serta masyarakat. Untuk itu, Aster Kasad menekankan agar implementasikan kegiatan ini dalam penugasan sehari-hari di lapangan.

Kegiatan yang digelar dari tanggal 17 hingga 20 Mei 2022 tersebut dihadiri oleh seluruh Pasiter, Para Danramil dan Babinsa Kodim Jajaran Kodam IX/Udayana baik secara tatap muka maupun virtual guna meningkatkan kesiapan prajurit teritorial dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Kasad Pimpin Upacara Pemakaman Militer Alm. Brigjen TNI Stepanus Mahury

Published

on

By

BANDUNG, – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M bertindak selaku Inspektur Upacara pada Pemakaman Militer Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/5/2022).

Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury meninggal dunia pada Sabtu Sore (14/5/2022) pukul 17.47 WIT, di Rumah Sakit Siloam, Ambon dikarenakan sakit. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Pria kelahiran Ambon, Maluku 17 Mei 1965 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1988 dan sebelum menjabat Kasdam XVI/Pattimura pernah menjabat sebagai Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan III.

Sebelum dimakamkan di TMP Cikutra, Bandung, Kasad juga bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penyambutan jenazah almarhum di Bandara Soekarno – Hatta yang tiba dari Ambon, Maluku dan persemayaman almarhum di Aula Ahmad Yani Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), Bandung.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan bahwa TNI Angkatan Darat sangat berduka dan kehilangan salah satu Perwira terbaiknya.

“Dengan kepergian Almarhum berarti kita semua kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.
Almarhum selama hidup telah bertugas dengan baik, sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat, sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa,” imbuh Kasad.

Usai memimpin Upacara Pemakaman Militer, Kasad menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Istri Almarhum.

Upacara Pemakaman Militer Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury juga dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, S.I.P, para Pejabat Kodam XVI/Pattimura, pihak keluarga dan Pejabat Utama Markas Besar Angkatan Darat.(Dispenad).

Continue Reading

Trending