Connect with us

TNI / Polri

Tingkatkan Kualitas Penelitian, Kadislitbangad Buka Penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023

Published

on

JAKARTA, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, membuka acara penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023 berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 s.d . 20 Agustus 2021 di Madislitbangad, Rabu (18/8/2021).

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa penelitian dan pengembangan Angkatan Darat merupakan salah satu fungsi khusus TNI AD yang bersifat melekat di setiap satuan TNI AD dan memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan modernisasi TNI AD baik dalam aspek insani, sistem, metode dan materiel. Sesuai fungsi tersebut, setiap tahun jajaran Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD melaksanakan program kegiatan Litbanghan baik Litbang Materiel maupun Litbang Insani dan Sismet yang diawali dari penyusunan dan pengajuan Konsep Ide Penelitian (KIP) dilanjutkan pembuatan proposal Litbang.

” Untuk menjamin kualitas penelitian dan optimalisasi kegiatan Litbanghan, baik materiel, insani maupun sismet diperlukan pembinaan fungsi Litbang secara terus menerus. Pembinaan fungsi Litbang kepada para penggiat Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD dilaksanakan oleh Dislitbangad selaku LKT fungsi litbang dalam bentuk kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA. 2023 agar kegiatan litbang dapat berjalan lancar, optimal dan memenuhi kaidah-kaidah ilmiah, “ujarnya.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 diselenggarakan dalam rangka menyeleksi dan menguji Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan TA. 2023 yang diajukan oleh badan pelaksana Litbang dan unsur Litbang Balakpus TNI AD, guna menentukan apakah kegiatan Litbanghan tersebut layak dan memenuhi syarat untuk diprogramkan pada rencana kerja dan anggaran TNI AD TA. 2023, dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menilai apakah kegiatan Litbanghan yang diusulkan oleh badan pelaksana Litbang dan unsur Litbang Balakpus TNI AD memiliki manfaat bagi prajurit dan satuan dalam mendukung pelaksanaan tugas, serta apakah hasil litbang mampu memberikan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh satuan. Berdasarkan hasil penilaian, maka Konsep Ide Penelitian(KIP) yang lolos seleksi dan memenuhi syarat akan dilanjutkan pada tahapan kegiatan berikutnya yaitu penilaian proposal yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Januari TA. 2022.

” Untuk menjamin obyektifitas penilaian, Dislitbangad sebagai penyelenggara telah menyiapkan personel yang memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk bertindak sebagai tim penilai. Saya menaruh harapan besar kepada para penilai untuk mampu bekerja secara profesional dan independen sehingga mampu memberikan penilaian secara obyektif, untuk meningkatkan kualitas penelitian melalui penilaian KIP Litbanghan Balakpus, ” sambungnya.

Di akhir sambutannya, Kadislitbangad memberikan penekanan untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 yaitu Pertama, laksanakan kegiatan penilaian Konsep Ide Penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TNI AD TA. 2023 secara profesional, obyektif, dan independen sehingga dapat dihasilkan konsep ide penelitian (KIP) yang betul-betul berkualitas. Kedua, berikan saran dan masukkan yang konstruktif kepada Puscabfung/Balakpus TNI AD guna penyempurnaan konsep ide penelitian (KIP) yang diusulkan. Ketiga, konsep ide penelitian (KIP) yang dinyatakan layak, dan memenuhi syarat agar segera ditindaklanjuti dengan penyiapan pembuatan proposal sebagai antisipasi kegiatan penilaian proposal yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.

Hadir pada penilaian Konsep ide penelitian (KIP) Litbanghan Balakpus TA 2023 tim peninjau dari Paban III/Litbang Asro Srenum, Paban III/Litbang Asro Srenad, Irut III Litbang Asri Itren Itben Irjenad dan para pemapar dari penggiat Litbang Balakpus dan Kotama TNI AD. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Lepas Keberangkatan Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., melepas keberangkatan Kapal Perang Angkatan Laut India INS Saryu P54, bertempat di Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (22/6/2024).

 

Pada kesempatan tersebut, CO INS Saryu CDR Rahul Kumar Jain mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Komandan Lantamal I, melalui Wadan Lantamal I yang telah menyambut baik kunjungannya.

 

Kapal Perang India INS Saryu P54 sandar di Dermaga Pelindo 104 Belawan selama 3 hari dari tanggal 19 sampai dengan 22 Juni 2024, dan telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperkuat kerjasama antara Angkatan Laut kedua negara, khususnya untuk meningkatkan persahabatan dan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan India, selanjutnya  berlayar untuk kembali menuju ke negaranya India.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aspotmar Danlantamal I, Kadis dan Kasatker Lantamal I, beserta para Komandan KRI, Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Personel Lantamal I Beserta ABK KRI Laksanakan Olahraga Bersama Dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I beserta ABK KRI, melaksanakan Olahraga Bersama dan Senam Yoga dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54, bertempat di Deck Kapal dan Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (21/6/2024).

 

Kegiatan olahraga bersama telah dilaksanakan dengan permainan Badminton dan Bola Volly pada sehari sebelumnya di lapangan olahraga Mako Lantamal I. Kemudian pada hari ini dilanjutkan dengan Senam Yoga.

 

Adapun maksud  dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menjaga kebugaran jasmani, serta menjalin keakraban dan kebersamaan, serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara, khususnya TNI AL, Lantamal I dengan Angkatan Laut India.

 

(Dispen Lantamal I )

Continue Reading

TNI / Polri

Dalam Rangka Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa Ikuti Senam Bersama dan Jalan Santai

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Bertempat di Lapangan Sulaiman Abdullah, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla Menghadiri Undangan Acara Senam Bersama dan Jalan Santai dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (21/6/2024).

 

Usai melaksanakan Senam bersama dengan Bupati Kepulauan Anambas dan didampingi jajaran FKPD Kepulauan Anambas dan Jajaran Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa mengibarkan Bendera Start sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Jalan Santai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Tarempa mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menghadirkan seluruh Jajaran FKPD, OPD dan segenap lapisan masyarakat Tarempa dan sekitarnya. Sehingga Komandan Lanal Tarempa langsung hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Senam bersama dan Jalan Santai.

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Senam Bersama dan Jalan Sehat Santai ini dalam rangka kita memeriahkan dan menyambut Hari Jadi 16 Tahun Kepulauan Anambas yang Insya Allah akan diperingati pada tanggal 24 Juni mendatang.

 

Selain itu, akan ada kegiatan lainnya seperti berobat gratis dan pembagian bantuan sosial yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga akan melengkapi rangkaian memeriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-16 Kabupaten Kepulauan Anambas yang kita cintai bersama.

 

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Danlanudal  Kapolsek Siantan, Danramil 02 Tarempa, Kepala Pos Basarnas Kabupaten Kepulauan Anambas, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Perwakilan Pimpinan Bank di Wilayah Tarempa, serta Masyarakat Tarempa dan sekitarnya.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

Trending