Connect with us

TNI / Polri

Personel TNI Evakuasi Tiga Orang Pengungsi Kiwirok

Published

on

JAKARTA, – Personel TNI dari Kolakops Korem 172/PWY kembali mengevakuasi sebanyak tiga orang warga Kiwirok ke Jayapura dengan menggunakan Helikopter type 412 EP TNI-AD Noreg HA – 5155, pada Rabu (22/9/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 172/PWY, ketiga orang pengungsi tersebut merupakan dua orang masyarakat pendatang atas mana Magdalena Esawaek (39) asal Biak guru SMP, Rospiani Purba (55) asal Medan guru SMP dan satu orang warga asli Kiwirok Yosepa Taplo (50) ibu rumah tangga.

Ketiga warga pengungsi melalui Staf Teritorial Korem 172/PWY telah diantar sampai ke rumah masing masing di Jayapura. Ketiga warga tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak TNI yang telah mengevakuasi mereka dari Distrik kiwirok.

Pasca kejadian aksi teror yang dilakukan oleh Kelompok separatis di Distrik Kwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang beberapa waktu lalu, telah menyebabkan masyarakat mengungsi ke Pos TNI.

Saat ini jumlah masyarakat yang mengungsi di Pos Satgas Pamtas Yonif 403/WP berjumlah 17 orang yang kesemuanya merupakan warga pendatang.

Selama proses evakuasi, aparat TNI mendapatkan gangguan tembakan dari pihak Kelompok Separatis Ngalum Kupel namun hal tersebut bisa diatasi, sehingga evakuasi dapat berjalan dengan aman.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan bahwa evakuasi masyarakat yang dilakukan saat ini merupakan keinginan masyarakat itu sendiri untuk keluar sementara waktu dari Distrik Kiwirok sampai keadaan kondusif serta roda pemerintahan berjalan normal kembali.

Pihaknya mengungkapkan, kondisi masyarakat yang mengungsi dalam keadaan baik dan untuk memenuhi kebutuhan mereka, TNI akan mengirimkan bantuan bahan makanan dari Jayapura menggunakan helikopter.

TNI telah menambah jumlah pasukan di Distrik Kiwirok dalam rangka pemulihan keamanan dan melakukan penindakan terhadap kelompok Ngalum Kupel. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Satlinlamil 3 Gelar Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit

Published

on

By

TNI AL, Makassar,- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 menggelar Program Jumat Berkah yang rencana kedepannya akan digelar secara rutin dengan tujuan untuk sedekah dan menyambung tali silaturahmi antar Personel Satlinlamil 3 yang dikemas dalam “Program Jumat Berkah Dari Prajurit Untuk Prajurit”, bertempat di Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Jumat (19/7/2024).

 

Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Tr. Hanla., menyampaikan bahwa Program Jumat Berkah adalah program sedekah berupa pembagian bingkisan baik bahan makanan atau makanan jadi yang diberikan kepada personel ataupun masyarakat sekitar dengan tujuan sedekah dan menyambung tali silaturahim.

 

“Ide ini sebenarnya justru muncul dari para prajurit yang merasa terpanggil untuk menyisihkan sedikit rizkinya untuk berbagi dan bersedekah. Satuan mencoba mewadahi keinginan mereka tersebut dan mewujudkannya. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk rasa peduli dan meningkatkan rasa berbagi kepada personel dan lingkungan sekitar,” ujar Dansatlinlamil 3.

 

Sebagai langkah awal, kegiatan Program Jumat Berkah dimulai dari lingkungan Satlinlamil 3 yang ditujukan untuk prajurit, dan kedepan kegiatan akan ditingkatkan dengan sasaran masyarakat sekitar yang melintas di depan Mako Satlinlamil 3.

 

(Satlinlamil 3)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Terima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menerima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban, S.H., S.K.K., M.K.P.,  bertempat di Ruang Kerja Danlantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (19/7/2024).

 

Adapun tujuan keunjungan Kapolres Pelabuhan Belawan tersebut dalam rangka bersilaturahmi dan perkenalan diri sebagai pejabat yang baru, sekaligus untuk meningkatkan hubungan dan soliditas yang telah terjalin baik selama ini serta sebagai salah satu sarana untuk menjalin komunikasi dan koordinasi antar pimpinan di jajaran Lantamal I dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan yang kuat di wilayah Belawan sekitarnya.

 

Komandan Lantamal I menyambut baik dengan penuh rasa keakraban dan persaudaraan atas kunjungan tersebut, serta berharap sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah sangat erat terjalin antara Lantamal I dengan Polres Pelabuhan Belawan terus terbina dan lebih ditingkatkan untuk menjaga serta menjamin situasi yang kondusif.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asintel Danlantamal I, Danpomal Lantamal I, Danyonmarhanlan I, Kasat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu Teguh Raya Putra Sianturi, KBO Sat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu M. Sibagariang.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Rekonsiliasi Internal To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I Tahun Anggaran 2024 antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Keuangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., CFrA., CRMP., bertempat di Gedung OB Sya’af Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Kamis (18/7/2024).

 

Rangkaian kegiatan diawali dengan menerima Courtesy Call Kadiskual beserta Tim di Ruang VIP Mako Lantamal I, dilanjutkan acara Rekonsiliasi. Pada acara tersebut, Danlantamal I dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rekonsiliasi Internal Penyelesaian To Do List dan Tutup Periode Semester I TA. 2024 ini merupakan upaya untuk melaksanakan sistem keuangan yang sesuai dengan tuntutan Reformasi Birokrasi. Sinkronisasi terhadap data dan dokumen dalam pertanggungjawaban keuangan perlu untuk dilaksanakan secara berlanjut, guna menghindari kesalahan dalam administrasi keuangan yang akurat, handal dan akuntabel dapat kita wujudkan bersama.

 

Sementara itu, Kadiskual dalam sambutannya mengatakan bahwa Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistemsub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama, saya berharap momen Rekonsiliasi saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh entitas untuk meminimalisir permasalaha-permasalahan yang berpotensi mengganggu kualitas laporan keuangan semester I tahun 2024, khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

 

Adapun penyampaian materi oleh Letkol Laut (S) Wulan Furwanto, S.E., M.M., dan Letkol Laut (S) Yan Edward Saragih, Staf Diskual. Selesai Rekonsiliasi acara ditutup oleh Kadiskual yang diwakili oleh Kasubdis APK Diskual Kolonel Laut (S) Rahmad Agung W., S.T., M.Tr.Hanla., dan dihadiri Danlantamal I yang diwakili Wadan Lantamal I.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Lantamal I, Tim Itjenal, Srenal, Slogal, Kakuwil dan Ka. Akun Lantamal I, II, dan IV, Ka. Akun Lanal jajajaran Lantamal I, II dan IV, serta Fasharkan Mentigi.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending