Connect with us

TNI / Polri

Kunjungi Akmil, Kadislitbangad Gelar Asnik Litbanghan TNI AD

Published

on

JAKARTA, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., melaksanakan kegiatan Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD Semester II TA. 2021 di Akademi Militer, Magelang, Senin (8/11/2021).

Disampaikan Kadislitbangad dalam keterangan tertulisnya bahwa Asnik ini merupakan tindaklanjut Asnik semester I pada tanggal 3 Juni 2021 lalu. Tujuannya untuk melihat bagaimana perkembangan hasil penelitian litbanghan di Sdirjianbang Akmil Litbang Insani yang berjudul Analisis Efektivitas Kurikulum Pendidikan Akmil dihadapkan dengan tujuan pendidikan.

Sebetulnya ungkap Terry Litbang Insani sudah di Asnik, namun apabila ada perubahan yang signifikan setelah penelitian lanjutan dapat dipertanggungjawabkan kepada tim Penilai pada kegiatan penilaian hasil Litbanghan yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 November s.d. 1 Desember 2021.

Terry pun memaparkan bahwa kegiatan Asnik pada Semester II TA 2021 adalah salah satu kegiatan bimbingan teknis Litbanghan oleh pemegang lanjutan LKT tingkat pusat (Dislitbangad) kepada penyelenggara litbanghan dan badan/pejabat yang berhubungan dengan litbanghan agar sesuai dengan sasaran dan tujuan. Yaitu untuk memberikan arahan atau supervisi ilmiah kepada pelaksana kegiatan litbanghan di lingkungan TNI AD, agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara objektif, rasional, terukur dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya dikatakan Terry, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2020, dapat disimpulkan secara umum, pelaksanaan kegiatan litbang telah berjalan dengan baik dan mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Namun masih dijumpai beberapa masalah yang perlu mendapatkan perhatian guna peningkatan kualitas litbanghan, agar produk yang dihasilkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya mendukung kemandirian industri pertahanan ataupun mendukung tugas pokok TNI AD.

“Permasalahan tersebut dikarenakan kegiatan litbang belum direncanakan secara optimal sehingga ditemukan kendala – kendala dalam proses pelaksanaan program produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis,” ujarnya.

Permasalahan selanjutnya, kata orang nomor satu di Dislitbangad tersebut yaitu masih terdapat hasil kegiatan litbang yang tidak dapat ditindak lanjuti dengan uji fungsi maupun penelitian yang belum bermanfaat sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan, yang menunjukkan hasil litbanghan kita masih belum mencapai harapan yang diinginkan pimpinan. Kemudian kerja sama Litbang dengan mitra kerja maupun konsultan eksternal masih belum menyentuh TOT (Transfer of Technology) maupun TOK (Transfer of Knowledge), sehingga sampai saat ini belum mampu meningkatkan kualitas SDM peneliti di jajaran balakpus TNI AD. Yang terakhir, kegiatan Litbanghan Balakpus dibuat hanya untuk memenuhi program satuan saja, belum mengacu kepada Road Map Satuan atau Renbut TNI AD.

Pada kesempatan tersebut, selaku Kadislitbangad, Brigjen Terry berharap agar pelaksanaan litbanghan dapat bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi integritas.

“Kami sebagai tim Asnik akan memberikan arahan, saran, masukkan serta solusi teknis terhadap permasalahan penyelenggaraan kegiatan litbanghan,” tergasnya.

Hadir dalam kegiatan Asistensi Teknis Litbanghan TNI AD Semester II TA 2021, di antaranya Wadirjianbang, Katimjianbanghan, para Kabag Sdirjianbang Akmil serta Tim Pokja Litbanghan 2021. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Peduli Kesehatan dan Keselamatan Personel, Balai Pengobatan Lanal Laksanakan Penyuluhan HIV

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Peduli akan kesehatan dan keselamatan Personel Lanal Nias, Kepala Balai Pengobatan Lanal Nias Letda Laut (K) dr. Bimasena T. Nugroho, MARS., sebagai Narasumber memberikan penyuluhan tentang HIV, bagaimana cara mencegahnya dan diakhiri dengan Screening HIV menggunakan sampel darah kepada seluruh prajurit Lanal Nias, Rabu (19/6/2024).

 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

 

Untuk pencegahan HIV/AIDS adalah saling setia terhadap pasangan, hindari berganti-ganti pasangan.

 

Hindari penggunaan narkoba terutama melalui jarum suntik dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Sinergitas TNI AL Dalam Laksanakan SAR di Perairan Pulau Boji Nias Selatan

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Sinergitas TNI AL dalam hal ini Babinpotmar Pulau Tello Lanal Nias bersama Tim SAR Gabungan dari Lanal Nias, Basarnas, dan Polairud Nias dibantu dengan nelayan setempat berhasil menemukan dan mengevakuasi mayat nelayan yang hilang kontak hari ke 6 (enam) di Perairan Pulau Boji (Pulau Bojo) Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (19/6/2024).

 

Kronologis kejadian, pada hari Kamis tanggal 13 juni 2024, sekira pukul 12.00 WIB, nelayan atas nama Novelis Telaumbanua (39 tahun), dengan alamat Hoyafana, Desa Oladano, Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, berangkat ke laut seorang diri untuk memancing seperti biasanya dengan menggunakan perahu motor 0,5 GT dan biasanya pulang kedarat diperkirakan hari Jum’at tanggal 14 Juni 2024, namun Sabtu pagi 15 Juni 2024 belum juga kembali.

 

Sehubungan tidak ada kabar membuat keluarga ybs cemas, dan pada Sabtu pagi tanggal 15 Juni 2024, keluarga menghubungi melalui telepon selurnya dari pagi hingga Sabtu sore sekira pukul 16.00 WIB namun tidak ada jawaban, setelah itu tidak aktif lagi sampai sekarang. Sekira pukul 16.00 WIB beberapa warga mencari dengan menggunakan perahu motor namun tidak berhasil ditemukan.

 

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP., yqng mendapatkan informasi dari Tim Basarnas  langsung memerintahkan Pgs. Palaksa Mayor Laut (P) Hasil Wantoro untuk mengirimkan Tim SAR dari Lanal Nias untuk membantu melaksanakan pencarian, dan mayat nelayan yang hilang kontak berhasil ditemukan oleh nelayan setempat dibantu oleh Babinpotmar Pulau Tello bersama Tim SAR Gabungan dari Lanal Nias, Basarnas dan Polairud Nias pada hari ke 6 (enam) di Perairan Pulau Boji (Pulau Bojo) Nias Selatan. Selanjutnya mayat akan diberangkatkan dari Pulau Tello menuju ke Pelabuhan Lama Telukdalam dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk proses pemakaman lebih lanjut.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Lanal Dumai dan Forkopimda Lepas Keberangkatan KRI Dewaruci dan Rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Selama 3 hari Jelajahi poin-poin strategis Jalur Rempah di Kota Dumai dan Siak Provinsi Riau sebagai salah satu wilayah strategis perdagangan dalam Jalur Rempah Nusantara, dengan menggelar kegiatan pentas seni dan budaya yang bertemakan Festival Multikultur Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024, KRI Dewaruci dan Rombongan MBJR berangkat dari Dumai untuk melanjutkan pelayaran menuju Sabang.

 

Komandan Lanal Dumai diwakili Palaksa Letkol Laut (PM) Priatno, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Drs. Siswanto,  Asisten II Kota Dumai Syahrinaldi dan Forkopimda Dumai hadiri acara pelepasan KRI Dewaruci dan rombongan MBJR Batch Kedua (Kayu Manis). Kegiatan pelepasan dilaksanakan di Dermaga

C Pelindo Regional I Cabang Dumai, Rabu (19/06/2024).

 

Dalam acara pelepasan tersebut, dilaksanakan persembahan tarian Japin Kreasi, Pemasangan Atribut oleh Pemko Dumai kepada perwakilan laskar Jalur Rempah (MBJR) Batch Kedua “Kayu Manis”, serta photo bersama.

 

Pelepasan tali tross secara simbolis oleh Danlanal diwakili Palaksa Lanal Dumai, perwakilan  Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, dan perwakilan Pemko Kota Dumai dilaksanakan pada waktu KRI Dewa Ruci akan tolak dari Dermaga Pelindo l Kota Dumai.

 

“Selamat bertugas dan berlayar KRI Dewaruci beserta rombongan Laskar Jalur Rempah dan Laskar Kayu Manis manis menuju Sabang semoga selamat sampai tujuan,” ujar Palaksa Lanal Dumai saat menerima Laporan Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Rhony Lutviaddany.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending