Connect with us

TNI / Polri

Asah Naluri Tempur Prajurit, Komandan Lanal Lhokseumawe Pimpin Latihan Tembak Tempur Menggunakan Senjata SS1 dan GPMG

Published

on

Aceh Utara, – Untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan profesionalisme prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan latihan tembak tempur offensif dan latihan tembak tempur defensif menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dan Senjata Mesin Sedang jenis GPMG Cal.7.62 mm di Lapangan Tembak Detasemen Arhanud-001/CSBY, Jalan KKA KM 1,6 Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (8/12/2021).

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah pimpin langsung latihan teknik tembak tempur offensif dan latihan teknik tembak tempur defensif dengan jarak dekat dan jarak sedang menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dan senjata mesin sedang jenis General Purpose Machine Gun (GPMG) Cal.7.62 mm dengan sasaran tembak/skip 100 meter.

Disela-sela latihan menembak, Danlanal Lhokseumawe menjelaskan bahwa latihan menembak merupakan Program TNI AL dan Sesuai Direktif Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ahmad Wibisono selaku Pimpinan Latihan, mengenai keprofesionalan prajurit serta agenda tetap dalam program kerja rutin dalam pembinaan satuan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit TNI AL.

Materi latihan teknik Tembak Tempur Offensif dan teknik Tembak Tempur Defensif dengan jarak dekat dan jarak sedang yang diberikan kepada seluruh prajurit militer Lanal Lhokseumawe ini meliputi menembak senapan dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dengan sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan amunisi sebanyak 30 butir amonisi, ditambah 3 butir amonisi tembakan percobaan dengan jarak 100 meter.

Diujung latihan, para petembak melaksanakan lomba menembak dengan model TTO (Tembak Tempur Offensif) dimulai dari berlari 20 meter ke jarak 100 meter, melaksanakan menembak sikap tiarap 10 butir selama 1 menit dan menembak sikap duduk 10 butir selama 1 menit. Selanjutnya petembak berdiri kembali dan berlari sejauh 50 meter kedepan, melaksanakan menembak sikap berdiri 10 butir selama 25 detik

Sebelum pelaksanaan latihan Tembak Tempur Offensif dan Tembak Tempur Defensif, seluruh Prajurit Lanal Lhokseumawe menerima arahan dari Tim Pelatih tentang pengamanan penggunaan senjata maupun pamakaian, agar para pelaku penembak tetap menjaga keamanan materiil maupun personil sesuai SOP yang berlaku di TNI AL.

Danlanal juga menegaskan, bahwa latihan menembak bukan hanya sekedar melaksanakan latihan rutin semata, namun setiap prajurit harus mampu meningkatkan keterampilan menembak, agar para prajurit Lanal Lhokseumawe lebih baik dan profesional dan tidak lupa akan jati dirinya sebagai Prajurit TNI.

Kemampuan menembak merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap personel TNI Angkatan Laut Lhokseumawe sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, dikarenakan salah satu profesionalisme yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), karena kesiapan tempur prajurit sangat penting untuk dijaga, agar Lanal Lhokseumawe dapat menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI.

Rangkaian pelaksanakan Latihan menembak secara teknik Tembak Tempur Offensif dan Tembak Tempur Defensif adalah dalam rangka Latihan Gladi Tugas Tempur TW IV TA. 2021 yang diikuti Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiyono, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Continue Reading

TNI / Polri

Peduli Kesehatan dan Keselamatan Personel, Balai Pengobatan Lanal Laksanakan Penyuluhan HIV

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Peduli akan kesehatan dan keselamatan Personel Lanal Nias, Kepala Balai Pengobatan Lanal Nias Letda Laut (K) dr. Bimasena T. Nugroho, MARS., sebagai Narasumber memberikan penyuluhan tentang HIV, bagaimana cara mencegahnya dan diakhiri dengan Screening HIV menggunakan sampel darah kepada seluruh prajurit Lanal Nias, Rabu (19/6/2024).

 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

 

Untuk pencegahan HIV/AIDS adalah saling setia terhadap pasangan, hindari berganti-ganti pasangan.

 

Hindari penggunaan narkoba terutama melalui jarum suntik dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Sinergitas TNI AL Dalam Laksanakan SAR di Perairan Pulau Boji Nias Selatan

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Sinergitas TNI AL dalam hal ini Babinpotmar Pulau Tello Lanal Nias bersama Tim SAR Gabungan dari Lanal Nias, Basarnas, dan Polairud Nias dibantu dengan nelayan setempat berhasil menemukan dan mengevakuasi mayat nelayan yang hilang kontak hari ke 6 (enam) di Perairan Pulau Boji (Pulau Bojo) Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (19/6/2024).

 

Kronologis kejadian, pada hari Kamis tanggal 13 juni 2024, sekira pukul 12.00 WIB, nelayan atas nama Novelis Telaumbanua (39 tahun), dengan alamat Hoyafana, Desa Oladano, Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, berangkat ke laut seorang diri untuk memancing seperti biasanya dengan menggunakan perahu motor 0,5 GT dan biasanya pulang kedarat diperkirakan hari Jum’at tanggal 14 Juni 2024, namun Sabtu pagi 15 Juni 2024 belum juga kembali.

 

Sehubungan tidak ada kabar membuat keluarga ybs cemas, dan pada Sabtu pagi tanggal 15 Juni 2024, keluarga menghubungi melalui telepon selurnya dari pagi hingga Sabtu sore sekira pukul 16.00 WIB namun tidak ada jawaban, setelah itu tidak aktif lagi sampai sekarang. Sekira pukul 16.00 WIB beberapa warga mencari dengan menggunakan perahu motor namun tidak berhasil ditemukan.

 

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP., yqng mendapatkan informasi dari Tim Basarnas  langsung memerintahkan Pgs. Palaksa Mayor Laut (P) Hasil Wantoro untuk mengirimkan Tim SAR dari Lanal Nias untuk membantu melaksanakan pencarian, dan mayat nelayan yang hilang kontak berhasil ditemukan oleh nelayan setempat dibantu oleh Babinpotmar Pulau Tello bersama Tim SAR Gabungan dari Lanal Nias, Basarnas dan Polairud Nias pada hari ke 6 (enam) di Perairan Pulau Boji (Pulau Bojo) Nias Selatan. Selanjutnya mayat akan diberangkatkan dari Pulau Tello menuju ke Pelabuhan Lama Telukdalam dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk proses pemakaman lebih lanjut.

 

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

TNI / Polri

Lanal Dumai dan Forkopimda Lepas Keberangkatan KRI Dewaruci dan Rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Selama 3 hari Jelajahi poin-poin strategis Jalur Rempah di Kota Dumai dan Siak Provinsi Riau sebagai salah satu wilayah strategis perdagangan dalam Jalur Rempah Nusantara, dengan menggelar kegiatan pentas seni dan budaya yang bertemakan Festival Multikultur Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024, KRI Dewaruci dan Rombongan MBJR berangkat dari Dumai untuk melanjutkan pelayaran menuju Sabang.

 

Komandan Lanal Dumai diwakili Palaksa Letkol Laut (PM) Priatno, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Drs. Siswanto,  Asisten II Kota Dumai Syahrinaldi dan Forkopimda Dumai hadiri acara pelepasan KRI Dewaruci dan rombongan MBJR Batch Kedua (Kayu Manis). Kegiatan pelepasan dilaksanakan di Dermaga

C Pelindo Regional I Cabang Dumai, Rabu (19/06/2024).

 

Dalam acara pelepasan tersebut, dilaksanakan persembahan tarian Japin Kreasi, Pemasangan Atribut oleh Pemko Dumai kepada perwakilan laskar Jalur Rempah (MBJR) Batch Kedua “Kayu Manis”, serta photo bersama.

 

Pelepasan tali tross secara simbolis oleh Danlanal diwakili Palaksa Lanal Dumai, perwakilan  Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, dan perwakilan Pemko Kota Dumai dilaksanakan pada waktu KRI Dewa Ruci akan tolak dari Dermaga Pelindo l Kota Dumai.

 

“Selamat bertugas dan berlayar KRI Dewaruci beserta rombongan Laskar Jalur Rempah dan Laskar Kayu Manis manis menuju Sabang semoga selamat sampai tujuan,” ujar Palaksa Lanal Dumai saat menerima Laporan Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Rhony Lutviaddany.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending