Connect with us

nasional

Buka Munas ke X FKPPI, Mahfud MD Ajak Perkokoh Wawasan Kebangsaan

Published

on

JAKARTA, – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) ke X Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, (20/12/2021).

Pembukaan Munas ditandai dengan pemukulan gong oleh Mahfud MD yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Dalam sambutannya Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan, Munas sebaiknya bukan hanya sekedar untuk mengganti kepengurusan saja. Melainkan dijadikan sarana untuk mengkonsolidasikan diri dan memperkokoh FKPPI dalam hal peningkatan wawasan kebangsaan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan adalah dengan adanya bela negara,” kata Mahfud dengan tegas.

Mahfud juga menuturkan, bela negara dapat diartikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan terhadap negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Berdasarkan konstitusi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara. Syarat-syarat tentang pembelaan negara juga telah diatur dengan undang-undang.

“Nilai-nilai bela negara diantaranya adalah satu harus cinta tanah air, merasa memiliki mencintai dan ingin menjaganya. Mempertahankan dengan segenap jiwa dan raga. itulah nilai-nilai bela negara itulah yang disebut nasionalisme,” katanya.

Mahfud MD juga meminta FKPPI untuk menjauhi tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan meresehkan masyarakat seperti halnya Organisasi Masyarakat (ormas) lainnya yang sempat disinggung oleh Presiden Jokowi.

Munas yang diadakan ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Continue Reading

nasional

Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Kepala Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Hadiri MoU dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menghadiri Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahhkama Agung No.239/KMA/SK/VIII/2022 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara Pidana Terpadu melalui Sosialisasi dan Simulasi applikasi E-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus, Kamis (2/2/2023)

Aplikasi E-Berpadu merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi untuk pengolahan dan pertukaran dokumen administrasi perkara pidana. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan koordinasi antar aparat penegak hukum.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Cipinang, Sukarno Ali menandatangani MoU dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus terkait Aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (E-Berpadu). “Nota Kesepahaman aplikasi E-Berpadu ini merupakan kerjasama antara Rutan Kelas I Cipinang dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas IA Khusus, Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Badan Narkotika Nasional dan Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur,” ucapnya

Lebih lanjut, Sukarno Ali mengharapkan dengan adanya program tersebut dapat menjadi suatu proses perubahan menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik. “Saya berharap kerjasama dan sinergitas ini bisa berjalan dengan baik guna mempercepat dan mempermudah dalam penanganan semua perkara tindak pidana,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Pimpin Apel Pagi Pegawai, Kasiyantah Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat dan Warga Binaan

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Apel Pagi Pegawai sebelum melaksanakan tugas pada hari Rabu (1/2). Kegiatan bertempat di Halaman Gazebo Rutan Cipinang diikuti oleh Pejabat Struktural dan Pegawai Rutan Cipinang.

Pada apel hari ini yang bertindak sebagai pembina apel, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang Resnu Parada Andhika dan komandan Apel Kepala Sub Seksi Umum dan Kepegawain, Rulyanto.

Dalam amanatnya, pertama-tama kita apresiasi kepada Petugas layanan kunjungan yang sudah bertugas dengan sebaik-baiknya sehingga kunjungan tatap muka ini dapat berjalan semestinya dan ini merupakan hal yang wajib sebagai penyelenggara layanan publik

“Mulai hari ini, meneruskan pesan yang disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang bahwasannya Pegawai Rutan Cipinang Khususnya Tim Pelayanan Kunjunan kita akan menerapkan layanan kunjungan dengan metode baru untuk meningkatkan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan warga binaan,” ucapnya.

Selain itu, Pembina apel menyampaikan kepada seluruh jajaran tanpa terkecuali untuk selalu berpedoman 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan Maju. “Untuk seluruh pegawai agar dapat melaksanakan dan mengimplementasikan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju sesuai arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Yakni Memaksimalkan Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Memberantas Narkoba, Maksimalkan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan Back to Basic,” tegasnya

Sebagai penutup, Resnu Parada berharap seluruh pegawai Rutan Cipinang harus terus meningkatkan kedisiplinan, kekompakan, sintegritas dalam bekerja serta selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan Warga Binaan Rutan Cipinang.

Continue Reading

nasional

Persiapkan Tim Pokja Terbaik Untuk Raih WBK , Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar Assesment Pegawai

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengambil langkah cepat guna membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023 dengan menggelar Assesment Pegawai, di Aula Gedung I Rutan Cipinang, Selasa (31/1).

Kegiatan ini merupakan langkah awal persiapan dalam menyusun tim kerja guna mencari komposisi terbaik anggota tim dalam rangka membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan terdapat 60 Pegawai Rutan Kelas I Cipinang yang mengikuti serangkaian tes dan dinilai oleh lebih dari satu penilai dari Tim Asesor dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kepala Seksi Pengelolaan, Kiki Aji Hidayat yang mewakili Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan assement ini dalam rangka persiapan pembentukkan tim pokja yang memiliki integritas tinggi dan nantinya akan membawa perubahan budaya kepada seluruh jajaran Rutan Kelas I Cipinang.

“Saya berharap dengan adanya assessment ini dapat menempatkan anggota pokja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan dapat berkontribusi maksimal di masing-masing pokjanya sehingga Rutan Kelas I Cipinang dapat meraih WBK di tahun 2023,” harapnya.

Continue Reading

Trending