Connect with us

Metro

BANG JAPAR Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana di Padepokan Ciliwung Condet Kramat Jati Jaktim

Published

on

Jakarta – Organisasi Bang Japar yang di Komandoi oleh Ketua Umum Hj. Fahira Idris,SE.,MH yang juga Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta hari ini (30/12) di Padepokan Ciliwung Condet, Bantaran Kali Condet di Jl. H. Mursalih Nomor 99, RW 01, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati Jakarta Timur mengadakan Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana di Wilayah Jakarta Timur.
.
Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana ini berlangsung sukses dan lancar, pada (30/12/2021) yang dipimpin langsung oleh Hj. Fahira Idris,SE.,MH, dan dihadiri sejumlah tokoh yang terkait lainnya Bapak Gubernur yang diwakili Kepala Kesbangpol Jaktim, Walikota Jaktim yang di wakili Camat Kramat Jati, Lurah Balekambang, Kapolres Jaktim yang diwakili Kapolsek Kramat Jati, Pimpinan Pusat MTDS Darul Furqan, Kepala BPBD Provinsi diwakili, Perwakilan Dompet Dhuafa, Bang Ahmad Maulana Pimpinan Padepokan Ciliwung Condet, DMC, BPBD Jaktim, Bang Japar Komwil, Komcam, Komhan, Satgas dan Srikandi Bang Japar Se-Jaktim, Jajaran Pengurus Mako Pusat, Tim Rescue yang baru saja dikukuhkan, beserta seluruh keluarga besar Bang Japar. Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana
juga menghadirkan berbagai instansi terkait, dan relawan yang selama ini terlibat dalam penanganan bencana.
.
Dalam kesempatan itu, Fahira Idris Anggota DPD RI yang juga Ketua Umum Bang Japar yang hari ini bertugas sebagai Pembina Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana meminta Bang Japar untuk mengajak masyarakat agar bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam dikampungnya masing-masing. Baik berupa bencana banjir, Kebakaran, tanah longsor, Air Rob atau musibah lainnya seiring sudah masuknya musim penghujan.
.
“Apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapan siagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam di Jakarta khususnya. Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi di tahun Penghujan kali ini, kita kencangkan Doa dan sadarkan masyarakat untuk yuk kerja bakti bersama-sama dikampungnya masing-masing,” ujar Fahira Idris dalam amanat dihadapan peserta Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana di Padepokan Ciliwung Condet.
.
Fahira Idris meminta agar Bang Japar berkoordinasi dan Kolaborasi bersama semua pihak dari Lurah, Camat, BPBD, PMI, Dinsos dan semua pihak kerelawanan untuk bersama-sama karena Bencana adalah masalah kita bersama. Untuk khusus kepada pihak pemerintah dan semua SKPD-nya untuk lebih sigap dalam penanganan bencana, alhamdulillah Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membuat sumur resapan, sudah bersama-sama untuk siap menghadapi musim penghujan, karena itu Ayo Bang Japar semua bergerak untuk bersama-sama Pemprov, Kecamatan dan Kelurahan kita bersiap dimusim penghujan kali ini. Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat,dan siap siaga seluruh peralatan keselamatan, meminta masyarakat untuk bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam. Baik berupa bencana banjir, kebakaran, tanah longsor, Air Rob atau musibah lainnya seiring sudah masuknya musim penghujan.
.
“Mengingat terus terjadinya curah hujan, yang terus menerus, kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, kita selalu siap siaga dan waspada”tutup Fahira Idris dalam sambutannya.
.
Musa Marasabessy,SH Komandan Wilayah Bang Japar Jakarta Timur menyampaikan akan mengikuti arahan dari Ibu Fahira Idris sebagai Ketua Umum, akan disampaikan kepada para Komandan Kecamatan dan Komandan Kelurahan untuk berkoordinasi dengan semua sektor, dan Alhamdulillah, Satgas Siaga Bencana hari ini resmi di kukuhkan oleh Ibu Fahira Idris, bismillah, kami Bang Japar Jakarta Timur akan terus sinergis, kolaborasi dan bersama-sama semua pihak kita berdoa agar musibah jangan sampai ada, tetapi kita bersiap-siap siaga untuk kemungkinan yang akan terjadi.
.
Yusuf Effendi Ketua Panitia Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana kali ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja bersama-sama dalam kegiatan kali ini, terima kasih Bapak Lurah, Camat, dan semua Tim kerjanya, Terima kasih Bapak Walikota dan Bapak Wakil Walikota, beserta semua SKPD yang hadir kali ini, terima kasih juga kepada Bapak Gubernur Anies Baswedan yang telah mendukung penuh kegiatan kali ini beserta Para Kepala Dinas di DKI Jakarta, khususnya kepala BPBD DKI Jakarta terima kasih suport dan dukungannya kami akan bersama-sama untuk menjaga kampung kami dari musibah dan kami bersiap-siap menjaganya.
.
Gubernur DKI Jakarta yang diwakili Ahmad Jani Kepala Kesbangpol Jaktim menyampaikan terima kasih dan kami sangat mendukung penuh, kami akan laporkan kepada pimpinan kami Bapak Gubernur bahwa Bang Japar sudah ada Team Rescuenya.
.
Walikota Jakarta Timur yang di wakili oleh Bapak Rudi Syahrul Camat Kramat Jati Jaktim juga sangat mensuport dan mendukung kegiatan Apel Bencana oleh Bang Japar, kita berdoa, semoga curah hujan tidak tinggi agar musibah bisa kita hadapi, dan kalau nanti terjadi musibah maka Bang Japar akan didepan bersama kami.
.
Kapolres Jaktim yang diwakili dengan Ibu Tuti Aini Kapolsek Kramat Jati Jaktim mengucapkan terima kasih telah Apel Bencana, kami Polri akan terus mendukung dan akan bersama-sama masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dan musibah dimasing-masing sektor.
.
Setelah selesai apel, di lanjutkan langsung melantik Satgas Kesiapsiagaan Dan Pasukan khusus Bang Japar dalam Penanggulangan Bencana yang kedepan akan dikukuhkan ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan Se-Jakarta Timur diantaranya Bang Ponsu, Bang Didi, Bang Trio, Mpok Fitri dan Bang Johen Kadiv Sosial dan Bencana Mako Pusat Bang Japar yang nantinya akan langsung bergerak bersama-sama Para Lurah, Camat, Walikota di Jakarta Timur. Yang sebelumnya di berikan Penghargaan DPD RI dari Ibu Fahira Idris kepada Lurah Balekambang, Perwakilan Dompet Dhuafa dan Pimpinan Padepokan Ciliwung Condet. Kemudian, diberikan Souvernir Jam Dinding Bang Japar kepada Camat Kramat Jati, Kapolsek Kramat Jati, Pimpinan Pusat MTDS Darul Furqan, Dompet Dhuafa dan Pimpinan Padepokan Ciliwung Condet.
.
Berikut Ikrar Team Rescue Bang Japar.

Kami Team Rescue Bang Japar berikrar :

1. Kami Team Rescue Bang Japar ,SIAP terdepan dalam setiap musibah yang terjadi

2. Kami Team Rescue Bang Japar ,SIAP Berkolaborasi bersama-sama semua pihak, dari Pemerintah, Lembaga dan Masyarakat ,SIAP Bekerja Bersama-sama.

3. Kami Team Rescue Bang Japar akan membantu semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Kami berdoa kepada Allah SWT,

Semoga semua Keluarga Besar Bang Japar diberikan Kekuatan, Kelancaran dan Keberkahan dalam setiap menjalankan Tugas Kemanusiaan dimana saja berada.

Semoga Jakarta dan Indonesia yang kita cintai dijauhkan dari musibah dan bencana. Amin

Jakarta, 30 Desember 2021.

Bang Japar .. SIAP .. 3x
Takbir .. Allahuakbar

Continue Reading

Metro

Guruh Soekarno Putra Resmikan Kampus Baru UMIKA Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Guruh Sukarno Putra meresmikan kampus Universitas Mitra Karya (UMIKA) Bekasi.

UMIKA sebagai kampus terkemuka dibawah naungan Yayasan Tri Praja Karya Utama. Karena pada peresmian Gedung Baru dibangun diatas lahan seluas 5000 meter lebih.

Dewan Penyantun Kampus UMIKA Bekasi yaitu Guruh Soekarno Putra, Putra Presiden Pertama Ir.Soekarno, adik Ketua Umum, Dewan Pengurus Pusat, Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI Perjuangan) Presiden RI kelima.

Pemotongan tumpeng disaksikan oleh para pejabat Kementrian Pendidikan Nasional. Para pejabat Pemkab dan Pemkot Bekasi seperti Plt Walikota Bekasi Dr.Tri Adhianto, anggota DPRD Kota dan Kabupaten Bekasi, termasuk para pejabat eselon I, II, III dan IV Pemkab dan Pemkot Bekasi, Perwakilan Kodim 0509/Bekasi dan Perwakilan Polresta Metro Bekasi.

Continue Reading

Metro

Bapas Selatan Sambangi Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ratusan Warga Binaan Di Wawancarai Berbagai Pertanyaan, Ada Apa ?

Published

on

By

Jakarta, Rabu (18/05/2022) Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan menyambangi Rutan Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam rangka Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Penempatan dan Assessment kepada 408 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (18/5/2022)

Kunjungan PK Bapas ini untuk melakukan assesmen dan pengambilan data Litmas dengan cara masing-masing warga binaan diwawancarai dan nantinya hasil wawancara tersebut sebagai bahan acuan untuk menentukan program pembinaan mana yang akan diberikan, program asimilasi di rumah atau integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan atau Cuti Bersyarat (CB).

Kepala Bapas Jaksel, Ricky Dwi Biantoro menyampaikan,

Ini kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat, khusus sebagai PK wajib melayani warga binaan dengan baik seperti halnya dalam melakukan pengambilan data Litmas sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi warga binaan untuk memperoleh program asimilasi di rumah serta integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB),” terangnya.

Pelaksanaan pengambilan data Litmas dilakukan kepada warga binaan yang akan diusulkan untuk mendapatkan program tersebut dengan mengedepankan pendekatan kemanusiaan agar setiap warga binaan memberikan data secara jujur dan lengkap kepada PK.

Melalui pengambilan data Litmas, hasilnya dapat dijadikan rekomendasi pengambilan keputusan apakah warga binaan layak atau tidak mendapatkan program yang di usulkan tersebut,” tuturnya.

Disisi lain, Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang, Resnu Parada Andhika yang mengapresiasi kedatangan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta selatan dan Pembimbing Kemasyarakatan yang telah hadir untuk memenuhi permintaan litmas penempatan dan assesment tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapas Kelas I Jakarta Selatan telah bekerja keras serta bersedia untuk terus berkoordinasi terkait pembinaan dan pembimbingan pemasyarakatan di Rutan Cipinang,” tutupnya.

Continue Reading

Metro

Deklarasi Relawan Tri For One Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Plt Wali Kota Tri Ardhianto meresmikan pembentukan relawan pendukung bernama Tri For One, di Plasa Pondok Gede

Dengan pembentukan tersebut, banyak kelompok relawan pendukung.
Masing-masing relawan terbentuk lantaran inisiatif mereka sendiri.

Pembentukan ini merupakan inisiatif dari masyarakat, dari relawan, tidak ada yang kemudian secara ambisi terorganisir oleh saya,” ujar Tri usai peresmian, Sabtu (21/05/2022).

Mendukung atau Deklarasi-deklarasi yang dilakukan merupakan wujud budaya demokrasi masyarakat berjalan.

Ketua Tri For One Tambunan mengatakan pak Tri seperti walikota rasa gubernur , beliau akan mensosialisasikan hingga tahun 2024.

“Optimis beliau akan menang, sebagai relawan berani menjamin, sosok pak Tri yang ramah, pintar “, ujarnya

Sementara Yoyo Suharyono Sekertaris Tri For One (yang juga pengurus PWI Bekasi Raya) mengatakan deklarasi Tri ini agar menang di tahun 2024.

“Kegiatan akan di buat acara acara, olah raga dan sosial” , ujarnya.

Bahwa jaringan relawan dapat meluas hingga tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Tahun 2024 optimis sesuai visi dan misi , walau banyak juga kandidat yang lain”, Pungkasnya..

Acara ini di hibur dengan tarian dan pencak silat juga dihadiri oleh seluruh perwakilan dari pengurus tingkat kecamatan se Kota Bekasi, hadir juga sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan Ormas

Continue Reading

Trending