Connect with us

TNI / Polri

Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

Published

on

JAKARTA, – Dinas Psikologi TNI AD melalui Tim Satgas Penanggulangan Gempa (Gulben) Cianjur melaksanakan kegiatan dukungan Psikososial guna mengembalikan kondisi psikologis penyintas pasca bencana gempa di Cianjur, Kamis (24/11/2022)

Tim Satgas Gulben Dispsiad dalam membantu korban bencana melakukan tindakan intervensi awal dengan tujuan untuk menstabilkan kondisi psikologis warga Cianjur.

Katim Satgas Psikologi Gulben Cianjur, Kapten Caj Tian Sakti M, S.Psi., M.Psi, Psikolog. dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat menstabilkan kondisi psikologis para penyintas sehingga nantinya penyintas bencana dapat kembali pada situasi berpikir yang positif, berdamai dengan kondisi yang dialami, dan pada akhirnya dapat kembali beraktivitas secara produktif.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tim siap membantu para penyintas secara total dan maksimal sesuai tugas yang telah diamanatkan oleh pimpinan kepada kami,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilakukan Satgas Gulben Dispsiad agar para korban bencana gempa terutama anak-anak mendapatkan aktivitas positif sehingga dapat menghilangkan trauma yang dialami akibat gempa yang memporak-porandakan tempat tinggal maupun fasilitas sekolah yang praktis terhenti.

“Upaya ini kami lakukan, agar warga dapat segera pulih dari trauma pasca gempa, terutama anak-anak yang aktivitas sekolahnya terhenti, kita isi dengan aktivitas positif agar kondisi psikologis mereka dapat kembali baik,” imbuhnya.

Adapun anggota tim yang tergabung dalam Satgas Psikologi Gulben Cianjur dari Dispsiad Lettu Arh Karlan Dani, S.Psi.,
Letda Cba Samurya Rahmadhony, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Serka Sandi Tiya Dwi Purba, S.T., dan Serda Lino Januario. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Kebijakan Baru Kakorlantas Polri, Berlaku Selama Mudik Tahun 2024

Published

on

By

Jakarta – Korlantas Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di sejumlah ruas jalan tol selama angkutan mudik Lebaran 2024.

 

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers ‘persiapan dan rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024’.

 

“Kami akan membatasi mobilitas kendaraan dengan menerapkan ganjil genap,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Humas Polri, Senin (18/3/2024).

 

Dalam kebijakan ini, ia menegaskan petugas tidak akan menghentikan atau meminta pelanggar ganjil-genap berputar balik.

 

Menurutnya, pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap akan dikenai sanksi tilang secara elektronik melalui kamera ETLE.

 

Aan menjelaskan pihaknya akan menempatkan kamera ETLE mobile di gerbang-gerbang tol yang memberlakukan pembatasan melalui ganjil genap.

 

Adapun penerapan sistem ganjil-genap akan berlaku dari Kilometer (KM) 0 hingga KM 141 Tol Jakarta-Cikampek dengan menyesuaikan kondisi lapangan.

 

Berikut jadwal one way untuk arus mudik:

 

• Jumat, 5 April 2024 pukul 14.00 sampai dengan Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 waktu setempat

 

• Senin, 8 April 2024 pukul 08.00-24.00 waktu setempat

 

• Selasa, 9 April 2024 pukul 08.00-24.00 waktu setempat.

 

2. Arus Balik

 

Sistem satu arah pada arus balik akan diterapkan mulai dari KM 414 jalan tol Semarang-Batang sampai KM 72 Tol Cipali.

 

Berikut jadwal one way untuk arus balik:

 

• Jumat, 12 April 2024 pukul 14.00 WIB-24.00 waktu setempat

 

• Sabtu, 13 April 2024 pukul 14.00 WIB-24.00 waktu setempat

 

• Minggu, 14 April 2024 pukul 14.00 sampai Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat.

Continue Reading

TNI / Polri

Satgas Trisila TNI AL 2024 Laksanakan Karya Bhakti Pembersihan Museum Sabang

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Satgas Trisila TNI AL 2024 bekerjasama dengan Lanal Sabang menggelar kegiatan Karya Bhakti Pembersihan di areal Museum Sabang, Jalan Untung Surapati, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (18/3/2024).

 

Kegiatan Karya Bhakti ini merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap lingkungan sekitar. Museum Sabang menjadi sasaran karya bhakti karena memiliki sejarah maritim dimana pendiriannya didasari oleh keindahan alam bawah laut dan keberagaman sejarah dari Kota Sabang yang dikelolah oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), dengan jangkar kapal dan miniatur kapal uap yang menjadi koleksi utamanya.

 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa pembersihan sampah dan rumput disekitar Museum Sabang, pengecatan jangkar dan meriam yang menjadi icon Museum Sabang, dengan harapan akan lebih menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

 

Selain melibatkan personel dari Satgas Trisila TNI AL 2024 yakni Batalyon Tankfip I Marinir, Personel KRI Teluk Celukan Bawang-532, Personel KRI Kerambit-627, dan Personel KRI Parang-647, juga dibantu oleh Personel TNI AL Wilayah Sabang yakni Personel Guskamla Koarmada I, Personel Lanal Sabang, Personel Fasharkan Sabang, dan Personel Lanudal Sabang, serta Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Rayon Sabang.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

Satgas Trisila TNI AL 2024 Berikan Edukasi Kepada Pelajar Kota Sabang

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Satgas Trisila TNI AL 2024 memberikan edukasi kepada ratusan pelajar Kota Sabang dengan menggelar Pameran Senjata milik Yon Tankfib 1 Marinir dan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL, serta Pemutaran Film Profil TNI AL, bertempat di Pondok Basyarah Lanal Sabang, Jalan Kebun Merica, Gampong Kuta Timu Bawah, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (18/3/2024).

 

Para pelajar terlihat sangat antusias mendatangi dan melihat berbagai jenis senjata yang dipajang oleh Prajurit Marinir yang tergabung dalam Satgas Trisila TNI AL 2024. Mereka menyimak penjelasan yang diberikan oleh Prajurit Marinir mengenai tipe senjata dan amonisi yang dipamerkan, bahkan beberapa diantara mereka bertanya fungsi senjata dan tidak ketinggalan mengabadikan diri menggunakan senjata tersebut.

 

Adapun jenis senjata dan amonisi yang dipamerkan diantaranya, CZ Bren Type A2 buatan Republik Ceko, Senjata K3 Daewoo buatan Korea Selatan, Senjata SS2 Varian 4 buatan Pindad Indonesia, Pistol Berreta APX buatan Italy, Pistol G2 Combet buatan Pindad Indonesia, Amo Dummy Caliber 100 MM, Amo Granat Asap Caliber 81 MM, Amo Dummy Caliber 30 MM, Amo Dummy Caliber 7,62 MM, serta Amo Dummy Missile 100 MM.

 

Para pelajar juga diberikan pengetahuan tentang TNI Angkatan Laut melalui pemutaran Film Profil TNI AL, Profil Akademi Angkatan Laut (AAL), Alutsista TNI AL, dan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

Trending