Connect with us

TNI / Polri

Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

Published

on

JAKARTA, – Dinas Psikologi TNI AD melalui Tim Satgas Penanggulangan Gempa (Gulben) Cianjur melaksanakan kegiatan dukungan Psikososial guna mengembalikan kondisi psikologis penyintas pasca bencana gempa di Cianjur, Kamis (24/11/2022)

Tim Satgas Gulben Dispsiad dalam membantu korban bencana melakukan tindakan intervensi awal dengan tujuan untuk menstabilkan kondisi psikologis warga Cianjur.

Katim Satgas Psikologi Gulben Cianjur, Kapten Caj Tian Sakti M, S.Psi., M.Psi, Psikolog. dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat menstabilkan kondisi psikologis para penyintas sehingga nantinya penyintas bencana dapat kembali pada situasi berpikir yang positif, berdamai dengan kondisi yang dialami, dan pada akhirnya dapat kembali beraktivitas secara produktif.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tim siap membantu para penyintas secara total dan maksimal sesuai tugas yang telah diamanatkan oleh pimpinan kepada kami,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilakukan Satgas Gulben Dispsiad agar para korban bencana gempa terutama anak-anak mendapatkan aktivitas positif sehingga dapat menghilangkan trauma yang dialami akibat gempa yang memporak-porandakan tempat tinggal maupun fasilitas sekolah yang praktis terhenti.

“Upaya ini kami lakukan, agar warga dapat segera pulih dari trauma pasca gempa, terutama anak-anak yang aktivitas sekolahnya terhenti, kita isi dengan aktivitas positif agar kondisi psikologis mereka dapat kembali baik,” imbuhnya.

Adapun anggota tim yang tergabung dalam Satgas Psikologi Gulben Cianjur dari Dispsiad Lettu Arh Karlan Dani, S.Psi.,
Letda Cba Samurya Rahmadhony, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Serka Sandi Tiya Dwi Purba, S.T., dan Serda Lino Januario. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Hari Armada RI Tahun 2023, Lanal Bengkulu Berkontribusi Bakti Sosial Donor Darah

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Sebagai rangkaian peringatan Hari Armada Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu menyelenggarakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bengkulu, bertempat di Aula Yos Sudarso Mako Lanal Bengkulu, Jalan RE. Martadinata No. 10, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan donor darah kali ini juga melibatkan Balai Pengobatan Lanal Bengkulu. Sejak dibukanya pendaftaran pada pukul 08.00 WIB, nampak para peserta yang terdiri dari Prajurit, PNS dan Jalasenastri Lanal Bengkulu, serta tamu dan undangan dari instansi samping meliputi Prajurit Kodim 0407/Kota Bengkulu, Brimob Polda Bengkulu, Polair Polda Bengkulu, Basarnas Provinsi Bengkulu, KSOP Pulau Baai Bengkulu, dan Pelindo Regional II Bengkulu, mengantri menunggu giliran untuk mendonorkan darahnya.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr. Opsla., yang didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I Ny. Weny Yudho Angkasa, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena tujuan diadakannya kegiatan donor darah tersebut dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Armada Tahun 2023 serta untuk meningkatkan rasa kepedulian Prajurit, PNS TNI AL dan Jalasenastri Lanal Bengkulu terhadap lingkungan sekitarnya, terutama dalam hal kemanusiaan seperti donor darah.

“Darah merupakan hal yang sangat penting dalam tubuh kita. Terkadang, dibeberapa daerah ditemukan kasus kekurangan kantong darah karena ketersediaan yang terbatas bahkan cenderung kurang. Karena itu, kita mengadakan bakti sosial donor darah ini agar stok kantong darah di PMI khususnya Bengkulu dapat terjaga,” ujar Danlanal Bengkulu.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

TNI / Polri

PNS Lanal Simeulue Gelar Tasyakuran Dalam Rangka HUT KORPRI Ke-52

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- PNS (Pegawai Negeri Sipil) Pangkalan TNI AL Simeulue gelar tasyakuran dalam rangka HUT KORPRI Ke-52 di Mako Lanal Simeulue bersama seluruh Perwira Staf Lanal Simeulue.l, Rabu (29/11/2023).

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., mengucapkan selamat berulang tahun bagi PNS Lanal Simeulue dimana dengan simbolis memberikan Kue Ulang Tahun dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Danlanal Simeulue berharap kedepan PNS TNI AL semakin profesional serta mampu bersama mewujudkan kejayaan TNI AL, Bangsa dan Negara.

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Dilantik Jadi Kasad, Jenderal Maruli Pastikan TNI AD Netral Dalam Pemilu

Published

on

By

JAKARTA, – Usai dilantik secara resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memastikan bahwa TNI AD akan bersikap netral dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut ditegaskannya di hadapan para awak media yang hadir di lokasi. Pernyataan terkait netralitas TNI, khususnya Angkatan Darat, merupakan respon atas penekanan yang disampaikan Presiden sebelumnya.

“Mengenai netralitas itu yang beliau sangat tekankan. Saya pribadi tidak ingin meng _gambling_ kan (mempertaruhkan) nama institusi Angkatan Darat yang sudah baik. Saya tidak mau nanti ini akan menjadi sejarah yang panjang, bahwa kami di TNI, Angkatan Darat khususnya, tidak netral dalam Pemilu,” ujarnya seraya menjamin bahwa sanksi tegas akan diterapkan apabila ada prajurit TNI yang “nakal” (melanggar aturan yang telah ditetapkan).

Kasad juga menyatakan bersyukur atas amanah yang telah diberikan Presiden RI kepadanya, dan ia berharap ke depan ia bisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai orang nomor satu di TNI AD dengan baik.

Pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak adalah berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 – TNI Tahun 2023, tentang Pemberhentian Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Pengangkatan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, terhitung mulai tanggal 29 November 2023.

Usai Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jabatan Kasad, dan dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan berita acara pengangkatan. Semua prosesi tersebut disaksikan pula oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 – Tahun 2023, tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, Kasad juga kini resmi menyandang pangkat baru sebagai Jenderal TNI (Bintang Empat).

Acara pelantikan Kasad juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, para Pejabat Tinggi Negara, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Kasal Laksamana Muhammad Ali, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Arif Rahman, M.A., serta para pejabat tinggi di TNI dan Polri. *(Dispenad)*

Continue Reading

Trending