Connect with us

TNI / Polri

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Launching Buku Perang Rusia Vs Ukraina

Published

on

JAKARTA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meluncurkan buku berjudul ‘Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi’. Buku berisi kumpulan analisis intelijen strategis terkait konflik kedua negara tersebut.

Menurut Yudo, TNI terpanggil untuk meneruskan pesan kepala negara yang menyampaikan bahwa dunia saat ini tidak sedang baik-baik saja. “Dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja, oleh karenanya pengetahuan mengenai kebutuhan utama sebagai modal dasar yang akan dimanfaatkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Yudo saat peluncuran buku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023).

Mabes TNI Mengadakan Talk Show & Bedah Buku Perang Rusia vs Ukraina dengan tema “Perspektif Intelijen Strategis Februari – September 2022

Acara ini turut dihadiri beberapa narsum meliputi :
1. Laksamana TNI, Yudo Margono, S.E., M.M.,
2. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D.,
3. Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.,
4. Prof. Popy Rufaidah, S.E., MBA., Ph.D.,
5. Moderator : Rosiana Magdalena Silalahi.

Pada hari ini selasa tanggal 25 Juli 2023 diterbitkan buku yang berjudul “Perang Rusia versus Ukraina” yang berisi “Kumpulan Analisa Intelijen Strategis Konflik Rusia-Ukraina” menjadi salah satu kontributor pengetahuan yang menunjukan kata intelijen bukan sesuatu yang rahasia dan misterius.

Penulisan buku ini merupakan salah satu kajian yang diinisiasi oleh Kepala Badan Intelijen (KA BAIS) TNI menanggapi salah satu isu global yang mendominasi saat ini yaitu perang Rusia Ukraina.

Buku ini membahas bagaimana perang Rusia dan Ukraina bisa mencuat sampai dengan terjadinya perang perebutan wilayah berikut dampak terjadinya perang tersebut pada lingkungan regional dan global serta kemungkinan ke depannya antara Rusia dan Ukraina akan terjadi

Buku ini dapat digunakan sebagai bahan masukan oleh pimpinan dalam menentukan arah kebijakan lebih lanjut terkait politik dan pertahanan serta keamanan nasional. Selain itu, buku ini juga dipersembahkan sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan terkait perang Rusia dan Ukraina bagi peminat literasi militer Indonesia.

Seusai mengikuti Beda Buku dan menggelar Press Konferensi kepada awak media, Laksamana TNI, Yudo Margono, S.E., M.M. mengatakan ; “Buku ini sudah diterbitkan oleh Mabes TNI dan bidik sektornya adalah BAIS TNI. Tadi sudah dibedah disini dan ditanggapi oleh para pakar termasuk para Profesor dan Gubernur Lemhanas dan sampai siang hari tadi dihadiri juga para pakar dan akademisi, mudah-mudahan buku ini menjadi pembelajaran kita semuanya tentang perang Rusia dan Ukraina,” kata Laksamana TNI.

Lebih lanjut, Beliau mengatakan,
“Isinya terkait semuanya baik itu kekuatan Ukraina dan Rusia kita tampilkan apa adanya karena ini memang buku yang disusun dari kenyataan yang ada kejadian disana dan nantinya bisa menjadi study ataupun learning bagi kita semua di lembaga pendidikan maupun bagi rakyat Indonesia,” sambungnya.

Terkait perang Rusia dan Ukraina, Beliau mengatakan, Perang Rusia dan Ukraina menjadi pembelajaran bagi kita dan juga untuk kami, TNI bagaimana memandang perang ini. Tentunya dari sektor pertahanan, keamanan, harmoni, sosial dan budaya semuanya kelihatan disitu.

Buku yang pertama kali kita susun, perang Rusia dan Ukraina walaupun perangnya sampai sekarang belum selesai, ini kita ambil dari dari Februari sampai September 2022. Nanti berikutnya akan kita susun kembali tahap berikutnya sehingga betul-betul buku ini bermanfaat bagi kita semua,” jelasnya.

Tak luput, Beliau mengutarakan,
“Sengaja kita launching di Perpustakaan Nasional karena memang di sini ada 1,5 juta buku,” kata Laksamana TNI ini.

“Tentunya bisa kita ambil pelajaran dari studi kasus yang ada, tentunya kami yang membidangi tentang perang. TNI briefingnya pasti perang sehingga dari sisi taktik, strategi, rasional, intelijen, siber dan semuanya tentu memberikan gambaran bagi kita semuanya. Bagaimana kita membina personel maupun material alutsista.

Selama kita melaksanakan kegiatan yang sebelum perang ini mengantisipasi dengan adanya perang ini memberikan gambaran kepada kita bahwa TNI juga harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan terhadap sesuatu yang menggangu kedaulatan negara Indonesia,” tegasnya.

Terkait kemanusiaan, Beliau mengungkapkan,”Bantuan kemanusiaan yang kemarin kita kirim dan hari ini tadi pagi kita kirim lagi tambahan kesana diwilayah yang sekarang lagi musim dingin kekeringan.

Sehingga banyak tanaman yang mati sehingga kekurangan bahan makanan disana. Kemarin Mensos mengirim dan kamipun juga mengirim sehingga sudah sampai disana. Ada pasukan kita yang menjaga disana di Bandara. Intinya kita membantu masyarakat yang kekurangan disana.

Apapun gangguannya akan kita hadapi karena niat kita untuk kemanusiaan untuk mengirim bahan makanan ke masyarakat yang disana yang membutuhkan apapun caranya akan kita kirim sampai tujuan. Banyak masyarakat disana yang membutuhkan dan kita juga sampaikan kepada puluhan ribu masyarakat disana. TNI dan Polri juga ada di Bandara itu untuk membantu menyalurkan bantuan disana,” ungkapnya.

Terkait persiapan Beliau menjelaskan,
“Persiapan kita tentunya dengan Alutsista dan kekuatan personil baik dari TNI AD, TNI AL maupun TNI AU yang saat ini ada tentunya kita pelihara alutsistanya. Kita bina kesiapsiagaan operasionalnya.

Untuk prajuritnya tentunya kita bina kemampuan bertempurnya, profesionalnya sehingga setiap saat seperti yang selalu saya sampaikan untuk menyiapkan pasukan secepat mungkin. Yang tadinya sehari harus jaraknya sejam. Ini harus kita wujudkan dengan cara dilatih.

Saat ini kita sedang melaksanakan latihan gabungan TNI yang nanti akan kita laksanakan manuver lapangannya di Situbondo dan langsung saya pimpin sendiri. Jadi ini tidak diperankan tapi langsung di perankan oleh masing-masing Panglima Kodam, Panglima Armada, Panglima Mabes AU dan juga dipimpin oleh Panglima TNI. Saya tidak boleh diwakilkan dan asisten saya juga.

Jadi merata semua kemampuannya dari atas sampai jajaran bawahnya. Kita akan melaksanakan program dan kita uji didalam latihan ini. Termasuk uji senjata,” jelasnya.

Puncaknya, Beliau mengungkapkan,
“Dari fakta yang ada kemudian kita kumpulkan dan tampilkan di buku. Sehingga ini bukan kita mereka-reka sendiri ataupun kekuatannya dikarang itu tidak. Jadi ini betul-betul nyata dari kekuatan mereka kemudian perang mereka baik dari taktis, strategi dan semuanya ini adalah nyata. Nanti buku yang kedua tentunya dengan masukkan dari para narasumber nanti ada perubahan dari yang ini. Sumbernya akan sama kemudian bentuknya juga sama.

Kekuatannya juga dari Udara, Laut dan Darat. Ancamannya pasti dari Udara dan Laut maka dari itu dilaksanakan Latihan Gabungan sehingga dengan kemajuan teknologi yang ada TNI juga mengembangkan terus. Apalagi sekarang ini drone bukan hal yang canggih lagi. Semuanya sudah ada tindakannya lagi. Termasuk senjata strategis dan alutsista menyesuaikan kemajuan teknologi.

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Hadir Diacara Musrenbang RPJPD Kabupaten Bintan TA. 2025-2045

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Hotel Awandari Resort Bintan, Jalan Raya Kawal No. 26, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Kegiatan Pembukaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bintan Tahun 2025-2045, Selasa (30/04/2024).

 

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Bintan Robby Kurniawan, S.P.W.K., Barenlitbang Provinsi Kepri Ibu Misni, S.KM., M.SI., Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.IP., Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bintan Ibu Fiven Sumanti, S.IP., Kepala Bapelitbang Bintan Supriyono, S.E., M.Si., Danlanaud RHF Kolonel (PNB) Andi Nur Abadi, S.T., M.M., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kapolresta Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Dan Satrad 213 diwakilkan oleh Letda Lek Yuzak Kalamja Satrad 213, Kafasharkan Mentigi, diwakili Letkol Laut (P) Falatehan, Dandim 0315/Tanjungpinang diwakilkan oleh Letda Ind Amsizal Pa Sandi Kodim 0315/Tanjungpinang, Kajari Bintan I Wayan Eka Widdayara, S.H.,  Anggota DPRD Kabupaten Bintan, Asisten dan Staf Ahli Setda Kabupaten Bintan, Kepala OPD Kabupaten Bintan, Kabag Se-Setda Kabupaten Bintan, Camat Se-Kabupaten Bintan, Lurah dan Kades Se-Kabupaten Bintan, Tomas Se-Kabupaten Bintan, Para Pimpinan Bank dan Para Pimpinan Perusahaan yang ada di Bintan.

 

Mengutip sambutan Bupati Bintan sekaligus membuka Musrenbang RPJPD Kabupaten Bintan yang ditandai dengan pemukulan Gong. Adapun sambutan Bupati Bintan mengatakan bahwa RPJPD kita harus bersifat taktis, bukan cuma perencanaan saja, tapi perencanaan yang taktis, visinya juga visi taktis, punya strategi besar tapi juga bersifat taktis. Kita harus memiliki ketaktisan itu semua, saya harap pimpinan OPD yang mengurusi perencanaan bersama timnya menyusun perencanaan itu harus lebih taktis dan lebih detil dan terperinci, ayo kita bulat, merencanakan nasib kita untuk tidak tergeletak oleh badai namun tangguh dan tumbuh ditengah badai. Kita hanya punya satu cara untuk menjadikan semua ini, mari berpegang tangan untuk bergerak seirama menuju bintan maju.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Bintan dengan adanya Musrenbang ini sebagai wadah berkumpul dan bermufakat guna menyelaraskan rancangan rencana kerja daerah dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrenbang agar terjadi proses sinkronisasi, rekonsiliasi, serta harmonisasi untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.

 

(Pen Lanal Bintan)TNI AL, Bintan,- Bertempat di Hotel Awandari Resort Bintan, Jalan Raya Kawal No. 26, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Kegiatan Pembukaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bintan Tahun 2025-2045, Selasa (30/04/2024).

 

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Bintan Robby Kurniawan, S.P.W.K., Barenlitbang Provinsi Kepri Ibu Misni, S.KM., M.SI., Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.IP., Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bintan Ibu Fiven Sumanti, S.IP., Kepala Bapelitbang Bintan Supriyono, S.E., M.Si., Danlanaud RHF Kolonel (PNB) Andi Nur Abadi, S.T., M.M., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kapolresta Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Dan Satrad 213 diwakilkan oleh Letda Lek Yuzak Kalamja Satrad 213, Kafasharkan Mentigi, diwakili Letkol Laut (P) Falatehan, Dandim 0315/Tanjungpinang diwakilkan oleh Letda Ind Amsizal Pa Sandi Kodim 0315/Tanjungpinang, Kajari Bintan I Wayan Eka Widdayara, S.H.,  Anggota DPRD Kabupaten Bintan, Asisten dan Staf Ahli Setda Kabupaten Bintan, Kepala OPD Kabupaten Bintan, Kabag Se-Setda Kabupaten Bintan, Camat Se-Kabupaten Bintan, Lurah dan Kades Se-Kabupaten Bintan, Tomas Se-Kabupaten Bintan, Para Pimpinan Bank dan Para Pimpinan Perusahaan yang ada di Bintan.

 

Mengutip sambutan Bupati Bintan sekaligus membuka Musrenbang RPJPD Kabupaten Bintan yang ditandai dengan pemukulan Gong. Adapun sambutan Bupati Bintan mengatakan bahwa RPJPD kita harus bersifat taktis, bukan cuma perencanaan saja, tapi perencanaan yang taktis, visinya juga visi taktis, punya strategi besar tapi juga bersifat taktis. Kita harus memiliki ketaktisan itu semua, saya harap pimpinan OPD yang mengurusi perencanaan bersama timnya menyusun perencanaan itu harus lebih taktis dan lebih detil dan terperinci, ayo kita bulat, merencanakan nasib kita untuk tidak tergeletak oleh badai namun tangguh dan tumbuh ditengah badai. Kita hanya punya satu cara untuk menjadikan semua ini, mari berpegang tangan untuk bergerak seirama menuju bintan maju.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Bintan dengan adanya Musrenbang ini sebagai wadah berkumpul dan bermufakat guna menyelaraskan rancangan rencana kerja daerah dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrenbang agar terjadi proses sinkronisasi, rekonsiliasi, serta harmonisasi untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

ENTRY BRIEFING DANSESKO TNI “JAGA KEKOMPAKKAN DAN LAKSANAKAN KOORDINASI DENGAN BAIK”

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,-

Komandan Sesko TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (Han)., CHRMP., memimpin kegiatan Entry Briefing, bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Sesko TNI, Bandung, Senin (29/4/2024).

Dalam sambutannnya, Dansesko TNI menyampaikan selaku pejabat baru, beliau ingin melihat program kerja Sesko TNI yang sedang berjalan, apabila kegiatan  yang positif dan baik akan dilanjutkan serta akan dilakukan kolaborasi dengan para pejabat sekalian dengan tujuan yang sama untuk memajukan Sesko TNI. Sehingga apapun yang kita lakukan harus efisien dan mempunyai cara pandang yang sama, jalin kerja sama yang baik antar unsur Satker, jalin komunikasi yang baik, serta yang paling penting adalah menjaga keselamatan.

Selanjutnya, Dansesko TNI menerima paparan dari PJU Sesko TNI terkait program kerja yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan. Paparan dimulai dari Pejabat Dirum Sesko TNI, Dirdik, Dirkersamik, Dirbinjemen, Direvbang, Inpektorat, Dankorsis, dan diakhiri Paparan Kapusoyu.

Dari paparan yang disampaikan, Komandan mengajak kepada seluruh Satker Sesko TNI berbuat yang terbaik. Evaluasi kurikulum, atensi Inspektorat terkait kegiatan penggunaan anggaran harus benar-benar cermat sehingga potensi penyimpangan dan temuan dari Tim Audit tidak terjadi.

Disamping PJU Sesko TNI, kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Ahli, Kadep, Doses/Pasis dan perwira berpangkat Kolonel.

 

(Pen Humas Sesko TNI)PENHUMAS-SESKO TNI,-

Komandan Sesko TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr (Han)., CHRMP., memimpin kegiatan Entry Briefing, bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Sesko TNI, Bandung, Senin (29/4/2024).

Dalam sambutannnya, Dansesko TNI menyampaikan selaku pejabat baru, beliau ingin melihat program kerja Sesko TNI yang sedang berjalan, apabila kegiatan  yang positif dan baik akan dilanjutkan serta akan dilakukan kolaborasi dengan para pejabat sekalian dengan tujuan yang sama untuk memajukan Sesko TNI. Sehingga apapun yang kita lakukan harus efisien dan mempunyai cara pandang yang sama, jalin kerja sama yang baik antar unsur Satker, jalin komunikasi yang baik, serta yang paling penting adalah menjaga keselamatan.

Selanjutnya, Dansesko TNI menerima paparan dari PJU Sesko TNI terkait program kerja yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan. Paparan dimulai dari Pejabat Dirum Sesko TNI, Dirdik, Dirkersamik, Dirbinjemen, Direvbang, Inpektorat, Dankorsis, dan diakhiri Paparan Kapusoyu.

Dari paparan yang disampaikan, Komandan mengajak kepada seluruh Satker Sesko TNI berbuat yang terbaik. Evaluasi kurikulum, atensi Inspektorat terkait kegiatan penggunaan anggaran harus benar-benar cermat sehingga potensi penyimpangan dan temuan dari Tim Audit tidak terjadi.

Disamping PJU Sesko TNI, kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Ahli, Kadep, Doses/Pasis dan perwira berpangkat Kolonel.

 

(Pen Humas Sesko TNI)

Continue Reading

TNI / Polri

Pertahankan Kemampuan Prajurit, Lanal Bandung Laksanakan Latihan Menembak

Published

on

By

TNI AL, Bandung,- Pertahankan Kemampuan Prajurit, Lanal Bandung melaksanakan Latihan Menembak dalam upaya mempertahankan kemampuan dasar militer prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan Latihan Menembak TW II TA. 2024. Adapun pelaksanaan latihan bertempat di Lapangan Tembak Secapa AD Kota Bandung, Selasa (30/04/2024).

 

Latihan menembak diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Pria Lanal Bandung sekaligus untuk mengecek kondisi senjata laras panjang jenis SS-2 dan senjata genggam pistol yang ada di Lanal Bandung.

 

Dalam pelaksanaan latihan diawali dengan apel kelengkapan personel yang dipimpin oleh Palaksa Lanal Bandung, dilanjutkan dengan penyampaian arahan tentang prosedur dalam latihan menembak.

 

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T. M.Sc., M.Tr. Hanla., menyampaikan beberapa penekanan agar para personel dalam mengikuti latihan wajib mengutamakan keamanan dan keselamatan personel, dengan mematuhi setiap aturan dan prosedur selama latihan menembak, baik teori maupun praktek.

 

“Dengan latihan menembak yang dilaksanakan ini, maka diharapkan Prajurit Lanal Bandung akan terlatih dan senantiasa siap menjalankan tugas di lapangan dengan baik dan sesuai ketentuan,” ujar Danlanal Bandung.

 

(Pen Lanal Bandung)TNI AL, Bandung,- Pertahankan Kemampuan Prajurit, Lanal Bandung melaksanakan Latihan Menembak dalam upaya mempertahankan kemampuan dasar militer prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan Latihan Menembak TW II TA. 2024. Adapun pelaksanaan latihan bertempat di Lapangan Tembak Secapa AD Kota Bandung, Selasa (30/04/2024).

 

Latihan menembak diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Pria Lanal Bandung sekaligus untuk mengecek kondisi senjata laras panjang jenis SS-2 dan senjata genggam pistol yang ada di Lanal Bandung.  

 

Dalam pelaksanaan latihan diawali dengan apel kelengkapan personel yang dipimpin oleh Palaksa Lanal Bandung, dilanjutkan dengan penyampaian arahan tentang prosedur dalam latihan menembak. 

 

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T. M.Sc., M.Tr. Hanla., menyampaikan beberapa penekanan agar para personel dalam mengikuti latihan wajib mengutamakan keamanan dan keselamatan personel, dengan mematuhi setiap aturan dan prosedur selama latihan menembak, baik teori maupun praktek.

 

“Dengan latihan menembak yang dilaksanakan ini, maka diharapkan Prajurit Lanal Bandung akan terlatih dan senantiasa siap menjalankan tugas di lapangan dengan baik dan sesuai ketentuan,” ujar Danlanal Bandung. 

 

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

Trending