Connect with us

TNI / Polri

Water Security: Universitas Pertahanan RI Gelar Seminar Internasional Teknologi Ketahanan Air

Published

on

Universitas Pertahanan bekerja sama dengan Indonesia Business Post Media mengadakan Water Security Seminar – Technology For Indonesia, dalam rangka menjawab ancaman krisis air di Indonesia. Seminar dan pameran tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 September 2023 dengan menghadirkan pembicara Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Rektor Unhan RI : Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D., para pakar air internasional, dan mendatangkan lebih dari 15 perusahaan dalam dan luar negeri yang memiliki teknologi terbaru dan tercanggih dalam konservasi dan ketahanan air.

Rektor Unhan RI : Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D. mengatakan tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk memperluas wawasan dan mendapatkan solusi tercapainya ketahanan sumber daya air dengan menggunakan teknologi paling mutakhir yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia guna pertahanan negara yang kuat.

Mahroza mengatakan seminar dan pameran terkait Water Security Technology ini merupakan realisasi dari permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Universitas Pertahanan untuk meneliti dan mengembangkan teknologi sumber daya air guna mengatasi krisis air di Indonesia.”Kegiatan seminar ini sebagai tindak lanjut dari seruan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Universitas Pertahanan RI pada 20 September 2022 untuk meneliti teknologi sumber air untuk mengatasi krisis air di Indonesia,” ujarnya pada Kamis 21 September 2023.

Annelis Putri, pendiri dan direktur media Indonesia Business Post, mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan UNHAN RI mengundang lebih dari 15 perusahaan dan pakar teknologi ketahanan air, baik dari dalam maupun luar negeri. Annelis menekankan bahwa pilihan perusahaan-perusahaan ini didasarkan pada harapan Menteri Pertahanan RI dan Rektor UNHAN RI bahwa teknologi mereka dapat mendukung revolusi manajemen air dan ketahanan air Indonesia.

Water Security sendiri adalah kemampuan untuk memastikan akses yang berkelanjutan terhadap air bersih yang cukup untuk kehidupan yang baik, pembangunan ekonomi, dan perlindungan lingkungan. Ini juga mencakup cara menjaga agar air tetap bersih, perlindungan terhadap polusi air dan bencana terkait air, serta pelestarian ekosistem.

Ketahanan Air (Water Security) dan Pertahanan RI

Krisis air bersih menjadi salah satu ancaman paling nyata yang akan dihadapi Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), diproyeksikan bahwa pada tahun 2025, seluruh bumi akan mengalami krisis air. PBB juga memperkirakan pada tahun 2030, kebutuhan air tawar global akan meningkat sekitar 40 persen lebih tinggi daripada ketersediaannya saat ini, sebagai akibat dari perubahan iklim, aktivitas manusia, dan pertumbuhan penduduk. Setelah Cape Town yang beberapa waktu lalu mengalami krisis air bersih, sebelas kota lain yang juga terancam mengalami hal yang sama yaitu Sao Paulo, Bangalore, Beijing, Kairo, Jakarta, Moskwa, Istanbul, Mexico City, London, Tokyo, dan Miami.

Menurut Mahroza, kondisi water security di Indonesia saat ini sedang menuju ke krisis air, ditandai dengan terjadinya kekeringan di Nusa Tenggara (NTT, NTB), Maluku, Jawa (Gunung Kidul), dan terjadinya banjir di DKI, Bandung dan beberapa kota lainnya sebagai dampak dari perubahan iklim.

Dampak dari perubahan iklim ini disebabkan oleh pencemaran lingkungan, terutama pencemaran udara oleh CO2, NO3, dan HSO2, yang berkontribusi pada efek rumah kaca dan hujan asam. Efek rumah kaca memiliki dampak yang signifikan pada peningkatan suhu global, termasuk suhu perairan laut. Peningkatan suhu laut ini telah memicu fenomena seperti badai El Nino dan La Nina, yang mengakibatkan timbulnya spot-spot daerah yang terlalu basah dan terlalu kering.

Daerah yang terlalu basah mengakibatkan curah hujan yang tinggi dan banjir, sedangkan daerah yang terlalu kering menyebabkan kekeringan dan kekurangan air. Dampak ini memiliki efek sistemik yang berpengaruh pada aspek pertahanan dan keamanan negara, seperti penurunan ketersediaan air bersih, penurunan produktivitas pangan, pertanian dan industri, bencana alam, serta dampak lainnya yang dapat dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Untuk memberikan gambaran yang lebih rinci, dampak tersebut dapat diilustrasikan sebagai berikut:

A. Polutan karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida yang mencemari udara, telah mengalami peningkatan yang signifikan, meningkatkan efek rumah kaca.
B. Sekitar 90%, dari energi yang tertahan dalam sistem bumi oleh gas rumah kaca diserap oleh lautan, kemudian menghangat, mengakibatkan kenaikan permukaan laut.
C. Perubahan yang mencolok dalam suhu air laut telah menginduksi munculnya badai La Nina dan gelombang panas.
D. Peningkatan dalam pemanasan global tersebut menghasilkan perubahan besar dalam suhu dan curah hujan rata-rata di tingkat regional.
E. Badai seperti La Nina, El Nino, dan gelombang panas menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah dan menyebabkan banjir di wilayah lainnya.
F. Ditambah, perubahan iklim global juga berdampak pada perubahan iklim di Indonesia.
G. Perubahan iklim tersebut berdampak pada ketersediaan air bersih, penurunan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan, bahkan menyebabkan terjadinya bencana alam.

Pentingnya Ketahanan Air: Krisis Air Melemahkan Masyarakat, Menimbulkan Kerugian Ekonomi, dan Memicu Perang antar Negara

Perubahan iklim dan krisis air ini memerlukan penanganan yang efektif untuk memitigasi dampak negatif yang timbul. Salah satunya dan terutama adalah dengan meningkatkan ketahanan air di seluruh Indonesia. Saat ini, penurunan ketersediaan air yang merata diperkirakan akan terjadi di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara selama periode proyeksi 2020-2045. Pada tahun 2024, tercatat penurunan rata-rata ketersediaan air sebesar 439,21 m3 per kapita per tahun di Pulau Jawa dan 1.098,08 m3 per kapita per tahun di Nusa Tenggara. Dampak ekonomi negatif di sektor ini diperkirakan mencapai 27,9 Triliun Rupiah.

Ketahanan air juga diharapkan dapat menghadapi tantangan penurunan ketahanan pangan di Indonesia, seperti produksi padi yang diproyeksikan turun lebih dari 25% (2020-2045) di berbagai Provinsi seperti Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara. Di Pulau Jawa dan Sumatera, yang merupakan pusat produksi beras, juga diperkirakan mengalami penurunan sebesar 10% hingga 17,5%. Meningkatkan ketahanan air dapat membantu pertanian, termasuk produksi padi, mengatasi tantangan perubahan iklim dan menjaga ketahanan pangan di Indonesia. Hal ini juga sangat penting untuk mengurangi dampak ekonomi negatif yang diperkirakan mencapai 77,9 Triliun Rupiah akibat penurunan produksi padi yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Selain itu, perubahan suhu dan pola hujan juga meningkatkan populasi vektor penyakit seperti DBD, malaria, dan pneumonia. Proyeksi potensi kerugian ekonomi di sektor kesehatan akibat DBD saja diperkirakan mencapai 31,3 Triliun Rupiah dari 2020 hingga 2024.

Berdasarkan hal-hal di atas, dapat disimpulkan bahwa perubahan iklim memiliki dampak serius pada ketahanan sumber daya air. Oleh karena itu, tindakan mitigasi yang tepat diperlukan untuk memperkuat ketahanan air negara dan mencegah kerugian negara yang lebih besar. Karena itu, diskusi mengenai Water Security menjadi sangat penting karena peran ketahanan air yang sangat vital dalam konteks supply chain berkelanjutan, demi menjaga kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Indonesia.

Kehidupan manusia dan segala makhluk hidup, ketahanan pangan, ketahanan kesehatan, industri dan lain-lain adalah aspek yang tidak dapat terlepas dari ketahanan sumber daya air. “Krisis air ke depan dapat memicu perang antar negara, hal ini disebabkan nilai vital air yang mempengaruhi segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Mahroza.

Penandatanganan MoU dengan Perusahaan Prancis dan Swedia
Dalam rangka mengantisipasi krisis air yang akan datang, Universitas pertahanan RI bekerjasama dengan berbagai institusi dan perusahaan dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ketahanan air di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Universitas Pertahanan RI yang diwakilkan oleh Rektor Unhan RI : Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D. melakukan penandatangan MoU dengan tiga perusahaan asal Perancis dan Swedia, disaksikan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto. Ketiga perusahaan tersebut adalah Osmosun dan Ellipse Projects dari Perancis, dan Blue Water dari Swedia.
❖ Program Akses Air untuk Pulau-Pulau Terpencil: Osmosun perusahaan asal Perancis, memiliki teknologi yang menggunakan energi surya sebagai sumber daya utama untuk proses desalinasi air. Osmosun akan bekerjasama dengan Universitas Pertahanan RI dalam melaksanakan program akses air untuk pulau-pulau terpencil, daerah yang sulit mendapatkan pasokan air bersih, serta komunitas yang tidak memiliki akses mudah ke sumber air tawar di Indonesia.
❖ Pengembangan Ketahanan Air di Daerah Bencana: Blue Water perusahaan asal Swedia memiliki solusi air darurat yang dirancang khusus untuk situasi darurat seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, atau konflik yang mengancam nyawa. Blue Water menandatangani MoU dengan Universitas Pertahanan RI untuk menjalin kerja sama guna meningkatkan akses terhadap air bagi masyarakat Indonesia di daerah yang terkena dampak bencana atau konflik. Solusi ini memungkinkan tim tanggap darurat untuk dengan cepat mendapatkan akses ke air bersih yang murni, bahkan dari sumber air yang sangat tercemar.
❖ Penelitian Digital Ketahanan Air: Ellipse projects perusahaan asal Perancis, juga menandatangani MoU dengan Universitas Pertahanan RI untuk melakukan program penelitian digital bersama ketahanan air.

Perusahaan Indonesia Gapura Liqua Solutions, PAM Jaya MOYA Indonesia juga turut berpartisipasi memamerkan teknologi dan keahlian mereka yang menawarkan teknologi pemurnian air yang canggih untuk memastikan pasokan air bersih yang berkualitas. Selain perusahaan diatas, hadir lebih dari 10 perusahaan di bidang sumber daya air dari dalam dan luar negeri, seperti Danone Indonesia, Gapura Liqua Solutions dan Yayasan Obor Tani dari Indonesia, Imhotep Industries dari Austria, Wilo dari German, dan juga Via-Marina dari Perancis.

Acara ini juga diramaikan oleh para panelis pakar ketahanan air seperti Firdaus Ali, Staf ahli Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Arief Nasrudin selaku Presiden Direktur PAM JAYA.

Continue Reading

TNI / Polri

Prajurit Denpal Divif 2 Kostrad Raih Juara 1 dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Pangkostrad Cup 2024

Published

on

By

Jakarta – Detaseme Peralatan (Denpal) Divif 2 Kostrad mencatat sejarah gemilang di arena olahraga dengan meraih juara pertama dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Pangkostrad Cup 2024. Prajurit terbaik mereka, Pratu Muhammad Ihsan, mempersembahkan prestasi gemilang ini dalam kategori TNI-POLRI Prestasi U 68 Kg, bertempat di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur. Sabtu (11/5/2024).

 

Piala Pangkostrad Cup, yang diadakan di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur, selama empat hari, menjadi saksi atas semangat dan dedikasi Denpal Divif 2 Kostrad. Total peserta mencapai angka mengesankan, dengan lebih dari 2900 atlet berlaga dalam berbagai kategori, menunjukkan tingginya persaingan dalam kompetisi ini.

 

Letkol Cpl Usman Santos, S.E., M.Han., Dandenpal Divif 2 Kostrad, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Pratu Muhammad Ihsan. Ia meyakini bahwa keberhasilan ini akan memotivasi seluruh anggota satuan untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Denpal Divif 2 Kostrad di kancah olahraga nasional.

 

Prestasi gemilang ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi Denpal Divif 2 Kostrad, tetapi juga merupakan inspirasi bagi generasi muda untuk mengejar mimpi dan berusaha untuk meraih prestasi di berbagai bidang, termasuk olahraga. (Penkostrad).

 

Autentikasi

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P. (more…)

Continue Reading

TNI / Polri

Hari Ketiga Pelaksanaan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

Published

on

By

Jakarta – Hari ketiga pelaksanaan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024  yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Ciracas, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur. Sabtu (11/5/2024).

 

Acara ini telah menarik perhatian ribuan penonton yang memadati tempat tersebut, Dalam kompetisi ini, para atlet taekwondo dari berbagai daerah di Indonesia memperebutkan gelar juara dalam berbagai kategori yang telah disiapkan.

 

Hari ketiga kompetisi ini dipenuhi dengan aksi-aksi spektakuler dari para atlet taekwondo yang memamerkan keahlian mereka dalam bela diri ini.

 

Asisten Operasi Kaskostrad, Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han., selaku ketua pelaksana dalam perlombaan tersebut menyampaikan rasa bangganya terhadap semangat dan kerja keras para atlet yang terlibat dalam kompetisi ini.

 

“Taekwondo adalah olahraga yang membutuhkan disiplin tinggi, kesabaran, dan ketahanan mental. Saya sangat bangga melihat semangat dan dedikasi para atlet taekwondo kita,” ujar Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han.

 

Acara ini diharapkan menjadi Wadah terbaik dalam berekspresi dan bereksplorasi ilmu bela diri Taekwondo guna meningkatkan kualitas dan prestasi diri dan sebagai tolak ukur prestasi Atlet Taekwondo Indonesia pada umumnya dan khususnya Atlet binaan pengkab/pengkot/daerah.

 

“Melalui Kejuaraan Taekwondo dapat tercipta generasi muda yang unggul, kuat dan berprestasi,” pungkas Asops Kaskostrad. (Penkostrad).

 

Autentikasi

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI / Polri

Pangkostrad Saksikan Langsung Pertandingan Kejuaran Taekwondo Pangkostrad Cup Tahun 2024

Published

on

By

Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, didampingi Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han., selaku Ketua Panitia Pelaksana Kejuaran Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024, Aspers Kaskostrad Brigjen TNI Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya, Dandenma Kostrad Kolonel Inf Agus Supriyono, SE, serta para Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) menyaksikan secara langsung pertandingan Kejuaran Taekwondo Pangkostrad Cup Tahun 2024, bertempat di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Ciracas, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur. Jumat (10/5/2024).

 

“Siang hari ini, saya hadir kembali di Gelanggang Olahraga Ciracas untuk melihat secara langsung pertandingan-pertandingan Kejuaran Taekwondo Pangkostrad Cup dan mendukung seluruh kontingen yang berlaga,” ujar Pangkostrad.

 

“Melalui Kejuaran Taekwondo Pangkostrad Cup, selain sebagai wahana untuk menyiapkan bibit-bibit atlet Taekwondo yang handal, dapat pula dijadikan sebagai event untuk memantapkan dan mengukur tingkat kemampuan para Taekwondoin, dan juga sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi pembinaan olahraga Taekwondo di Indonesia sehingga tercipta generasi muda yang unggul, kuat dan berprestasi,” ujar Pangkostrad.

 

Pangkostrad juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara serta semua pihak yang bersinergi untuk mensukseskan demi kelancaran penyelenggaraan ajang besar olah raga bersekala nasional yaitu Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup.

 

Untuk diinformasikan, Perolehan medali sementara berdasarkan data peraihan medali Kejuaran Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024, hari Jumat (10/5/2024) jam 07.00 WIB.

 

Kategori TNI – POLRI

 

1. Kelas MU58 Grup A

Juara 1 Bima Syahputra Pulanggeni Fighter

Juara 2 Cholit Arifin Yonif 431/SSP

Juara 3 Sandy Sukma Pradana TNI – Al

Juara 3 Irsal Maulana Yonzikon 12/Kj Menzikon.

 

2. MU58 Grup B

Juara 1 Dhiva Rahmani Garbha Presisi Polri

Juara 2 Deyandra Atiarizky Kodam III Siliwangi

Juara 3 Abdan Syukur Sat Brimob Polda Metro

Juara 3 Agung Eko H,S Yon Armed 1 Ajusta

 

3. MU58 Grup C

Juara 1 Dimas Subagyo TNI – Al

Juara 2 Robbil Dena Firdaus Yonif Mekanis 201/Jy

Juara 3 Hafizh Bayuseno P Yonif 411/Pandawa

Juara 3 Muhammad Zulkarnaen Kodim 1802

 

4. MU58 Grup D

Juara 1 Rizki Maulana Yonif 321 Kostrad

Juara 2 Unggul Pangestu Waskita Team

Juara 3 Muhamad Fazri TNI- Al

Juara 3 Aprillian Dwi Pangestu Yonif 623 / Bwu

 

5. MU58 Grup E

Juara 1 Aldin Kodam – IX/Udy

Juara 2 Agus Abidirrahman TNI – Al

Juara 3 Aji Setiasa Yonmarhanlan II

Juara 3 Urbanus Olaman Kodam V / Brawijaya

 

Kategori Umum  : Kontingen Pelatda DKI Jakarta 2 emas, 1 Perunggu, PP Nine X UMN 2 emas, Youngstar 2 emas, Nunukan Taekwondo Club 2 emas, Dekade 1 emas, 3 perak, 1 perunggu, Garbha Presisi Polri 1 emas 1 perak 3 perunggu, TI Sumut 1 emas 1 perak 2 perunggu, PPOP DKI Jakarta 1 emas 1 perak, Kab Pandeglang 1 emas 1 perak, Taekwon Pancasila 1 emas, dan kontingen STA 1 emas. (Penkostrad).

 

Autentikasi

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending