Connect with us

TNI / Polri

Komandan Lanal Bandung Berikan Kuliah Umum Program Studi Keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., memberikan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Prodi Keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI secara Virtual, dengan tema “Antisipasi Ancaman Kemaritiman di Wilayah Territorial Sukabumi”, bertempat di Ruang Kerja Komandan Lanal Bandung, Kamis (29/02/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal Bandung menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi mempuynyai garis pantai sepanjang 117 km yg terbentang dari barat dengan perbatasan dengan Provinsi Banten, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Jateng, tepatnya pesisir Laut Selatan dan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Hal tersebut tentunya sangat berpotensi mempengaruhi terhadap gangguan Hankamneg, baik dari dalam seperti penyelundupan narkoba, penyulundupan senjata, illegal fissing, illegal logging, imigran gelap, dan pencurian telur penyu, serta pencurian sumber daya laut lainnya, sedangkan ancaman dari luar seperti infiltrasi, sabotase, dan perdagangan narkoba.

Dalam menanggulangi ancaman kerawanan di Kabupaten Sukabumi, Lanal Bandung berupaya menambah kekuatan di pesisir laut Sukabumi berupa pembentukan Pos TNI Angkatan Laut (Posal), penempatan Babinpotmar di wilayah pesisir laut Kabupaten Sukabumi dan Cianjur, bentuk sinergitas Lanal dengan satuan samping berupa koordinasi dan melaksanakan patroli gabungan bersama Unsur Polair, PSDKP Sukabumi, Dinas Perikanan, PPNP Palabuhanratu, Syahbandar UPP Kelas II Palabuhanratu, dan pemberdayaan Masyarakat Maritim di Kabupaten Sukabumi dengan unsur organisasi nelayan.

Posal sebagai kepanjangan tangan Lanal di daerah, mempunyai Tugas Pokok dan Funsinya (Tupoksi) sesuai yang tertuang dalam Perkasal Nomor 12 Tahun 2023 antara lain Intelijen Maritim, Opskamla, dan Binpotmar yang berfungsi sebagai Badan Pengumpul Intelijen, melaksanakan pengawasan dan monitoring untuk meminimalisir pelanggaran dengan mendirikan Posal atau Posbinpotmar dan membentuk jaring dari unsur maritim lainnya, melaksanakan dukungan terhadap KRI dan Pesawat Udara TNI AL yang sedang melaksanakan operasi, mendukung pelaksana satuan/unsur patroli, melaksanakan patroli terbatas secara terpadu dengan unsur maritim lainnya seperti PSDKP, Dinas Perikanan, Syahbandar, Polair, Basarnas dan pembinaan Potensi Maritim.

Pembentukan Babinpotmar bertujuan untuk melaksanakan Komsosmar dengan melaksanakan pendataan komponen pendukung pertahanan, salah satu giatnya penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Unhan pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2024, unsur pembantu pelaksanaan SAR, serta mengadakan pelatihan sea survival, serta mitigasi bencana terhadap masyarakat pesisir, berkoordinasi dan bersinergi dengan Basarnas.

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Lepas Keberangkatan Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., melepas keberangkatan Kapal Perang Angkatan Laut India INS Saryu P54, bertempat di Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (22/6/2024).

 

Pada kesempatan tersebut, CO INS Saryu CDR Rahul Kumar Jain mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Komandan Lantamal I, melalui Wadan Lantamal I yang telah menyambut baik kunjungannya.

 

Kapal Perang India INS Saryu P54 sandar di Dermaga Pelindo 104 Belawan selama 3 hari dari tanggal 19 sampai dengan 22 Juni 2024, dan telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperkuat kerjasama antara Angkatan Laut kedua negara, khususnya untuk meningkatkan persahabatan dan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan India, selanjutnya  berlayar untuk kembali menuju ke negaranya India.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aspotmar Danlantamal I, Kadis dan Kasatker Lantamal I, beserta para Komandan KRI, Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Personel Lantamal I Beserta ABK KRI Laksanakan Olahraga Bersama Dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I beserta ABK KRI, melaksanakan Olahraga Bersama dan Senam Yoga dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54, bertempat di Deck Kapal dan Dermaga Pelindo 104 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (21/6/2024).

 

Kegiatan olahraga bersama telah dilaksanakan dengan permainan Badminton dan Bola Volly pada sehari sebelumnya di lapangan olahraga Mako Lantamal I. Kemudian pada hari ini dilanjutkan dengan Senam Yoga.

 

Adapun maksud  dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menjaga kebugaran jasmani, serta menjalin keakraban dan kebersamaan, serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara, khususnya TNI AL, Lantamal I dengan Angkatan Laut India.

 

(Dispen Lantamal I )

Continue Reading

TNI / Polri

Dalam Rangka Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa Ikuti Senam Bersama dan Jalan Santai

Published

on

By

TNI AL, Kepulauan Anambas,- Bertempat di Lapangan Sulaiman Abdullah, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla Menghadiri Undangan Acara Senam Bersama dan Jalan Santai dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-16 Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (21/6/2024).

 

Usai melaksanakan Senam bersama dengan Bupati Kepulauan Anambas dan didampingi jajaran FKPD Kepulauan Anambas dan Jajaran Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa mengibarkan Bendera Start sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Jalan Santai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Tarempa mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menghadirkan seluruh Jajaran FKPD, OPD dan segenap lapisan masyarakat Tarempa dan sekitarnya. Sehingga Komandan Lanal Tarempa langsung hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Senam bersama dan Jalan Santai.

 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Senam Bersama dan Jalan Sehat Santai ini dalam rangka kita memeriahkan dan menyambut Hari Jadi 16 Tahun Kepulauan Anambas yang Insya Allah akan diperingati pada tanggal 24 Juni mendatang.

 

Selain itu, akan ada kegiatan lainnya seperti berobat gratis dan pembagian bantuan sosial yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga akan melengkapi rangkaian memeriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-16 Kabupaten Kepulauan Anambas yang kita cintai bersama.

 

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Danlanudal  Kapolsek Siantan, Danramil 02 Tarempa, Kepala Pos Basarnas Kabupaten Kepulauan Anambas, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Perwakilan Pimpinan Bank di Wilayah Tarempa, serta Masyarakat Tarempa dan sekitarnya.

 

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

Trending